Honor 9 Lite, Layar FullView dan Quad-Camera Jadi Andalan

Oleh Evan Yazid Praditya updated Senin, 16 Apr 2018 | 12:08

Mulai awal tahun 2018 ini banyak sekali produsen hp yang merilis hp dengan fitur FullView display. Sebut saja LG G6, LG q6, LG V30, OPPO F5 dan Xiaomi Redmi 5 dan Redmi Note 5 Pro

Namun deretan hp Android dengan rasio 18:9 tersebut dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Sehingga para konsumen sedikit berpikir kembali untuk merogoh kocek untuk hp Android FullView display ini.

Tapi jangan khawatir, baru-baru ini Honor secara resmi merilis hp Android FullView display murah untuk pasar Indonesia. Ya, Honor 9 Lite. Hp Android FullView display ini dibanderol hanya dengan harga Rp2 jutaan saja.

Nah, bagi Anda yang ingin tahu lebih dalam mengenai hp Android FullView display ini, Anda bisa simak ulasannya berikut ini.

Desain

Honor 9 Lite memiliki desain bodi yang unik berbahan kaca dengan frame alumunium. Desain 2.5d yang mulus dan ramping ini memiliki lapisan nano optical film di bagian bawahnya. Sehingga saking mulusnya anda serasa bercermin ketika melihat ke bagian belakang hp Android Honor ini. Dengan visual seperti itu, Honor 9 Lite terlihat stylish sekaligus mewah.

Pada bagian depan kita akan menemukan 2 kamera selfie, earphone sekaligus led kecil untuk lampu notifikasi. Pada sisi bawahnya Anda bisa temukan logo Honor yang unik itu. Pada bagian samping kanan, Anda bisa akses volume dan tombol power. Sebaliknya, di bagian samping kiri Anda bisa mendapatkan SIM Tray. Yang aneh, pada bagian bawah Honor 9 Lite hanya menyediakan 1 speaker saja dibarengi USB port untuk charging, microphone dan 3.5 jack.

Terakhir, pada bagian belakang, menempel dual camera dengan dukungan LED flash dan fingerprint sensor.

Display

Honor 9 Lite memiliki bentang layar seluas 5.65 inch dengan resolusi FHD+ (1080x2160 pixels) dengan rasio 18:9 dan ~428 ppi density. Layar ini tentunya dapat membantu Anda melakukan aktivitas menonton video, bermain game dan multitasking menjadi lebih nyaman. Layar FullView Honor 9 Lite bertipe IPS LCD capacitive touchscreen dengan 16 juta warna. 

Performa dan OS

Honor 9 Lite sudah hadir dengan OS Android Oreo 8.0 terbaru dengan UI EMUI 8.0. EMUI 8.0 menawarkan teknologi AI terbaru dengan penyempurnaan F2FS file system untuk menghasilkan sistem cache yang lebih optimal.Hal ini membuat Honor 9 Lite akan semakin ngebut dan mulus kala Anda menggunakannya.

Honor 9 Lite sudah memiliki dapur pacu kelas mid end yang mampu bersaing dengan hp Android kelas mid end lainnya. Hp ini diotaki prosesor 16nm Kirin 659 octa-core dengan clock hingga 2,36Ghz. Prosesor ini dibantu dengan RAM 3GB untuk memastikan performa multitasking dan gaming Anda lancar.

Kami mencoba bermain beberapa game kekinian pada hp Android Honor ini. Diantaranya adalah PUBG Mobile, Clash Royale dan Mobile Legends. Hasilnya, hampir tidak ada lag dan kami merasa puas bermain game di layar FullView pada Honor 9 Lite ini.

Fingerprint sensor juga menjadi salah satu kelebihan di hp Honor 9 Lite ini. Teknologi fingerprint generasi ke-4 ini mampu mengidentifikasi sidik jari Anda hanya dalam waktu 0.25 detik saja! Jadi, Anda dapat makin cepat untuk mengakses Honor 9 Lite Anda. Honor 9 Lite juga menyimpan informasi biometric dan sidik jari Anda kedalam sistem yang terenkripsi.

Pada bagian baterai, Honor menanamkan baterai dengan kapasitas 3.000mAh. Baterai ini cukup awet saat digunakan seharian dengan aktivitas social media dan gaming seharian. Sayangnya, perangkat ini tidak didukung fitur fast charging. Akibatnya, Anda akan membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu 2 jam sampai baterai terisi penuh.

Honor 9 Lite mendapatkan skor 74680 pada AnTuTu benchmark dan 4818 pada PCMark. Skor ini termasuk lumayan di range hp Android kelas menengah.

Kamera

Honor 9 Lite menjadi salah satu hp Android termurah saat ini yang memiliki 4 kamera. Hp FullView Display ini memiliki 2 kamera utama dengan resolusi 13MP dan 2MP. Dengan fitur PDAF untuk fokus yang super cepat, Honor 9 Lite mampu menghasilkan foto yang terlihat lebih natural. Apalagi dengan adanya mode Wide Aperture Anda dapat menghaluskan fokus pada foto yang telah Anda ambil.

Honor 9 Lite juga memiliki lebih banyak mode dibandingkan dengan pesaing terdekatnya, Xiaomi Mi A1. Pada mode kamera, Anda dapat menemukan mode Foto, Pro photo, Video, Pro video, AR Lens, HDR, Panorama, Light painting, Time-lapse, Filter, Watermark, Good food, Object recognition dan Document scan.

Kamera Honor 9 Lite mampu mengambil gambar pada kondisi cahaya yang cukup dengan sangat baik, Namun pada kondisi low light, hasil foto Honor 9 Lite tidak cukup baik jika dibandingkan dengan kondisi pencahayaan yang cukup.

Hasil kamera Honor 9 Lite

Dilihat dari hasil foto di atas bisa disimpulkan bahwa kamera Honor 9 Lite dapat menghasilkan foto yang baik  asal pada kondisi pencahayaan yang cukup.

Kesimpulan

Jika Anda punya dana 2 jutaan dan ingin punya hp Android dengan layar FullView dan 4 kamera, Honor 9 Lite ini bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda. Namun, untuk jadi bahan pertimbangan, Honor 9 Lite ini belum didukung fitur Quick Charge. Apalagi bila Anda adalah seorang yang pindah hati dari hp Android yang sudah memiliki fitur Quick Charge.

Honor 9 Lite Ram 3GB Rom 32GB
Harga termurah

Rp 2,199,000

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 7(2600), 8(900), 38(2600), 39(1900), 40(2300)
Ukuran Layar 5.65 inch
OS Version 8.0
Chipset Hisilicon Kirin 659
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2.36 GHz
GPU Mali-T830 MP2
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Resolusi Kamera 13 MP
Resolusi Kamera Depan 1 13 MP
Kapasitas Baterai 3000 mAh

Artikel Lainnya

Komentar