Review Samsung Galaxy Note 8 : Pakai Prosesor Exynos Terbaru dan Dual Kamera

Oleh Nur Abdillah updated Selasa, 23 Jan 2018 | 10:09

Samsung galaxy note 8
Samsung Galaxy Note 8 menjadi hp pintar Samsung Galaxy Note series teranyar yang memiliki ciri khas berlayar lebar. Perangkat ini hadir dengan spesifikasi dan fitur kelas premium, mencakup peningkatan pada fungsi S-Pen yang unik. Kelebihan S Pen di Samsung Galaxy Note 8 bisa meningkatkan produktivitas pengguna.

Tidak hanya itu, ada juga peningkatan terbaru pada penggunaan fasilitas dual kamera dibagian belakang. Mengusung tagline Do Bigger Think, Samsung Galaxy Note 8 lebih dari sekedar inovasi teknologi namun juga memberikan pengalaman untuk Anda dalam melakukan banyak hal agar lebih produktif. Tidak heran, banyak pengguna yang tertarik memiliki Samsung Galaxy Note 8. Apalagi Samsung Galaxy Note 8 juga sudah menggunakan baterai yang jauh lebih aman melalui proses yang ketat.

Desain

Samsung galaxy note 8
Dulu hp berlayar 6,3 inci memiliki bentuk yang besar, sehingga sangat tidak nyaman untuk penggunaan satu tangan, termasuk susah saat ingin dimasukkan kedalam saku. Berkat penggunaan Infinity Display, kini layar hp berukuran besar bisa disematkan pada bodi yang ramping dan fisik yang kecil. Termasuk pada Samsung Galaxy Note 8 ini.       

Samsung Galaxy Note 8 juga mengusung konsep ‘edge’ dengan tepi melengkung, bezel tipis di bagian atas dan bawah, serta dan rasio aspek 18,5: 9. Hasilnya bodi perangkat ini cukup ramping yang nyaman digenggam dengan satu tangan. Karena bodi Samsung Galaxy Note 8 tidak jauh berbeda dengan smartphone berlayar 5,5 inci.  

Meski nyaman dipegang satu tangan, namun saat mengoperasikannya tetap membutuhkan dua tangan. Untuk bergulir antar page saat browsing memang masih tidak masalah, tapi saat ingin mengakses shortcut yang ada diatas layar Anda memerlukan  sedikit usaha. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengaktifkan modus satu tangan. Karena tidak aktif secara default, Anda harus melakukan pengaturan di menu setting. Saat diaktifkan, Anda cukup menggeser (swipe) layar secara diagonal dari sudut bawah.

Yang menarik, seluruh bodi perangkat menggunakan material kaca yang sudah dilapisi Corning Gorilla Glass 5.0. Meski terlihat elegan, namun kelemahan dari penggunaan kaca ini adalah menyisakan bekas sidik jari, terutama di bagian belakang. Solusinya bisa menggunakan case pihak ketiga yang banyak tersedia di pasaran.

Fitur

Samsung Galaxy Note 8
Samsung telah membekali perangkat ini sertifikasi IP68 yang membuatnya tahan air dan debu. Keuntungannya memungkinkan Anda untuk mengambil gambar, mengecek email dan menyalurkan ide tanpa gangguan meski layar dalam keadaan basah. 

Lalu dari sisi keamanan tidak perlu khawatir, karena banyak pilihan untuk mengamankan data pribadi Anda. Sebut saja penggunaan versi terbaru dari platform keamanan Samsung Knox serta menyediakan fitur keamanan melalui kombinasi biometrik. Anda bisa memilih layanan tambahan untuk menambah lapisan keamanan seperti facial recognition, pemindaian sidik jari maupun iris mata.

Termasuk layanan Secure Folder, yaitu sebuah folder yang terenkripsi yang membuat Anda dapat mengatur sendiri aplikasi privat dengan aman melalui PIN, pattern, passcode atau biometric authentication. Dengan konsep yang serupa, Samsung Pass memberikan proses masuk yang mudah ke aplikasi perbankan atau situs web yang dikunjungi melalui Samsung Internet Browser menggunakan biometric authentication daripada berulan kali harus memasukan username dan password.

Sebenarnya banyak fitur lain yang bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan perangkat ini. Untuk memudahkan Anda dalam memaksimalkan Samsung Galaxy Note 8 bisa lihat tips dan trik disini.

Infinity Display

samsung note 8
Salah satu fitur yang menonjol dari layar Samsung Galaxy Note 8 adalah penggunaan teknologi Infinity Display. Fitur yang diterapkan pada seri Samsung Galaxy S8 untuk memberikan desain yang fungsional. Infinity Display merupakan standar baru yang merujuk pada pengalaman menonton yang lebih luas. Dimana memungkinkan ukuran layar diperluas tanpa memperbesar ukuran perangkat itu sendiri.

Perpaduan layar yang besar dan layar tanpa bezel memberikan kemampuan lebih dalam melihat, beraktivitas, dan bermain. Layar 6.3 inci sudah memiliki resolusi Quad HD+ Super AMOLED yang  sangat nyaman untuk menikmati konten multimedia, seperti menonton film. Layarnya mampu menawarkan kualitas gambar yang sangat baik, sangat detail, tajam, terang dan juga kaya warna. Saat menonton video, Anda juga bisa mengaktifkan fitur Video Enhancer yang akan meningkatkan kualitas gambar menjadi lebih terang dan warna yang lebih vivid.

Layar Samsung Galaxy Note 8 memiliki resolusi maksimal  2960x1440p dan rasio aspek 18.5:9 yang akan menambah luas area penglihatan sebesar 14 persen dibanding Galaxy Note 5. Dilengkapi sertifikasi MOBILE HDR PREMIUM™ yang diberikan UHD Alliance, memberi warna yang lebih hidup dan kontras. Selain itu, pengalaman bermain game juga menjadi lebih seru berkat area pandang yang lebih besar dan performa smartphone yang kuat.

Layar samsung note 8Tampilan layar Samsung Galaxy Note 8

Selain dapat melakukan perubahan pengaturan resolusi, Anda juga dimungkinkan untuk beralih di antara berbagai modus yang dapat menyesuaikan karakteristik warna pada layar. Modus layar tersebut terdiri dari adaptive display, AMOLED cinema, AMOLED Photo dan Basic. Untuk penggunaan sehari-hari, pilihan modus Basic bisa menjadi pilihan terbaik, terutama untuk mengurangi konsumsi daya yang besar.

Namun, untuk mendapatkan pengalaman gambar yang lebih baik saat menonton Anda bisa memilih modus AMOLED Cinema untuk memutar video HDR10. Namun secara umum tidak ada yang meragukan kualitas layar yang ditawarkan Samsung.

Tidak hanya itu saja, dukungan layar lebar juga memberikan kenyamanan untuk aktivitas multitasking. Termasuk memanfaatkan fitur Multi Window yang memungkinkan Anda menjalankan 2 aplikasi bersamaan dalam 1 layar. Sehingga masih tetap bisa menikmati film di Youtube sambil membalas pesan chat yang masuk.

Dual Kamera

Samsung galaxy note 8

Kualitas kamera pada hp Samsung sebenarnya tidak perlu diragukan lagi. Karena Samsung telah telah menetapkan standar kamera yang  baik pada perangkat mereka, baik dari sisi hardware maupun software. Seperti namanya, Dual Camera adalah dua kamera berbeda yang mempunyai dua sensor yang saling melengkapi kemampuannya.

Secara umum, satu kamera berfungsi seperti kamera umumnya, menangkap warna seperti biasa. Sementara kamera kedua, digunakan untuk menambahkan elemen yang tidak bisa ditangkap oleh sensor utama. Saat pengguna mengambil foto, kamera menangkap dua foto berbeda. Kombinasi dari kedua gambar inilah yang memproduksi gambar yang jelas dan berkualitas tinggi dan memiliki depth of field yang lebih besar.

Di Samsung Galaxy Note 8 ini, telah terpasang dual kamera belakang dengan resolusi 12MP+12MP.  Konfigurasi dual kamera belakang ini terdiri dari lensa wide-angle dan telephoto, termasuk dilengkapi fitur Optical Image Stabilization (OIS). Kelebihan dari fitur OIS ini adalah untuk mengurangi resiko gambar goyang atau blur ketika memotret. Jadi Anda tidak perlu khawatir gambar menjadi kabur karena tangan yang tidak stabil atau bergerak saat memotret.

Untuk mengambil foto jarak jauh, Anda bisa memanfaatkan fasilitas optical zoom 2X dan digital zooming 10X. Untuk melihat kemampuan fitur ini, kami mencobanya dengan memotret objek tulisan. Di zoom 2x tulisan terlihat baik, sedangkan saat diperbesar hingga 10x tulisan masih terbaca namun dengan noise disana sini. Di pencahayaan normal zoom 10x kualitasnya jauh lebih, dimana tulisan terlihat jelas dengan noise yang relatif minim. Fitur ini sangat berguna ketika Anda ingin mengambil foto sebuah konser band untuk melakukan zoom dan melihat detil dari panggung konser.

Hasil Foto Samsung Galaxy Note 8

hasil foto samsung note 8
hasil foto samsung note 8

hasil foto samsung note 8
Didalamnya juga disediakan fitur Live Focus untuk menghasilkan foto bokeh. Agar foto bokeh terlihat maksimal, pastikan jarak antara objek dan kamera berada direntang 3-5 kaki atau sekitar 1-1,5 meter. Jika dilayar muncul notifikasi ‘Live Focus Ready’, maka Anda sudah bisa menekan tombol shutter. Karena bila tidak sesuai aturan diatas maka antara gambar yang fokus dan blur tidak beraturan. Serunya, Anda bisa mengatur seberapa blur gambar di latar belakang objek, baik sebelum memotret maupun setelahnya.

Lalu bagaimana kamera depannya? Tidak perlu khawatir, karena Samsung Galaxy Note 8 juga dilengkapi kamera depan mumpuni. Lensa dengan sensor 8MP sudah didukug fasilitas aperture f/1.7 untuk menghasilkan foto selfie dan video chat yang lebih tajam. Bukaan cahaya besar (f/1.7) memastikan pencahayaan lebih banyak bahkan saat pencahayaan rendah. Hasilnya foto selfie dalam cahaya redup masih bisa memperlihatkan objek yang terang. 

S Pen

Samsung galaxy note 8 s pen
Samsung Note series sangat identik dengan keberadaan S Pen untuk menunjang aktivitas. Anda bisa menggunakan perangkat dengan cara yang unik dan berbeda dari smartphone lainnya. Ada beberapa fitur berguna yang bisa Anda manfaatkan dengan S Pen ini. Seperti fitur live Message, Smart Select, Screen off memo hingga fungsi Translate.

Fitur  Live  Message yang menggabungkan tulisan tangan dan perangkat digital menjadi cara baru untuk berkomunikasi. Teks pesan ditulis menggunakan S Pen di atas layar lalu share ke orang yang ingin dituju. Pesan teks tersebut akan tersebut dalam format gif, sehingga bisa menghasilkan pesan yang unik. Anda juga masih bisa menambahkan beberapa efek tulisan menarik agar terlihat berbeda.

Lalu fitur Smart Select. Menurut kami hal menarik yang bisa dieksplorasi dari fitur ini adalah membuat animasi gif dari video yang dimainkan pada layar. Caranya cukup mainkan video yang ada di galeri atau streaming lalu masuk ke menu air command > pilih smat select > Animatin (GIF).  

Disini Anda bisa memilih video yang ada di galeri atau streaming, lalu menentukan adegan apa yang ingin dijadikan animasi gif. Setelah selesai bisa disimpan atau langsung di share ke media sosial serta aplikasi pesan instan yang mendukung Animated GIF (AGIF) seperti Facebook Messenger dan WhatsApp. Oiya, Animasi gif yang dibuat dibatasi selama 15 detik saja.

Samsung galaxy note 8
Screen Off Memo menjadi salah satu fitur yang sangat berguna ketika ingin membuat memo dalam keadaan terburu-buru. Karena fitur ini memungkinkan Anda membuat catatan langsung diatas layar tanpa harus membuka kunci layar. Dimana dalam keadaan layar terkunci cukup keluarkan S Pen dari tempatnya maka screen off memo sudah bisa digunakan. Di Samsung Galaxy Note 8, Anda bisa membuat catatan hingga 100  halaman. Catatan yang dibuat akan tersimpan di aplikasi Samsung Notes dan dapat diakses kapan saja.           

Yang tak kalah menarik adalah fitur Translate yang juga bisa dimanfaatkan melalui S Pen. Fitur ini akan menerjemahkan kata per kata dan kalimat pada sebuah artikel tanpa harus menempelkan S Pen pada layar. Sangat berguna ketika Anda membaca berita dari situs luar negeri namun ada kata yang masih belum mengerti. Untuk menggunakannya masuk ke Air Command dan pilih Translate.

Arahkan S Pen pada kata yang ingin diterjemahkan dalam jarak 14mm dari layar. Dalam hitungan detik akan muncul terjemahan kata yang dimaksud. Sebelumnya pastikan nda telah mengatur terjemahan bahasa yang diinginkan, misalnya dari Inggris ke bahasa Indonesia atau lainnya. Tersedia 71 pilihan bahasa yang bisa dipilih sesuai keinginan. Fitur ini juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana edukasi untuk anak Anda dalam mempelajari bahasa dunia. Tidak hanya teks, tapi fitur ini juga menyediakan layanan voice untuk kalimat yang dipilih.   

Keberadaan S Pen yang tak kalah menarik adalah bisa menyalurkan hobi, terutama yang berkaitan dengan gambar. Apalagi banyak tersedia aplikasi terkait gambar yang bisa dipilih untuk diunduh. Bahkan anak Anda bisa berkreasi dengan aplikasi gambar bawaan Samsung, salah satunya adalah PenUP. Kabarnya aplikai ini memiliki lebih dari 2.7 juta lebih pengguna serta berisi lebih dari 200 template mewarnai.

Performa

Benchmark
Sebagai perangkat premium, Samsung Galaxy Note 8 pastinya dibekali dengan spesifikasi kelas atas. Salah satunya penggunaan prosesor berkecepatan tinggi untuk menunjang performanya. Bahkan 2 versi prosesor yang digunakan merupakan yang tertinggi saat ini, yaitu Qualcomm Snapdragon 835 dan Samsung Exynos 8895. Untuk pasar Indonesia, Samsung memasarkan Galaxy Note 8 dalam versi Exynos 8895.

Ini merupakan chipset Exynos 9 Series yang dibuat dengan proses FinFET 10 nanometer. Pemrosesan ini diklaim mampu meningkatkan performa sebesar 27 persen dan lebih hemat daya sebanyak 40% jika dibandingkan dengan proses 14nm pada chipset Samsung Exynos seri 8890 yang digunakan Samsung Galaxy S7

Prosesor ini dikombinasikan dengan pengolah grafis atau GPU Mali-G71 yang memungkinkan menikmati pengalaman virtual reality (VR). Selain itu, kenggulan lain dari pengolah grafis Mali-G71 adalah kemampuan dalam merekam dan memutar video beresolusi 4K dengan frame rate mencapai 120 fps. Sementara keunggulan lain dari chipset Samsung Exynos 8895 adalah hadirnya dukungan modem LTE-Advanced dengan kecepatan mencapai 1 GBps dengan 5 Carrier Agregation (Cat.16).

Dari pengujian benchmark Geekbench skor tertinggi untuk multi core adalah 6715. Termasuk pengujian dengan tetap membiarkan beberapa aplikasi tetap berjalan di background. Hasilnya skor tetap berada di atas angka 6000an. Artinya perangkat ini  sangat mumpuni untuk proses multitasking, apalagi sudah didukung penggunaan memori RAM 6GB dan ruang penyimpanan internal 64GB. Sementara untuk benchmark Antutu perangkat ini mendapatkan skor 174.218 dan poin PCMark sebesar 5250.

Baterai

samsung galaxy note 8
Dibanding generasi sebelumnya yang mengalami banyak masalah, Samsung Galaxy Note 8 diklaim sudah menggunakan baterai yang jauh lebih aman. Karena Samsung telah menjamin kemanan baterainya melalui 8-point Battery Safety Check yang menjadi standarisasi pemeriksaan baterai paling ketat di industri.

Meski hanya dibekali baterai berkapasitas 3300 mAh, namun untuk penggunaan harian masih sangat bisa diandalkan. Untuk penggunaan normal seperti browsing, email, chating, memutar musik dan aktif di sosial media baterainya bertahan selama seharian. Saat memainkan video FullHD secara streaming selama 1 jam dengan pengaturan maksimal (kecerahan 50% dan video enhancer aktif) baterainya terkuras sebesar 12 persen.

Penggunaan port USB type-C sangat membantu saat ingin mengisi ulang baterainya. Apalagi sudah didukung dengan teknologi quick charging. Proses pengisian ulang baterai dari posisi 0% sampai 100% hanya membutuhkan waktu 2 jam kurang saja. Tidak hanya itu, perangkat ini juga mendukung wireless charging  untuk kemudahan dan kenyamanan saat mengisi ulang baterai.

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE
Ukuran Layar 6.3 inch
OS Version 7.1.1
Chipset Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2.35 GHz
GPU Adreno 540
RAM 6 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera 12 MP
Resolusi Kamera Depan 1 8 MP
Kapasitas Baterai 3300 mAh

Kesimpulan

Mengusung spesifikasi tinggi dengan beragam fitur dan teknologi menarik lainnya, Samsung Galaxy Note 8 akan menjadi perangkat mobile yang ideal untuk pengguna profesional. Penggunaan dual kamera belakang juga sangat maksimal untuk Anda yang ingin meyalurkan hobi fotografi. Jadi, jika Anda menginginkan smartphone berlayar besar yang bisa melakukan semua hal, maka Samsung Galaxy Note 8 bisa menjadi pilihan utama.

Baca juga artikel :

Review Samsung Galaxy J7 Plus: Dual Kamera Belakang Ciamik 

Review Samsung Galaxy Note FE: Pengganti Samsung Note 7 yang Lebih Baik 

Review Samsung Galaxy J7 Pro: Peningkatan Penting Disejumlah Fitur 

Artikel Lainnya

Komentar