Review Samsung Galaxy J7 Plus: Dual Kamera Belakang Ciamik

Oleh Nur Abdillah updated Selasa, 19 Des 2017 | 18:12

Samsung Galaxy J7+
Sebagai pemimpin pasar, Samsung terus menunjukkan eksistensi mereka dengan meluncurkan rangkaian hp terbaru. Beberapa waktu lalu, Samsung membawa lini hp menengah mereka di lini Samsung J Series. Setelah merilis Samsung Galaxy J7 Pro, tidak lama berselang Samsung kembali meluncurkan Samsung Galaxy J7 Plus. Yang menjadi daya tarik dari hp terbaru ini adalah keberadaan dual kamera yang sudah terpasang di belakang. 

Perangkat ini juga sudah dibekali beragam fitur dan spesifikasi yang sangat bisa diandalkan. Seperti layar Super AMOLED, RAM 4GB hingga aplikasi bawaan yang berguna bagi pengguna. Untuk lebih jelasnya berikut pengalaman kami menggunakan Samsung Galaxy J7 Plus. 

Desain

samsung j7+
Secara tampilan, Samsung Galaxy J7 Plus memiliki desain yang tidak jauh berbeda dengan Samsung Galaxy J7 Pro. Dimana sudah mengusung konsep unibody dan menggunakan material metal di bodinya. Hal ini sedikit berpengaruh pada bobot perangkat secara keseluruhan. Desain ini dipercantik dengan penggunaan panel layar 2,5D yang dikombinasikan bezel tipis, terkesan modern dan kekinian. 

Secara umum Samsung tidak banyak mengubah tampilan J7 Plus. Mereka masih menempatkan tombol home yang diapit dua tombol sentuh. Tombol home ini juga berfungsi sebagai mesin pemindai sidik jari yang akan memproteksi perangkat. Diatas layar tersemat kamera depan, flash LED dan speaker call. Untuk port USB dan jack 3,5mm, Anda bisa mengaksesnya dibagian bawah perangkat. 

Samsung J7 Plus memisahkan tombol power dan volume di posisi yang berlawanan. Dimana tombol power diletakkan di sisi kanan perangkat, sedangkan tombol volume di sisi kiri. Penempatan ini terbilang cukup membantu untuk penggunaan dengan satu tangan. Terutama ketika ingin melakukan screen shot yang memerlukan kombinasi tombol power + volume bawah. Anda bisa melakukannya hanya dengan satu tangan, yaitu kombinasi jari jempol (tombol power) dan jari tengah (volume bawah). 

Di area belakang, Anda akan menemukan dual kamera belakang yang diposisikan secara vertikal bersama dengan flash LED yang bisa juga difungsikan sebagai lampu senter. Uniknya Samsung menempatkan speaker di sisi samping perangkat, tepatnya diatas tombol power. Penempatan speaker ini bisa dikatakan strategis, karena audio yang keluar tidak akan terhalang meski perangkat ditempatkan dalam posisi apapun.   

Layar Super AMOLED

samsung J7+
Samsung Galaxy J7 Plus memiliki layar yang dengan bentang seluas 5.5 inci, ukuran yang banyak diterapkan semua vendor. Namun keunggulan hp ini ada pada penggunaan layar Super AMOLED yang menawarkan ketajaman dan warna yang cerah. Tidak hanya itu, resolusinya pun sudah FullHD 1920 x 1080p dengan kerapatan 401ppi.

Konfigurasi ini memungkinkan layar memberi kualitas tampilan yang vivid, tajam dan warna yang kaya. Sangat nyaman untuk melihat foto maupun video. Tidak hanya itu, Samsung juga menyediakan beberapa tampilan layar yang bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Ada opsi Adaptive Display (yang akan memaksimalkan keseimbangan warna pada layar), AMOLED cinema (optimal untuk menonton video), AMOLED photo (melihat foto), dan Basic (tampilan dasar layar). untuk mengubah tampilan layar ini Anda bisa masuk ke menu Settings > Display > Screen Mode.

Tidak ketinggalan ada juga pengaturan Blue light filter yang akan mereduksi warna biru pada layar. Fitur ini sangat berguna ketika menggunakan perangkat dimalam hari atau membaca artikel agar mata tidak cepat lelah. 

Software

TouchWiz UI
Sebagai perangkat keluaran terbaru, Samsung Galaxy J7 Plus tentu saja sudah berjalan dengan OS Android Nougat. Seperti hp Samsung Android lain, tampilan Samsung J7 Plus juga dikustom dengan TouchWiz UI. Disini Anda akan mendapatkan beberapa aplikasi milik Samsung yang cukup berguna, seperti Samsung Health, Samsung Notes, Voice Recorder, S Lime dan lainnya.

Anda juga masih bisa menambahkan beberapa aplikasi melalui fitur Galaxy Apps, sebuah toko aplikasi ala Google Play Store milik Samsung. Sebagai tambahan, Samsung juga membundel aplikasi Microsoft, seperti Word, Excel, Powerpoint. OneDrive dan Skype.

Samsung juga menyematkan fitur asisten virtual Bixby yang akan menampilkan jadwal kalender (yang sudah disinkronisasikan dengan aplikasi Google Calendar), situs yang sering dikunjungi, berita terkini serta beberapa informasi lainnya. Yang menarik, Anda bisa mengatur reminder dan Bixby akan memberikan notifikasi pengingat sehingga Anda tidak akan terlupa dengan jadwal yang sudah dibuat. Untuk mengakses Bixby, di halaman Home Scree Anda cukup geser layar ke arah kiri. 

Dual Kamera Belakang

Samsung J7+
Kamera menjadi salah satu fitur yang bisa menjadi daya tarik dari Samsung Galaxy J7 Plus. Karena perangkat ini sudah dibekali fitur dual kamera belakang dengan konfigurasi sensor beresolusi 13MP + 5MP. Untuk kamera 13MP memiliki aperture f/1.7 dan kamera 5MP didukung aperture f/1.9. dengan aperture tersebut memungkinkan kamera Samsung J7 Plus mendapatkan pencahayaan yang baik.

Untuk pengambilan foto diluar ruangan kualitas kameranya sangat baik, gambar terlihat terang, tajam dan cukup detail. Warna yang dihasilkan pun terlihat natural hampir menyerupai warna asli. Seperti hp dual kamera lainnya, Samsung juga menawarkan efek bokeh yang mengaburkan background gambar. Untuk mendapatkan hasil foto bokeh ini, Anda harus mengaktifkan fitur “Live Focus” di dalam aplikasi kamera.   

Hasil foto Samsung Galaxy J7 Plus :

Hasil foto samsung j7+
hasil foto samsung j7+
Namun, untuk mendapatkan hasil foto bokeh yang optimal, pastikan jarak antara kamera dan objek tidak kurang dari 1 - 1,5 meter. Dan satu yang pasti, efek bokeh ini tidak akan bekerja baik dalam pencahayaan minim. Jadi usahakan Anda berada di ruang dengan pencahayaan yang cukup baik. Background foto pun bisa Anda edit lagi dengan efek blur sesuai keinginan. Untuk opsi pemotretan sendiri tersedia modus Pro, Panorama, HDR, Night, dan Food. Jika kurang lengkap, Anda bisa menambahkan beberapa modus lain yang bisa diunduh di Galaxy Apps.  

Sementara untuk kamera depannya, Samsung memasang sensor beresolusi 16MP dengan aperture f/1.9. Seperti dual kamera belakang, untuk foto selfie ini Anda juga dimungkinkan untuk menghasilkan foto selfie bokeh dengan fitur “Selfie Focus”. Atau bisa juga membuat foto selfie lucu dengan keberadaan fitur stiker yang bisa dipilih. 

Performa

Samsung J7+ benchmark
Samsung Galaxy J7+ ditenagai chipset MediaTek Helio P20, pilihan yang cukup mengherankan karena merek tidak menanam prosesor Exynos seperti hp Samsung lainnya. Terlepas dari hal tersebut, prosesor octa-core dari Mediatek ini memiliki performa yang baik. Selama penggunaan, kami tidak menemukan masalah yang mengganggu. Membuka dan menutup aplikasi berlangsung cukup cepat.

Termasuk kelancaran saat memainkan game HD dengan grafis dan ukuran file yang besar seperti Asphalt 8, Modern Combat 5 dan Into the Dead 2, meski ada sedikit lag disetingan high. Prosesor ini juga sudah disokong memori RAM 4GB yang menambah kenyamanan untuk melakukan aktivitas multitasking.

Untuk memori, Samsung Galaxy J7+ menyediakan ruang penyimpanan internal sebesar 32GB. Dari total kapasitas yang ada, ruang sebesar 8GB sudah digunakan oleh sistem sehingga menysiakan sekitar 24GB. Namun tidak perlu khawatir, karena Anda masih bisa memperbesar penyimpanan melalui slot microSD hingga 256GB. 

Bagaimana dengan kemampuan baterainya? Samsung J7+ memang hanya menanamkan baterai berkapasitas 3000mAh. Saat digunakan untuk menonton video berdurasi 1 jam, baterainya berkurang sekitar 8 persen. Sedangkan bermain game menguras baterai hingga 13 persen dalam kuran waktu 1 jam. Untuk pengisian ulang baterainya termasuk cukup cepat, dari posisi 5 persen hingga 100 persen hanya dibutuhkan waktu kurang lebih 2 jam saja.

Samsung Galaxy J7 Plus
Harga termurah

Rp 4,300,000

Kriteria Spesifikasi
OS Version 7.1 Nougat
Ukuran Layar 5.5 inch
Screen Resolution 1920 x 1080 Pixel
Chipset MediaTek Helio P25
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2.39 GHz
GPU -
RAM 4 GB
Memori Internal 32 GB
Resolusi Kamera 13 MP
Resolusi Kamera Depan 1 16 MP
USB microUSB
Kapasitas Baterai -

Kesimpulan  

Kualitas yang ditawarkan Samsung Galaxy J7+ memang sudah memenuhi apa yang dibutuhkan pengguna. Layar Super AMOLED untuk kebutuhan multimedia, dual kamera belakang untuk menghasilkan foto bokeh, serta memori RAM 4GB untuk kenyamanan beraktivitas secara multitasking. Meski banyak pesaing di fitur dual kamera belakang, namun dengan membawa aperture f/1.7, Samsung Galaxy J7+ memiliki keunggulan dalam penerimaan cahaya pada saat memotret.

Baca juga artikel :

Review Samsung Galaxy Note FE: Pengganti Samsung Note 7 yang Lebih Baik 

Review Samsung Galaxy J7 Pro: Peningkatan Penting Disejumlah Fitur 

Review Samsung Galaxy C9 Pro: Hp RAM 6GB, Multitasking Tanpa Kendala 

Artikel Lainnya

Komentar