Review Moto Z2 Play: Bodi Tipis, Baterai Tahan Lama

Oleh Nur Abdillah updated Senin, 20 Nov 2017 | 10:52

Moto Z2 Play
Motorola Moto Z2 Play merupakan generasi teranyar dari rangkaian Moto Z Series yang mengusung konsep modular. Dimana dalam penggunaannya, Anda dapat menambahkan dukungan beragam aksesoris tambahan menarik, yang disebut sebagai Moto Mods.  

Secara desain dan spesifikasi, Moto Z2 Play memang tidak berbeda jauh dengan seri Moto Z lainnya. Bedanya hp ini hadir dengan spesifikasi dan bentuk yang sedikit berbeda. Dimana dimensinya sedikit lebih tipis dan lebih ringan dari generasi sebelumnya. Motorola Moto Z2 Play memang memiliki bodi yang cukup ramping dengan ketipisan hanya  6mm.

Secara estetika bentuknya memang terlihat menarik, apalagi jika dilihat dari sisi samping. Hanya saja, yang agak terasa mengganggu adalah penggunaan kamera utama yang menonjol di bagian belakang perangkat. Kamera ini 'muncul' sekitar 2mm diatas permukaan yang rata. Sangat rawan dari resiko tergores saat meletakkan perangkat. Sehingga penggunaan case sangat diperlukan.

Moto Z2 Play
Namun secara umum tampilannya sangat memikat, apalagi dikombinasikan dengan list yang mengelilingi sisi belakang. Dibawah kamera, terdapat logo Motorola dalam bulatan berwarna emas. Terdapat juga 16 pin yang berfungsi sebagai konektor yang menghubungkan perangkat dengan aksesoris Moto Mod.

Hal berbeda yang kami rasakan adalah penempatan slot SIM card. Jika kebanyakan hp memasang slot SIM card di samping, Motorola Moto Z2 Play justru menempatkannya di bagian atas. Namun proses aksesnya tetap sama, yaitu menggunakan ejector yang dibundel dalam pembelian. Slot ini terdiri dari dua slot Sim card dan microSD, jadi Anda bisa menggunakan dua Sim card plus kartu memori eksternal dengan kapasitas hingga 256GB.

Sementara dibagian depan terdapat layar 5,5 inci, microphone call, kamera depan, sensor dan flash dual tone. Dibawah layar hanya terdapat sensor pemindai sidik jari yang cukup responsif saat memindai sidik jari yang akan dijadikan akses membuka kunci perangkat. Sensor fingerprint ini tidak diapit tombol virtual, karena sudah ditempatkan didalan layar bersama menu lainnya.

Layar

Moto Z2 Play
Motorola Moto Z2 Play memasang layar AMOLED beresolusi FullHD 1080p. Kelebihan dari layar jenis ini adalah memiliki warna hitam pekat, sehingga warna terlihat lebih tajam dan jelas. Tampilannya juga sangat jernih, sangat nyaman untuk menikmati foto atau video. Grafis terlihat detail dan kaya warna.

Penggunaan indoor disetingan kecerahan 10-20 persen saja layar masih terlihat jelas. Namun untuk penggunaan diluar ruangan, tingkat kecerahan harus dinaikkan hingga 50 persen atau lebih, tergantung dari kondisi paparan sinar matahari.

Anda juga bisa memilih pengaturan warna, antara standar dan vibrant (kualitas warna dan saturasi lebih tinggi) yang cocok untuk menikmati konten multimedia. Satu hal lagi, layar Moto Z2 Play sudah dilindungi Gorilla Glass 3 yang bisa mengurangi resiko dari goresan.

Fitur

Moto Z2 Play
Motorola Moto Z2 Play berjalan dengan OS Android Nougat yang dibundel dengan beberapa tambahan fitur dari Motorola. Fitur tersebut dapat ditemukan pada menu Moto. Ada 3 fitur utama dari menu Moto ini yaitu Moto Actions, Moto Display dan Moto Voice.

Moto Actions sendiri terkait dengan alternatif pengoperasian yang lebih mudah. Disini Anda bisa memanfaatkan beberapa variasi penggunaan. Misalnya pafa fitur One Button Nav yang memungkinkan sensor fingerprint berfungsi sebagai tombol back dan recent. Cukup tempelkan jari di sensor, lalu geser jari ke kiri untuk 'back' atau kembali ke menu sebelumnya atau geser ke kanan untuk 'recent' guna melihat aplikasi yang sudah dibuka sebelumnya.

Fitur lainnya Anda bisa menggerakkan perangkat 2x untuk menyalakan flash, jadi Anda tidak perlu repot lagi mencari fitur ini kedalam menu. Atau putar perangkat 2x untuk membuka aplikasi kamera dalam kondisi apapun, termasuk saat hp dalam keadaan layar terkunci.

Lalu menu Moto Display menyediakan fitur Night Display yang akan menyesuaikan pencahayaan layar untuk kenyamanan mata di malam hari. Anda bisa mengatur sendiri waktu untuk mengaktifkan fitur ini. Moto Display juga akan menampilkan notifikasi pada saat layar dalam keadaan off.  

Kamera

Moto Z2 Play
Seperti yang sudah diutarakan, bahwa bagian kamera utama pada Moto Z2 Play ini memang sedikit menonjol di area belakang. Dengan bentuk bulat, didalamnya bisa Anda lihat keberadaan kamera beresolusi 12MP dan flash dual tone. Hanya saja, resolusi ini mengalami penurunan dibanding saudara kembarnya yaitu Moto Z Play yang dilengkapi kamera beresolusi 16MP. 

Namun kemampuan kameranya mungkin sedikit lebih baik karena memiliki ukuran sensor dan aperture yang lebih besar. Pengoperasiannya juga cukup cepat, terutama untuk fitur fokusnya. Kamera Moto Z2 Play terbilang cepat mengunci fokus objek, sehingga Anda tidak perlu khawatir kehilangan momen. 

Kamera ini juga mampu menangkap objek dengan saturasi warna yang baik. Warna objek hampir mendekati warna aslinya. Sangat membantu Anda yang gemar share foto di media social. Apalagi Moto Z2 Play juga menyediakan fitur HDR yang makin menambah kualitas. 

Saat mencoba fitur HDR ini di pencahayaan melimpah, hampir foto yang dihasilkan berkualitas baik, saturasi warna natural dan cukup detail. Termasuk saat dilihat melalui layar yang lebih besar seperti laptop. 

Selain memotret dalam modus HDR, Anda juga bisa memanfaatkan modus penotretan lain seperti Profesional, Slow Motion, Panorama dan Video. Hanya saja, kamera di Moto Z2 Play tidak dilengkapi dengan fitur OIS (optical image stabilizer). Jadi usahakan meminimalisir gerakan saat pengambilan foto, terutama di ruang minim cahaya atau malam hari. 

Sayangnya, Moto Z2 Play hanya memasang sensor kamera beresolusi 5MP dibagian depan. Padahal saat ini banyak vendor yang telah meningkatkan kualitas kamera depan pada produk mereka. Meski demikian, hasil foto selfie melalui kamera depan hp ini masih bisa diandalkan.

Hasil foto Moto Z2 Play

Hasil foto Moto Z2 Play
Hasil foto Moto Z2 Play
Hasil foto moto z2 playHasil foto Moto Z2 Play malam hari

Performa

Moto Z2 Play ditenagai prosesor kelas menengah dari Qualcomm Snapdragon 626 yang disokong memori RAM 4GB. Kelebihan dari prosesor ini adalah memiliki efisiensi dalam konsumsi daya. Hal ini tentu akan menambah daya tahan dari baterai namun tetap memiliki performa mumpuni. Konfigurasi ini masih sangat layak digunakan untuk pemakaian sehari-hari.

Selama penggunaan, kami tidak mengalami permasalahan yang berarti. Proses membuka dan menutup serta beralih antar aplikasi berjalan lancar. Semua aktivitas yang dilakukan melalui perangkat dijalankan dengan mudah. Termasuk lancar memainkan game kasual hingga game HD dengan grafis tinggi.

Moto Z2 Play juga sudah dibekali memori internal 64GB. Tersedia pula slot microSD untuk memperluas kapasitasnya hingga 256GB. Dari hasil benchmark menggunakan Antutu diperoleh skor 68883, berdasarkan Geekbench 4 skor yang didapat 901 (single core) dan 4563 (multicore) serta 3DMark dengan poin 469.

Benchmark Moto Z2 Play
Moto Z2 Play menanam baterai berkapasitas 3000mAh guna mengakomodir bodi perangkat yang tipis. Meski demikian, daya tahan baterai hp ini cukup memuaskan untuk penggunaan harian. Mampu bertahan seharian (dari pagi hingga malam dengan penggunaan yang aktif) dan menyisakan sekitar 18 persen level baterai. 

Saat memutar video berdurasi 1 jam baterainya hanya berkurang sekitar 7-8 persen saja. Sedangkan untuk penggunaan gaming baterainya berkurang hingga 12-13 persen dalam kurun waktu sejam. Yang menarik, Moto Z2 Play telah didukung pengisian cepat melalui port USB Type C yang mengisi baterai kurang dari 2 jam.

Kesimpulan

Seperti Moto Z Series lain, fitur-fitur yang ada pada Moto Z2 Play ini memang akan terasa makin maksimal dengan penggunaan Moto Mod. Namun, tanpa Moto Mod pun hp ini masih sangat nyaman untuk penggunaan harian. Dengan daya tahan baterai yang ok, desain ramping, kamera dan kualitas layar yang baik, Moto Z2 Play bisa menjadi salah satu daftar hp yang bisa Anda pertimbangkan.

Motorola Moto Z2 Play
Harga termurah

Rp 4,500,000

Kriteria Spesifikasi
OS Version 7.1.1
Ukuran Layar 5.5 inch
Screen Resolution 1920 x 1080 Pixel
Chipset Qualcomm MSM8953-Pro Snapdragon 626
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2.2 GHz
GPU Adreno 506
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera 12 MP
Resolusi Kamera Depan 1 5 MP
Kapasitas Baterai 3000 mAh

Baca juga artikel :

Review Moto Z: Cara Baru Berkomunikasi dan Menikmati Hiburan 

Review Moto E3 Power: Punya Baterai yang Tahan Seharian 

Lenovo K6 Note dengan RAM 4GB, Baterai Sangar! 

Artikel Lainnya

Komentar