Diperbaharui pada Selasa, 7 November 2017 | 18:05

Review Xiaomi Mi A1: Dual Kamera Mumpuni di Segmen Menengah

Xiaomi Mi A1
Xiaomi Mi A1 menjadi flagship pertama Xiaomi yang sudah dibekali fitur dual kamera berbasis OS Android One dan dibanderol harga yang terjangkau. Wajar bila banyak konsumen yang memburu hp terbaru Xiaomi ini.

Kami pernah mengulas 7 keunggulan Xiaomi Mi A1 yang bisa menjadi daya tarik, salah satunya adalah keberadaan dual kamera belakang. Dual kamera di Xiaomi Mi A1 memiliki konfigurasi lensa telefoto 50 mm sebagai kamera utama dan sebuah lensa wide-angle lengkap dengan fitur depth of field.

Untuk lensa telefoto 50mm memiliki resolusi 12MP dan resolusi yang sama 12MP untuk lensa 26 mm wide-angle. Masih ditambah dengan dukungan fitur 2x optical zoom yang tetap memberikan hasil foto yang baik. Itu belum termasuk penambahan fitur Beautify 3.0 yang akan mempercantik wajah dalam berbagai warna kulit.

Tidak hanya kamera, Xiaomi Mi A1 juga menarik berkat penggunaan OS Android One. Kelebihannya, Xiaomi Mi A1 akan menjadi prioritas untuk mendapatkan update OS terbaru hingga dua tahun ke depan.

Lalu bagaimana kinerja Xiaomi Mi A1 keseluruhan? Dalam kesempatan kali ini Pricebook akan mencoba menyajikan ulasan mengenai performa Xiaomi Mi A1 saat digunakan sehari-hari.

Desain

Xiaomi Mi A1
Secara fisik, Xiaomi Mi A1 memiliki tampilan menarik dengan bodi yang solid. Bentuknya juga cukup ramping dengan ketebalan hanya berkisar 7.3mm. Bodi yang ramping ini mempengaruhi bobotnya yang hanya 165 gram dan terasa pas di tangan. Hanya saja, case belakang perangkat ini cukup licin. Jadi kami sarankan Anda menggunakan case tambahan untuk mengurangi resiko terlepas saat digenggam.

Dari tampilan depan, Xiaomi Mi A1 menyajikan layar luas berukuran 5,5 inci dengan tiga tombol sentuh dibawahnya. Lalu di atas layar terdapat speaker call, kamera depan dan notifikasi led. Seperti hp Xiaomi lain, tombol volume dan power juga ditepatkan di sisi kanan dengan slot SIM card di sisi kiri perangkat. Slot SIM card ini memang bersifat hybrid, artinya Anda harus memilih untuk menggunakan dua SIM card bersamaan atau memasang 1 SIM card dengan kartu microSD.

Bagi Anda yang memiliki 2 kartu SIM yang harus digunakan tidak perlu khawatir. Karena kapasitas penyimpanan di Xiaomi Mi A1 sudah besar yaitu 64GB. Jadi rasanya masih bisa menampung banyak data Anda. Apalagi hp ini sudah mendukung fitur USB OTG (on the go) yang memungkinkan Anda menyimpan file ke dalam flashdisk langsung dari perangkat.  

Beralih ke bagian atas, disini Anda bisa menemukan fitur infra merah (IR) yang akan bekerja maksimal saat menggunakan fitur Mi Remote yang sudah terintegrasi. Fitur Mi Remote ini sangat membantu ketika Anda kehilangan remote perangkat elektronik. Karena fitur Mi Remote memungkinkan Anda mengontrol perangkat elektronik rumah, seperti AC, TV, kamera atau perangkat lain yang menggunakan IR.

Xiaomi Mi A1
Masuk ke bagian belakang, Anda akan menemukan fitur dual kamera yang ditempatkan di pojok kiri atas bersama dengan flash LED dual tone. Dibawahnya terdapat sensor pemindai sidik jari yang cukup responsif ketika digunakan.

Menariknya, sensor sidik jari ini bisa Anda gunakan untuk melihat notifikasi yang masuk dengan cara menggerakkan jari di sensor tersebut kearah bawah. Namun pastikan fitur ini diaktifkan terlebih dahulu. Caranya, masuk ke menu Setting > Gestures > Swipe for notifications.

Seperti hp terbaru lainnya, Xiaomi Mi A1 juga memiliki daya tarik visual melalui penempatan antena berupa garis di atas dan bawah. Antena yang berbentuk garis ini memang terlihat samar pada varian warna hitam, dan lebih mudah terlihat pada varian warna yang lain.

Sedangkan untuk port jack audio, speaker dan charging bisa Anda temukan dibagian bawah. Untuk proses charging dan terhubung ke perangkat lain, Xiaomi Mi A1 menggunakan port USB Type C yang memiliki kecepatan lebih baik dibanding microUSB yang umumnya digunakan banyak hp.

Kelebihan USB Type C :

  • Proses transfer data lebih cepat, berguna saat memindahkan file dari hp ke laptop
  • Proses pengisian baterai lebih cepat, apalagi Xiaomi Mi A1 sudah didukung fitur fast charging
  • Bentuk ujung sama, menghindari resiko pemasangan yang terbalik
  • Lebih tahan lama, secara teknis memungkinkan cabut pasang hingga 10.000 kali

Layar LTPS FullHD

Xiaomi Mi A1
Xiaomi Mi A1 hadir dengan bentang layar seluas 5.5 inci berjenis LTPS IPS. Layar LTPS (low-temperature poly-silicon) sendiri memiliki keunggulan pada tampilan gambar yang lebih baik. Namun yang terutama dari layar LTPS adalah lebih hemat daya dan menawarkan kepadatan piksel yang lebih besar. Karena salah satu penyedot daya paling besar pada sebuah hp adalah layar.

Selain penggunaan teknologi LTPS, layar Xiaomi Mi A1 juga mengusung panel kaca 2.5D lengkap dengan resolui FullHD  dan density 403 ppi. Layarnya mampu menampilkan warna vivid dan terang. Gambar terlihat baik dan mampu menampilkan teks yang tajam.

Hanya saja, perangkat ini tidak memiliki fitur reading mode seperti yang ada pada hp Xiaomi berbasis MIUI. Meski demikian, reproduksi warna yang dihasilkan sangat baik. Diseting dengan brightness rendah pun layarnya masih cukup nyaman dilihat.

Dual Kamera

Xiaomi Mi A1
Kamera menjadi salah satu fitur yang diunggulkan Xiaomi Mi A1. Mengusung dual kamera di bagian belakang, Xiaomi Mi A menjanjikan kualitas terbaik di sektor imaging. Apalagi sudah didukung fitur 2x optical zoom yang jarang ditemukan di segmen hp kelas menengah.

Konfigurasi dual kamera Xiaomi Mi A1 terdiri lensa telefoto 50 mm sebagai kamera utama dan sebuah lensa wide-angle lengkap dengan fitur depth of field (bokeh). Untuk lensa telefoto 50mm memiliki resolusi 12MP dan resolusi yang sama 12MP untuk lensa 26 mm wide-angle.

Konfigurasi ini memberikan hasil foto yang cukup memukau, terutama dengan efek bokeh  yang disajikan. Kami sangat menikmati efek bokeh yang dihasilkan kamera Xiaomi Mi A1. Meski ada kalanya efek bokeh yang dihasilkan tidak sesuai pada tempatnya. Untuk mengatasi hal tersebut, saat mengambil foto dengan efek bokeh sebaiknya jarak antara hp dengan objek tidak terlalu jauh. Minimal berjarak 2m – 2,5m. dan pastikan Anda sudah memfokuskan pada objek utama.

Xiaomi Mi A1
Dalam kondisi cahaya melimpah, hasil foto Xiaomi Mi A1 memberikan warna yang natural, tajam dan jernih. Namun agak sedikit berbeda ketika cahaya yang ada cukup minim, dimana foto yang dihasilkan tidak terlalu detail dan masih terlihat noise. Meski demikian, dual kamera belakang sudah dilengkapi dengan flash LED dual tone yang sangat berguna saat memotret di ruang minim cahaya.

Sementara untuk kamera depan, Xiaomi Mi A1 hanya dibekali sensor beresolusi 5MP yang juga menghasilkan foto selfie cukup baik di kondisi terang. Detail yang dihasilkan cukup impresif. Itu belum termasuk penambahan fitur Beautify 3.0 yang akan mempercantik wajah dalam berbagai warna kulit.

Anda juga masih bisa bereksplorasi dengan fitur-fitur lain yang disediakan, seperti panorama, HDR, Manual, Beautify, Group selfies, Square dan HHT. 

Berikut hasil foto Xiaomi Mi A1:

Xiaomi Mi A1
Xiaomi Mi A1
Xiaomi Mi A1
Android One

Yang membedakan Xiaomi Mi A1 dengan hp Xiaomi lainnya ada pada OS Android yang digunakan. Dimana Xiaomi Mi A1 berjalan dengan OS Android One berbasis Android 7.1.2 Nougat. Disini Anda tidak akan menemukan berbagai fitur kustom ala MIUI yang biasa ditemukan. Karena fitur dan menu yang ditawarkan murni Android.

Xiaomi hanya mengintegrasikan tiga aplikasi bawaaan, yaitu Feedback, Mi Remote, and Mi Community. Termasuk aplikasi kamera juga milik Xiaomi, karena aplikasi kamera di stock Android belum mendukung fitur dual kamera.

Kelebihan dari Android One adalah kinerja perangkat lebih enteng karena minimnya bloatware (aplikasi bawaan Xiaomi) yang kadang memang tidak digunakan sama sekali. Yang paling menarik adalah, janji Google yang akan mendukung Android One untuk menjadi priorittas saat mendapatkan update OS hingga 2 tahun ke depan.

Xiaomi Mi A1

Artinya, Xiaomi Mi A1 akan menjadi prioritas saat Google merilis OS terbaru yaitu Android O dan Android P. Tidak hanya itu, di Android One, Google juga menawarkan kapasitas tidak terbatas untuk menyimpan foto dan video milik pengguna melalui aplikasi Google Photos.

Saat mengambil foto melalui aplikasi kamera, hasilnya akan diback-up ke folder Google Photos secara otomatis. Jadi pastikan fitur sinkronisasi backup Google Photo Anda aktif. Meski tidak menyimpan dalam resolusi asli, namun setidaknya pengguna tidak perlu khawatir saat ingin menyimpan foto atau video dengan aman. Sehingga Anda dapat mengaksesnya dari perangkat lain kapanpun dan dimanapun.

Yang tidak kalah penting, Android One berjalan dengan interface murni Google dengan fitur Google Play Protect dan proses update security tiap bulannya. Sehingga Xiaomi Mi A1 benar-benar mendapatkan proteksi yang ketat. Fitur yang tak kalah penting adalah fitur split screen yang memungkinkan Anda menggunakan dua aplikasi bersamaan dalam satu layar.

Untuk menggunakan fitur ini, buka satu aplikasi lalu tekan tombol "recent" dan tahan sampai layar terbagi menjadi dua bagian. Kemudian Anda tinggal pilih aplikasi lain yang akan dijalankan bersamaan. Namun yang harus Anda ketahui adalah tidak semua aplikasi mendukung fitur split screen. 

Performa

Performa Xiaomi Mi A1 sangat bisa diandalkan berkat penggunaan prosesor Qualcomm Snapdragon 625. Kelebihan dari prosesor kelas menengah ini memiliki keseimbangan pada performa dan efisiensi. Sanggup menjalankan aplikasi berat namun tetap lebih hemat dalam daya.  Sehingga sangat nyaman untuk penggunaan sehari-hari.

Kecepatan prosesor yang mencapai 2 GHz makin bekerja optimal dengan sokongan memori RAM 4GB untuk proses multitasking.  Beralih antar aplikasi berjalan sangat lancar, termasuk membukanya secara bersamaan. Browsing hingga membuka puluhan tab, mengecek email, chating dengan beberapa aplikasi messenger, memainkan musik semua dijalankan tanpa hambatan. 

Apalagi OS Android One yang menggunakan stock Android murni cukup ringan. Selama menggunakan Xiaomi Mi A1, kami tidak menemukan kendala berarti termasuk bermain game. Game HD yang kami coba mainkan dan berjalan lancar diantaranya Asphalt 8, Modern Combat 5, Nova 3, Gangstar vegas serta Brother in Arm 3. 

Daya tarik lain dari Xiaomi Mi A1 juga bisa didapatkan pada ketersediaan ruang penyimpanan internal yang cukup luas sebesar 64GB. Apalagi masih disediakan slot microSD yang akan menambah ruang hingga 128GB.

Xiaomi Mi A1Hasil benchmark dengan Geekbench 4, Antutu 6.0, dan PCMark

Baterai

Xiaomi Mi A1 memang tidak menanam baterai dengan kapasitas besar seperti Xiaomi Redmi Note 4 (4,000 mAh). Namun selama penggunaan, baterai berkapasitas 3,080 mAh bekerja sangat optimal. Apalagi sudah didukung dengan hardware dan software yang hemat daya, sehingga memungkinka baterainya memberikan daya yang lebih efisien.

Untuk penggunaan harian seperti browsing, sosmed, chating, hingga email, baterainya sanggup menyuplai daya selama satu hari penuh dengan menyisakan daya sebesar 15 persen. Lalu saat digunakan untuk memutar film HD secara streaming dengan durasi 1 jam, baterainya berkurang sebesar 8 persen. Bermain game selama 1 jam baterainya berkurang 12 persen. 

Yang menarik, Xiaomi Mi A1 juga dibekali fitur pengisian cepat. Dimana untuk mengisi ulang baterai dari level 3 persen hingga 100 persen hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Xiaomi Mi A1 termasuk salah satu hp yang memiliki spesifikasi dan kinerja yang optimal. Fitur dual kamera belakangnya menawarkan efek bokeh menawan, prosesor yang memiliki keseimbangan pada performa dan hemat daya, layar tajam FullHD, serta penggunaan OS Android One yang ringan. Dan Xiaomi Mi A1 ini bisa menjadi pilihan utama Anda yang mencari hp dual kamera dengan kualitas mumpuni dan harga terjangkau. Xiaomi Mi A1 sendiri dijual dengan harga resmi Rp 3,099,000 bergaransi TAM.  

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 5.5 inch
OS Version 7.1.2
Detail Prosesor Snapdragon 625
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2 GHz
GPU Adreno 506
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera Belakang 12 MP
Resolusi Kamera Utama Lainnya 12 MP
Resolusi Kamera Depan 5 MP
Kapasitas Baterai 3080 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel :

Hasil Foto Xiaomi Mi A1, Tawarkan Efek Bokeh yang Menawan 

Review Xiaomi Redmi Note 4: Bodi Lebih Ramping, Baterai Tetap Tahan Lama 

Review Asus Zenfone 4 Max Pro: Dual Kamera dan Baterai Besar Jadi Daya Tarik 

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2444 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.