Diperbaharui pada Senin, 30 Oktober 2017 | 15:23

Review Samsung Galaxy Tab S3: Tablet Ideal untuk Kerja dan Multimedia

Samsung Galaxy Tab S3
Samsung Galaxy Tab S3 merupakan tablet generasi terbaru dari Samsung yang dirancang sebagai partner produktivitas dan kerja multitugas. Dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih untuk meningkatkan produktivitas kerja berkat keberadaan S Pen. Didalamnya sudah terpasang quad speaker di keempat sudut tablet, baterai 6000 mAH dengan kemampuan fast charging.

Samsung Tab S3 juga memberikan pengalaman menonton video serta bermain game yang superior dengan layar 9.7 inci Super AMOLED. Dilengkapi dengan 13MP kamera belakang dan 5MP kamera depan, serta 4GB RAM + 32GB memori internal, ditambah dengan Micro SD slot hingga 256GB. 

Bagaimana kinerjanya? Berikut ulasan Pricebook setelah memakai Samsung Tab S3. 

Desain

Samsung Galaxy Tab S3Bentuknya tipis dan ringan

Untuk ukuran perangkat tablet dengan layar 9,7 inci, Samsung Galaxy Tab S3 termasuk cukup nyaman untuk digunakan. Bentuknya yang tipis dengan bobot yang ringan (429 gram) sangat ergonomis dan mudah dibawa-bawa. Sangat membantu ketika Anda harus bekerja secara mobile.

Selama penggunaan Anda akan menemui beragam port standar dengan fungsi yang berbeda. Dibawah layar misalnya, tersedia tombol home yang juga memiliki fungsi sebagai sensor sidik jari. Proses pengenalan sidik jari juga berlangsung cepat dan mudah, tidak jauh berbeda dengan sensor sidik jari pada hp. Tombol ini diapit dua tombol sentuh yang juga ditemukan pada hp yaitu back dan recent. 

Untuk mendengarkan musik menggunakan headset, port jack 3.55mm tersedia di dibawah perangkat. Di posisi yang sama juga tersedia dua speaker stereo dan port USB Type-C untuk proses charging dan menghubungkan tablet ke perangkat lain. Masuk di sisi kanan dan kiri Anda bisa melihat ketersediaan tombol volume, power dan slot SIM card serta microSD. Sementara di sisi kiri terlihat port konektor untuk mengoneksikan tablet ke keyboard docking. 

Layar Super AMOLED

Samsung Galaxy Tab S3Layar Samsung Galaxy Tab S3 berjenis Super AMOLED

Layar di Samsung Galaxy Tab S3 memiliki kualitas yang sangat baik berkat penggunaan panel Super AMOLED berukuran 9.7 inci. Dengan dukungan resolusi 2048 x 1536 pixel, kini layar Samsung Tab S3 sudah dibekali fitur HDR. Warna yang kaya hingga tampilan yang tajam dan jernih memberikan pengalaman menikmati konten multimedia yang terbaik.

Hanya saja, selama penggunaan layar ini meninggalkan banyak jejak sidik jari. Meski demikian, secara umum kami sangat menikmati kualitas yang dihasilkan dari layar ini. Apalagi Samsung menyediakan fitur blue light filter yang akan mengurangi efek warna biru untuk kenyamanan mata. Sangat membantu untuk penggunaan dalam jangka waktu yang lama, terutama untuk Anda yang hobi membaca. 

Kamera 13MP dan 5MP

Samsung Galaxy Tab S3Kamera belakang Samsung Galaxy Tab S3 beresolusi 13MP

Samsung Tab S3 juga sudah dibekali dua buah kamera, satu didepan dan satu dibelakang. Untuk kamera utama yang ada dibelakang, kameranya dibekali sensor 13MP dengan dukungan aperture f/1.9 dan flash. Hanya saja, bisa dikatakan kualitas yang dihasilkan kamera ini masih terbilang standar. Karena hasil fotonya terlihat terang namun tidak detail. Namun, hal ini cukup dimaklumi karena pada umumnya tablet memang lebih difokuskan pada produktivitas bukan kamera.

Beda halnya dengan kamera depan yang mungkin lebih berguna ketika Anda ingin melakukan video call. Dengan bekal resolusi 5MP dan aperture f/2.2, kualitas yang dihasilkan kamera depannya terbilang cukup baik. Dalam video call, gambar masih terlihat cukup jelas.

Speaker AKG

Samsung Galaxy Tab S3Audio Samsung Galaxy Tab S3 dibekali empat speaker AKG

Kemampuan Samsung Galaxy Tab S3 makin lengkap bekat penggunaan audio yang sangat berkelas. Dimana perangkat ini sudah memasang Sound Speakers AKG dari Harman yang menghasilkan suara dengan sangat baik. Speaker ini dilengkapi dengan fungsi ‘Auto Rotate Stereo’ yang memungkinkan tablet untuk mengalihkan suara berdasarkan orientasinya, menciptakan pengalaman mendengar premium yang lebih akurat dan konsisten.

Tidak tanggung-tanggung, Samsung Tab S3 menyematkan empat speaker dengan penempatan dua diatas dan dua dibawah perangkat. Output audio yang dihasilkan memang begitu terasa berbeda, begitu lantang dan memberikan pengalaman seru saat digunakan memutar musik, menonton video ataupun bermain game. Apalagi saat dihubungkan dengan headset yang tersedia dalam paket pembeliannya, kualitas audionya makin terasa.

Memaksimalkan S Pen

S PenS Pen bisa meningkatkan produktivitas penggunanya

Yang membedakan Samsung Galaxy Tab S3 dengan perangkat tablet lainnya ada pada penggunaan S Pen yang atraktif. Kemampuan S Pen ini sangat bisa diandalkan untuk mendukung produktivitas Anda. Dengan ukuran tip yang lebih kecil, 0,7mm, mampu mengenali tekanan hingga 4,096 tingkatan. Teknologi anti licinnya memberikan kenyamanan dan kestabilan, menghasilkan kesan tulisan tangan yang lebih natural. Banyak fitur yang sudah disematkan pada S Pen ini.

Untuk menagksesnya, Anda bisa masuk ke menu setting>Advanced feature>S Pen.

Berikut fitur-fitur S Pen yang bisa dimanfaatkan:

Air Command

Samsung Galaxy Tab S3Fitur Air Command terdiri dari beberapa aplikasi pendukung

Merupakan fitur utama dari penggunaan S Pen yang berisi beberapa tool tambahan. Untuk menampilkan Air Command, sentuh layar dengan S Pen maka akan muncul ikon pena yang berisi beberapa aplikasi pendukung. Aplikasi tersebut mencakup membuat catatan (note), Smart Select, translate dan lainnya. Anda juga masih bisa menambahkan beberapa aplikasi lain yang sering digunakan.

Keberadaan S Pen tentu saja memungkinkan Anda menulis apapun diatas layar Samsung Galaxy Tab S3. Apalagi bagi yang gemar menulis bisa menyalurkan hobi Anda melalui perangkat ini. Tidak hanya menulis, bahkan dimungkinkan juga membuat sketsa atau menggambar yang diinginkan. Yang pasti, perangkat ini bisa meningkatkan produktivitas Anda.

Yang menurut kami menarik adalah Smart Select. Dikombinasikan dengan S Pen, fitur ini memungkinkan Anda memilih gambar atau teks pilihan dari internet atau apapun yang tampil di layar. Anda juga masih bisa menambahkan teks sesuai yang diinginkan. Hasilnya bisa Anda share ke orang lain melalui sosmed, chat messenger atau email.

Samsung Galaxy Tab S3Banyak aplikasi yang sudah mendukung penggunaan S Pen

Selain gambar, di fitur Smart Select Anda juga bisa membuat animasi dalam format GIF. Caranya pilih video yang ingin dijadikan GIF (dari youtube atau sumber lain), masuk ke Air Command lalu Smart Select dan pilih GIF Animation. Animasi GIF yang dihasilkan memiliki durasi waktu 15 detik dengan opsi kualitas tinggi dan standar. Untuk animasi GIF kualitas tinggi menghasilkan ukuran file  sebesar 12MB – 15MB, sedangkan untuk kualitas standar memiliki ukuran file 5MB – 7 MB.

Di dalam Air Command juga terdapat fitur Translate yang sangat membantu menterjemahkan kata yang Anda anggap sulit. Untuk menggunakannnya, Anda masuk ke Air Command lalu pilih translate. Sebelumnya pilih Bahasa yang akan diterjemahkan, misal dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia.

Cukup arahkan S Pen dengan jarak dekat ke kata yang akan diterjemahkan (tidak perlu menyentuh layar), makan secara otomatis akan muncul terjemahan kata yang dimaksud. Hanya saja, proses terjemahan ini membutuhkan koneksi internet yang cepat agar proses terjemahan berjalan lancar.

Screen Off Memo

Samsung Galaxy Tab S3Fitur Screen Off Memo di Samsung Galaxy Tab S3 

Fitur ini memungkinkan Anda membuat catatan meski layar dalam keadaan mati. Sehingga Anda tidak perlu mengaktifkan layar dan masuk ke menu, jauh lebih mudah dan hemat waktu. Untuk mengaktifkan fitur screen off memo, Anda cukup tempelkan S Pen ke layar sambil menekan tombol.

Setelah itu Anda bisa mulai membuat catatan dengan halaman yang tak terbatas. Jika satu halaman tidak cukup, tinggal sentuh ikon panah kebawah untuk masuk ke halaman berikutnya. Begitu seterusnya, tergantung dari berapa halaman yang Anda gunakan saat membuat catatan.

Performa

Samsung Galaxy Tab S3Hasil benchmark Samsung Galaxy Tab S3 dengan Geekbench 4

Samsung Tab S3 memiliki konfigurasi yang sangat optimal untuk semua aktivitas ringan hingga berat. Karena didalam mesinnya sudah tersemat prosesor Snapdragon 820 yang akan disokong memori RAM 4GB dan penyimpanan internal seluas 32GB. Selama penggunaan, kami tidak menemui kendala berarti. Semua aktivitas berjalan dengan lancar, mulai dari aplikasi office, editing, hingga game. Termasuk bekerja secara multitasking dengan membuka banyak aplikasi secara bersamaan.

Hanya saja, bila melihat kemampuan perangkat yang bisa mengakomodir semua aktvitas, rasanya kapasitas 32GB masih dirasa kurang. Apalagi masih dikurangi dengan memori sistem yang memakan ruang sebesar 8GB. Tapi tidak peru khawatir, karena Anda bisa menambahkannya melalui slot microSD.

Dengan kapasitas baterai 6000 mAh, Galaxy Tab S3 memiliki power lebih efisien dengan kemampuan fast-charging. Baterai ini dapat digunakan maksimal selama seharian penuh untuk penggunaan aktif (browsing, memutar lagu, menonton film, social media aktif, chat messaging aktif, email dan aktifitas lain. Saat mencoba pemutaran video HD selama 1 jam, baterainya hanya berkurang 8 persen saja.

Kesimpulan

Secara umum, kualitas yang ditawarkan dari Samsung tab S3 memang memiliki kemampuan yang memadai. Dukungan S Pen yang lebih responsif bisa meningkatkan produktifitas Anda sehari-hari. Tidak hanya itu, pengalaman menikmati konten multimedia melalui perangkat tablet tidak ada yang lebih baik dari yang ditawarkan Samsung tab S3. Anda tidak akan bosan menikmati film-film terbaru melalui layar 9.7 inci berjenis Super AMOLED.

Kriteria Spesifikasi
3G Network HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
Screen Size 9.7 inch
Chipset Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820
RAM 4 GB
Internal 32 GB
Screen Resolution 2048 x 1536 Pixel
Resolusi Kamera 13 MP
Secondary Camera Yes, 5 MP
Battery 6000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel :

Review Samsung Galaxy J7 Pro: Peningkatan Penting Disejumlah Fitur 

Mengenal Lebih Dekat Samsung Gear 360 (2017) dan Samsung DEX 

Review Samsung Galaxy C9 Pro: Hp RAM 6GB, Multitasking Tanpa Kendala  

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2442 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.