Review Asus Zenfone 4 Max Pro: Dual Kamera dan Baterai Besar Jadi Daya Tarik

Oleh Nur Abdillah updated Jumat, 08 Sep 2017 | 18:26

Asus Zenfone 4 Max Pro
ASUS Zenfone 4 Max Pro dirilis resmi di Indonesia tanggal 7 September 2017. Kelebihan ASUS  Zenfone 4 Max Pro yaitu mengusung fitur dual kamera dan baterai berkapasitas 5.000mAh. Perangkat ini akan menjadi pembuka dari rangkaian Zenfone 4 series lain yang juga akan dihadirkan untuk pasar Tanah Air.

Seperti yang diketahui, ada enam varian Asus Zenfone 4 seres yang merupakan generasi keempat yang siap merebut hati konsumen. Varian terbaru ini memiliki segmen berbeda dengan mengusung tagline yang sama; “We Love Photo”. Seri tersebut mencakup ASUS Zenfone 4 ZE554KLASUS ZenFone 4 ProASUS ZenFone 4 SelfieASUS ZenFone 4 Selfie ProASUS ZenFone 4 Max, dan ASUS ZenFone 4 Max Pro ZC554KL.

Dan ASUS ZenFone 4 Max Pro ZC554KL akan menjadi hp Asus terbaru pertama yang masuk pasar Indonesia. Seri ini sendiri mengusung karakteristik We Love Photo dan We Love Energy yang mengedepankan kemampuan mobile photography dengan baterai tahan lama.

Agar tidak penasaran, langsung saja simak ulasan Pricebook dari hasil penggunaan ASUS ZenFone 4 Max Pro.

Desain

Asus Zenfone 4 Max Pro
Secara fisik, Asus Zenfone 4 Max Pro terlihat identik dengan Asus Zenfone Zoom S. Terkesan hanya memindahkan beberapa fitur di lokasi yang berbeda. Namun perbedaan yang paling kentara ada pada tombol home, dimana Asus Zenfone 4 Max Pro dibekali tombol home fisik dibagian depan. Tombol ini juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari dan masih didampingi tombol virtual back dan recent apps.

Dibagian atas terdapat kamera lengkap bersama flash led yang berguna untuk berfoto selfie diruang minim cahaya. ASUS Zenfone Max 4 Pro menyediakan dual slot kartu SIM dan microSD yang bisa ditempatkan secara bersamaa. Kartu yang digunakan berjenis nano SIM, sedangkan untuk microSD bisa menampung hingga kapasitas 256GB.

Seperti biasa, Asus menempatkan tombol daya dan volume disebelah kanan untuk kemudahan akses dengan satu tangan. Termasuk penempatan port audio jack 3.5mm dibagian atas serta port micro USB dibagian bawah.

Layar

Layar asus zenfone 4 max pro
ASUS Zenfone 4 Max Pro menggunakan layar berukuran 5,5 inci berjenis IPS dengan resolusi HD. Meski belum FullHD, namun kualitasnya cukup jernih dan tajam. Masih terasa nyaman untuk menonton video maupun berselancar ke internet. Apalagi sudah disediakan fitur bluelight filter yang akan mereduksi cahaya biru pada layar untuk kenyamanan mata. Selain itu, layar sentuh di ASUS Zenfone 4 Max Pro memiliki sepuluh titik jari.

ASUS tetap menyediakan fasilitas ZenMotion yang memungkinkan Anda memanfaatkan beragam fungsi menggunakan melalui layar. Sebut saja seperti mengetuk layar 2x untuk mematikan atau mengaktifkan layar. Ada juga membuka aplikasi tertentu hanya dengan menulis huruf langsung diatas layarnya. Menariknya, Anda bisa mengatur sendiri aplikasi yang akan diakses secara pintas sesuai kebutuhan atau yang sering dibuka.

Android Nougat dengan ZenUI 4.0

Sebagai hp terbaru, ASUS Zenfone 4 Max Pro tentunya sudah dibekali dengan OS Android Nougat. Saat pertama kali diaktifkan, muncul notifikasi update software. Itu artinya ASUS juga tetap memperhatikan proses update software terhadapat perangkat anyar ini. OS Android Nougat ini dikustom menjadi ZenUI 4.0 yang memiliki beberapa fitur, seperti app lock. Fitur ini sangat berguna untuk mengamankan privasi dengan mengunci aplikasi menggunakan kode yang Anda atur sendiri.

ASUS juga membundel aplikasi bawaan yang mungkin akan berguna bagi pengguna. Salah satunya aplikasi MyAsus yang berisi layanan terkait produk, seperti service center dan lainnya. Sehingga Anda bisa berkonsultasi mengenai garansi atau layanan service jika perangkat mengalami kendala dan lainnya.

Dual Kamera Utama

Asus Zenfone 4 Max Pro
ASUS Zenfone 4 Max Pro telah dibekali dua kamera utama dibagian belakang. Dua kamera ini memiliki konfigurasi resolusi 16MP dengan aperture f/2.0 yang mampu menangkap foto dengan jernih. Serta sebuah lensa wide 120 derajat beresolusi 5MP untuk mengambil lebih banyak objek dalam frame saat memotret di dalam ataupun luar ruangan.

Untuk memudahkan pengguna, tersedia pengaturan instan saat ingin beralih dengan kamera utama ataupun kamera wide hanya dengan menekan ikon khusus pada interface aplikasi kamera. Cukup tekan ikon yang ada didalam interface aplikasi kamera, maka pemotretan akan beralih dari normal ke kamera wide. 

Bagaimana kualitasnya? Saat menggunakan kamera utama diluar ruangan dengan cahaya melimpah, hasil foto terlihat detail dengan akurasi warna yang baik. Begitu pula saat beralih menggunakan kamera wide, bedanya objek dalam foto terlihat lebih lebar. Sangat berguna ketika ingin memotret dengan objek yang banyak namun dalam ruang yang terbatas.

Kamera Asus zenfone 4 max pro
Hanya saja terjadi kualitas yang menurun ketika memotret didalam ruang yang minim cahaya. Hasil foto terlihat buram dengan banyak noise. Meski demikian, ASUS menyediakan ragam modus pemotretan. Diantaranya fitur super resolution yang memungkinkan Anda mendapatkan resolusi besar.

Fitur ini sangat berguna saat proses editing foto, terutama ketika ingin meng-crop gambar namun tetap dalam resolusi tinggi. Bagi yang gemar bereksplorasi bisa memanfaatkan fitur pemotretan Pro dengan melakukan setingan secara manual. Beberapa menu yang bisa diatur mencakup ISO (maksimal 3200), White balance, EV, Shutter speed hingga pilihan focus auto atau manual.

Beralih ke kamera depan. Tidak jauh berbeda, kualitas  kamera depan yang beresolusi 16MP juga sangat baik. Tingkat ketajaman kamera selfie di ASUS Zenfone 4 Max Pro cukup baik di cahaya melimpah. Termasuk melakukan foto selfie di dalam ruangan yang redup. Melalui kamera depan, Anda akan disuguhi fitur BeautyLive yang akan membuat wajah terlihat lebih menarik. Sangat cocok bagi yang gemar foto selfie dan membaginya di sosial media.

Hasil Foto Dual Kamera ASUS Zenfone 4 Max Pro

hasil foto asus zenfone 4 max proHasil foto ASUS Zenfone 4 Max Pro (kamera utama)

Hasil foto asus zenfone 4 max proHasil foto ASUS Zenfone 4 Max Pro (kamera wide)

hasil foto asus zenfone 4 max pro

hasil foto asus zenfone 4 max pro
Performa

ASUS Zenfone Max 4 Pro ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon 430 yang memiliki kecepatan 1,4GHz. Secara umum hampir semua aktivitas dapat dilakukan tanpa kendala. Hanya saja performanya masih terasa nanggung, terutama di sisi kecepatan. Terlihat pada saat membuka atau beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain.

Meski demikian, untuk proses multitasking ASUS ZenFone 4 Max Pro masih cukup oke karena dibekali RAM berkapasitas 3GB dengan penyimpanan internal 32GB. Memainkan game-game dengan grafis berat juga masih dimungkinkan, seperti Modern Combat 5, Asphalt 8, Nova Legacy serta beberapa game dari Gameloft yang bisa diunduh gratis.

Meski bukan menjadi patokan, namun tidak ada salahnya jika Anda melihat hasil skor benchmark dari ASUS Zenfone 4 Max Pro.

Benchmark Asus zenfone 4 max pro
Baterai 5.000mAh

Baterai menjadi salah satu keunggulan yang ditawarkan ASUS Zenfone 4 Max Pro. Dengan kapasitas baterai mencapai 5.000mAh tentu hp ini menawarkan daya tahan yang lebih lama. Dipadukan dengan prosesor dan software yang hemat daya, ASUS Zenfone 4 Max Pro diklaim sanggup bertahan dalam kondisi standby di jaringan 4G selama 46 hari.

Lalu untuk berkomunikasi, baterainya mampu memberi daya di jaringan 3G selama 40 jam. Bagi yang gemar menonton film, baterai 5.000mAH di ASUS Zenfone 4 Max Pro bisa digunakan selama 22 jam memutar film HD. Serta sanggup menyuplai daya hingga 26 jam non stop melalui jaringan wifi.

Meski demikian, berikut hasil penggunaan langsung baterai yang Pricebook lakukan. Untuk penggunaan harian (koneksi via wifi dan mobile data) seperti membuka email, chat aktif (WA, BBM, Line), Sosmed (FB, Instagram), browsing, baterainya mampu menyuplai daya hampir 2 hari.

Lalu streaming melalui Youtube menggunakan wifi, film HD berdurasi 1 jam 20 menit baterainya berkurang sekitar 8 persen saja. Berlanjut bermain game HD kurang lebih 1 jam, menguras baterai sebesar 11 persen. Terbilang cukup istimewa, karena mampu memberikan daya tahan yang jauh lebih lama.

Tidak hanya itu, ASUS Zenfone 4 MAx Pro juga sudah mendukung reverse charging hingga dua kali lebih cepat. Kapasitas baterai yang besar bisa menjadikan ASUS Zenfone 4 Max Pro sebagai powerbank untuk mengisi ulang perangkat lain. Anda tidak perlu khawatir, sebab ASUS telah menyediakan sebuah kabel USB OTG (on the go) dalam paket penjualannya.

Asus zenfone 4 max pro

Fitur lainnya

ASUS Zenfone 4 Max Pro sudah mendukung jaringan 4G di kedua slot SIM. Sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk beralih antara SIM 1 dengan SIM 2. Apalagi jaringan yang didukung cukup lengkap sehingga dapat digunakan untuk semua operator 4G yang ada di Indonesia. 

Bagi yang ingin menghemat ruang penyimpanan, ASUS Zenfone 4 Max Pro juga sudah mendukung fitur USB OTG. Sehingga Anda bisa menikmati video, lagu atau gambar langsung dari perangkat flash drive.

Kesimpulan

ASUS Zenfone 4 Max Pro terlihat sangat menonjol pada fitur dua kamera dan baterai berkapasitas besar. Sangat cocok untuk Anda yang banyak beraktivitas diluar ruangan dan membutuhkan hp baterai besar. Apalagi dengan baterai 5.000mAh, hp ini juga bisa menjadi powerbank untuk mengisi ulang baterai perangkat lain. Lalu keberadaan dua kamera dibagian belakang dengan komposisi wide angle beresolusi 16MP bisa menjadi nilai lebih bagi penggemar fotografi. 

ASUS ZenFone 4 Max Pro ZC554KL sendiri dipasarkan dengan harga Rp2.999.000. ASUS juga menawarkan sebuah speaker bluetooth untuk pembelian tanggal 7 - 14 September 2017. Hp ASUS terbaru ini sudah banyak dijual secara online melalui e-commerce seperti Erafone, Lazada, Tokopedia, Bukalapak dan lainnya.

Bisa juga melalui toko offline di pusat-pusat penjualan hp seperti ITC Roxy Mas, ITC Cempaka Mas, Poins Square atau Mall Ambassador, Atau bisa juga langsung mengunjungi ASUS Store di ITC Cempaka Mas serta ASUS  Exclusive Store di ITC Roxy Mas serta Bekasi.

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 7(2600), 8(900), 20(800), 40(2300)
Ukuran Layar 5.5 inch
OS Version 7.0
Chipset Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 1.4 GHz
GPU Adreno 505
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Resolusi Kamera -
Resolusi Kamera Depan 1 16 MP
Kapasitas Baterai -

Baca juga artikel :

Review Samsung Galaxy C9 Pro: Hp RAM 6GB, Multitasking Tanpa Kendala 

Lenovo K6 Note dengan RAM 4GB, Baterai Sangar! 

Review Xiaomi Redmi Note 4: Bodi Lebih Ramping, Baterai Tetap Tahan Lama 

Artikel Lainnya

Komentar