Diperbaharui pada Kamis, 10 Agustus 2017 | 11:40

Review Samsung Galaxy C9 Pro: Hp RAM 6GB, Multitasking Tanpa Kendala

Samsung Galaxy C9 Pro
Dengan memori RAM 6GB, Samsung Galaxy C9 Pro sangat maksimal untuk beraktivitas secara multitasking.

Konsistensi Samsung terus berlanjut dalam menelurkan smartphone yang berbeda dengan kategori harga bervariasi. Salah satunya Samsung Galaxy C9 Pro yang menonjolkan pada layar AMOLED berukuran 6 inci dengan kekuatan memori RAM 6GB.

Desain

Samsung Galaxy C9 Pro
Samsung Galaxy C9 Pro memiliki bodi yang besar namun ramping. Besar karena memasang layar berukuran 6 inci yang memenuhi tampak depan perangkat. Meski besar namun bodinya cukup ramping dengan ketipisan kurang dari 7mm (dimensi 162.9 x 80.7 x 6.9mm). Meski demikian, hp dengan layar 6 inci memang tidak nyaman untuk digunakan dengan satu tangan. Untungnya, Samsung menyediakan fitur One Hand Mode yang mereduksi tampilan keyboard pada layar sehingga dapat dijangkau dengan satu tangan saat mengetik. 

Casing belakang terbuat dari material metal dengan sedikit lengkungan di bagian sisinya. Tidak haya membuat tampilan Samsung Galaxy C9 Pro terlihat makin menarik, tapi juga untuk menambah kenyamanan saat berada dalam genggaman. Bagian belakang juga terlihat adanya elemen baru berupa 3 garis di atas dan bawah. Bagian depan tetap memasang tombol home fisik yang juga berfungsi sebagai sensor sidik jari.

Layar AMOLED

Samsung Galaxy C9 Pro
Layar di Samsung Galaxy C9 Pro tidak hanya berukuran besar tapi juga sudah didukung resolusi FullHD dengan teknologi. AMOLED. Sepertinya kualitas layar AMOLED yang banyak digunakan Samsung tidak perlu diragukan lagi, warna yang kaya, hitam yang pekat dan sudut pandang yang lebar. Sangat nyaman untuk menikmati video ataupun bermain game. Samsung turut menyertakan fitur bluelight filter untuk menyamanan mata saat menggunakan perangkat dalam waktu yang lama. Meski layarnya sudah dilindungi Gorilla Glass, namun masih belum jelas versi yang digunakan.

Kamera Depan dan Belakang 16MP

Samsung Galaxy C9 Pro
Kamera tetap menjadi perhatian Samsung untuk perangkat mereka. Di Samsung Galaxy C9 Pro ini, sudah terpasang kamera depan dan belakang yang sama-sama memiliki resolusi 16MP. Kualitas kamera depan dengan resolusi 16MP terbilang masih standar. Saat dibandingkan dengan kamera depan Samsung Galaxy S6 yang hanya beresolusi 5MP, foto selfie dari Samsung Galaxy C9 Pro dengan resolusi 16MP terlihat jauh dari harapan. 

Foto selfie yang dihasilkan terlihat tidak detail, termasuk kurang untuk menyesuaikan warna kulit. Selain itu, Samsung hanya menyematkan sedikit fitur tambahan untuk kamera depan, salah satunya adalah wide selfie. Fitur ini serupa dengan modus panorama yang menggeser hape untuk sudut pengambilan gambar yang lebih luas. 

Berbeda dengan kamera belakang yang memiliki hasil jepretan yang jauh lebih baik. Memotret di cahaya melimpah foto sangat detail dengan warna yang mendekati asli. Untuk pengambilan gambar di kondisi cahaya rendah hasil foto memang tidak terlalu detail. Fokus juga tidak secepat di luar ruangan dan hasil foto masih terdapat noise. Apalagi kamera Samsung Galaxy C9 Pro juga tidak menawarkan foto dalam format RAW.

Begitu juga saat merekam video, dimana untuk luar ruangan memberi hasil yang memuaskan, namun sebaliknya tidak untuk perekaman di dalam ruangan. Meski demikian, hasil foto kamera belakangnya masih cukup oke untuk dibagikan ke sosial media. Anda juga masih mendapatkan beragam modus pemotretan seperti night mode, HDR, Panorama, Food, dan Continuous Shot. Bagi yang gemar bereksplorasi, tersedia modus Pro, dengan batasan tidak dapat merubah shutter speed. 

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy C9 Pro :

Samsung Galaxy C9 Pro

Samsung Galaxy C9 Pro

Samsung Galaxy C9 ProPerforma

Samsung Galaxy C9 Pro ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon 653 yang memiliki kecepatan 1.95 GHz. Prosesor ini dikombinasikan dengan grafis Adreno 510 untuk memastikan pengalaman yang lancar tanpa gangguan. Apalagi sudah didukung penanaman memori RAM 6GB yang makin meningkatkan performa. Dari hasil benchmark dengan Antutu didapati skor 86199, sedangkan hasil Geekbench 1430 (single core) dan 4309 (multi core). 

Hasil benchmark Samsung Galaxy C9 Pro :

Samsung Galaxy C9 Pro
Maksimalnya Hp RAM 6GB

Salah satu kelebihan Samsung Galaxy C9 Pro ada pada penanaman memori RAM 6GB. Apa yang didapatkan dari hp RAM 6GB ini? Pertama, selama menggunakan Samsung Galaxy C9 Pro kami sama sekali tidak merasakan kendala yang berarti. Perangkat menawarkan performa yang cepat di semua aktivitas. Semua aplikasi dibuka dengan cepat, termasuk memainkan game-game dengan grafis tinggi.

Kedua, proses multitasking yang tidak menemukan kendala. Membuka banyak aplikasi dalam waktu bersamaan kini tidak menjadi masalah berarti bagi Samsung Galaxy C9 Pro. Kami menguji dengan berselancar ke dunia maya melalui aplikasi Chrome dan membuka hingga 25 situs teknologi tanpa melakukan force closed.

Samsung Galaxy C9 Pro
Lalu menikmati video streaming dan langsung menekan tombol home (tetap membiarkannya berjalan di background). Memutar lagu dari aplikasi pemutar musik dan membiarkannya tetap aktif di latar. Terakhir kami membuka 4 game sekaligus yaitu Modern combat 5, Asphalt 8, Iron Blade, dan Ganstar 4. Kami juga beralih diantara keempat game secara acak dan tetap membiarkannya berjalan di background.

Menariknya, keempat game masih tetap dapat dimainkan kembali dari saat terakhir dimainkan game paused). Artinya, memori pada RAM masih mencukupi untuk tetap membiarkan aplikasi berjalan di background. Termasuk membuka kembali aplikasi lain yang masih berjalan di latar. Semua aktivitas tersebut dapat diatasi Samsung Galaxy C9 Pro dengan lancar tanpa adanya isu lag ataupun hang.

Game Tools

Samsung Galaxy C9 Pro
Bagi yang gemar bermain game, ada fitur tambahan bernama Game Tools yang cukup berguna. Fitur ini berisi beberapa menu, salah satunya memungkinkan Anda menonaktifkan notifikasi yang masuk selama bermain game. Ada juga  menu untuk mengunci tombol ‘key recent’ dan ‘back’ untuk mengurangi resiko salah sentuh ketika bermain.

Ada juga menu screen shoot yang bisa Anda manfaatkan untuk menyimpan gambar favorit dari game. Fitur ini bisa menjadi opsi lain selain screen shoot yang biasa digunakan menggunakan kombinasi tombol fisik. Yang paling menarik adalah fitur merekam video selama bermain. Cukup tekan menu Record dan perangkat langsung merekam semua tampilan yang ada pada layar selama permainan hingga Anda menutup aplikasi.

Baterai 4.000mAh

samsung galaxy c9 pro
Untuk mendukung semua performa dari fitur-fitur yang ada, Samsung Galaxy C9 Pro telah dibekali baterai yang cukup besar dengan kapasitas 4,000mAh. Untuk penggunaan normal (browsing, chating, email) baterainya sanggup bertahan selama seharian. Lalu saat diajak memainkan game selama satu jam, baterainya berkurang sebesar 15 persen. Sedangkan memutar video HD secara streaming menggunakan koneksi Wifi, film berdurasi 1 jam 32 menit mengurangi daya aterai sebesar 11 persen.

Baterai yang besar ini juga didukung dengan teknologi pengisian cepat. Dalam posisi 0 persen, baterai Samsung Galaxy C9 Pro dapat terisi penuh 100 persen hanya dalam waktu kurang dari 2 jam melalui port USB Type-C. 

Harga Samsung Galaxy C9 Pro di Indonesia dipasarkan dengan harga di kisaran Rp6,9 juta untuk yang bergaransi resmi. Jadi sebelum membeli sebaiknya tanyakan garansi yang dijual toko, sebab ada juga Samsung Galaxy C9 Pro yang dijual dengan garansi internasional atau distributor dengan harga yang lebih murah. 

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Samsung Galaxy C9 Pro merupakan perangkat yang bagus, dengan layar AMOLED berukuran 6 inci yang tajam dan detail. Meski dibekali prosesor kelas menengah, namun penggunaan memori RAM 6GB menawarkan performa yang memuaskan. Tidak ditemui adaya lag, hang atau masalah lain saat beraktivitas secara multitasking. Serta masih didukung desain premium dan daya tahan baterai yang memadai menjadi kekuatan Samsung Galaxy C9 Pro.

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 6 inch
OS Version 6
Detail Prosesor Snapdragon 652
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 1.4 GHz
GPU Adreno 510
RAM 6 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera Belakang 16 MP
Resolusi Kamera Depan 16 MP
Kapasitas Baterai 4000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel :

Review Asus Zenfone Zoom S: Pelopor Hape Dual Kamera di Lini Zenfone Series 

Review Xiaomi Redmi Note 4: Bodi Lebih Ramping, Baterai Tetap Tahan Lama 

Review: Samsung Galaxy A5 (2017), Si Cantik yang Tangguh Luar Dalam  

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2441 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.