Xiaomi Air 12, Macbook Versi Ekonomis!

Oleh Yudhi Tri Perwira updated Selasa, 25 Jul 2017 | 12:07

Jika anda sedanga mencari laptop dengan desain yang sangat tipis dan mudah digenggam serta nyaman untuk dibawa-bawa mungkin Macbook atau Macbook Air akan menjadi pilihan utama anda. Mengingat kehandalan serta nama besar Apple sudah menjadi jaminan yang pasti akan kualitas laptop tipis ini.

Namun persoalan selanjutnya adalah bahwa harga produk ekskluisif Apple ini bukan harga yang terlalu bersahabat bagi para konsumen kelas menengah kebawah. Misal Macbook Air dibanderol dengan harga diatas 12 juta rupiah untuk seri yang lama dan Macbook Pro diatas 15 juta.

Alternatifnya maka anda akan mencari kompetitor serupa yang mempunyai desain yang hampir sama namun memiliki target pasar yang berbeda. Dell XPS 13 mungkin dapat menjadi alternatif bagi anda yang ingin memiliki laptop sejenis Macbook, namun tetap saja pabrikan asal Amerika membanderol harga yang cukup tinggi.

Xiaomi Air mungkin menjadi alternatif yang tepat bagi yang ingin memiliki laptop dengan desain yang boleh dibilang menyerupai Macbook namun tetap dengan harga yang terjangkau. Untuk itu kami akan membedah serta mengulas lebih dalam mengenai laptop tipis dari pabrikan asal Tiongkok ini.

image gearbest.com

Harga yang Masuk Akal

Muncul pertama kali pada tahun 2016, saudara muda dari Xiaomi Notebook Air 13 ini secara tidak sengaja membawa beberapa kesamaan dalam produknya. Memiliki seri yang sama dengan Xiaomi Air 13 namun berada pada kisaran harga yang berbeda. Laptop tipis dari Xiaomi ini dihargai sekitar 7-9 juta rupiah.

Harga menjadi pertimbangan penting bagi anda kenapa memilih laptop ini sebagai pilihan anda. Jika anda memiliki budget yang tak lebih dari 10 juta rupiah, maka Xiaomi Mi Notebook Air 12 merupakan pilihan yang sangat realistis. Mengingat komparasi harga yang terjadi dengan kompetitor macam Macbook Air ataupun Dell XPS 13.

Desain

image via gearbest.com

Bisa dibilang sebagai salah satu “peniru” desain Macbook. Namun Xiaomi Mi Notebook Air 12 nampaknya berhasil menampilkan kesan yang elegan sekaligus tak murahan. Hal ini dapat dilihat dari mateial metal yang digunakan untuk lapisan bodinya. Warna silver menjadi pilihan yang tepat untuk semakin memberikan kesan modern tapi tetap stylish.

Hal selanjutnya yang menjadi perhatian adalah anda akan mendapati 3 hal ketika akan membuka box laptop. Di dalam box Anda hanya akan menemukan charger, dokumen serta laptop. Yang menarik adalah kabel yang cukup panjang serta ukuran charger yang terbilang kecil membuat anda memudahkan ketika akan bepergian.

Laptop Xiaomi Air 12 ini memiliki dimensi yang terbilang mungil dengan volume  292 x 202 x 12.9mm bahkan lebih kecil dibanding lembar ukuran A4. Sementara memiliki beban 1.08 kg. Merupakan pesaing yang dapat mengganggu hegemoni Macbook dan Dell XPS 13 dari segi desain.

Dimensi ukuran keyboard nya sendiri berukuran 103 x 62 mm atau sedikit lebih kecil dibanding XPS 13. Sementara untuk port konektivitas terdapat 4 Port utama yaitu : 1 Port HDMI, 1 Port USB 3.0, dan 2 port USB type C. Namun sayangnya tidak ada slot untuk card reader serta minus satu port USB jika dibandingkan XPS 13.

Selain itu yang disayangkan adalah tidak kompatibelnya touchscreen pada layar Xiaomi Air 12 membuatnya terasa kurang komplit. Namun jika mengingat harga yang diberikan maka anda akan segera maklum jika laptop ini tak disertai dengan fitur touchscreen.

Spesifikasi Serta Performa Xiaomi Mi Air 12

Untuk dapur pacunya sendiri Xiaomi Air 12 disertai dengan spesifikasi yang cukup mumpuni. Menggunakan prosesor Core M3-6Y30 900 MHz dan dapat dimaksimalkan mencapai frekuensi 2.2 GHz. Kartu grafis yang digunakan adalah Intel HD Graphics 515 serta RAM sebesar 4 GB yang dapat anda andalkan ketika melakukan berbagai multitasking di laptop anda.

Harddisk sebesar 128 GB nampaknya cukup untuk menampung segala penyimpanan data anda. Namun jika anda ingin dapat menampung lebih maka dapat meng-upgrade dengan menambah harddisk dengan slot yang masih tersedia.

Menggunakan baterai Non removable 37Whr yang dapat bertahan dengan penggunaan normal selama 11.5 jam. Layar sebesar 12.5 inchi dengan resolusi full HD membuat Xiaomi air 12 memiliki densitas piksel yang lebih tinggi dibandingkan laptop yang beredar di pasaran saat ini.

Xiaomi Mi Notebook Air 12.5 inch
Harga termurah

Rp 7,999,900

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 12.5 inch
Resolusi Layar 1920 x 1080 Pixel
Tipe Prosesor Core M
RAM 4 GB
Kapasitas HDD -
Kartu Grafis Intel
Graphic Card Memory Size -
USB 3.0 1 Port(s)
OS Windows 10
Tipe Kartu Grafis HD Graphics 515

Kompetitor Serupa

ASUS Zenbook UX305CA

Xiaomi Air 12 memiliki beberapa kompetitor yang pada dasarnya menggunakan prosesor yang sama dan mereka semua memiliki desain yang tipis serta ringan.

Beberapa diantaranya adalah Asus Zenbook UX305CA, Samsung Galaxy TabPro S, HP Elite x2 1012 G1 dan Dell XPS 12-9250 mereka semua tergolong laptop hybrid (2 in 1).

Kesimpulan

Dengan desain dan segala performa yang ditawarkan. Xiaomi Air 2 dianggap berhasil dan cukup memuaskan untuk sebuah laptop yang “meniru” desain Macbook. Dengan harga yang sangat murah, performa yang baik juga daya baterai yang sangat tahan lama untuk laptop dikelasnya.

Material bodi yang berbahan metal menjadi daya tarik utama dari segi desain beserta ukuran keyboard yang lebih besar membuatnya menjadi sangat nyaman untuk digunakan.

Tak dapat menggunakan layar sebagai touchscreen mungkin menjadi sedikit kekurangan dari laptop ini. Serta ketiadaan dari slot card reader sedikit banyak mempengaruhi daya tawar dari laptop ini. akan sangat merepotkan bila menambah adaptor hanya untuk dapat memasukkan file ke dalam laptop khususnya bagi anda yang berprofesi sebagai fotografer atau videografer.

Namun jika melihat dari sisi harga yang ditawarkan, Xiaomi Air 12 dapat menjadi alternatif bagi anda yang menginginkan laptop tipis dengan desain “Macbook” yang berharga lebih murah.

Baca juga artikel:
Laptop Tipis dengan Performa Ciamik Seharga 5 Jutaan
Laptop Tipis ASUS ZenBook UX410UQ, Dilengkapi Prosesor Core i7 Kaby Lake
Laptop Tipis Dell Latitude 13 7000 Masuk Indonesia Harga Rp22 Jutaan

Artikel Lainnya

Komentar