Review Asus Zenbook UX390UA: Laptop Super Tipis dengan Spek Tinggi

Oleh Nur Abdillah updated Jumat, 14 Jul 2017 | 15:42


Asus Zenbook 3 UX390UAK merupakan laptop super tipis yang memiliki spesifikasi tinggi, wajar bila harga laptop Asus ini cukup premium.

Tidak seperti laptop tipis lain, Asus Zenbook UX390UA hadir mengusung desain cantik dengan memasang beragam perangkat keras kelas tinggi. Mengombinasikan prosesor generasi ketujuh dari Kaby Lake Intel Core i7 dengan paduan RAM 16GB, laptop ini memang menawarkan performa tak tertandingi untuk perangkat sejenis.

Berikut kesan kami setelah kurang lebih seminggu beraktivitas dengan laptop Asus Zenbook UX390UA.

Desain


Tidak seperti kebanyakan laptop, Asus Zenbook UX390UA memiliki tampilan yang berbeda dan berkelas. Mengusung konsep unibody yang terbuat dari aluminium, laptop ini sangat tipis dan ringan dengan bobot kurang dari 1kg. Bentuknya juga lebih compact dari ultrabook lain, mudah dibawa kemanapun dan tidak memakan ruang saat dimasukkan ke dalam tas.

Fisiknya makin elegan dengan pola garis halus melingkar dengan balutan elemen warna gold disekeliling casing atas. Warna gold juga digunakan pada logo Asus yang menambah kesan mewah. Sayangnya, seiring penggunaan menyisakan noda yang cukup kentara, jadi Anda harus sering-sering membersihkan agar perangkat tetap terlihat menarik.

Berbeda dengan bagian luar, di sisi interior menggunakan material matte sehingga tidak akan meninggalkan jejak sidik jari pengguna. Layar Asus Zenbook UX390UA memiliki bezel yang tipis untuk tampilan yang lebih luas. Dibawahnya terdapat keyboard berukuran penuh dengan kualitas yang sangat empuk saat ditekan. Asus membuat setiap tombol pada keyboardnya dengan ukuran yang cukup besar. Hal ini sangat berguna untuk mengurangi kesalahan tekan tombol.


Termasuk ketika kami mengetik artikel review ini menggunakan Asus Zenbook UX390UA. Kami dapat mengetik kata demi kata lebih mudah dengan minim kesalahan ketik atau menekan tombol yang salah. Keyboard ini juga sudah dilengkapi dengan fitur backlit LED dengan tiga level kecerahan yang sangat berguna saat mengetik di ruang gelap sekalipun. Dibawah keyboard terdapat touchpad dengan penambahan sensor sidik jari di ujung atas kanan. Kualitas touchpad berjalan lancar tanpa kendala, termasuk untuk fungsi zoom atau swipe gambar.

Sementara kehadiran sensor sidik jari semakin menambah keamanan perangkat. Sensor ini bekerja dengan cukup baik meski ada kalanya sedikit mengalami kesulitan mengenali sidik jari yang sudah teridentifikasi. Di sektor audio, Asus menempatkan total empat speaker dengan dua speaker diatas keyboard dan dua dibagian bawah perangkat. Asus Zenbook UX390UA juga ‘bersih’ dari beragam port. Perangkat ini hanya mengandalkan keberadaan USB type-C untuk terkoneksi ke device lain.

Artinya Anda tidak bisa melakukan transfer file atau lainnya dengan perangkat yang menggunakan USB standar (seperti flashdisk ataupun HD eksternal). Tapi tidak perlu khawatir, karena Asus menyertakan adaptornya, sehingga Anda bisa terhubung ke port USB Type C. Atau bisa membeli perangkat konverter yang banyak dijual baik secara offline maupun online. 

Layar


Layar menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki Asus Zenbook UX390UAK. Menggunakan layar berukuran 12,5 inci dengan panel IPS 1920 x 1080 piksel. Kami merasa nyaman saat menikmati film fullHD yang disajikan layar laptop tipis ini. Gambar yang ditampilkan sangat tajam dan jernih dengan akurasi warna yang baik.

Untuk melindungi dari resiko tergores, Asus telah melindungi layarnya dengan proteksi dari Gorilla Glass 4. Layar laptop ini memiliki tingkat kecerahan maksimal 300 nits, yang terbilang standar untuk ukuran laptop premium. Sayangnya, meski dibanderol cukup mahal namun perangkat ini tidak dilengkapi dengan layar sentuh.

Audio

Asus Zenbook UX390UA juga memasang sistem audio yang tidak sembarangan. Ada empat speaker yang telah tertanam, dua ditempatkan dibelakang dan dua diatas keyboard. Keempat speaker ini berasal dari Harman Kardon yang memang sangat terkenal dengan kualitas audionya. Output suara yang dihasilkan terdengar sangat jelas dan keras, sehingga tidak perlu memutar volume di setingan maksimal.

Bisa dikatakan, kualitas audio yang ditawarkan laptop ini sedikit lebih kaya dan lebih jelas dari beberapa laptop lain yang pernah kami uji sebelumnya.

Performa


Pada umumnya, laptop dengan desain tipis lebih mengutamakan sisi mobilitas dengan menanam perangkat keras yang hemat daya. Hal ini berujung pada kinerja perangkat yang terkesan kurang mumpuni untuk aktivitas yang lebih berat.

Namun tidak demikian dengan Asus Zenbook UX390UA. Didalam bodinya yang tipis justru sudh terpasang hardware yang sangat optimal. Perangkat yang kami uji memiliki konfigurasi prosesor Kaby Lake Intel Core i7-7500U dengan dukungan memori RAM 16GB LPDDR3 serta media penyimpanan internal berupa SSD 512GB.

Dengan konfigurasi ini, kami tidak mengalami kendala dalam hal multimedia, seperti memutar beragam jenis konten video. Proseso multitasking pun berjalan lancar, melakukan browsing dengan membuka hingga 25 tab sekaligus, termasuk melakukan streaming video di Youtube yang berjalan di background. Bahkan melakukan aktvitas yang berat seperti editing foto dan video atau melakukan pemrograman terbilang oke. Begitu pula memainkan game, hasilnya tidak terlalu buruk meski pada dasarnya bukan diperuntukkan untuk aktivitas tersebut.


Penggunaan hardware yang tinggi tentu mengonsumsi daya lebih besar. Hal ini sangat berpengaruh pada daya tahan baterai Asus Zenbook UX390UAK. Untuk aktivitas multitasking sehari-hari, laptop ini hanya bertahan kurang lebih 6 jam. Memutar video FullHD berdurasi 1 jam 15 menit, baterainya berkurang sebesar 11 persen.

Meski demikian Anda tidak perlu khawatir, karena Asus menggunakan baterai bertenaga 45W dengan teknologi fast charging. Baterainya bisa terisi penuh kembali hanya dalam waktu 2 jam melalui USB Type-C atau mencapai 60% dalam waktu 50 menit. Meski menggunakan port USB Type-C seperti smartphone, namun tetap pastikan menggunakan charger adaptor bawaan dari Asus.

Kesimpulan


Setelah menggunakan Asus Zenbook UX390UA, bisa dikatakan ini adalah laptop super tipis yang sangat andal. Dalam ukuranya yang tipis namun tersemat konfigurasi hardware yang sangat mumpuni. Jika Anda mencari laptop tipis, ringan dengan desain cantik, perangkat ini bisa menjadi pilihan utama. Apalagi jika faktor keuangan bukanlah menjadi penghalang, karena harga laptop Asus Zenbook UX390UA dipasarkan dengan harga di atas Rp 20 jutaan.

Asus ZenBook 3 UX390UA-GS048T / GS053T
Harga termurah

Rp 20,962,500

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 12.5 inch
Resolusi Layar 1920 x 1080 Pixel
Tipe Prosesor Core i7
RAM 16 GB
Kapasitas HDD -
Kartu Grafis Intel
Graphic Card Memory Size -
USB 3.0 -
OS Windows 10
Tipe Kartu Grafis HD Graphics 620

Baca juga artikel :
Review Acer Aspire E5-475G: Optimal Untuk Multimedia dan Gaming 
Review Acer Swift 3: Laptop Stylish yang Memiliki Performa Optimal 
Melihat Lebih Dekat Apacer BLADE FIRE DDR4 

Artikel Lainnya

Komentar