Diperbaharui pada Selasa, 20 Juni 2017 | 09:58

Review Acer Aspire E5-475G: Optimal Untuk Multimedia dan Gaming


Acer Aspire E5-475G i5 7200U bisa menjadi alternatif pilihan yang tepat untuk konsumen dengan budget terjangkau tapi ingin memiliki laptop dengan performa terbaik untuk multimedia maupun gaming kelas menengah.

Acer Aspire E5-475G menggunakan layar berukuran 14 inci dan memiliki bentuk yang tidak terlalu tipis, tapi masih cukup nyaman untuk dibawa kemana-mana. Laptop Acer RAM 4GB ini hadir dengan spesifikasi yang terbilang cukup mumpuni di kelas menengah.

Dibekali prosesor Intel Core i5 generasi terbaru Kaby Lake dan dukungan kartu grafis Nvidia GeForce 940MX, Acer Aspire E5-475G sangat bisa diandalkan. Berikut pengalaman Pricebook setelah  beberapa hari menggunakan perangkat ini.

Desain


Laptop Acer Aspire E5-475G memang bukan perangkat komputasi yang memiliki desain ramping dan ringan. Memiliki layar berukuran 14 inci, dimensinya 381 x 259.1 x 23.88mm dengan bobot yang cukup lumayan berkisar 2kg. Hal ini cukup wajar mengingat Acer E5 475G masih menggunakan DVD-RW, sehingga terlihat lebih tebal.

Acer mengusung desain yang cukup menarik, dimana casing atas dan bawah memiliki balutan aksen dan warna yang sama. Aksen garis-garis vertical dan horizontal yang halus menjadi daya tarik tersendiri. Tidak hanya itu, akses garis-garis halus tersebut juga memberi sentuhan agak kasar agar perangkat tidak licin saat di pegang.

Untuk port dan penempatannya juga tidak berbeda dengan laptop pada umumnya. Acer Aspire E5-475G dilengkapi dengan port USB (2x USB 3.0, 1x USB 2.0), HDMI, Ethernet, card reader, jack audio 3,5mm dan VGA.


Di bagian dalam, Acer E5 475G menempatkan keyboard chiclet yang cukup empuk saat di tekan. Ada beberapa perbedaan penempatan untuk tombol fungsi serta tombol power yang ditemaptkan di sisi kanan atas. Sedangkan tombol fungsi diposisikan pada tombol navigasi, dimana tombol fungsi volume diletakan pada navigasi atas bawah, serta tombol kecerahan ada di navigasi kanan kiri.

Acer Aspire E5-475G i5 7200U juga menyediakan tombol fungsi ‘NumLK’ yang akan mengubah beberapa tombol huruf menjadi tombol angka, sehingga memudahkan Anda yang banyak bekerja dengan angka. Untuk mengaktifkannya, cukup tekan tombol Shift+F11.

Acer juga memudahkan Anda untuk meng-upgrade komponen perangkat agar makin bertenaga. Dimana pada bagian bawah telah disediakan kompartemen khusus untuk upgrade HDD, SSD dan RAM tanpa membongkar seluruh casing. Jadi Anda hanya cukup membuka 4 baut untuk melihat kompartemen didalamnya.

Layar


Acer Aspire E5-475G menggunakan layar berukuran 14 inci dengan resolusi standar HD 1366×768 piksel. Tingkat kecerahan maupun kontras layar memiliki kualitas yang lebih baik dari perangkat sejenis dikelasnya. Karena layar ini sudah dibekali Acer ExaColor yang menawarkan warna 60% lebih banyak, sehingga warna terlihat lebih hidup.

Sudut pandang yang dimilikinya juga luas, gambar masih terlihat cukup baik dari sudut yang sangat miring. Acer Aspire E5-475G i5 7200U juga menyematkan teknologi Bluelight Shield yang akan mereduksi emisi cahaya biru agar mata tidak cepat lelah. Hal ini tentu memberi kenyamanan saat menggunakan perangkat dalam waktu yang cukup lama.

Meski demikian, disarankan tetap melakukan seting kecerahan layar sesuai dengan kenyamanan mata. Atau setidaknya, setiap sejam sekali istirahatkan mata Anda agar tidak terlalu cepat lelah.

Kinerja


Di rentang harga yang ditawarkan, Acer E5 475G memiliki konfigurasi spesifikasi yang sangat bisa diandalkan. Untuk model ini, Acer menanam prosesor Intel Core i5-7200U dari generasi ketujuh Kaby Lake.

Prosesor generasi terbaru ini memiliki dua core CPU dengan kecepatan clock 2,5GHz - 3,1 GHz dan terintegrasi teknologi HyperThreading untuk bekerja sampai dengan 4 thread sekaligus. Untuk mendukung kinerja lebih optimal, Acer Aspire E5-475G i5 7200U turut memasang memori RAM 4GB DDR4 dengan ruang penyimpanan internal berkapasitas 500GB.

Benchmark PCMark 8 :


Selain mengintegrasikan sebuah grafis Intel HD Graphics 620, Acer juga mengombinasikannya dengan kartu grafis bertenaga dari Nvidia GeForce 940MX yang memiliki 2GB DDR3 memori video. Sebuah grafis yang sangat mumpuni untuk pengolahan grafis maupun gaming. Menariknya, di dalam laptop Acer RAM 4GB ini juga tertanam teknologi Nvidia Optimus yang akan mengalihkan beban kerja grafis secara otomatis.

Sehingga memungkinkannya untuk menyesuaikan alokasi pada driver grafis. Meski demikian, Anda jangan terlalu berharap pada game terbaru yang menuntut grafis berat pada laptop Acer Aspire E5-475G i5 7200U ini, karena kinerjanya memang masih terbatas. Atau setidaknya masih dapat memainkannya dengan setingan rendah atau menengah jika memungkinkan.

Benchmark 3DMark :


Beberapa game yang cukup lancar dimainkan pada Acer E5 475G yaitu Rise of the Tomb Rider, GTA V, The Witcher 3 Wild Hunt, PayDay dan Batman Arkham Knight. Hanya saja, laptop Acer kelas menengah ini cukup terasa panas ketika digunakan untuk aktifitas yang berat, terutama saat memainkan game dalam waktu yang cukup lama.

Untuk urusan sumber daya, Acer Aspire E5-475G ditenagai baterai 37-Wh (4-cell) dengan kemampuan yang terbilang standar. Pemakaian harian dengan Wifi aktif untuk browsing, email, dokumen, dan multimedia, baterainya bertahan selama 5 jam lebih. Lalu untuk memutar film HD dapat dimainkan selama kurang lebih 5 jam.

Kesimpulan


Secara umum, Acer Aspire E5-475G i5 7200U bisa menjadi pilihan laptop untuk multimedia ataupun gaming kelas menengah. Kemampuannya dalam mengolah aktivitas yang berkaitan dengan grafis sangat bisa diandalkan berkat penggunaan GPU Nvidia 940MX. Apalagi harganya yang terbilang masih bisa di jangkau namun memiliki kemampuan yang mumpuni dalam beberapa hal.

Kemampuan laptop Acer RAM 4GB ini juga diakui oleh beberapa pengguna. Mereka mengaku cukup puas dengan kinerja perangkat ini. Berikut beberapa komentar pengguna yang menulis pengalaman mereka di Pricebook:

EvaArtika Desu

Acer Aspire E5-475G merupakan laptop terbaik dengan harga menengah. Dengan ukuran layar 14 inch membuat pemakai merasa nyaman saat menggunakannya selain itu acer dilengkapi ram sebesar 4gb dengan CPU intel i5 yang membuat laptop ini menjadi cukup cepat dan enak digunakan oleh anda yang seorang gamer atau pekerjaan yang membutuhkan kinerja laptop yang baik dan disertai kapasitas baterai yang mumpuni.

Usman

Acer Aspire E5-475G mantap banget cuy elegan, layar pas, jernih, batre awet, rekomended lah untuk kelas nya. Lancar, main game juga asik no leg leg, apalagi kalo nonton video wih berasa dunia milik sendiri hehe. Oh iya kalo ngetik juga kalo buat tugas enak keyboard nya juga . Terus kalo browsing enak, sama kalo kita mau pake hotspot mantep lah tarikannya kuat. Tapi harga nya sih kalo bisa setengahnya haha (ngarep). Tapi ga apa apa lah sesuai harga dengan spek nya, mantap lah pokoknya 5 jempoooool buat laptop acer yang satu ini.

Genero Abyputra

Laptop Acer RAM 4GB ini sangat cocok untuk kalangan mahasiswa / pelajar seperti saya, Karena Laptop ini sudah dibekali processor yang mumpuni serta penyimpanan yang cukup besar. Laptop ini selain untuk mengerjakan tugas bisa juga untuk bermain games dikala sedang bosan.

Layar 14 inch yang cukup untuk dibawa kemana-mana. Serta harga yang tidak terlalu mahal untuk spesifikasi yang bagus. Desain dari laptop ini juga bagus untuk kebanyakan orang. Kapasitas baterai yang tahan lama jika untuk mengerjakan tugas dan tidak terlalu panas saat dipakai.

Johanes Kurniawan

Jadi laptop acer yang 1 ini menurut saya sebagai user cukup memuaskan. Tidak lupa acer juga memberikan slot ssd bagi kalian yg suatu saat ingin menambah harddisk ssd untuk laptop ini, dan ram 4Gb yang ya lumayan lah dan juga jangan kuatir karena laptop ini menyediakan 2 slot sehingga kalian bisa upgrade ram tanpa membuang yg lama.

Laptop ini sebanding dengan apa yg kita bayar, so jangan ragu buat beli laptop ini, karna saya sendiri sudah membuktikan dengan laptop ini saya bisa edit film pakai adobe premiere cc 2017 dan sama sekali tidak lemot. Oke sekian review dari saya terimakasih semoga membantu kalian.

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 14 inch
Resolusi Layar 1366 x 768 Pixel
Tipe Prosesor Core i5
RAM 4 GB
Kapasitas HDD 1 TB
Kartu Grafis NVIDIA
Graphic Card Memory Size 2 GB
USB 3.0 2 Port(s)
OS DOS
Tipe Kartu Grafis GeForce 940MX
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel :
Review Acer Swift 3: Laptop Stylish yang Memiliki Performa Optimal
Review Xiaomi Redmi Note 4: Bodi Lebih Ramping, Baterai Tetap Tahan Lama
Review Moto Z: Cara Baru Berkomunikasi dan Menikmati Hiburan
Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2423 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.