Diperbaharui pada Rabu, 31 Mei 2017 | 17:00

Melihat Lebih Dekat Apacer BLADE FIRE DDR4

Apapun merek dan frekuensinya, modul memori RAM merupakan salah satu komponen penting agar sistem sebuah PC bisa bekerja maksimal.

Seiring dengan perkembangan tren, modul memori RAM pun tidak hanya fokus pada kinerja, melainkan fitur untuk menambah nilai estetik, salah satunya tambahan fitur lampu LED berbagai macam warna.

Nah, salah satu produk yang juga mengutamakan nilai estetik adalah Apacer BLADE FIRE DDR4. Di samping kemampuannya yang prima, memori gaming ini disertai LED berwarna merah berbasis non-LED counterpart yang tentu saja berbeda dengan modul memori lain yang ada di pasaran.

Unboxing

Jika dilihat sekilas, memori BLADE FIRE DDR4 hadir dengan packaging menarik dengan Blade DDR4 yang menyala dan bagian depan yang menampilkan produk. Sementara di bagian belakangnya, Anda bisa melihat deskripsi singkat mengenai spesifikasi memori kit seperti tegangan rendah, frekuensi tinggi dan lampu LED.

Secara desain, BLADE FIRE DDR4 tampak mirip dengan Blade DDR4. Sesuai namanya, desain yang diusung menyerupai pisau di bagian heat spreader yang berfungsi untuk pembuangan panas. Sementara itu, perbedaan antara BLADE FIRE DDR4 dari non-LED counterpart adalah bar tembus pandang merah untuk penerangan LED merah.

Bar aluminium pada Blade DDR4 telah diganti dengan bar red translucent untuk pencahayaan LED. Hal ini sangat jelas bahwa akan berpengaruh pasti pada disipasi panas, tetapi hal ini adalah pengorbanan yang perlu Anda ambil demi estetika.  

LED Demonstration

Melalui lampu LED pada BLADE FIRE DDR4 yang menampilan nuansa warna merah, hal ini akan membuatnya sangat cocok bagi Anda yang memiliki sistem dengan tema merah-hitam.

Pengaturan Sistem

Konfigurasi Uji Rig:

  • CPU Cooler: XSPC AX240 Ion Pro Water Cooling Kit
  • CPU: Intel Core i7 7700K @4.6GHz
  • Motherboard: MSI Z270 Gaming M7
  • Memori: Apacer BLADE FIRE DDR4 8GB
  • Hard Drive Utama: Apacer Armor AS682 480GB
  • Power Supply: Be Quiet! Straight Power 10 600W
  • Chassis: Cooler Master Test Bench V1.0

Benchmark Sintetis

Menjalankan sistem tanpa mengaktifkan profil XMP tidak membuat frekuensi yang ditetapkan berada di angka 2133MHz, melainkan 2400MHz sebagai default. Mengaktifkan XMP ini pun akan membuat Anda mendapatkan frekuensi 3000MHz tanpa penyesuaian pada timing memori dan voltase yang relevan.

Perbandingan kinerja juga dilakukan melalui benchmark sintetis, Cinebench R15, dimana modul ini menghasillkan peningkatan skor dengan frekuensi memori yang dihasilkan berada di angka 2400MHz hingga 3000MHz. Selain Cinebench R15, peningkatan kinerja juga dibuktikan lewat MaxxMEM yang menyebuit bahwa memory-copy (22.22%) dan memory-read (17.35%), hasil yang paling signifikan dari peningkatan ekstra 600MHz pada frekuensi memori.

Selain itu, penilaian lain diperoleh dari WinRAR, salah satu alat kompresi data yang paling banyak digunakan yang mirip dengan WinZIP, 7zip. Jika Anda tidak menyadarinya, WinRAR hadir dengan built-in benchmark tool agar kalangan enthusiast dapat melihat kinerja sistem mereka, dimana hasilnya berada di angka 2400MHz hingga 3000MHz, menunjukan bahwa nilai kinerja meningkat sebesar 15.5%.

Games Benchmark

Mengenai game benchmark, pengetesan pun dilakukan pada beberapa judul terpilih untuk menangkap data dan menunjukan seberapa tingginya kit memori frekuensi mempengaruhi games:

Hasil menunjukan, tidak ada dorongan yang besar pada FPS rata-rata, karena sebenarnya kita melihat bahwa FPS Minimum berjalan lebih baik saat menjalankannya di frekuensi 3000MHz. Artinya, game dengan pergerakan dan arah tampilan cepat memiliki gameplay yang lebih halus karena memori frekuensi yang lebih tinggi.

Overclocking

Berbicara mengenai overclocking, BLADE FIRE DDR4 bisa ditingkatkan ke frekuensi 3466MHz tanpa menyesuaikan memory secondary timing. Sementara itu, frekuensi 3600MHz pun mungkin saja didapatkan, namun pengujian dilakukan karena keterbatasan CPU sehingga hasilnya hanya berada di angka 3466MHz saja.

Kesimpulan Akhir

Diluar penampilannya yang unik, nyatanya BLADE FIRE DDR4 memiliki kemampuan yang baik karena berhasil melampaui 3000MHz yang di sebutkan pada XMP ke 3466MHz tanpa membutuhkan penyesuaian pada secondary timing.

Jika Anda mencari memori kit DDR4 dengan tampilan keren, BLADE FIRE DDR4 pasti tidak akan mengecewakan Anda dengan kinerja yang dapat diberikannya. Saat ini, modul memori ini sudah bisa Anda beli secara online ataupun offline.

Baca juga artikel:
Beda RAM dan ROM Pada Komputer, Laptop dan Smartphone
Fungsi dan Jenis-jenis RAM Beserta Ciri-cirinya yang Harus Kamu Tahu
RAM Komputer: Sejarah dan Perkembangannya Dari Waktu ke Waktu
Like us!
Ardiansyah Hana

Contributor

787 Posts