Diperbaharui pada Rabu, 24 Mei 2017 | 10:10

Review Xiaomi Redmi Note 4: Bodi Lebih Ramping, Baterai Tetap Tahan Lama


Hape Xiaomi Redmi Note 4 siap meneruskan kesuksesan yang di raih Xiaomi Redmi Note 3.

Xiaomi Redmi Note 4 (prosesor Qualcomm Snapdragon 625) merupakan salah satu varian smartphone xiaomi yang dirilis secara resmi untuk pasar Indonesia. Itu artinya, konsumen tidak perlu lagi khawatir mengenai layanan purna jual, karena hape ini (juga seri lain yang dirilis resmi) akan mendapatkan jaminan dari jaringan service center milik TAM. 

Hape ini sendiri akan menjadi penerus dari Xiaomi Redmi Note 3 yang cukup meraih kesuksesan di pasar. Dan secara spesifikasi, Xiaomi Redmi Note 4 hadir dengan eksterior berbahan metal yang dipadukan tampilan layar lengkung 2.5D. Xiaomi Redmi Note 4 tetap mengusung layar lebar 5,5 ini FullHD dan kamera beresolusi 13 megapiksel lengkap dengan baterai besar mencapai 4.100 mAh.

Berikut ulasan lengkapnya :

Desain


Secara fisik, Xiaomi Redmi Note 4 memiliki bodi yang ramping dengan ketipisan berkisar 8,5mm, atau lebih tipis 0,2mm di banding pendahulunya yaitu Redmi Note 3. Di bagian eksterior, balutan material metal membuat tampilannya kokoh dan mengesankan elegan. Hanya saja, penggunaan material ini masih terasa licin dalam genggaman. Tapi bodinya yang ramping cukup nyaman untuk dipegang dengan satu tangan. Meski demikian, kami menyarankan Anda memakai case tambahan yang banyak tersedia secara online maupun offline. 

Xiaomi menempatkan tombol power dan volume di sisi kanan perangkat. Penempatan ini cukup ideal, karena memberi kemudahan akses ketika penggunaan dengan satu tangan (sejajar dengan ibu jari kanan). Lalu untuk menyisipkan kartu sim card, Anda bisa menemukannya di sisi yang berlawanan, atau tepatnya di sisi kiri perangkat. Sama seperti hape Xiaomi lain, slot sim card ini bersifat hybrid, artinya Anda memiliki dua opsi penggunaan, yaitu memakai 2 SIM secara bersamaan atau 1 SIM dengan kartu microSD.

Di bagian bawah terdapat dua speaker yang mengapit port charging. Hanya saja, dibandingkan hape Xiaomi lain, output suara dari dua speaker ini terbilang cukup kecil. Jadi sepertinya Anda harus  mengatur level volume ke posisi yang lebih tinggi. Atau bisa menggunakan earphone yang dihubungkan melalui port jack 3,55mm di bagian atas.

Sedangkan di bagian belakang Xiaomi hanya meletakkan kamera utama lengkap bersama flash LED dan pemindai sidik jari. Di atas dan bawah akan terlihat dua list chrome yang mempermanis tampilan belakang perangkat.  

Layar


Smartphone Xiaomi Redmi Note 4 menggunakan layar seluas 5,5 inci dengan resolusi FullHD 1080 x 1920 pikel. Meski berukuran sama dengan Redmi Note 3, namun layar di Redmi Note 4 terlihat lebih memikat berkat penggunaan bezel yang lebih tipis. Dimana layar Redmi Note 4 mendominasi sekitar 72.7% dari bodi depan, berbeda dengan redmi Note 3 dengan 72.4% screen-to-body ratio.

Layar hape Xiaomi Redmi Note 4 kualitasnya sangat baik dalam menampilkan gambar ataupun video. Menggunakan panel berjenis IPS, layar ini masih terlihat jelas dalam posisi miring. Untuk peragkat dengan harga yang masih terjangkau, kemampuan layar Xiaomi Redmi Note 4 bisa dikatakan sangat baik. Jauh lebih tajam dengan akurasi warna lebih baik, termasuk dalam menampilkan teks dan gambar. Xiaomi juga menyediakan fitur Reading Mode yang akan mereduksi warna biru pada layar sehingga akan terasa nyaman saat membaca teks di malam hari.  

Kamera


Resolusi kamera di hape Xiaomi Redmi Note 4 memang sedikit lebih rendah di banding pendahulunya, namun secara kualitas lebih baik. Di kondisi pencahayaan melimpah, hasil jepretan kamera beresolusi 13 megapiksel ini cukup memikat. Foto terlihat tajam dan jernih, termasuk ketika dilakukan cropping untuk kebutuhan editing. Termasuk saat memotret dalam jarak yang dekat atau macro, reproduksi warna yang dihasilkan cukup baik dan detail.

Kami juga menyukai kecepatan focus yang dimiliki kamera ini. Sangat cocok untuk memotret gambar bergerak, apalagi didalamnya juga sudah tersedia modus sport yang akan memaksimalkan hasil foto. Meski tidak sebagus kamera digital, namun cukup seru memaksimalkan kecepatan focus ini untuk mengambil foto panning (obyek bergerak yang terlihat tajam dengan background blur).

Atau bila ingin mendapatkan foto yang lebih detail, Anda bisa mengaktifkan fitur HDR yang juga tersedia didalamnya. Dengan penggunaan aperture f/2.0, memotret di kondisi minim cahaya atau low light memang terbilang tidak ada yang istimewa. Namun jika ingin foto tetap baik, disarankan menggunakan fitur Night Mode yang bisa meminimalisir noise, meski tidak dalam posisi yang sempurna.

Untuk kamera depan, Xiaomi Redmi Note 4 hanya memasang sensor beresolusi 5MP. Meski demikian, kualitas foto yang dihasilkan masih bisa diandalkan. Apalagi juga sudah membenamkan fasilitas aperture f/2.0 untuk memberikan bukaan pencahayaan yang baik.

Hasil foto Xiaomi Redmi Note 4:

MIUI 8

Ciri dari khas dari hape-hape Xiaomi ada pada user interface yang sudah popular bernama MIUI. Di Xiaomi Redmi Note 4 sudah berjalan dengan MIUI 8 yang didasarkan pada OS Android 6.0 Marsmallow. Menikmati MIUI 8 di Redmi Note 4 berjalan cukup mulus dengan penambahan sejumlah fitur menarik. Salah satunya adalah fitur Dual Apps yang memungkinkan Anda membuat dua aplikasi yang sama. Fitur ini sangat berguna bagi Anda yang ingin menggunakan dua akun untuk aplikasi messaging secara bersamaan, sebut saja seperti WhatsApp, BBM, Line dan lainnya.

Fitur lain dari MIUI 8 yang tak kalah menarik adalah Second Space. Mengaktifkan fitur ini, seolah Anda memiliki 2 perangkat di hape Xiaomi Redmi Note 4. Second Space memiliki tampilan yang sama dengan space utama, termasuk keberadaan aplikasi default seperti saat perangkat diaktifkan pertama kali. Bahkan Anda dimungkinkan untuk memasukkan akun Google yang berbeda untuk Second Space, lengkap bersama sistem penguncian keamanan. Cocok bagi ANda yang ingin memisahkan informasi pribadi dengan pekerjaan di dalam satu perangkat yang sama.

Performa

Semua perangkat Xiaomi di bandrol harga yang cukup terjangkau namun di kemas dengan konfigurasi spesifikasi yang mumpuni. Termasuk di hape Xiaomi Redmi Note 4 yang  ditenagai  prosesor Qualcomm Snapdragon 625 berkecepatan 2 GHz. Prosesor octa core ini berpadu dengan pengolah grafis Adreno 506 dan di sokong memori RAM 3GB dan memori internal 32GB (versi resmi TAM). Secara teori, konfigurasi ini sudah cukup optimal untuk aktivitas harian seperti browsing, mengirim dan membaca email, aktif di sosial media atau memainkan game favorit.

Menjalankan multitasking yang kami rasakan berjalan sangat mulus tanpa gangguan berarti. Membuka banyak aplikasi secara bersamaan dan beralih tanpa menutupnya masih sanggup dilakukan dengan lancar. Tidak lengkap rasanya bila tidak menampilkan hasil benchmark yang diperoleh Xiaomi Redmi Note 4.


Baterai

Baterai juga menjadi satu kekuatan hape Xiaomi Redmi Note 4 untuk merebut hati konsumen. Dibekali baterai berkapasitas 4.100mAh yang dikombinasikan prosesor efisien menghasilkan daya tahan yang sangat bisa diandalkan. Untuk penggunaan yang minim aktivitas, baterainya bisa bertahan selama 2 hari. Dan akan berkurang menjadi 1,5 hari untuk pemakaian aktif dengan waktu screen on mencapai 9 jam 21 menit. Itupun masih menyisakan baterai sebesar 8 persen.

Baterai besar ini juga sangat bisa diandalkan untuk di ajak memutar film terbaru. Memutar video berdurasi kurang lebih 1 jam 30 menit, baterainya hanya berkurang sebesar 10 persen. Itu artinya, untuk memainkan video secara terus menerus baterai di Xiaomi Redmi Note 4 bisa bertahan selama 15 jam. Yang disayangkan adalah Xiaomi tidak menyematkan fasilitas fast charging untuk model anyar ini.

Untuk mengisi ulang baterainya dibutuhkan waktu hampir 3 jam menggunakan charger dengan output 2A. Bahkan akan memakan waktu yang lebih lama apabila pengisian ulang baterai dilakukan dengan kondisi perangkat aktif.     


Kesimpulan

Secara keseluruhan, performa yang ditawarkan hape Xiaomi Redmi Note 4 ini sangat bisa diandalkan dan bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda akan mendapatkan perangkat yang ramping berbalut material metal, lengkap dengan kualitas layarnya yang jernih dan tajam. Kameranya juga  bisa menjadi media yang tepat untuk mengabadikan momen pribadi Anda.

Jika tertarik, kami sarankan untuk membeli hape Xiaomi Redmi Note 4 resmi TAM yang di bandrol seharga Rp 2.399.000,. Dengan membeli hape Xiaomi yang dirilis resmi TAM, pengguna akan mendapatkan layanan purna jual yang maksimal. Segala macam permasalahan yang terjadi dengan perangkat dapat diselesaikan dengan baik melalui jaringan service center resmi yang disediakan.   

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 5.5 inch
OS Version 6
Detail Prosesor Snapdragon 625
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2 GHz
GPU Adreno 506
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Resolusi Kamera Belakang 13 MP
Resolusi Kamera Depan 5 MP
Kapasitas Baterai 4100 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel :
Xiaomi Redmi Note 4 Resmi Tiba di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harganya?
Xiaomi Redmi 4A Turun Harga, Xiaomi Redmi Note 4 Paling Laris
Xiaomi Redmi Note 4X Edisi Hatsune Miku Siap Dirilis
Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2423 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.