Review: Samsung Galaxy A5 (2017), Si Cantik yang Tangguh Luar Dalam

Oleh Nur Abdillah updated Selasa, 04 Apr 2017 | 10:59

Hape Samsung Galaxy A5 versi 2017 menjadi generasi anyar dari model seri yang sama. Salah satu perubahan yang cukup signifikan dari generasi sebelumnya adalah dilengkai dengan sertifikasi IP68, itu artinya hape Samsung Galaxy A series 2017 sudah memiliki kemampuan tahan dari debu dan air.  

Hape Samsung Galaxy A series pertama kali dirilis pada akhir 2014, dimana setiap generasi memiliki fitur baru dengan spesifikasi yang terus ditingkatkan, termasuk di versi 2017 ini. Selain memiliki sertifikasi IP68 yang tahan air dan debu, hape Samsung A series 2017 juga telah meningkatkan kualitas kamera, meningkatkan kapasitas RAM dan meng-upgrade prosesor serta menambahkan sejumlah fitur canggih yang sebelumnya diterapkan pada kelas premium.

Pricebook berkesempatan menjajal salah satu modelnya yaitu Samsung Galaxy A5 versi 2017. Berikut ulasan lengkapnya

Desain

Secara desain, Samsung A5 2017 ini tidak berbeda dengan versi 2016 yang menggunakan material logam pada bagian sisi dan kaca di bagian belakang. Hanya saja penggunaan material glosy dibelakang meninggalkan banyak jejak tangan setelah digunakan. Meski demikian, secara keseluruhan tampilan hape ini sangat menarik, apalagi sudah mengusung layar 2,5D yang melengkung di tepian. Termasuk pada bagian belakang yang juga dibuat sedikit melengkung, menambah daya tarik tampilannya.  

Hape Samsung Galaxy A5 2017 ini memiliki bodi yang ramping dengan ketebalan 7.9mm. Selain terlihat menarik juga membuatnya nyaman saat digunakan dengan satu tangan. Di sisi kanan sejajar ibu jari kanan diletakkan tombol power dengan penempatan speaker di atasnya. Lalu di sisi kiri akan ditemukan dua tombol volume yang sejajar dengan posisi slot SIM card 1. Uniknya, slot SIM 1 ini terpisah dengan slot SIM 2 yang diletakkan di atas bersama kartu microSD. Kelebihannya, Anda bisa menggunakan 2 SIM dan kartu microSD secara bersamaan.

Sedangkan port charging dan headphone jack 3.5mm dapat ditemukan di bagian bawah perangkat. Khusus untuk port charging, hape Samsung Galaxy A5 2017 sudah menggunakan USB type-C yang menawarkan kecepatan lebih dibanding USB standar.     

Layar

Seperti hape Samsung kebanyakan, layar yang digunakan di GAlaxy A5 2017 juga berjenis Super AMOLED dengan ukuran layar seluas 5,2 inci. Layar yang sudah menggunakan panel Gorilla Glass 4 ini sanggup menampilkan konten dalam resolusi FullHD 1080p dengan terang dan tajam. Anda bisa mengatur pola tampilan layar untuk aktivitas yang berbeda-beda. Ada pilihan Adaptive Display yang akan mengoptimalkan tingkat kecerahan,saturasi, dan warna secara otomatis.

Ada juga modus AMOLED Cinema dan AMOLED Photo yang akan sedikit menurunkan warna untuk kenyamanan saat menikmati konten multimedia seperti foto atau video. Sedangkan pilihan terakhir ada modus Basic yang mengatur semua setingan pada posisi warna standar sRGB yang lebih menghemat baterai.

Satu fitur lain yang juga menarik pada layar adalah Always-on Display, dimana saat hape dalam keadaan standby, layar akan tetap menunjukkan waktu, tanggal, sisa baterai, dan beberapa ikon kecil yang memungkinkan Anda melihat notifikasi yang masuk.

Tahan Air dan Debu

Perubahan yang signifikan dari hape Samsung Galaxy A5 2017 adalah penambahan fitur tahan dari air dan debu. Disertifikasi dengan standar IP68, yang secara teori sebuah perangkat dapat ditenggelamkan ke dalam air hingga kedalaman 1.5 meter selama 30 menit. Namun, bukan berarti Anda bebas menenggelamkan hape Samsung Galaxy A5 2017 ini sesering mungkin. Karena tidak ada yang menjamin hape ini bisa terus bertahan hidup saat sering berada di dalam air. Tetapi yang pasti Anda tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu terjebak hujan deras saat melakukan traveling secara outdoor atau hanya sekedar membawanya ke kamar mandi.

Kamera

Kamera juga menjadi salah satu komponen yang mendapatkan jatah upgrade dari Samsung. Kamera di hape Samsung Galaxy A5 2017 memiliki kelebihan megapiksel. Di Samsung Galaxy A5 (2016), kamera belakangnya memiliki resolusi 13 megapiksel, sedangkan Galaxy A5 (2017) resolusi kameranya naik menjadi 16 megapiksel. Begitu pula di kamera depan yang mengalami peningkatan resolusi dari 5 megapiksel di generasi Galaxy A5 (2016) menjadi 16 megapiksel di Galaxy A5 2017.

Sebuah peningkatan yang cukup signifikan dan menjadi kabar yang baik bagi penggemar hape Samsung. Terlepas dari itu, Kamera Galaxy A5 2017 juga sangat cepat saat memotret objek, hampir tidak ada shutter lag yang terasa sebelum mengambil foto lain. Dalam pencahayaan yang melimpah, hasil kamera hape Samsung Galaxy A5 terlihat sangat baik, tajam dan detail. Begitu pula kualitas kamera depan yang mampu menghasilkan foto selfie terbaik meski berada di ruangan dengan cahaya standar.

Hasil kamera ini masih terbilang baik saat memotret di kondisi cahaya rendah. Meski Foto dalam pencahayaan minim dan pada malam hari masih terlihat adanya noise namun masih bisa ditoleransi. Hanya saja, Anda harus berhati-hati saat memotret, karena kamera hape ini tidak memiliki fitur optical image stabilization (OIS) yang bisa mengakibatkan gambar yang kabur jika tangan bergerak saat memotret.

Performa

Sebagai generasi terbaru tentunya hape Samsung Galaxy A5 2017 hadir dengan performa yang ditingkatkan. Dimana di dalam mesin sudah tertanam chipset yang cukup bertenaga dari prosesor Exynos 7880 dengan kecepatan 1,9Ghz. Prosesor ini memiliki delapan inti dari Cortex-A53 yang dipadukan dengan pengolah grafis Mali-T830MP3.

Dari hasil pengujian benchmark dengan Antutu didapati skor 58034, lalu menggunakan Geekbench 4 skor hape Samsung Galaxy A5 2017 adalah 768 (single core) dan 3919 poin (multi core). Hasil ini terbilang cukup tinggi karena dibantu kecepatan clock yang relatif tinggi dan pengolah grafis yang lebih kuat. Apalagi sudah mendapat sokongan memori RAM berkapasitas 3GB RAM DDR3 dengan ruang penyimpanan internal sebesar 32GB yang bisa diperbesar hingga 256GB melalui microSD.

Sebagai sumber daya, hape Samsung Galaxy A5 2017 menggunakan baterai 3,000mAh. Saat penggunaan aktivitas harian (12 jam) seperti streaming, browsing internet, dan chat melalui aplikasi messaging baterainya masih berada di kisaran 40%. Itu sudah termasuk mengaktifkan fitur Always-On Display. LAlu saat diajak memainkan game HD selama kurang lebih satu jam, baterainya hanya turun kurang lebih sebesar 10%.

Yang membuat kinerja baterainya makin memikat adalah sudah dilengkapi dengan pengisian cepat. Dipadukan dengan port USB Type-C, mengisi ulang baterai secara penuh dapat dilakukan hanya dalam waktu satu jam lebih.

Kesimpulan

Sejumlah perubahan yang telah dilakukan pada hape Samsung Galaxy A5 2017 ini memang cukup signifikan. Memiliki sertifikasi IP68 untuk penggunaan aman di luar ruangan, kamera depan dan belakang beresolusi 16 megapiksel untuk menghasilkan foto yang baik serta peningkatan pada kinerja dengan chipset mumpuni dan memori RAM yang lebih besar. Dan jika Anda ingin memiliki hape dengan teknologi terbaru dan berkinerja yang dapat diandalkan, hape Samsung Galaxy A5 2017 bisa masuk daftar teratas.

Samsung Galaxy A5 (2017) SM-A520F
Harga termurah

Rp 3,100,000

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1, 2, 3, 4, 5, 7, 8, 17, 20, 28, 38, 40, 41
Ukuran Layar 5.2 inch
Chipset Exynos 7880
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 1.9 GHz
GPU Mali-T830MP3
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Resolusi Kamera 16 MP
Resolusi Kamera Depan 1 16 MP
Kapasitas Baterai 3000 mAh

Baca juga artikel:
Review Asus Zenfone 3 Max ZC553KL: Layar Lebih Lebar, Baterai Tetap Gahar
Review Hape LUNA V55C: Merasakan Sensasi LUNA Besutan Foxconn
Review Coolpad Fancy 3: Hape Foto Selfie Dengan Desain Fancy

 

Artikel Lainnya

Komentar