Review Hape LUNA V55C: Merasakan Sensasi LUNA Besutan Foxconn

Oleh Nur Abdillah updated Rabu, 11 Jan 2017 | 04:03

Hape LUNA merupakan nama baru di pasar hape Indonesia. Meski masih banyak yang meragukan, namun nama Foxconn dibalik hape LUNA bisa memberi kesan positif, terutama dalam hal kualitas perangkat. Foxconn sendiri telah lama memproduksi hape iPhone milik Apple yang memang terkenal akan durabilitasnya.

Hape LUNA sendiri hadir mengandalkan desain yang stylish dengan spesifikasi mumpuni dan sudah mendukung jaringan 4G LTE. Tidak hanya itu, kualitas kamera di hape LUNA juga terbilang cukup baik dengan beragam opsi pengaturan. Termasuk penggunaan memori RAM 3GB dan memori internal 64GB, berjalan dengan OS Android 6.0 Marshmallow dan sudah dilengkapi dengan teknologi NFC (Near Field Communication).

Desain

Saat pertama kali melihatnya, mungkin akan banyak yang mengira jika hape LUNA adalah iPhone 6S Plus. Hal ini tidak sepenuhnya salah, karena hape LUNA memang dikembangkan oleh Foxconn yang telah lama memproduksi perangkat dari Apple. Oleh karena itu, desain dan konstruksi menjadi daya jual utama dari hape LUNA, apalagi Foxconn sudah menggunakan standar kualitas yang sama dengan iPhone

Perangkat ini menggunakan material aluminium di seluruh bodi dengan ujung yang membulat. Hape LUNA juga terlihat ramping dengan ketebalan hanya berkisar 7,38 mm. Lebar bodinya memang terasa pas dan nyaman saat digenggam, namun menurut Pricebook agak sedikit panjang. Akibatnya terasa kurang nyaman saat dimasukkan ke dalam saku celana.

Tombol-tombol ditempatkan di sisi kiri perangkat yang mencakup tombol power dalam bentuk bulat kecil dan tombol volume (+ dan -) dibagian bawahnya. Di sisi yang berlawanan, Anda dapat menemukan 2 slot SIM Card yang terpisah. Diman satu slot berjenis micro SIM dan satu slot lainnya mengharuskan Anda memilih menggunakan nano SIM atau microSD.  

Di bagian belakang, nampak sebuah kamera utama yang sejajar dengan dua flash LED. Sedangkan dibawahnya hape LUNA menempatkan teknologi NFC (near field communication) yang memungkinkan Anda melakukan transfer data hanya dengan menempelkan perangkat.

Selain itu, Anda juga bisa melihat ornamen berbentuk garis dibagian atas dan bawah. Untuk mempertegas keterlibatan Foxconn, diatas NFC terdapat tulisan “in cooperation with Foxconn. Assembled in Indonesia”.

Di bagian bawah, terdapat port micro USB yang berada di tengah dua baut berukuran kecil dan diapit dua speaker stereo. Sementara di bagian atas diletakkan port 3,5 mm untuk earphone atau headset.

Layar

Hape LUNA dengan seri V55C ini hadir dengan ukuran layar 5,5 inci, beresolusi FullHD 1080x1920p dengan kerapatan piksel mencapai 480 ppi. Spesifikasi ini membuat layarnya terlihat tajam dan jernih, dengan kualitas yang cukup memuaskan untuk menikmati konten multimedia. Warna yang ditampilkan terlihat natural. Tidak hanya itu, layar sentuhnya juga berjalan responsif saat beralih diantara home screen.

Di sektor layar ini, hape LUNA menyediakan fitur Bluelight Filter, yang memungkinkan Anda mengurangi intentsitas warna biru pada layar. Fitur ini berguna untuk mencegah kelelahan mata saat beraktivitas di depan layarnya dalam waktu yang cukup lama, seperti browsing atau membaca e-book. Hape LUNA juga sudah memproteksi layarnya dengan lapisan pelindung dari Gorilla Glass 3, sehingga Anda tidak perlu khawatir dari resiko tergores.

Luna V55C
  • 0/5
  • 0 reviews
Harga termurah

Rp 1,800,000

Kamera

Di sektor imaging ini, hape LUNA V55C hadir dengan resolusi yang lumayan tinggi yaitu 13 megapiksel (kamera belakang) dan 8 megapiksel (kamera depan). Kamera utamanya ini dilengkapi dengan aperture f/2.0 dan dual tone LED flash untuk menambah pencahayaan pemotretan di ruang minim cahaya.

Yang menarik adalah, kamera utamanya sudah dilengkapi beragam fitur yang cukup komplit. Jika ingin bereksplorasi lebih pada hasil foto, Anda bisa melakukan pengaturan exposure, saturasi, ketajaman atau kecerahan. Ada juga efek-efek yang bisa membuat foto semakin unik dan menarik seperti Vivid, Lomo, Fisheye, Aura red dan Aura Orange.

Kamera di hape LUNA juga menyediakan modus scene yang dapat dipilih antara lain Normal, Portrait, Landscape, Landscape portrait, Night atau Night portrait. Termasuk fitur HDR serta pengaturan yang bisa dilakukan secara manual seperti White Balance dan pengaturan ISO hingga 1600. Dengan rentang ISO mencapai 1600 ini Anda bisa mengatur pencahayaan saat memotret dengan menambah atau mengurangi intensitas cahaya yang masuk.

Untuk memotret gambar yang bergerak, Anda bisa memanfaatkan modus Burst shot yang akan mengambil hingga 20 foto sekali klik, dan memungkinkan Anda memilih beberapa foto yang terbaik. Jika ingin mengirim foto bergerak dalam format gif, Anda bisa memilih modus Cinemagraph.

Kameranya juga bisa merekam video time lapse yang menarik, tergantung dari scene yang bis Anda ambil. Modus-modus lainnya ada Best shot, Slow motion video, Watermark, Object erase, Motion photo, Panorama dan Dynamic Lighting.

Sementara kamera depannya terbilang cukup mumpuni untuk foto selfie berkat resolusi 8 megapiksel dengan bukaan f/1.8. Masih oke untuk memotret di dalam kamar dengan pencahayaan seadanya. Namun pilihan modus untuk kamera depan tidak sebanyak kamera belakang, hanya terdiri dari modus Auto, Burst shot, Time lapse recording, Cinemagraph dan Dynamic lighting. Namun tetap bisa melakukan beberapa pengaturan manual seperti exposure, saturation, contrast dan sharpness.

Hasil foto dari kamera Foxconn Luna

Performa

Bicara kinerja perangkat, hape LUNA ini terbilang masih sangat bisa diandalkan. Karena telah menanam prosesor dengan kecepatan tinggi 2,5 GHz dari Qualcomm Snapdragon 801. Meski bukan chipset terbaru, namun masih sanggup untuk menjalankan aplikasi yang berat, bahkan memainkan game HD.

Hape Luna juga sudah menggunakan memori RAM 3GB untuk menyokong kinerja chipset secara keseluruhan. Saat diajak beraktivitas secara multitasking, Pricebook tidak merasakan kendala yang berarti. Termasuk saat mencoba bermain game HD dengan ukuran file yang besar seperti Modern COmbat 5 dan Asphalt 8. Dukungan grafis Adreno 330 membuat tampilan game terlihat cukup detail dan berjalan tanpa lag.

Secara teknis dengan pengujian benchmark AnTutu, kinerja keseluruhan perangkat mendapatkan skor 59.184. Berdasarkan data dari Antutu, kinerja hape LUNA V55C ini masih lebih baik dari Meizu Note 3 (skor 43.629) dan berada di bawah hape Xiaomi Mi4s (skor 61.263). Sedangkan dari hasil uji dengan Geekbench, hape LUNA mendapat skor 1015 untuk single core dan 2086 untuk multi core.

Untuk kinerja sumber daya, hape Luna mengandalkan pada baterai berkapasitas 2.900 mAh. Baterai berjenis Li-ion ini masih sanggup bertahan seharian untuk aktivitas browsing, sosmed dan messenger.

Saat menikmati konten video HD secara streaming menggunakan wifi selama kurang lebih 1 jam, baterainya turun sebesar 18 persen. Sedangkan penggunaan bermain game, baterainya memang terlihat agak sedikit boros, dan bagian belakang terasa cepat panas. Meski demikian, beterai non-removable ini sudah dilengkapi dengan teknologi fast charging yang akan terasa maksimal bila tida digunakan saat proses pengisian. Untuk mengisi penuh hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam.  

Kesimpulan

Kehadiran hape Luna V55C memang memberi warna baru di pasar mobile Indonesia. Hadir dengan desain yang menarik, hape LUNA menawarkan spesifikasi yang handal dengan ragam fitur. Tidak ketinggalan, hape LUNA juga memungkinkan penggunanya bereksplorasi dalam memotret dengan pengaturan manual untuk hasil yang diinginkan. Keberagaman fitur di kamera hape LUNA ini tentu menjadi kabar baik bagi penghobi foto.

Di sektor kamera dengan banyak fitur ini, hape LUNA akan bersaing dengan Asus Zenfone 3 ZE552KL yang memiliki harga lebih murah. Sedangkan dari sisi harga, hape LUNA yang dipasarkan seharga Rp 5.449.000 ini akan berkompetisi dengan hape Xiaomi Mi5s, LG G5 SE, Sony Xperia Z5, Oneplus 3, Huawei Mate S, atau Meizu MX4 Pro.

Luna V55C
Harga termurah

Rp 1,800,000

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE
Ukuran Layar 5.5 inch
Chipset Snapdragon 801
Jumlah Core Quad Core
Kecepatan CPU 2.5 GHz
GPU Adreno 330
RAM 3 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera 13 MP
Resolusi Kamera Depan 1 8 MP
Kapasitas Baterai 3000 mAh

Baca juga artikel:
Luna Smartphone Resmi Dijual di Indonesia, Harga Rp 5,4 Juta
Duel Ponsel Kelas Menengah, Foxconn Luna vs Samsung Galaxy A7
Luna, Phablet Android Marshmallow Dari Foxconn dengan Cita Rasa iPhone

Artikel Lainnya

Komentar

Halaman Terkait