Diperbaharui pada Kamis, 15 Desember 2016 | 10:34

Selama 10 Bulan Terakhir, Penjualan Toyota Didominasi Segmen MPV dan SUV

Mobil multi purpose vehicle (MPV) adalah mobil yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia karena menawarkan ruang kabin yang luas dan bisa membawa banyak penumpang. Hampir setiap pabrikan mobil di Indonesia pasti memiliki varian MPV karena memberikan kontribusi penjualan terbesar di Indonesia.

Salah satu fungsi MPV mampu membawa penumpang dan barang dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis mobil lainnya. Mobil ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki anggota keluarga banyak atau baru dan bisa juga membawa barang bawaan.

Toyota adalah salah satu pabrikan mobil di Indonesia yang memiliki varian MPV terlengkap di kelasnya, dari varian MPV murah hingga MPV yang mahal. Toyota pun masih mengandalkan Toyota Avanza sebagai jagoannya di pasar MPV.

Toyota pun menghadirkan varian MPV yang lebih murah lagi yaitu Toyota Calya hingga MPV kelas menengah yaitu Toyota Sienta, di atasnya ada Toyota Kijang Innova, Toyota Nav1, Toyota Vellfire hingga Toyota Alphard varian MPV termewah di pasar Indonesia sekarang

Toyota Avanza dan Kijang Innova

Berbicara mobil MPV Toyota tidak bisa terlepas dengan Toyota Avanza dan Toyota Innova. Toyota Avanza adalah mobil terlaris Toyota di Indonesia selama satu dekade terakhir dan menjadi pilihan favorit oleh pelanggan di Indonesia karena menawarkan harga terjangkau dan menawarkan banyak fungsi.

Sedangkan, Toyota Innova yang sebelumnya bernama Kijang telah memiliki sejarah panjang di Indonesia dan sukses menjadi mobil keluarga di Indonesia. Kini, Toyota Innova tetap menjadi andalah Toyota di pasar MPV menengah.

Mengenai spesifikasinya, All New Avanza mengusung mesin IL 4-silinder DOHC berteknologi dual VVT-i dalam dua kapasitas silinder. Mesin pertama berkapasitas 1.3 liter berdaya maksimum 96,5 hp dan melontarkan torsi 120,6 Nm. Mesin kedua 1.5L menggelontorkan tenaga 104 hp dan torsi 136,3 Nm. Untuk Transmisi, Toyota menyediakan dua pilihan yakni manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan.

Toyota All New Kijang Innova mengusung mesin bensin 2.0L 1TR-FE 4-silinder DOHC dual VVT-i yang sanggup menyemburkan tenaga 139 hp dan torsi 183 Nm. Sedangkan, All New Kijang Innova mengusung mesin 2GD FTV 4-silinder VNT Intercooler berkapasitas 2.4L, yang menghasilkan tenaga 149 hp dan torsi 342 Nm.

All New Kijang Innova mempunyai dua opsi transmisi yaitu manual 5-percepatan atau otomatis 6-percepatan sequential.

Penjualan

PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen pemegang merek mobil Toyota di Indonesia telah menjual sebanyak 314.678 mobil pada periode Januari - Oktober 2016, meningkat 18,8 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar 264.847 unit.

Vice President Director PT TAM Henry Tanoto mengatakan kondisi pasar otomotif di Indonesia belum positif, terlihat dari pertumbuhan pasar nasional yang hanya naik 2,9 persen pada Januari-Oktober 2016. "Kita berharap dalam dua bulan ke depan atau sampai akhir tahun, pasar otomotif dapat tetap terus meningkat," ujar Henry.

Selama 10 bulan terakhir, penjualan Toyota didominasi segmen MPV dan SUV. Di segmen MPV, penjualan Toyota secara retail (diler ke konsumen) mencapai 197.036 unit atau naik 34,9 persen dibandingkan periode yang sama pada 2015 yakni sebesar 146.075 unit.

Ini membuat pangsa pasar Toyota di segmen MPV menjadi 55,3 persen. Jajaran produk MPV yang memberikan kontribusi penjualan mulai dari entry MPV yaitu Calya,low MPV dengan adanya Avanza, Veloz, serta Sienta; medium MPV yaitu Kijang Innova; high MPV yaitu NAV1; dan luxury MPV yaitu Alphard.

Berikut Pricebook Berikan Daftar Mobil MPV Toyota Akhir Tahun Ini

Nama Harga di Pasaran
Toyota Calya G MT Rp 169.300.000
Toyota Calya E AT belum ada harga
Toyota Avanza 1.3 E MT belum ada harga
Toyota Avanza 1.3 E AT belum ada harga
Toyota Avanza 1.3 G MT belum ada harga
Toyota Avanza Veloz 1.3 AT belum ada harga
Toyota Avanza Veloz 1.3 MT belum ada harga
Toyota Avanza Veloz 1.5 AT belum ada harga
Toyota Sienta E MT belum ada harga
Toyota Sienta E CVT belum ada harga
Toyota Sienta G CVT belum ada harga
Toyota Sienta G MT belum ada harga
Toyota Sienta Q CVT Rp 347.000.000
Toyota Sienta V CVT belum ada harga
Toyota Sienta V MT belum ada harga
Toyota Kijang Innova V MT (Diesel) belum ada harga
Toyota Kijang Innova Q MT (Bensin) belum ada harga
Toyota Kijang Innova V MT (Bensin) belum ada harga
Toyota Kijang Innova V AT (Diesel) belum ada harga
Toyota Kijang Innova Q AT (Bensin) belum ada harga
Toyota Kijang Innova G AT (Diesel) Rp 326.900.000
Toyota Kijang Innova G MT (Bensin) Rp 230.000.000
Toyota Kijang Innova Q MT (Diesel) Rp 431.300.000
Toyota Kijang Innova G MT (Diesel) Rp 349.800.000
Toyota Alphard 2.5 X belum ada harga
Toyota Alphard 3.5 Q belum ada harga

Baca juga artikel:
Motor Sport Honda Paling Laris, All New Honda CB150R StreetFire
LaFerrari Edisi Terakhir Supercar Termahal Abad ini, Harganya?
Yamaha Matic Mio Paling Laku, NMAX Jadi Idola Baru di Kalangan Rider
Like us!
Adam Rizal

Contributor

108 Posts