Review Lenovo A6600 Plus: Dukung 4G LTE untuk Koneksi Lebih Cepat

Oleh Nur Abdillah updated Rabu, 30 Nov 2016 | 17:37

Di industri smartphone, Lenovo termasuk salah satu vendor yang cukup produktif. Cukup banyak perangkat mobile terbaru yang mereka luncurkan, termasuk salah satunya adalah Lenovo A6600 Plus. Hadir dengan sejumlah fitur menarik, smartphone ini bisa menjadi alternatif pilihan untuk pengguna. Sudah dibekali dengan dukungan jaringan 4G LTE, A6600 Plus siap memberi koneksi data yang lebih cepat.   

Desain

Secara tampilan, Lenovo A6600 Plus ini masih terlihat cukup menarik untuk ukuran di kelasnya. Penggunaan frame berwarna metalic menambah kesan elegan. Tidak hanya itu saja, bentuknya yang tipis (ketebalan 8,8mm dan bobot 142 gram) serta kontur bagian belakang yang dibuat membulat memberi rasa nyaman dalam genggaman. Termasuk kenyamanan saat dimasukkan ke dalam saku celana, karena perangkat ini dibekali layar berukuran 5 inci.

Penempatan tombol-tombol fungsi tidak berbeda dengan perangkat lain. Dimana tombol volume dan power ada di sisi kanan perangkat serta port usb dan jack audio 3,55mm di bagian atas. Lalu terdapat 3 tombol navigasi sentuh (back, home dan recent) di bawah layar. Sayangnya, tombol navigasi ini tidak dilengkapi backlight yang akan menyulitkan penggunaan ketika berada di ruang gelap. Apalagi bagi yang belum terbiasa.

Di bagian belakang, Anda hanya akan menemukan keberadaan lensa kamera dan speaker dibawah logo Lenovo. Lensa kamera di A6600 Plus ini terlihat sedikit menonjol keluar, sehingga sanga rawan tergores saat meletakkannya di permukaan kasar. Meski demikian, Lenovo telah menyiapkan solusi melalui sebuah soft case gel yang bisa didapatkan dalam paket pembelian. Dianjurkan Anda terus menggunakan case gel tersebut selama pemakaian untuk menghindarkan hal yang tidak diinginkan.

Cover belakang A6600Plus yang berbahan plastik ini mengusung warna doff, kelebihannya tidak mudah menyisakan bekas sidik jari. Cover ini bisa juga dilepas pasang yang berfungsi untuk menyisipkan kartu sim serta kartu microSD. Konsep lepas pasang juga digunakan pada komponen baterai, jadi Anda tidak perlu khawatir jika suatu saat mengalami hang atau eror, cukup lepas dan pasang kembali baterai.

Layar dan OS

Lenovo A6600 Plus hadir dengan layar berukuran 5 inci beresolusi 720 x 1280 piksel atau masih HD. Layarnya juga responsif, sehingga cukup lancar ketika mengetik, melakukan sapuan antar menu, zoom, dan lainnya. Pricebook masih meresakan kenyamanan tampilan layarnya, cukup lembut dan jernih. Reproduksi warna terbilang baik, tidak ada hal yang mengganggu.

Saat berada di luar ruangan dengan paparan sinar matahari, layarnya masih bisa terbaca namun dengan tingkat kecerahan yang maksimum. JIka tidak ingin repot, Anda bisa memanfaatkan fitur Adaptif Display yang akan menurunkan dan meninggikan kecerahan layar secara otomatis.

Smartphone ini berjalan dengan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow dengan UI yang bersih dan rapi sangat mirip dengan vanili / saham Android kecuali untuk ikon aplikasi. Hanya saja, masih terdapat banyak aplikasi bawaan (bloatware) yang dibawa Lenovo. Aplikasi-aplikasi ini memenuhi list aplikasi dan memakan memori internal dan tidak bisa dihapus. Namun untuk menghilangkannya dari tampilan, Anda bisa menonaktifkan aplikasi-aplikasi tersebut.

Kamera

Sebagai smartphone yang ditujukan pada kelas menengah bawah, Lenovo A6600 Plus hanya dipersenjatai fitur imaging standar. Kamera yang ditanam hanya berbekal resolusi 8 megapiksel. Fitur auto fokusnya termasuk cepat membidik objek dan akurat. Di luar ruangan dengan pencahayaan maksimal, hasil foto di luar ruangan terbilang baik, dimana gambar terlihat cukup jelas dan jernih. Termasuk saat memotret dalam jarak yang cukup dekat (macro), foto terlihat cukup detail. Untuk pemotretan indoor juga cukup baik walau terlihat sedikit redup dan noise disana sini. Sebaiknya gunakan lampu flash untuk mengurangi redup dan noise.

Hal yang sama juga Pricebook rasakan ketika mengalihkan ke kamera depan yang memiliki resolusi 2 megapiksel. Melakukan selfie di luar ruang hasilnya memang masih terlihat namun masih kurang optimal. Begitu juga ketika berada di ruang dengan pencahyaan seadanya, foto makin terlihat agak gelap dan banyak noise, apalagi kamera depannya tidak dilengkapi lampu flash. Meski demikian, kamera nya sudah hadir dengan beberapa fitur pendukung, seperti Autofocus, LED Flash, perekaman video beresolusi HD 720p, modus panorama dan beragam efek. Meski demikian, hasilnya masih bisa diandalkan untuk mengambil momen tertentu dan dishare ke media sosial.

Lenovo A6600 Plus
  • 0/5
  • 0 reviews
Harga termurah

Rp 1,300,000

Performa

Lenovo A6600 Plus ditenagai prosesor quad-core MediaTek MT6735p yang memiliki kecepatan CPU 1.0GHz. Meski sudah berjenis 64-bit, namun performa prosesor masih relatif standar. Yang sedikit membantu adalah sokongan RAM yang sudah berkapasitas 2GB. Terbukti dengan kelancaran saat menjalankan beragam aplikasi di saat bersamaan (multitasking). Hanya saja, Pricebook merasakan kinerja yang lambat saat mengaktifkan perangkat. Dibutuhkan waktu hingga 5 detik sampai layar perangkat manampilan animasi pembuka. Dari hasil pengujian dengan benchmark AnTuTu hasil skornya berada di kisaran 23.809.

Meski demikian, memainkan game HD dengan grafis agak berat masih cukup lancar. Game-game seperti Asphalt 8 dan Asphalt Xtreme dapat dimainkan tanpa adanya lag atau delay. Hanya memang proses loadingnya agaks edikit lebih lama dibanding prosesor diatasnya. Untuk penyimpanan internal telah disediakan ruang sebesar 16GB yang menyisakan 10.6GB untuk diisi beragam file atau game. Untuk file foto, lagu atau video, Anda bisa menyimpannya di memori eksternal untuk lebih menghemat penyimpanan.

Baterai dan 4G

Smartphone ini sudah mendukung layanan 4G untuk mengakses internet dengan koneksi yang lebih cepat. Anda harus memilih salah satu dari dua slot kartu SIM yang bisa digunakan untuk koneksi 4G. Koneksinya cepat dan stabil. Untuk sumber daya, Lenovo A6600 Plus menggunakan baterai berkapasitas 2300mAh. Kapasitas yang terbilang standar, karena untuk pemakaian aktif hanya dapat bertahan kurang lebih 5-6 jam saja. Untuk lebih menghemat daya tahan baterainya, Anda bisa memanfaatkan fitur manajemen penghemat daya yang disediakan.

Dalam posisi standby seharian, baterainya berkurang hingga 15 persen. Yang sangat disayangkan adalah proses pengisian ulang baterainya berjalan cukup lambat. Butuh waktu hingga kurang lebih 2,5 jam hingga baterai terisi penuh.

Kesimpulan

Secara umum, Lenovo A6600 Plus ini masih bisa diandalkan untuk penggunaan harian. Apalagi sudah mendukung jaringan 4G untuk koneksi data yang lebih cepat. Selain itu, layarnya juga jelas dan jernih, nyaman untuk menikmati beragam konten. Apalagi dalam paket penjualannya, Lenovo sudah membundel banyak bonus, termasuk softcase dan anti gores untuk layar.

Lenovo A6600 Plus
Harga termurah

Rp 1,300,000

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE
Ukuran Layar 5 inch
Chipset MediaTek MT6735P
Jumlah Core Quad Core
Kecepatan CPU 1GHz quad-core
GPU -
RAM 2 GB
Memori Internal 16 GB
Resolusi Kamera 8 MP
Kamera Depan Yes, 2 MP
Baterai 2300

 

Baca juga artikel:
Review Moto E3 Power: Punya Baterai yang Tahan Seharian
Review Lenovo Vibe K4 Note: Punya Banyak Fitur di Segmen Menengah
Review ASUS Zenfone 3 ZE520KL: Lebih Mewah dan Fotografi Makin Lengkap

Artikel Lainnya

Komentar