Review Lenovo Vibe K4 Note: Punya Banyak Fitur di Segmen Menengah

Review Lenovo Vibe K4 Note: Punya Banyak Fitur di Segmen Menengah

Oleh Nur Abdillah on Rabu, 19 Okt 2016 | 16:28

Lenovo termasuk vendor yang produktif merilis smartphone baru ke pasaran. Termasuk menelurkan perangkat generasi penerus dalam model tertentu. Salah satunya Lenovo Vibe K4 Note yang menjadi generasi berikut dari seri K3 Note

Seri ini mendapat sambutan yang cukup positif berkat performanya yang dianggap baik. Menawarkan bundle headset virtual reality (VR), Lenovo Vibe K4 Note siap menjadi suksesor yang bisa diandalkan.

Desain

Tidak seperti smartphone Lenovo lainnya, K4 Note memiliki desain melengkung di bagian belakangnya. Hal ini dimaksudkan agar perangkat berada dalam posisi yang tepat saat berada di dalam genggaman, sehingga pegangan terasa semakin kuat. Bingkainya terbuat dari material logam dengan cover belakang dari plastik. Kami juga menyukai tampilannya, bodi yang tipis dengan sudut yang membulat. Dimensinya berada di kisaran 153,6 x 76,5 x 9,2 mm dengan bobot 156 gram.  

Sisi depan didominasi layar 5,5 inci, dengan tambahan speaker stereo yang diletakkan di atas serta bawah layar. Di atas layar juga Anda akan menemukan kamera depan dan notifikasi LED di sudut kanan atas. Lanjut ke bagian sisinya. Di sisi kanan Lenovo menempatkan tombol power dan volume dengan sisi bagian atas terdapat jack audio. Untuk slot micro USB yang berfungsi sebagai port charger dan koneksi via kabel data diletakkan di sisi bawah.


Saat posisi dibalikkan, Anda akan menemukan kamera utama yang didukung lampu flash serta sebuah sensor sidik jari. Sensor sidik jari ini cukup sensitif, setelah melakukan beberapa langkah setingan, sensor sidik jari siap digunakan. Meski tidak diketahui waktu yang tepat tapi diperkirakan sensornya mampu mengenali dalam waktu kurang dari 0,05 detik. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda membackup penguncian perangkat dengan metode lain, seperti pasdword, pin atau pattern.    

Oiya, untuk memasang kartu SIM dan microSD, Anda harus membuka cover belakang. Uniknya, meski cover belakang dapat dibuka, namun pada dasarnya baterai di perangkat ini bersifat non removable atau tidak bisa dilepas. Hal ini terlihat dari adanya pemberitahuan berupa notifikasi agar tidak melepas baterai, serta tulisan kecil pada unit baterai. Hal ini cukup penting untuk diperhatikan semua pengguna.

Layar

Layar menjadi salah satu kekuatan dari Lenovo Vibe K4 Note. Memiliki ukuran 5,5 inci dengan resolusi Full HD, kontras rasio 1000: 1, kecerahan 450 Nits, layarnya menawarkan tampilan yang layak diperhitungkan. Kami merasa nyaman saat menikmati film Toys Story yang menampilan karakter mainan dengan warna-warna cerah. Karakter dalam film terlihat jelas dan tajam dengan saturasi warna yang memikat. Kualitas ini juga masih ditambah dengan penggunaan lapisan Gorilla Glass 3 untuk mengurasi resiko tergores. Kualitas layar ini juga tentu memberikan efek yang baik ketika Anda ingin menikmati konten virtual reality (VR).

Masuk ke pengaturan, di sini Anda bisa memilih keseimbangan warna pada layar. Ada modus default (yang akan menampilkan warna yang optimal), modus comfort (berguna memproteksi mata dan sangat nyaman untuk aktivitas browsing dengan waktu yang lama) dan custom (yang bisa Anda sesuaikan level tone dan saturasi). Atau saat berada dalam kondisi pencahayaan tinggi, Anda bisa mengaktifkan modus smart brightness yang akan menyesuaikan kecerahan layar secara otomatis.

Tidak hanya itu, ada juga fitur high sensitivity touch yang memungkinkan Anda untuk menggunakan layar sentuhnya meski menggunakan sarung tangan. Bagi Anda yang aktif menggunakan sepeda motor, fitur ini tentu sangat membantu. Anda tidak perlu repot membuka sarung tangan ketika berada di atas motor saat ada panggilan atau sekadar membaca notifikasi yang masuk.

User Interface

Jika ASUS punya ZenUI atau Xiaomi dengan MIUI, Lenovo juga memiliki user interface (UI) sendiri yang dikenal dengan Vibe UI. UI ini sudah berbasis pada Android 6.0 Marshmallow. Transisi antar menu di Vibe UI berlangsung cukup cair. Hanya saja, secara default kami masih menemukan banyak aplikasi bawaan dari Lenovo (bloatware). Bagi sebagian pengguna keberadaan bloatware ini mungkin sedikit mengganggu, apalagi aplikasi-aplikasi ini tidak dapat dihapus atau uninstall.

Meski demikian, Lenovo memiliki nilai lebih dengan beberapa fitur berguna lainnya. Misalnya, dalam keadaan layar mati Anda dapat membuka kamera dengan mengklik 2x tombol volume tanpa harus membuka kunci layar. Fitur ini sangat berguna saat ingin memotret dan tidak ingin kehilangan momen yang tak terduga. Anda juga dapat mengaktifkan layar hanya dengan mengetuk layar sebanyak 2x atau membalikkan perangkat untuk menonaktifkan modus sleep.

Kamera   

Masuk ke pembahasan kamera. Lenovo Vibe K4 Note menyediakan dua kamera, depan dan belakang. Untuk kamera belakang dilengkapi sensor ISOCELL beresolusi 13 megapksel dengan aperture f2.2 dan PDAF fast focus. Ada beberapa modus pengambilan gambar seperti panorama, beberapa efek filter foto dan HDR. Untuk beralih ke modus HDR, Anda cukup mengklik menu HDR yang ada di dalam layar saat aplikasi kamera aktif.

Hasil jepretan kameranya ternyata lebih baik dari dugaan kami sebelumnya. Memotret di luar ruangan dengan kondisi pencahayaan memadai, foto yang dihasilkan sangat baik. Gambar terlihat tajam dan detil dengan saturasi warna yang akurat. Sedangkan hasil foto di dalam ruang dengan mengandalkan lampu standar, masih terlihat adanya noise.

Hal ini masih dapat dimaklumi mengingat harga yang ditawarkan menyasar pada segmen menengah. Untuk kamera depan dibekali resolusi 5 megapiksel dengan kualitas standar. Disediakan beberapa pilihan seperti mengendalikan kecerahan atau pengaturan timer. Kedua kamera ini juga mampu merekam video hingga resolusi 1080p.

Berikut hasil foto yang dihasilkan Lenovo K4 Note

Kinerja

Masuk ke pengujian kinerja. Lenovo Vibe K4 Note diotaki prosesor octa-core Mediatek MT6753 yang memiliki kecepatan clock 1.3GHz. Prosesor ini akan disokong RAM 3GB dengan ruang penyimpanan internal 16GB. Memori 16GB rasanya masih cukup memadai. Apalagi sudah disediakan slot microSD yang bisa diperbesar hingga 128GB untuk menyimpan file-file berkapasitas besar, seperti foto, lagu, atau video.

Secara umum, kinerja prosesor Mediatek MT6753 plus RAM 3GB RAM bisa diandalkan. Melakukan multitasking seperti menjelajah internet dengan membuka beberapa situs, sambil beralih membuka beberapa aplikasi lainnya dalam waktu sama dapat berjalan tanpa hambatan. Hanya saja, kami mulai merasakan panas yang meningkat saat menjalankan beberapa aplikasi untuk waktu yang lama.

Baterai

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, baterai pada Lenovo Vibe K4 Note bersifat non removeable, artinya tidak dapat dilepas pasang. Baterainya sendiri memiliki kapasitas 3300mAh, terbilang standar untuk smartphone yang menggunakan layar 5,5 inci FullHD. Untuk aktivitas harian seperti browsing situs, cek email, memainkan musik, membuka beberapa media sosial ditambah chat Whatsapp, baterainya masih bisa bertahan hingga kurang lebih 9 jam. Sementara saat memainkan film HD yang berdurasi 1,5 jam, baterainya berkurang hingga 22 persen.  

Perangkat ini memiliki dua slot sim card yang mendukung di jaringan 4G dengan beragam pilihan konektivitas seperti Bluetooth, Wi-Fi, GPS dengan A-GPS dan NFC.

Pesaing

Nama Harga di Pasaran
Xiaomi Redmi Note 4 RAM 3GB ROM 64GB Rp 2,190,000
Asus Zenfone Selfie ZD551KL 32GB Rp 2,385,000
Infinix Zero 3 Rp 2,449,000
Lenovo Vibe K5 Plus A6020 RAM 3GB Rp 2,264,400
Wiko Ridge 4G Fever Rp 2,599,000
Meizu MX4 Pro 16GB Rp 1,750,000

Dari data yang Pricebook miliki, Lenovo K4 Note saat ini berada pada kisaran harga Rp 2.560.000 untuk pedagang online di Bukalapak, sedangkan diretail harganya lebih mahal yakni Rp 2.710.000.

Mengenai pesaingnya, Anda bisa lihat tabel di atas. Masing-masing memiliki kesamaan dan perbedaan di spesifikasi. Jika dicermati rata-rata menggunakan RAM 3GB, Android 5.0 Lollipop, kamera 13 megapixel dan juga layar 5,5 inci.

Beberapa perbedaannya adalah untuk Redmi Note 4 sudah menggunakan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow, dan yang paling rendah OS-nya adalah Android Kitkat yang pasangkan pada Meizu MX4 Pro. Lalu bagi Anda penyuka fotografi, tentu saja bisa memilih Meizu MX4 Pro dan Infinix Zero 3 yang kameranya sudah beresolusi 20,7 megapixel. Satu lagi, mengenai layar, hanya Wiko Ridge yang hanya dibekali ukuran layar 5,2 inci.

Kesimpulan

Lenovo Vibe K4 Note
Harga termurah

Rp 2,174,000

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 7(2600), 8(900), 20(800) - A7010
Ukuran Layar 5.5 inch
Chipset Mediatek MT6753
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 1.3 GHz Cortex-A53
GPU Mali-T720MP3
RAM 3 GB
Internal 16 GB
Resolusi Kamera 13 MP
Kamera Depan 5 MP
Baterai Non-removable Li-Po 3300 mAh

Dengan kemampuan yang dimiliki membuat Lenovo Vibe K4 Note masih layak untuk dipertimbangkan. Memiliki layar tajam, dukungan sensor sidik jari, perangkat keras mumpuni dan fitur-fitur yang berguna menjadi nilai tambah tersendiri. Hanya saja kapasitas memori internal 16GB masih dirasa kurnag bagi sebagian pengguna. Apalagi kapasitas memori tersebut masih terpangkas hingga 5,37GB untuk OS, sehingga hanya menyisakan ruang sebesar 10,63GB saja.

Baca juga artikel:
Review ASUS Zenfone 3 ZE520KL: Lebih Mewah dan Fotografi Makin Lengkap
Review Lenovo Vibe K5 Plus: Performa Meningkat Berkat Memori RAM 3GB
Review Coolpad SKY 3: Hape Selfie dan Groufie yang Tipis Nan Modis

Artikel Lainnya

Komentar