Review ASUS Zenfone 3 ZE520KL: Lebih Mewah dan Fotografi Makin Lengkap

Review ASUS Zenfone 3 ZE520KL: Lebih Mewah dan Fotografi Makin Lengkap

Oleh Tedi Yuni A on Selasa, 11 Okt 2016 | 17:35

Pada gelaran Zenvolution di Nusa Dua, Bali (7-9/9), ASUS menggelar acara bertajuk Incredible Race 2016 yang diikuti lebih dari 800 peserta dan acara ini tercatat di Museum Rekor Dunia Indonesia dalam kategori “Permainan dengan Jumlah Peserta Terbanyak Oleh Perusahaan IT”.

Pricebook menjadi salah satu peserta permainan ini, dimana kami harus memadukan kekuatan fisik dan kinerja ASUS Zenfone 3. Intinya kami harus menjajal fitur yang ada di ASUS Zenfone 3 untuk menyelesaikan berbagai tantangan.

Zenfone 3 yang diberikan ke masing-masing peserta berlabel ZE520KL, berlayar 5,2 inci dengan resolusi full HD, koneksi 4G LTE, kapasitas RAM 3GB, kamera 16 dan 8MP, baterai 2600mAh dan mengusung chipset Snapdragon 625 (14nm-64bit). Kalau Anda ingin membelinya sekarang sudah tersedia di Blibli.com dan Lazada.co.id

Berikut kesan kami ketika beberapa waktu menggunakan Zenfone 3 ZE520KL.

Desain

ASUS Zenfone 3 ZE520KL memberikan kesan premium yang beda sekali dengan Zenfone 2. Coba kamu perhatikan. Tidak ada bahan plastik menempel pada body-nya. Semua sudah diganti dengan frame metal yang terbuat dari bahan aluminium alloy. Pada sisi depan dan belakang diberikan kaca pelindung Corning Gorilla Glass 3 2.5D Curve yang membuatnya makin terlihat mewah.

Perubahan lainnya adalah tombol volume yang pindah “rumah”. Kini ada di sisi kanan bersama tombol power. Tempatnya yang dulu kini didiami oleh fingerprints scanner, bersama kamera dan flash. ASUS menempatkan port jack audio 3,5 di sisi atas bersebelahan dengan mic yang gunanya sebagai noise cancelation.

Sisi bawah kian menarik karena ASUS menempatkan USB type C bersama speaker stereo dan mic.  Kemudian untuk slot SIM card dengan konsep hybrid diletakan pada sisi kiri bodi. Perubahan yang menarik dan membuat Zenfone 3 berbeda dari pendahulunya.

Slot SIM card pada Zenfone 3 ZE520KL bisa dipasangkan dua slot kartu SIM dengan ukuran Micro dan Nano. Karena konsepnya hybrid tinggal tentukan pilihan mau dipasangkan kartu SIM atau microSD pada slot 2. Mengenai koneksi slot 1 bisa dipasangkan kartu 4G LTE sedangkan slot 2 hanya mentok di 3G.

Satu kelemahan yang kami temukan adalah tidak adanya lampu backlight pada tombol capacitive dibagian bawah layar. Bagi yang belum terbiasa tentu saja akan keliru menekan tombol apa yang mereka mau, tapi kami yakin masalah itu akan hilang seiring kebiasan kita menggunakan Zenfone 3. Bekas sidik jari yang menempel pada kaca belakang dan layar pun menjadi resiko yang harus diterima pengguna.

Buat kami perubahan desain ini sangat mengesankan, apalagi screen to body ratio ASUS ZenFone 3 sudah lebih baik dari sebelumnya yaitu di angka 77.3%. Bezelnya sendiri berada di angka 2.1mm.  

Layar

ASUS Zenfone 3 hadir dengan dua varian ukuran layar, 5,2 inci dan 5,5 inci. Masing-masing varian dibekali resolusi Full HD 1920 x 1080 pixel, super IPS+ display yang membuat konten bisa dilihat dari sudut 178 derajat.

Selain itu, Zenfone 3 juga dilengkapi LED Backlight untuk meningkatkan keterbacaan, khususnya saat di luar ruangan. Kaca yang digunakan merupakan Corning Gorilla Glass generasi ketiga. Walau demikian Anda tetap harus hati-hati karena kaca bisa saja gores. Ini yang kadang orang awan salah kaprah tentang pelindung layar. Gorilla Glass generasi ketiga bukannya anti gores, namun yang benar adalah kaca akan lebih sulit tergores.

Dalam penggunaannya, kami puas dengan kecerahan layar ASUS Zenfone 3, baik dalam ruangan maupun indoor. Main game dan nonton video, tampilannya nyaman buat mata dengan kecerahan, warna dan grafis detail mendekati aslinya. Bagi kamu yang ingin mengatur pencahayaan layar sendiri tetap bisa melakukannya lewat fitur Splendid.

Asus Zenfone 3 ZE520KL RAM 3GB
Harga termurah

Rp 3,649,000

Kamera

Bagaimana peningkatan kamera di ASUS Zenfone 3 versus Zenfone 2. Kami sudah membandingkannya dalam artikel terpisah namun, hanya sebatas pengembangan fitur terbaru saja.

Bagian yang di upgrade adalah sebagai berikut:

  • ASUS Zenfone 3 menggunakan ASUS PixelMaster 3.0
  • Resolusi kamera ditingkatkan menjadi 16MP dan 8MP
  • Moda pengambilan gambar tetap 20 moda mulai dari Auto, Manual, HDR Pro, Beautification, Super resolution, Children, Low light, QR Code, Night,, Depht of field, Effect, Selfie, GIF Animation, Panorama, Miniature,Time Rewind,Smart Remove, All Smile,Time Lapse, Slow Motion.tetapi ada perubahan dan penggantian moda.
  • Moda pengambilan gambar PanoSphere diganti dengan Moda Children.
  • Pada Moda Manual, kecepatan rana (speed) tertinggi di angka 1/50000 dan untuk speed terendahnya pada 32s serta ISO pada Zenfone 3 kini mencapai angka 50-3200.
  • Sensor kamera menggunakan Sony Exmor RS IMX298, diagfragma F2.0.
  • Pengambilan video dengan format 4K

Berikut beberapa foto yang diambil menggunakan Zenfone 3 ketika kami berada di Bali

Kinerja

Seperti sudah di singgung pada artikel terdahulu bahwa varian Zenfone 3 sangatlah banyak, selain unit yang saya review, Zenfone 3 ZE520KL RAM 3GB/ROM 32GB dengan layar 5,2 inci, seri ini ada yang dibekali RAM 4GB/ROM 32GB. Selain itu, Zenfone 3 memiliki seri ZE552KL yang memiliki RAM 4GB/64GB dengan baterai lebih besar yakni 3000mAh.

Berpatokan pada Zenfone 3 ZE520KL RAM 3GB, kinerja yang dihasilkan ponsel ini juga baik dikelasnya. Walau berbekal prosesor kelas menengah, Qualcomm Snapdragon 625 (bukan lagi Intel) dengan 8 inti, 64-bit, yang berlari di kecepatan 2GHz, kinerja ponsel ini bisa diandalkan untuk berbagai aktivitas.

Bermain game seperti Aspalt 8, Implosion, dan Modern Combat 5, berjalan mulus tanpa lag. Suara dari speaker juga terdengan kencang tapi tidak cempreng berkat adanya teknologi SonicMaster dalam Zenfone 3.

Mengaktifkan fitur sidik jari pada Zenfone 3 sangatlah mudah dan kamu bisa mendaftarkan 5 sidik jari kamu. Hadirnya ZenUI 3.0 dalam tubuh ZenFone 3 ZE520KL membawa theme, icon pack, jenis dan ukuran font, hingga layout interface yang lebih banyak untuk kemudahan kostumisasi.

Banyak aplikasi yang tidak terpakai atau bisa dibilang bloatware bukanlah masalah besar karena sebagian besar aplikasi tersebut bisa dihapus atau kalau tidak bisa di hidden saja agar tidak mengganggu tampilan home screen.

Untuk memori eksternal, slotnya mendukung kartu MicroSD hingga kapasitas 256GB. Untuk penyimpanan dokumen penting, Anda bisa mengandalkan ASUS WebStorage yang sudah tersedia di dalam ASUS Zenfone 3. Anda akan mendapatkan free 5GB storage ketika sudah melakukan registrasi dan semua file-file penting aman dari resiko hape kita rusak atau hilang

Konektivitas dan Baterai

Pada bagian port charger, ASUS Zenfone 3 telah dibekali USB port C yang mampu memberikan kecepatan transfer data yang sangat tinggi dan juga mampu menghantarkan daya listrik lebih cepat dibanding USB 2.0 biasa.

Kapasitas baterainya dalam pemakaian normal (media sosial, browser, game, email aktif) bisa bertahan antara 5-6 jam. Seri ini belum ada fitur fast charging dan untuk pengisian daya baterai Zenfone 3 ZE520KL membutuhkan waktu sekitar 2 jam.

Pesaing Zenfone 3 ZE520KL RAM 3GB/ROM 32GB

Nama Harga di Pasaran
Xiaomi Mi Note Pro Rp 3,900,000
Xiaomi Mi5 32GB Rp 3,047,500
Sony Xperia M5 Dual E5633 Rp 3,800,000
Lenovo Vibe Z2 Pro K920 Rp 3,830,000
Sony Xperia Z2 D6503 Rp 4,080,000
Hisense Pureshot Plus 2 Rp 2,399,000
Xiaomi Mi Max RAM 3GB ROM 64GB Rp 2,985,000
HTC One E9+ Rp 4,100,000

September dan Oktober ini, seri Zenfone 3 ZE520KL dan ZE552KL sudah meluncur ke pasar Indonesia dan siap untuk dibeli. Rencananya pula bulan ini ASUS akan menghadirkan Zenfone Max 5.2 inci dan Zenfone Go terbaru dengan layar 6.9 inci.

Untuk pesaing Zenfone 3 dengan RAM 3/4GB di pasar Indonesia dikisaran harga Rp 3- Rp4.4 jutaan sudah banyak. Jika melihat secara keseluruhan spesifikasi yang diusung, nama-nama seperti Xiaomi Mi5 32GB, Hisense Pureshot Plus 2, dan HTC One E9+ dan beberapa nama lainnya siap menjegal market share Zenfone 3 di Indonesia. Untuk detail perbandingan harga dan spesifikasi Anda bisa membandingkannya lewat fitur pembanding di Pricebook.

Kesimpulan

Asus Zenfone 3 ZE520KL RAM 3GB
Harga termurah

Rp 3,649,000

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE 1800 / 1900 / 2100
Ukuran Layar 5.2 inch
Chipset Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU Octa-core 2.0 GHz
GPU Adreno 506
RAM 3 GB
Internal 32 GB
Resolusi Kamera 16 MP
Kamera Depan 8MP
Baterai Non Removable Li-Po 2600 mAh

Bagi kami desain yang dihadirkan ASUS pada Zenfone 3 begitu berkelas dan sungguh jauh berbeda dari generasi sebelumnya. Beberapa peningkatan di sektor kamera dan perangkat keras memberikan kinerja yang spartan (kuat dan kencang). Namun ZenFone 3 ZE520KL tak lepas dari beberapa kelemahan yang membuatnya harus siap bersaing dengan perangkat lain.

Kelebihan Kekurangan
Desain premium Tombol menu tanpa backlight
Hasil kamera dan video yang memuaskan Tanpa fitur fast charging
Fingerprints dan USB Type C Banyaknya fitur bloatware
Baca juga artikel:
Perbandingan Kamera Zenfone 3 VS Zenfone 2
Cara Mengaktifkan Fitur Fingerprints di ASUS Zenfone 3
Resmi! Ini Daftar Harga ASUS Zenfone 3 di Indonesia

Artikel Lainnya

Komentar

Imam Syarifuddin 19 Oktober 2016 - 23:38
hadirnya asus generasi terbaru yaitu asus zenfone 3 menambah koleksi produk asus yg berkwalitas. asus zenfone 3 ini hadir dengan ukuran layar 5,2 inch yg saya rasa sangat pass banget, dan kerapatan layarnya mencapai 420 dpi yg membuat makin jernih, di tambah kapasitas RAM 3GB dan prosesor snapdragon 625 octa-core 2,0 ghz yg bikin lancar buat ngageme, selain itu di tingkatkanya resolusi kamera menjadi 16 MP dan 8 MP membuat lengkap teknologi fotografi milik asus, bukan hanya itu saja di tambah teknologi fingerprint yg dapat mendeteksi sidik jari, selain itu perubahan yg sangat terlihat adalah perubahan desain body, dimana asus zenfone 3 di desain dengan bahan metal yg membuat tambah mewahdan elegant.
Bima Satria 20 Oktober 2016 - 17:25
Mantap!