10 Tips Cerdas Beli Hape Online dan Perbandingan Layanan 7 Online Shop di Indonesia

Oleh Ardiansyah Hana on Senin, 31 Okt 2016 | 14:22

Era digital membawa banyak dampak positif pada kebiasaan. Termasuk saat berbelanja, dimana hadirnya online shop dan marketplace akan memudahkan kamu yang ingin membeli sebuah barang, tak perlu keluar rumah, tinggal duduk manis menunggu pesanan dikirimkan.

Beli hape online menjadi salah satu yang digemari banyak masyarakat Indonesia sekarang. Disamping kemudahan untuk memilih hape yang dibutuhkan, beli hape online sangat memudahkan calon konsumen, terlebih jika tinggalnya jauh di pelosok daerah.

Tren beli handphone secara online tentu saja tidak berlaku di lima tahun ke belakang. Saat itu, calon konsumen harus mendatangi sebuah sentra penjualan hape, mengelilingi pusat perbelanjaan untuk mencari tipe hape yang diinginkan, ditambah melakukan aktivitas tawar menawar yang melelahkan.

Dengan adanya tren belanja hape online, aktivitas tersebut mulai ditinggalkan, dimana calon konsumen hanya tinggal memanfaatkan gadget atau desktop untuk mencari sebuah hape, kemudian melanjutkan transaksi melalui salah satu online shop terbaik dengan memilih metode pembayaran dan pengiriman yang sesuai keinginan pembeli.

Akan tetapi, ada sejumlah pertimbangan yang perlu dilakukan, terlebih jika kamu baru pertama kali belanja hape online. Untuk menghindari penipuan saat belanja online, ada baiknya menyimak tips cerdas beli hape online dan perbandingan belanja di berbagai online shop di bawah ini.

10 Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Belanja Hape Online Aman dan Terjamin

1. Kenali Reputasi dan Biografi Seller

Tips cerdas beli hape online yang pertama adalah kenali reputasi dan biografi seller, pasalnya online shop dan marketplace di Indonesia saat ini tumbuh dengan pesat. Beberapa diantaranya bahkan menawarkan harga hape di bawah pasaran, tentu saja membuat siapapun tertarik untuk melakukan pembelian.

Namun, kamu jangan terkecoh mengenai penawaran harga. Kamu wajib melakukan pengecekan terkait reputasi situs tersebut agar mendapatkan produk hape yang sesuai keinginan dan harapan, juga melindungi transaksi dengan sistem keamanan yang terjamin.

Di sini, kamu wajib memilih online shop terbaik yang memiliki reputasi positif dalam segi pelayanan, menyediakan produk yang benar-benar asli sesuai deskripsi, baik itu produk hape bekas ataupun baru.

Reputasi tersebut berlaku juga untuk penyelesaikan keluhan dari pelanggan, baik dari segi pengiriman, garansi atau layanan lain yang sifatnya memberikan rasa nyaman dan aman pada pelanggan, misalnya call center yang mudah dihubungi dan alamat online shop yang jelas.

Selain itu, perhatikan pula sertifikasi keamanan website, dimana website yang aman harusnya memiliki awalan URL HTTPS. Dengan membuka situs online shop dan marketplace dengan awalan HTTPS, keamanan dalam bertransaksi akan terjamin karena penyandian tersebut bisa melindungi data personal konsumen dengan baik.

Saat ini, ada banyak toko online palsu yang bisa mengecoh calon pembeli. Toko online palsu biasanya menggunakan domain situs gratisan seperti WordPress atau Blogspot, tidak memiliki alamat kantor fisik yang jelas, juga tidak memiliki kontak support seperti nomer telepon kantor.

Jika beli hp online melalui marketplace terbaik di Indonesia, kamu pun tetap harus memperhatikan penjual, misalnya keaktifannya dalam menjual barang. Kamu bisa melihat waktu terakhir seller melakukan login, kinerja seller soal kecepatan pengiriman barang, jumlah produk yang sudah terjual, testimoni pelanggan lain yang sudah melakukan transaksi dan jawaban seller terkait pertanyaan calon pembeli, karena jika seller terlihat tidak ramah, kamu berhak mencari seller lain agar lebih memuaskan.

Jangan lupa, cek lokasi toko dari seller, lebih baik jika seller tersebut memiliki toko fisik sehingga akan lebih mudah untuk klaim garansi, dimana beberapa seller ada juga yang memberikan garansi personal.

2. Pilih Online Shop Terbaik yang Bisa Berinteraksi dengan Seller

Alangkah lebih baik jika kamu beli hape online melalui Online Shop yang mengizinkan seller dan pembeli melakukan interaksi. Di sini, kamu bisa menanyakan segala macam hal pada seller terkait barang yang diincar, tentu saja akan membuat kamu lebih puas saat menyelesaikan transaksi pembelian.

Selain itu, interaksi dengan seller akan memudahkan kamu untuk menyelesaikan komplain. Ketimbang mengandalkan pengelola marketplace untuk menyampaikan keluhan, interaksi langsung dengan seller bisa mempercepat penyelesaikan masalah, mempersingkat waktu kamu untuk menyelesaikan transaksi yang sudah dilakukan.

Beberapa marketplace terbaik mengizinkan hal ini, ditandai dengan adanya fitur diskusi pada laman penjualan, fitur pertanyaan umum, fitur message, bahkan ada pula Online shop yang memiliki fitur chat sehingga bisa mengajukan pertanyaan secara real-time.

3. Bandingkan Fitur dan Harga Ponsel Dalam Satu Waktu

Saat ingin beli hape online dengan harga murah, tentu saja kemudahan untuk menentukan hape akan jauh lebih mudah ketimbang membelinya di toko offline. Di sini, kamu bisa menentukan harga hape sesuai anggaran, spesifikasi hape sesuai kebutuhan dan garansi hape sebagai layanan purna jual.

Sebelum menentukan sebuah tipe dan merek hape, ada baiknya kamu melakukan perbandingan antar hape sehingga tidak menyesal di kemudian hari, serta bisa mendapatkan hape terbaik secara online dengan kualitas dan sesuai keinginan.

Cara mudahnya, kamu bisa membandingkan spesifikasi hape dengan memanfaatkan tools yang ada di Pricebook, memilih beberapa calon hape terbaik dengan spesifikasi yang hampir setara, kemudian menyesuaikannya dengan apa yang menjadi kebutuhan, misalnya gaming, fotografi, kinerja baterai, konektivitas, desain dan layar.

Selain bisa membandingkan spesifikasi hape, kamu pun bisa membandingkan harga jual sebuah hape dengan mengakses Pricebook. Di sini, kamu bisa menentukan online shop dan market place mana yang menjual hape yang diinginkan dengan penawaran harga termurah.

4. Belanja Melalui Aplikasi Resmi

Tidak hanya memungkinkan konsumen transaksi melalui website, beberapa online shop kini membuat aplikasi mobile untuk mendukung kemudahan konsumen untuk bertransaksi melalui hape tanpa harus membuka desktop atau laptop.

Akan tetapi, kamu diwajibkan beli hp secara online melalui aplikasi resmi yang dimiliki online shop, bukan aplikasi buatan pihak ketiga agar melindungi data pribadi kamu dari pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

Selain itu, beli hape online melalui aplikasi mobile terkadang harganya sedikit lebih murah daripada membelinya lewat website karena beberapa marketplace menyediakan kode voucher diskon yang hanya bisa diaplikasikan melalui aplikasi mobile.

5. Beli Hape Secara Tunai atau Kredit

Metode pembayaran yang disediakan oleh sebuah online shop sangatlah variatif. Beberapa diantaranya menawarkan metode pembayaran dengan kartu debit, transfer bank, kartu kredit, kredit tanpa kartu kredit (beli hp online kredit) bahkan cash on delivery (COD) yang memungkinkan kamu membayar sewaktu barang diterima.

Setiap metode pembayaran tentu saja memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Untuk kartu debit dan transfer bank, biasanya mengharuskan kamu melakukan verifikasi secara manual, terlebih beberapa bank saat ini belum memiliki layanan internet dan SMS banking sehingga kamu perlu pergi ke ATM atau teller untuk menyelesaikan transaksi.

Sementara itu, kartu kredit mengharuskan kamu untuk mengisi nomor kartu kredit, tanggal kadaluarsa kartu, kode keamanan dan data pribadi lain. Dalam hal ini, tentu saja kamu diharuskan untuk selalu waspada dengan membuka situs dengan laman transaksi yang memiliki awalan HTTPS seperti penjelasan di atas, menggunakan anti virus dan hindari menggunakan Wi-Fi publik sehingga lebih aman dari pencurian data.

Sejumlah marketplace juga menyediakan metode pembayaran secara kredit (beli hp online kredit) tanpa harus menggunakan kartu kredit. Hal ini memang sangat memudahkan kamu yang ingin memiliki hape tertentu namun belum cukup dana dan tidak memiliki kartu kredit. Kendati begitu, kamu tetap harus mempertimbangkan suku bunga yang diberlakukan.

Metode pembayaran terakhir yang populer di Indonesia adalah Cash on Delivery atau COD. Metode pembayaran ini memberikan keuntungan lebih pada konsumen karena bisa menghindari penipuan. Namun, metode pembayaran COD belum mencakup banyak daerah di Indonesia, umumnya hanya berlaku di kota-kota besar saja.

6. Pilih Metode Pengiriman

Memilih metode pengiriman atau shipping merupakan tahap akhir yang akan kamu lakukan saat beli hape online di sebuah online shop terbaik pilihan kamu. Di sini, kamu bisa memilih berbagai jasa ekspedisi yang sudah bekerjasama dengan marketplace dengan biaya yang berbeda dan layanan yang juga berbeda.

Sebagai pertimbangan dalam memilih metode pengiriman, kamu bisa melihat ketersediaan jalur komunikasi dari masing-masing ekspedisi, pilih yang paling mudah dihubungi sehingga tidak menyulitkan kamu saat terjadi masalah dalam proses pengiriman.

Selain itu, kamu pun bisa menyesuaikan tarif yang ditawarkan sebuah ekspedisi. Jika ingin murah, kamu bisa memilih tarif reguler yang biasanya memakan waktu pengiriman cukup lama. Jika hape yang kamu beli sifatnya urgent, kamu bisa memilih tarif one day service yang tentu saja dua kali lipat lebih mahal daripada tarif reguler.

Saat ini, beberapa toko online terbaik menawarkan layanan one day service untuk pembeli yang berada di daerah sama dengan seller. Tak ada salahnya kamu menggunakan jasa seperti Go Send dari Gojek untuk wilayah Jabodetabek agar bisa lebih cepat menerima hape yang dipesan.

Mengenai pengiriman jarak jauh, sebaiknya kamu memilih layanan asuransi tambahan. Tidak ada salahnya pula untuk meminta seller mengirimkan barang dengan tambahan packing kayu, biasanya harganya menjadi dua kali lipat ongkos kirim, akan tetapi hal ini bisa meminimalisir terjadinya kerusakan pada hape selama pengiriman.

Asuransi dan packing kayu memang membuat ongkos kirim menjadi lebih mahal. Jika ingin pesanan lebih aman, tidak ada salahnya untuk memilih dua hal tersebut. Agar lebih irit lagi, carilah toko online terbaik yang memberikan subsidi pengiriman sehingga kamu tak perlu membayar lagi ongkos kirim, sementara pesanan hape sampai dengan aman dan selamat.

7. Cek Ketersediaan dan Kelengkapan Barang

Mengecek ketersediaan barang perlu kamu lakukan agar pengiriman bisa dilakukan dengan cepat. Kamu bisa menanyakan langsung atau melihat jumlah stok barang yang biasanya ditampilkan pada halaman penjualan, mengingat banyak penjual yang statusnya sebagai reseller yang tentu saja ketersediaan barang bergantung pada pemasok.

Selain itu, beberapa marketplace terbaik di Indonesia juga mengadakan sistem pre-order untuk produk-produk hape keluaran baru. Jika kamu ingin melakukan pemesanan, perhatikan tanggal pengiriman yang dijanjikan agar mengetahui estimasi waktu sampainya barang ke tangan kamu.

Disamping mengecek ketersediaan, kamu pun wajib mengetahui kelengkapan hape yang ingin dibeli. Jika membeli produk baru, pastikan kamu mengetahui kelengkapan standar apa saja yang diberikan produsen, hal ini bisa kamu ketahui dengan melihat video unboxing hape yang ada di YouTube. Sebagai pembeli, tentu saja kamu berhak mendapatkan kelengkapan yang sesuai, tidak ada yang dikurangi oleh seller.

Untuk kamu yang ingin membeli produk hape bekas, kamu perlu mengetahui kelengkapan dan keaslian yang diberikan oleh seller. Standarnya, hape bekas ex-garansi yang lengkap memiliki dus hape yang sesuai dengan IMEI mesin, adaptor dan kabel data original bawaan, buku manual dan headset original bawaan.

Hal di atas tentu saja tidak berlaku jika kamu membeli hape bekas batangan. Kendati demikian, hal di atas perlu memiliki kejelasan sebelum kamu menyelesaikan transaksi, cara mudahnya dengan membaca iklan secara keseluruhan dan menanyakan seller secara langsung jika ada hal yang tidak dimengerti.

8. Cek Deskripsi Barang dengan Jelas

Deskripsi hape perlu kamu ketahui dengan jelas sebelum melakukan pembelian hp secara online. Hal ini dikarenakan sebuah produk bisa memiliki spesifikasi berbeda-beda yang harus diketahui sejak awal sebelum keputusan pembelian.

Dengan membaca deskripsi pada sebuah iklan hape, kamu bisa mengetahui detail spesifikasi yang ditawarkan, pastikan bahwa hal tersebut sudah sesuai dengan produk yang kamu inginkan, juga sesuai dengan harga yang harus dibayarkan.

Contohnya terdapat pada beberapa hape Xiaomi yang hadir dalam berbagai versi. Xiaomi Redmi 3 misalnya yang memiliki varian RAM 2GB dan internal storage 16GB untuk versi standar, seri Pro yang dilengkapi fingerprint, RAM 3GB dan internal 32GB, Redmi 3S Prime dengan prosesor berbeda bahkan ada Redmi 3X yang memiliki varian RAM 2 GB dan internal storage 16GB.

Perbedaan spesifikasi perlu kamu ketahui sedari awal untuk memastikan kamu mendapatkan produk yang sesuai harapan. Selain itu, cek juga garansi hape pada deskripsi iklan, apakah hape yang akan dibeli dilindungi garansi resmi atau hanya garansi distributor saja.

9. Bijak Menggunakan Voucher

Saat ingin berbelanja hape secara online, carilah toko online yang memperbolehkan penggunaan voucher potongan harga. Dengan menggunakan voucher, tentunya kamu bisa membeli sebuah hape dengan harga total harga yang jauh lebih ekonomis.

Dengan memanfaatkan website pembanding harga seperti Pricebook, kamu yang sudah memiliki kriteria hape tertentu bisa memilih produk dengan harga terendah dari marketplace yang memperbolehkan penggunaan voucher. Kemudian, aplikasikan kode voucher potongan harga untuk melihat harga akhir yang harus dibayar.

Voucher potongan harga untuk dipakai saat checkout di sebuah marketplace cukup mudah didapatkan. Kamu bisa membuka situs yang khusus menginformasikan diskon dan voucher, kemudian menggunakan kode voucher dengan total diskon terbesar.

Beberapa toko online terbaik diantaranya rutin membagikan voucher melalui channel socail media resmi dari mereka. Ada pula yang menampilkannya langsung pada website, mengharuskan kamu untuk mendownload voucher tersebut atau mengaplikasikan kode saat checkout.

Dengan lebih bijak menggunakan voucher, kamu bisa mendapatkan keuntungan karena berbelanja online dengan harga murah. Untuk itu, selalu perhatikan penawaran voucher saat ingin membeli sebuah barang.

10. Perhatikan Event Kalender Promo

Musim promo adalah waktu yang pas untuk belanja hape online murah. Pada musim ini, kamu bisa membeli hape dengan harga jauh lebih murah karena biasanya marketplace atau online shop memberikan potongan diskon dengan nilai besar.

Sejauh ini, ada beberapa musim promo yang biasa dilangsungkan oleh beberapa marketplace terbaik Tanah Air, misalnya Hari Belanja Online Nasional (HarBolNas) yang rutin diadakan setiap tanggal 12 Desember dan Jakarta Great Online Sale (JGOS) yang biasanya diadakan pada bulan Juni.

Selain event tahunan yang diadakan serentak oleh banyak toko online terbaik, tiap-tiap marketplace seringkali mengadakan event promo misalnya saat memperingati ulang tahun atau hari besar di Indonesia. Dalam hal ini, kamu tentu harus memanfaatkannya agar bisa beli hape online dengan harga lebih murah.

Mengenai jadwal event yang diadakan masing-masing marketplace tentu saja konsumen harus mengetahuinya jauh-jauh hari agar bisa menyiapkan budget. Untuk lebih mudah, kamu bisa berlangganan newsletter setiap online shop terbaik yang akan dijadikan tempat berbelanja agar mendapatkan informasi promo lebih awal atau mengikuti salah satu channel jejaring sosial media.

Ke 10 tips cerdas beli hape online ini wajib diperhatikan terutama bagi yang baru pertama kali melakukan belanja online agar tidak mudah ketipu dengan seller-seller nakal dan tentu saja lebih mudah mendapatkan produk-produk murah serta berkualitas. 

Daftar Online Shop Terbaik di Indonesia

1. elevenia
2. Tokopedia
3. Bukalapak
4. Blibli
5. Blanja
6. Lazada
7. Matahari Mall

1. elevenia

URL: http://www.elevenia.co.id
Didirikan: 2014
Pengelola: PT XL Planet

Tentang elevenia

elevenia merupakan produk dari PT XL Planet yang merupakan joint venture antara PT XL Axiata, Tbk. dan SK Planet Co., Ltd. Mengusung konsep open marketplace, elevenia menyediakan solusi pembayaran secara escrow sehingga transaksi konsumen dapat berjalan aman.

Untuk belanja online melalui toko online yang dikelola PT XL Planet ini, tentu saja kamu perlu memilih barang yang diinginkan, kemudian menyelesaikan pembayaran dengan verifikasi yang memerlukan waktu sekitar 24 jam.

Adapun, proses selanjutnya tinggal menunggu konfirmasi dari elevenia mengenai status pesanan dari penjual, sementara jika barang sukses dikirimkan, kamu harus melakukan konfirmasi penerimaan barang. *Untuk pengguna handphone, tabel bisa digeser kanan dan kiri

Pembayaran & Pengiriman

Merchant Gratis Ongkir Pengembalian Barang COD Kartu Kredit Kredit Tanpa kartu Kredit
1,000,000+ Ya 3 Hari Tidak Ya Kredit Plus 

Kelebihan & Kekurangan Belanja Online di elevenia

Kelebihan Kekurangan
Gratis ongkir Tidak bisa COD
Pembatalan pesanan Waktu pengembalian barang singkat
Bisa kredit tanpa kartu kredit Tidak bisa live chat
Metode pembayaran lengkap: Transfer Bank, ATM, kartu kredit, minimarket, e-money, internet banking Biaya pengiriman penukaran atau pengembalian produk ditanggung sendiri
Benefit point, token dan voucher -

Kesimpulan

Hal paling menarik jika beli hape online di elevenia karena adanya fasilitas pembayaran secara kredit (beli hp online kredit) tanpa harus memiliki kartu kredit melalui adanya kerjasama dengan perusahaan pembiayaan Kredit Plus. Selain itu, metode pembayaran yang disediakan marketplace ini cukup lengkap, sekalipun belum tersedia sistem COD.

Memungkinkan konsumen melakukan pembatalan pesanan jika berbelanja sebelum order dalam status "Pesanan sedang diproses", elevenia menyediakan support selama 24 jam, bisa dihubungi melalui telepon dan email. Sayangnya, support melalui sosial media hanya dilayani sampai pukul 23.00 setiap harinya, juga tidak memiliki layanan live chat.

Hal lain yang membuat elevenia lebih unggul adalah benefit voucher potongan harga yang diberlakukan setiap bulan dengan nilai berbeda dan voucher ongkos kirim yang semuanya harus konsumen download terlebih dahulu sebelum berbelanja. Selain itu, ada pula benefit point dan token yang bisa dikumpulkan dengan memberikan ulasan pembelian dan produk, yang jika sudah terkumpul bisa ditukarkan dengan voucher.

Beberapa bulan belakangan, elevenia menyediakan voucher potongan harga sebesar 50% untuk member baru dengan maksimal potongan sebesar Rp 50.000. Sementara itu, setiap member memiliki grade berbeda yang dilihat dari aktivitas transaksi per bulan, semakin tinggi grade maka semakin tinggi benefit yang diberikan.

Promo yang sedang berlangsung di elevenia

2. Tokopedia

URL: https://www.tokopedia.com
Didirikan: 2009
Pengelola: PT Tokopedia

Tentang Tokopedia

Tokopedia mengusung konsep marketplace dan mall online, memungkinkan setiap orang, toko kecil dan merek untuk mengelola toko secara gratis. Menitikberatkan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk memasarkan produk secara online, ini sudah didirikan sejak tahun 2009.

Sama halnya dengan elevenia, sistem pembayaran di Tokopedia menggunakan sistem escrow. Dalam hal ini, Tokopedia berperan sebagai pihak ketiga sebagai penengah antara penjual dan pembeli sehingga meminimalisir tindak penipuan.

Di Tokopedia, terdapat banyak metode sistem pembayaran, antara lain setoran tunai, ATM, internet banking, mobile banking, saldo Tokopedia, e-money, minimarket dan kartu kredit. Selain itu, Tokopedia juga menyediakan fasilitas retur gratis ketika barang tidak sesuai pesanan.*Untuk pengguna handphone, tabel bisa digeser kanan dan kiri

Pembayaran & Pengiriman

Merchant Gratis Ongkir Pengembalian Barang COD Kartu Kredit Kredit Tanpa kartu Kredit
1,000,000+ Waktu tertentu Ya Tidak Ya Tidak

Kelebihan & Kekurangan

Kelebihan Kekurangan
Banyak pilihan penjual, bisa dilihat dari reputasi dan review penjualan Tidak bisa COD
Bisa berinteraksi langsung dengan penjual Proses pengembalian barang sedikit merepotkan
Fasilitas cicilan 0% Layanan support kurang lengkap
Tokopedia Point Gratis ongkir hanya event tertentu saja
Verifikasi pembayaran cenderung cepat Minim promo untuk produk hape

Kesimpulan

Belanja hape online di Tokopedia tentu saja aman karena adanya fasilitas escrow. Untuk proses berbelanja, ada satu hal yang membuat marketplace ini menarik, yaitu kemudahan transaksi langsung dengan penjual melalui adanya fitur diskusi, ulasan bahkan pusat resolusi yang bisa digunakan ketika barang yang diterima mengalami masalah.

Saat beli hape online di toko online ini, kamu juga bisa melihat kredibilitas penjual melalui reputasi setiap merchant dan rating yang diberikan oleh konsumen lain. Selain itu, kamu juga bisa melihat keaktifan penjual dalam melayani pembelian sehingga bisa dijadikan sebagai salah satu pertimbangan untuk memilih berbelanja pada penjual tersebut.

Sangat disayangkan, Tokopedia memiliki layanan support yang kurang lengkap, termasuk tidak adanya fasilitas live chat. Sistem COD juga tidak tersedia pada marketplace ini, dimana konsumen hanya bisa melakukan pembayaran di muka saja atau menggunakan kartu kredit.

Tokopedia menyediakan metode pengiriman yang lengkap, termasuk pengiriman di hari yang sama menggunakan Go Send dari Gojek untuk wilayah Jabodetabek dan Ninja Express. Sayangnya, promo untuk pembayaran tunai jarang diberlakukan, lebih sering memberikan promo untuk pengguna kartu kredit.

Mengenai promo gratis ongkos kirim, Tokopedia hanya mengadakannya pada event tertentu saja, tentunya dengan minimun transaksi yang sudah diberlakukan. Jika ingin melakukan pengembalian barang, prosesnya cukup merepotkan karena pembeli harus melakukan diskusi terlebih dahulu lewat fitur Pusat Resolusi.

Namun menariknya, pembeli bisa melakukan retur secara gratis dengan mengisi form yang sudah disediakan lebih dulu, tentu saja setelah ada persetujuan retur dari pihak penjual dan Tokopedia.

Promo yang sedang berlangsung di Tokopedia

3. Bukalapak

URL: https://www.bukalapak.com
Didirikan: 2009
Pengelola: PT Bukalapak.com

Tentang Bukalapak

Bukalapak juga merupakan marketplace yang menyediakan fasilitas escrow, menjalankan bisnis costumer to costumer (C2C), serta menjalankan program untuk memfasilitasi para pelaku UKM agar bisa memasarkan produknya secara online dan gratis.

Menjadi pihak ketiga yang menengahi transaksi antara penjual dan pembeli, kamu yang ingin beli hape online hanya tinggal melakukan transfer ke rekening Bukalapak sebagai proses aktif transaksi, kemudian jika penjual sudah melakukan pengiriman maka Bukalapak akan mengirimkan notifikasi berupa SMS.

Menyediakan berbagai metode pembayaran seperti e-banking, transfer bank, ATM, kartu kredit dan BukaDompet, harga jual hape yang ditawarkan Bukalapak sangat bersaing dengan Tokopedia. Hal ini dikarenakan jumlah merchant Bukalapak yang semakin banyak.

Sementara itu, ada banyak metode shipping yang ditawarkan oleh situs ini, seperti JNE, Tiki, Pos Indonesia, Sicepat, RPX, Wahana dan Go Send dari Gojek yang memungkinkan kamu mendapatkan pesanan di hari yang sama jika seller lokasinya sama dengan pembeli.*Untuk pengguna handphone, tabel bisa digeser kanan dan kiri

Pembayaran & Pengiriman

Merchant Gratis Ongkir Pengembalian Barang COD Kartu Kredit Kredit Tanpa kartu Kredit
1,000,000+ Waktu tertentu Ya Tidak Ya Tidak

Kelebihan & Kekurangan

Kelebihan Kekurangan
Banyak pilihan penjual, memudahkan konsumen memilih seller terbaik Tidak bisa COD
Quick buy, tanpa harus registrasi Minim promo untuk produk hape
Fasilitas cicilan 0%. Tidak memiliki layanan live chat
Verifikasi pembayaran cenderung cepat Gratis ongkir hanya event tertentu saja
Pengiriman pesanan cepat, maksimal 2 hari. Biaya retur tidak gratis

Kesimpulan

Sistem belanja yang membedakan Bukalapak dengan yang lainnya adalah tidak mengharuskan pengguna memiliki akun member berkat adanya fitur Quick Buy. Disini, pengguna hanya tinggal memasukkan email aktif dan alamat pengiriman barang, tanpa harus repot melewati macam-macam pengisian data.

Konsumen yang belanja hape online di Bukalapak juga tidak perlu menunggu waktu lama mengenai pengiriman. Dengan garansi pengiriman reguler 2 x 24 jam di jam kerja, tentu saja barang yang kita beli menjadi lebih cepat dikirimkan. Sementara itu, jika melewati tenggat waktu tersebut, dana yang sudah disetorkan akan di refund melalui saldo BukaDompet, bisa digunakan untuk belanja kembali atau ditarik ke rekening pembeli.

Menyediakan berbagai macam metode pembayaran dan pengiriman, sayangnya Bukalapak cukup jarang mengadakan promo. Online shop ini jarang membagikan kode voucher potongan harga, juga tergolong jarang memberikan promosi ongkos kirim. Sekalipun dilangsungkan, umumnya konsumen harus berbelanja dengan total transaksi biasanya di atas Rp 200.000.

Mengenai retur barang, konsumen diperbolehkan untuk mengembalikan barang ke penjual dengan catatan bahwa kesalahan ada di penjual karena tidak sesuai dengan deskripsi dan hanya bisa dilakukan jika transaksi belum selesai menurut sistem general tracking Bukalapak. Pengembalian barang mengharuskan kamu membayar biaya pengiriman tersebut.

Menyediakan layanan support yang beragam, sayang sekali bahwa Bukalapak belum memiliki layanan online chat. Kendati demikian, layanan chat dengan penjual bisa dilakukan sehingga kamu bisa menanyakan langsung mengenai status barang yang ingin dibeli dan layanan support Bukalapak di social media yang sejauh ini responnya cukup memuaskan.

Promo yang sedang berlangsung di Bukalapak

4. Blibli

URL: http://www.blibli.com
Didirikan: 2012
Pengelola: Ecart Services Indonesia

Tentang Blibli

Blibli merupakan salah satu online shop terbaik di Indonesia, didirikan pada tahun 2010 mengusung konsep belanja online ala mall. Melalui konsep tersebut, Blibli ingin membuat masyarakat Indonesia yang biasa berbelanja di mall untuk beralih ke belanja online dengan kemudahan dan kenyamanan yang sama.

Blibli adalah produk pertama dari PT Global Digital Niaga yang merupakan anak perusahaan dari PT Djarum. Bergerak sepenuhnya di dunia digital, saat ini Blibli menjalin kerjasama dengan teknologi provider kelas dunia, mitra logistik, banking partner dan merchant dengan skema tertentu agar menghasilkan pelayanan berkualitas.

Berkantor pusat di Jakarta Barat, operasional Blibli saat ini sudah menggunakan budget sebesar Rp 100 milyar untuk infrastruktur server dan jaringan. Selain itu, Blibli pun menawarkan keunggulan di segi pelayanan melalui layanan support yang siap dihubungi selama 24 jam.*Untuk pengguna handphone, tabel bisa digeser kanan dan kiri

Pembayaran & Pengiriman

Merchant Gratis Ongkir Pengembalian Barang COD Kartu Kredit Kredit Tanpa kartu Kredit
1,000,000+ Ya 15 Hari Ya Ya Tidak

Kelebihan & Kekurangan

Kelebihan Kekurangan
Gratis ongkir COD khusus pengiriman Blibli
Pembatalan pesanan Pengecekan status pesanan harus manual
Layanan support 24 jam Verifikasi pembayaran cenderung lama
Metode pembayaran dan pengiriman lengkap. Tidak tersedia fasilitas kredit tanpa kartu kredit
Benefit rewards dan voucher belanja yang mudah didapatkan Pengiriman barang dari merchant cenderung lama

Kesimpulan

Belanja hape online via Blibli memungkinkan konsumen bisa lebih hemat karena adanya fasilitas gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia. Kendati demikian, pengiriman dari merchant biasanya memakan waktu lebih lama ketimbang pesanan yang dikirimkan langsung dari warehouse Blibli. Disini, kamu bisa mempriorotaskan pengiriman produk hape yang dilakukan langsung oleh Blibli.

Memiliki layanan support yang bisa dihubungi selama 24 jam, termasuk live chat, kode voucher belanja untuk diaplikasikan sebagai potongan harga cukup mudah didapatkan. Selain itu, konsumen pun berkesempatan memperoleh rewards point yang bisa ditukarkan dengan voucher belanja.

Menyertakan banyak pilihan metode pembayaran, kamu pun bisa melakukan cicilan hape dengan bunga 0%. Mengenai metode pengiriman, Blibli pun memfasilitasinya dengan cukup lengkap, terdapat JNE, TIKI, First Logistic, RPX, Nex Logistics, Atri, J & T Express, SAP dan Blibli Express.

Jika barang pesanan kamu tidak sesuai spesifikasi, mengalami kerusakan sewaktu dalam pengiriman, melewati batas waktu pengiriman yang dijanjikan dan pembatalan transaksi, kamu bisa melakukan pengembalian barang dalam tempo waktu selama 15 hari. Pengembalian tersebut bisa dengan penukaran atau refund dana yang akan diperoleh maksimal 5 hari kerja.

Sejauh ini, layanan Blibli cenderung memuaskan dalam hal menangani konsumen, baik terkait pembelian maupun keluhan. Akan tetapi, proses verifikasi pembayaran cukup memakan waktu lama, selain itu kamu perlu mengecek website secara manual untuk melihat status pesanan karena Blibli tidak memberikan notifikasi melalui SMS atau email.

Promo yang sedang berlangsung di Blibli

5. Blanja

URL: http://www.blanja.com
Didirikan: 2014
Pengelola: PT MetraPlasa

Tentang Blanja

Blanja.com mengusung konsep marketplace, merupakan joint venture antara eBay dan Telkom Indonesia. Dijalankan oleh PT MetraPlasa, Blanja.com menawarkan berbagai macam kategori produk, termasuk hape, beberapa kali menjadi partner eksklusif untuk pemesanan hape yang baru masuk di Indonesia.

Sama halnya dengan marketplace terbaik lainnya, Blanja.com menjadi pihak ketiga sebagai penengah antara penjual dan pembeli, memastikan pembeli bisa belanja hape online secara aman dengan jaminan pesanan pasti sampai di rumah.

Mengenai proses transaksi, Blanja.com mengharuskan kamu melakukan step belanja seperti saat mengakses toko online terbaik lainnya, yakni register atau login akun, memilih produk, memilih metode pembayaran dan pengiriman, kemudian menunggu barang dikirimkan penjual.

Sementara itu, ada banyak metode pembayaran yang tersedia untuk konsumen, mulai dari transfer bank, ATM, kartu kredit, FinPay dan uang elekronik yang ditujukan untuk pengguna Telkomsel, yaitu T-Cash. Mengenai layanan ekspedisi, Blanja.com bekerjasama dengan JNE, J&T Express, First Logistic dan RedBox.*Untuk pengguna handphone, tabel bisa digeser kanan dan kiri

Pembayaran & Pengiriman

Merchant Gratis Ongkir Pengembalian Barang COD Kartu Kredit Kredit Tanpa kartu Kredit
1,000,000+ Waktu tertentu Ya Tidak Ya Tidak

Kelebihan & Kekurangan

Kelebihan Kekurangan
Penjual lebih selektif Tidak bisa COD
Layanan support lengkap, termasuk live chat Jumlah penjual lebih sedikit
Pengembalian barang hingga 15 hari Ketersediaan ekspedisi sedikit
Metode pembayaran variatif Gratis ongkir pada event tertentu saja
Banyak promo diskon Biaya retur tidak gratis

Kesimpulan

Salah satu kelebihan dari Blanja.com ketimbang marketplace lainnya yaitu adanya penjual yang lebih terpercaya, dimana Blanja.com melakukan seleksi ketat untuk penjual yang ingin bergabung, mewajibkan calon penjual untuk melampirkan sejumlah data personal untuk dilakukan verifikasi.

Mengenai proses ketat untuk seleksi penjual, tentu saja konsumen bisa berbelanja dengan lebih nyaman tanpa harus was-was karena membeli barang melalui seller dengan layanan asal-asalan. Akan tetapi, adanya sistem tersebut membuat jumlah penjual atau merchant di Blanja.com lebih sedikit jika dibandingkan jumlah merchat di online shop lain sehingga pilihan produk dan harga yang ingin dibeli kurang variatif.

Untuk kamu yang belanja hape online di Blanja.com, situs ini seringkali mengadakan promosi berupa diskon untuk kategori hape, juga bekerjasama dengan beberapa merek hape untuk membuka sistem pre-order sehingga memungkinkan kamu yang tertarik membeli hape keluaran baru untuk mendapatkannya lebih cepat.

Menyediakan metode pembayaran yang variatif, kenyamanan lebih bisa dirasakan berkat adanya fitur pengembalian barang dan refund. Saat kamu menerima barang yang tidak sesuai dengan deskripsi, kamu bisa melakukan penukaran atau pembatalan dengan mengisi form yang tersedia.

Untuk kamu yang baru pertama kali melakukan registrasi di toko online terbaik ini, kamu berkesempatan mendapatkan potongan harga sebesar Rp 25.000. Sekalipun Blanja.com merupakan partner eBay, namun fitur bid tidak tersedia pada marketplace yang peluncurannya dilakukan pada tahun 2014 ini.

Mengenai metode pengiriman, sangat disayangkan bahwa Blanja.com hanya bekerjasama dengan sedikit jasa shipping saja, dimana beberapa perusahaan pengiriman yang terkenal dengan biayanya yang murah seperti TIKI, Pos Indonesia dan Wahana tidak tersedia pada marketplace ini.

Promo yang sedang berlangsung di Blanja

6. Lazada

URL: http://www.lazada.co.id
Didirikan: 2012
Pengelola: Ecart Services Indonesia

Tentang Lazada

Lazada merupakan salah satu perintis online shop di beberapa negara dengan pertumbuhan terceepat di dunia, menawarkan pengalaman belanja online aman dan nyaman pada berbagai kategori produk.

Menjadi bagian dari Lazada Group yang menjadi tujuan belanja online di Asia Tenggara, Grup Lazada International tersebut terdiri dari Lazada Indonesia, Lazada Malaysia, Lazada Vietnam, Lazada Thailand, Lazada Filipina.

Sementara itu, jaringan Lazada Asia Tenggara adalah cabang anak perusahaan dari jaringan perusahaan internet Jerman bernama Rocket Internet, merupakan salah satu perusahan daring yang cukup banyak melahirkan perusahaan-perusahaan online, seperti Zalando, TopTarif, eDarling dan Groupon.

Menawarkan cara belanja online yang mudah, bisa melalui desktop atau smatphone, saat ini Lazada Indonesia sudah melengkapi layanan sistem pembayaran online agar semakin memudahkan konsumen. Dengan begitu, kamu bisa belanja hape online di situs ini dengan cara transfer bank, kartu kredit di jaringan Visa dan MasterCard, mobile banking, HelloPay, bahkan Cash on Delivery (COD).

Sementara itu, metode pengiriman yang saat ini bekerjasama dengan Lazada adalah TIKI, JNE, Pos Indonesia, Pandu Logistics, First Logistics, RPX, NEX Logistics, NCS dan ESL Express. Selain bisa berbelanja produk yang dikirimkan dari Indonesia, kamu pun bisa beli hape online yang dikirimkan dari luar negeri dengan waktu pengantaran berkisar antara 30 - 55 hari kalender tergantung pada metode pengiriman.*Untuk pengguna handphone, tabel bisa digeser kanan dan kiri

Pembayaran & Pengiriman

Merchant Gratis Ongkir Pengembalian Barang COD Kartu Kredit Kredit Tanpa kartu Kredit
1,000,000+ Ya 15 Hari Ya Ya Tidak

Kelebihan & Kekurangan

Kelebihan Kekurangan
Gratis ongkir Layanan support tidak 24 jam
Jaminan 100% perlindungan pembeli dan jaminan kepuasan Pengiriman barang dari merchant cenderung lama
Layanan support lengkap, termasuk live chat Verifikasi pembayaran cenderung lama
Metode pembayaran dan pengiriman lengkap termasuk COD Tidak tersedia fasilitas kredit tanpa kartu kredit
Voucher belanja mudah didapatkan Deskripsi produk kurang lengkap

Kesimpulan

Hal pertama yang membuat marketplace ini digemari masyarakat Indonesia adalah ketersediaan voucher potongan harga yang sangat banyak, dimana kamu yang ingin belanja hape online bisa mencari kupon tersebut melalui situs-situs khusus penyedia kupon, sosial media, aplikasi chat seperti LINE, bahkan dari situs Lazada sendiri.

Menyediakan gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia, Lazada pun memberikan Jaminan 100% Perlindungan Pembeli dan Jaminan Kepuasan. Disini, kamu bisa mencari produk hape dengan logo Jaminan 100% Perlindungan Pembeli untuk mendapatkan benefit pengembalian barang selama 7 hari dan jaminan uang kembali.

Sementara itu, produk hape yang memiliki logo Jaminan Kepuasan memungkinkan kamu untuk melakukan pengembalian barang selama 15 hari, berlaku untuk refund atau penukaran karena produk cacat dan tidak sesuai deskripsi, berlaku juga jika pembeli berubah pikiran.

Jika kamu berubah pikiran, hape yang akan dikirimkan kembali masih di segel utuh dengan tag dan label yang masih menempel, serta kelengkapan termasuk bonus yang harus dikembalikan. Untuk prosesnya, kamu hanya tinggal mengirimkan ke warehouse Lazada dengan menempelkan stiker pengembalian yang biasanya terdapat pada kemasan pengiriman.

Mengenai metode pengiriman dan pembayaran, fasilitas yang disediakan cukup lengkap. Kamu bisa melakukan pembelian dengan sistem COD, berlaku untuk produk yang dikirimkan langsung oleh Lazada. Sayangnya, fasilitas kredit tanpa kartu kredit belum tersedia sampai sekarang.

Selain itu, layanan support yang tersedia tidak bisa dihubungi selama 24 jam, sekalipun terdapat layanan chatting. Mengenai verifikasi pembayaran, prosesnya pun tergolong lama sehingga memerlukan banyak kesabaran.

Kekurangan lain dari Lazada Indonesia adalah deskripsi produk yang kurang lengkap. Disini, kamu yang masih bingung memilih produk hape yang pas perlu membuka situs website lain untuk mencari informasi, dimana review dan deskripsi yang ditampilkan banyaknya hanya meliputi spesifikasi inti saja.

Promo yang sedang berlangsung di Lazada

7. Matahari Mall

URL: https://www.mataharimall.com
Didirikan: 2015
Pengelola: Solusi online shop Global

Tentang Matahari Mall

MatahariMall.com merupakan anak perusahaan dari Lippo Group yang juga mengelola sejumlah perusahaan ritel seperti Matahari Department Store, Hypermart dan Books & Beyond. Diperkenalkan secara resmi pada bulan September 2015, sejatinya marketplace ini baru dijalankan sekitar satu tahun.

Seperti marketplace lainnya, Matahari Mall menjadi pihak ketiga sebagai penengah antara penjual dan pembeli. Kendati demikian, marketplace ini memiliki sistem berbeda karena menerapkan O2O.

O2O merupakan sistem online-to-offline dan offline-to-online pertama di Asia Tenggara, diadopsi dari Wallmart, memungkinkan konsumen dapat belanja hape online dengan membayar, mengambil atau mengembalikasi produk melalui ratusan cabang Matahari Departmens Store di Indonesia.

Menyediakan metode pembayaran yang variatif, juga bekerjasama dengan banyak jasa pengiriman, terdapat ribuan penjual yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk belanja hape online.*Untuk pengguna handphone, tabel bisa digeser kanan dan kiri

Pembayaran & Pengiriman

Merchant Gratis Ongkir Pengembalian Barang COD Kartu Kredit Kredit Tanpa kartu Kredit
1,000,000+ Ya Ya, 14 hari Ya Ya AEON

Kelebihan & Kekurangan

Kelebihan Kekurangan
Banyak pilihan penjual, memudahkan konsumen memilih seller terbaik Proses verifikasi pembayaran tergolong lambat
Metode pengiriman sangat lengkap Pembatasan jumlah pembelian
Fasilitas cicilan 0% dan tanpa kartu kredit Deskripsi produk kurang lengkap
Layanan support beragam Biaya retur tidak gratis
Benefit shop and win point -

Kesimpulan

Matahari Mall mempunyai banyak pilihan seller, tentunya membuat konsumen bisa lebih bebas memilih penjual mana yang menawarkan harga paling kompetitif. Akan tetapi, laman produk yang ditampilkan tidak semuanya menampilkan deskripsi produk secara lengkap, terlebih untuk produk hape yang mengharuskan kamu untuk mencari informasi tambahan diluar Matahari Mall.

Selain fasilitas gratis ongkos kirim, Matahari Mall juga menyediakan fasilitas pembayaran yang sangat lengkap, mulai dari transfer bank, ATM, kartu kredit dengan bunga 0% tanpa minimum transaksi, e-money, internet banking, mobile banking dan COD. Mengenai fasilitas pembayaran secara kredit tanpa kartu kredit (beli hp online kredit), Matahari Mall bekerja sama dengan perusahaan pembiayaan AEON dengan syarat yang cukup mudah namun mengharuskan kamu membayar DP.

Paling menarik, kamu yang menginginkan belanja hape online secara COD namun lokasi pengirimannya tidak terjangkau bisa memilih layanan O2O. Disini, kamu hanya tinggal mengambil pesanan melalui Matahari Department Store yang lokasinya ada di hampir seluruh daerah di Indonesia.

Memiliki layanan support yang beragam, termasuk live chat, kamu akan lebih mudah menghubungi bagian customer service ketika terjadi komplain. Sementara itu, pesanan produk dapat dikembalikan dalam waktu 14 hari kerja, termasuk pengembalian karena berubah pikiran yang berlaku selama 2 hari dengan cara melakukan pengisian form terlebih dahulu.

Pengembalian pesanan mengharuskan konsumen mengeluarkan biaya pengiriman sendiri. Namun, kamu bisa mengantarkannya langsung ke store Matahari agar biaya tersebut gratis. Jangan lupa, isi form pengembalian barang lebih dulu sebelum melakukannya.

Promo yang sedang berlangsung di Matahari Mall

Perbandingan Layanan online shop dan Marketplace di Indonesia

  elevenia Tokopedia Bukalapak Blanja MatahariMall Blibli Lazada
Gratis Ongkir Ya Event Tertentu Event Tertentu Event Tertentu Ya Ya Ya
Pengembalian Barang Ya Ya Ya Ya Ya Ya Ya
COD Tidak Tidak Tidak Tidak Ya Ya Ya
Cicilan 0% Ya Ya Ya Ya Ya Ya Ya
Kredit Tanpa Kartu Kredit Ya Tidak Tidak Tidak Ya Tidak Tidak 

Kesimpulan Akhir

Beli hape online memang sangat mudah, terlebih beberapa brand saat ini meluncurkan hape keluaran terbarunya melalui berbagai marketplace. Sebut saja Infinix, Xiaomi dan Huawei yang beberapa kali mengeluarkan produk anyarnya pertama kali secara online, baik penjualan langsung atau secara pre-order.

Selain itu, belanja hape online memungkinkan kamu mengeluarkan budget lebih hemat karena bisa menggunakan kode voucher yang sangat mudah didapatkan, berlaku sebagai kupon potongan harga ataupun gratis ongkos kirim.

Marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak memang tergolong jarang memberikan promo untuk pembayaran diluar kartu kredit, namun karena jumlah penjualnya yang banyak memungkinkan kamu mendapatkan barang dengan harga yang kompetitif.

Sementara itu, Blanja.com menawarkan alternatif belanja dengan penjual yang memiliki kredibilitas, karena meskipun beberapa produk harganya lebih tinggi, namun jaminan mengenai kualitas dan keaslian akan dirasakan langsung oleh konsumen.

Untuk kamu yang menginginkan sebuah hape yang bisa kredit tanpa kartu kredit, kamu bisa melirik Matahari Mall dan Elevenia. Disini, kamu bisa mencicil hape dengan proses yang sangat mudah, dimana Matahari Mall memberlakukan DP sementara Elevenia bisa tanpa DP.

Untuk Lazada dan Blibli, sejauh ini keduanya yang paling sering memberikan kupon potongan harga. Selain itu, belanja hape online di keduanya bebas biaya pengiriman, serta memiliki fasilitas pengembalian barang dalam kurun waktu yang cukup lama.

Umumnya, informasi mengenai deskripsi produk hape yang ditampilkan masing-masing marketplace hanya menjelaskan informasi inti saja, mencakup layar, kamera, prosesor, memori dan RAM. Untuk itu, kamu yang masih mencari produk hape pilihan perlu membuka situs pendukung diluar marketplace.

Mengenai hal ini, kamu bisa memanfaatkan tools Pricebook untuk melakukan perbandingan spesifikasi terkait beberapa produk agar bisa memilih hape yang sesuai kebutuhan. Selain itu, perbandingan harga bisa dilakukan agar memilih penjual mana yang menawarkan penawaran harga terendah.

Daftar Smartphone Terpopuler

Setelah Anda tahu perbedaan belanja di berbagai online shop dan Marketplace yang ada di Indonesia, berikut kami berikan daftar unit hape yang paling populer berdasarkan data yang ada di Pricebook.co.id. Mungkin saja salah satunya menjadi pilihan Anda untuk mengganti ponsel lama Anda.

Nama Harga di Pasaran RAM Resolusi Kamera Baterai Chipset
Xiaomi Mi4 LTE RAM 2GB Rp 1,510,000 2 GB 13 MP Non-removable Li-Ion 3080 mAh Qualcomm MSM8974AC Snapdragon 801
Xiaomi Redmi Note 3 Pro 32GB Rp 2,079,000 3 GB 16 MP Non-removable Li-Po 4000 mAh Qualcomm MSM8956 Snapdragon 650
Xiaomi Mi Note RAM 3GB ROM 64GB Rp 2,599,000 3 GB 13 MP Non-removable Li-Ion 3000 mAh Qualcomm MSM8974AC Snapdragon 801
Xiaomi Redmi Note 3 RAM 2GB ROM 16GB Rp 1,485,000 2 GB 13 MP Non-removable Li-Po 4000 mAh Mediatek MT6795 Helio X10
Xiaomi Redmi 3 Pro (Prime) Rp 1,685,000 3 GB 13 MP Non-removable Li-Ion 4100 mAh Qualcomm MSM8939v2 Snapdragon 616
Xiaomi Mi 4c RAM 2GB ROM 16GB Rp 1,319,000 2 GB 13 MP Non-removable Li-Ion 3120 mAh Qualcomm MSM8992 Snapdragon 808
Xiaomi Redmi 3s Rp 1,385,100 2 GB 13 MP Non-removable Li-Ion 4100 mAh Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430
Hisense Pureshot Rp 1,289,000 2 GB 13 MP Li-Ion 2200 mAh Qualcomm Snapdragon 415
Xiaomi Mi4 16GB Rp 1,525,000 3 GB 13 MP Non-removable Li-Ion 3080 mAh Qualcomm MSM8974AC Snapdragon 801
Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 4GB ROM 32GB Rp 2,300,900 4 GB 13 MP Non-removable Li-Po 3000 mAh Intel Atom Z3580

Ada yang Anda mau dari daftar smartphone populer di atas? Semoga ada yang Anda taksir dan sesuai dengan budjet yang dimiliki. Jika Anda ingin berbelanja secara online, jangan lupa untuk memperhatikan tips yang sudah kami paparkan di atas agar bisa mendapatkan harga murah dan toko yang berkualitas dalam hal pelayanan dan juga produk yang dijual. Silahkan tinggalkan komentar jika ada hal yang kurang jelas.

Baca juga artikel:
Daftar Harga dan Cara Memilih Handphone Tiga Jutaan Sesuai Keinginan
Daftar Harga dan Cara Memilih Handphone Premium Sesuai Keinginan
Daftar Harga dan Cara Memilih Handphone Sejutaan Sesuai Keinginan

Artikel Lainnya

Komentar