Review Xiaomi Redmi 3 Pro: Tak Lagi "Berbaju Kotak", Namun Tetap Menghentak

Oleh Tedi Yuni A on Jumat, 23 Sep 2016 | 17:31

Xiaomi Redmi 3 Pro laris manis di pasar Indonesia. Di beberapa toko rekanan Pricebook yang ada di Cempaka Mas seperti Sahabat HP 2, ponsel ini diboyong pembeli 5-10 unit tiap harinya. Bahkan di Ryan Shop, Xiaomi Redmi 3 Pro bisa terjual hingga 8-9 unit perhari. Namun, untuk saat ini Ryan Shop sedang kehabisan stock dan jika Anda ingin berkunjung ke toko Ryan Shop baiknya hubungi mereka dulu melalui telepon untuk menanyakan kesedian barang yang diinginkan.

Ketersedian barang

Jika tertarik untuk membeli Xiaomi Redmi 3 Pro, sederet toko online maupun offline masih menjajakan unit produk ini. Untuk harga, dari data yang Pricebook miliki, harga Redmi 3 Pro terendah berada di angka Rp 1.695.000 untuk toko online, sedangkan untuk toko offline agak lebih murah yakni Rp1.665.000 di toko Citra Cellular. Kami sarankan sebelum Anda pergi ke toko, baiknya telepon toko yang bersangkutan untuk memastikan bahwa produknya benar-benar tersedia. Berikut daftar toko online dan offline yang menjual Xiaomi Redmi 3 Pro.

No Nama Toko Harga No Telepon
1 Tokopedia Rp 1,695,000 -
2 elevenia Rp 1,699,000
3 Citra Cellular-ITC Roxy Mas Rp 1,665,000 +6216304908
4 Berry Solution-ITC Cempaka Mas Rp 1,749,000 +628179020111
5 Patrick Phone-ITC Roxy Mas Rp 1,750,000 +622163867909, +622163857858

Selain harga yang terjangkau, fitur yang dibawa pun cukup menggoda pembeli seperti fingerprints scanner dan jeroan dapur pacu yang bagus serta kapasitas RAM yang juga lega. Pricebook memang belum pernah menjajal ponsel ini, namun kami akan mengulas ponsel ini berdasarkan pengalaman pengunjung Pricebook yang memberikan ulasan di halaman review produk Xiaomi Redmi 3 Pro.

Nah, kita akan kupas satu persatu apa saja keunggulan Xiaomi Redmi 3 Pro berdasarkan pengalaman mereka, semoga saja bisa menjadi bahan pertimbangan Anda jika ingin membeli ponsel ini.

Xiaomi Redmi 3 Pro (Prime)
Harga termurah

Rp 1,600,000

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE 1800 / 2100 / 2600
Ukuran Layar 5 inch
Chipset Qualcomm MSM8939v2 Snapdragon 616
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU Octa-core (4x1.5 GHz Cortex-A53 & 4x1.2 GHz Cortex-A53)
GPU Adreno 405
RAM 3 GB
Internal 32 GB
Resolusi Kamera 13 MP
Kamera Depan 5MP
Baterai Non-removable Li-Ion 4100 mAh

Box Xiami Redmi 3 Pro

Dibandingkan pendahulunya pembungkus Xiaomi Redmi 3 Pro lebih terlihat mewah. Kalau dulu hanya menggunakan kertas pembungkus daur ulang berwarna coklat yang kurang menarik, box terbaru kini berwarna putih dengan kualitas kertas yang lebih baik.

Di dalamnya terdapat smartphone Redmi 3 Pro, kabel data, pin ejector, kepala charger, kartu garansi distributor, serta beberapa dokumen mengenai smartphone asal Tiongkok ini." 
-Faizal Bosnia Ahmad-

Sayangnya, Xiaomi tidak menyertakan earphone ke dalam paket penjualannya. Alhasil kamu harus merogoh kocek kembali jika ingin membeli aksesoris tersebut. Di pasar saat ini harga earphone Xiaomi berada dikisaran Rp25-Rp50an ribu, tergantung kualitas barang di Bukalapak. Kalau di Lazada akan lebih mahal lagi dikisaran Rp65- Rp100an ribu. Atau untuk melihat perbandingan harga lainnya bisa lihat di Pricebook.

Desain

Tampil elegan, Xiaomi Redmi 3 Pro mengusung desain unibody dengan dimensi 139.3 x 69.6mm x 8.5 dengan bobot 144g. Berdasarkan pengalaman pengguna Xiaomi Redmi 3 Pro di Pricebook, dimensinya cukup nyaman digenggam dan tidaklah berat serta frame metalnya tahan banting. Pilihan warna Redmi 3 Pro yang tersedia terdiri dari gold, silver dan dark grey.

"Pernah smartphone saya ini dibanting oleh si kecil berumur 2 tahun karena lagi ngambek. Syukurnya tidak ada kerusakan yang berarti, kecuali hanya lecet ringan pada fisiknya (jangan ikutan dibanting ya,hehe)"
-Mastalia Galendra-

Jika kita menengok kebagian belakang Xiaomi Redmi 3 Pro akan tampak perbedaan dari generasi sebelumnya karena di sana ada sensor fingerprints berbentuk bulat tepat di bagian tengah bodi. Untuk kamera 13MP-nya diletakan pada sudut kiri bersama flash.

"Jika mengaktifkan fitur fingerprint ini saya sarankan tetap memakai password cadangan untuk jaga-jaga jika fingerprint tidak berfungsi karena kadang akurasi dari fingerprint agak kesulitan mendeteksi jari kita yang lembab karena keringat"
-Izal-

Fitur fingerprints kadang tidak berfungsi karena banyak faktor. Bisa jadi memang fiturnya yang kurang responsive atau memang jari kita kotor atau berkeringat. Ada baiknya juga menggunakan password tambahan untuk mengantisipasi jika jari terluka, atau daftarkan lebih dari satu jari pada saat mengaktifkan fitur ini.

Mengenai sensor, Xiaomi Redmi 3 Pro juga sudah didukung sensor gyroscope. Sensor ini berfungsi untuk menikmati game atau video virtual reality yang biasa dinikmati dengan menggerakkan smartphone secara 360 derajat.

Layar

Xiaomi Redmi 3 Pro memiliki layar IPS LCD 5 inci, resolusi HD1280 x 720 pixel. Sudut pandang yang luas dan akurasi warna yang mendekati warna aslinya bisa kamu rasakan pada ponsel ini. Buat dipakai nonton video, bermain game HD tampilan gambarnya jernih dan tajam.

Redmi 3 Pro telah dbenamkan teknologi Sunlight Display, yang memungkinkan perangkat untuk mengatur secara otomatis tingkat kecerahan ketika digunakan di bawah sinar terik matahari.

Karena harganya yang murah, konsekuensinya adalah tak adanya perlindungan Gorilla Glass pada perangkat ini. Sehingga untuk mencegah terjadinya goresan, kita harus membeli tempered glass untuk memberi perlindungan.

Kinerja

Mengenai dapur pacu Xiaomi Redmi 3 Pro, dalam tubuhnya sudah tertanam chipset Qualcomm Snapdragon 616. Ini merupakan prosesor Octa-core dengan kecepatan 1.6 Ghz dan teknologi 64-bit. Prosesor ini semakin optimal bekerja didukung RAM besar 3 GB dan GPU Adreno 405. Smartphone ini menjalankan MIUI 7 dengan basis sistem operasi Android Lollipop.

Dengan chipset dan prosesor di atas yang terkombinasi dukungan RAM sebesar 3 GB,handphone ini bagi saya benar-benar bisa diandalkan untuk bermulti tasking ria, membuka 2 browser sekaligus bahkan untuk bermain game berat dengan file game di atas 1GB.

Memang saat multi tasking kadang ada sedikit lagging ketika perpindahan dari 1 tab ke tab lainnya (sedikit lo ya), tapi menurut saya itu wajar jika dilihat kembali "kelas" dan harga dari smartphone ini.
-Izal-

Izal juga sering merasakan panas berlebih pada bodi Redmi 3 Pro ketika gadget ini dipaksa bekerja keras memainkan game HD, tapi anehnya panas berlebih itu sama sekali tidak mempengaruhi performa dan selama pemakaian 2 bulan lebih, Izal belum menemukan masalah pada smartphone ini.

"Lalu bagaimana dengan Game? Beberapa game dengan kebutuhan performa dan grafis tinggi yang saya coba seperti Asphalt 8: Airborne dan Dead Trigger 2 berjalan dengan sangat baik pada pengaturan tinggi. Walaupun suhu smartphone ini sedikit memanas ketika digunakan dalam keadaan over-performance dalam waktu yang cukup lama."
-Faizal Bosnia Ahmad-

Kamera

Image via GizmoChina

Modul dan sensor kamera yang dibawa oleh Xiaomi Redmi 3 Pro juga masih sama seperti Xiaomi Redmi 3 biasa. Kamera utamanya beresolusi 13 MP sedangkan kamera depannya beresolusi 5 MP.

Nah, kamera utamanya tersebut membawa fitur phase detection autofocus (PDAF) yang diklaim dapat mengunci fokus objek dengan lebih cepat dari autofocus biasa. Namun fitur PDAF ini masih kalah cepat dibanding laser autofocus.

Walaupun kalah cepat saya lebih memilih Redmi 3 Pro. Mengapa? Karena harganya jauh lebih murah Redmi 3 Pro
-Faroji Adly-

Lantas bagaimana mengenai hasil kameranya? Dikemas dengan sensor kamera Samsung berteknologi ISOCELL, diagragma f/2.0 dan kamera depan menggunakan sensor OmniVision berukuran 5 MP f/2.0, tak ada peningkatan berarti ketimbang pendahulunya.

Ketika memotret menggunakan kamera belakang dalam kondisi yang terang, Reno 3 Pro memang mampu memberi hasil yang impresif, tajam dan akurat. Namun, hasil yang sama tak berlaku ketika memotret dalam kondisi redup. Gambar menjadi kurang tajam dan tak layak untuk kita bagikan di media sosial.  Adanya fitur HDR tak terlalu membantu. Sedangkan kamera depan juga tak mengalami peningkatan berarti. Meski demikian, keduanya sudah lebih dari cukup untuk menunjang kegiatan memotret dan selfie (bagi yang suka) harian kita.
-Faizal Bosnia Ahmad-

Hal senada juga dilontarkan oleh Mastalia Galendra bahwa bukan hanya hasil kameranya yang bagus, namun hasil rekam video Redmi 3 Pro sangat berkualitas. Kemampuan merekam videonya pun di acungi jempol karena dapat merekam dengan resolusi hingga 1080p (full HD).

Konektivitas dan Baterai

Xiaomi Redmi 3 Pro sejatinya bisa dipasangkan dua kartu SIM, tapi sayang slotnya berkonsep hybrid sehingga membuat dilema para penggunanya. Pengguna dihadapkan dua pilihan apakah akan memasangkan SIM 2 atau kartu memori jika memori internal 32GB dirasa masih kurang.

"HP ini dapat dipasang dual sim berukuran micro dan nano, dan juga dapat menerima sinyal LTE(4G) jadi ga usah khawatir yang suka internetan super cepat." 
-Pandu Dewantoro-

Menurut Faizal Bosnia Ahmad, Redmi 3 Pro tak mendukung dual 4G, yang berarti kamu hanya dapat memilih salah satu kartu (jika kamu menggunakannya secara dual SIM) untuk dapat mengakses sinyal 4G (meski ada cara khusus untuk mengaktifkan dual-SIM + MicroSD, namun dirinya belum berani menanggung risiko yang mungkin bisa terjadi). “Bukan masalah bagi saya, sebab saya hanya menggunakan satu kartu SIM + MicroSD. Sungguh, 32 GB bukan kapasitas yang ideal untuk smartphone saat ini,” katanya.

Mengenai daya tahan baterai 4100mAh dari beberapa pengalaman pengguna berkisar diantara 4-5 jam. Namun kembali lagi bahwa semua itu sangatlah tergantung dari pemakaian pengguna karena tentunya cara dan sikap memperlakukan ponsel sangat berpengaruh pada daya tahan baterai.

Sebelumnya ekspektasi saya terhadap baterai smartphone ini sangat tinggi, namun itu semua pupus karena saat baterai terisi 100 persen lalu digunakan selama 4-5 jam untuk browsing dan bermain game,baterai hanya akan tersisa 25-30 persen, itu artinya baterai berkurang sekitar 0.3 persen setiap menitnya. Walaupun berkapasitas besar namun baterai smarphone ini masih menggunakan type Lithium-ion yang memang lebih boros dibandingkan baterai type Lithium-polymer
-Izal-

Lain menurut Mastalia Galendra, dari sekian banyak kelebihan smartphone Redmi 3 Pro, salah satu yang disukainya adalah kapasitas baterainya, yaitu sebesar 4100 mAh (non removable) + teknologi fast chargingnya, maklum katanya karena daerahnya sering kena pemadaman listrik.

Biasanya saat baterai terisi full 100 persen mampu bertahan 5-6 jam dengan pemakaian terus menerus (browsing ataupun pemakaian standar lainnya), sedangkan waktu standby sangat dipengaruhi oleh kualitas ataupun jenis sinyal yang kita gunakan (misalnya EDGE only, bisa bertahan hingga 200 jam lebih namun berbeda jika kita menggunakan 3G ataupun 4G). 
-Mastalia Galendra-

Kesimpulan

Dari beberapa pengalaman pengguna Redmi 3 Pro yang ada di Pricebook, smartphone ini cukup bisa diandalkan dalam berbagai kegiatan seperti browsing, media sosial,main game dan menikmati film favorit. Panas pada bodi belakangyang tidak mempengaruhi kinerjanya juga menjadi poin plus. Begitu juga dengan harga yang terbilang terjangkau dari pesaing sekelasnya membuat Redmi 3 Pro pantas dilirik.

Xiaomi Redmi 3 Pro (Prime)
Harga termurah

Rp 1,600,000

Baca juga artikel:
8 Gadget Populer dengan Review Terbaik di Pricebook
Review Coolpad SKY 3: Hape Selfie dan Groufie yang Tipis Nan Modis
Review Lenovo VIBE C: Asyik di Multimedia dan Sudah 4G LTE

Artikel Lainnya

Komentar