Review Coolpad SKY 3: Hape Selfie dan Groufie yang Tipis Nan Modis

Review Coolpad SKY 3: Hape Selfie dan Groufie yang Tipis Nan Modis

Oleh Tedi Yuni A on Selasa, 13 Sep 2016 | 17:30

Coolpad terus eksis memanaskan persaingan pasar ponsel Indonesia. Amunisinya kali ini adalah Sky 3, diklaim cocok bagi kamu yang suka foto selfie atau groufie. Sepertinya Sky 3 sengaja dihadirkan untuk menghadang laju smartphone yang punya julukan “selfie expert”.

Lebih murah diharga, Coolpad Sky 3 juga tak ingin kalah saing di fitur dan kinerja. Beberapa fitur pendukung pun disematkan, diantaranya adalah field of view seluas 83.6-derajat, resolusi 8MP untuk kamera depan dan belakang, fitur HDR, LED flash dan Night Mode dan Beautification. 

Beberapa fitur menarik lainnya yang juga menjadi ciri khas ponsel-ponsel keluaran Coolpad seperti, C-Button & Smart Control, Screen shot dengan tiga jari, Folder Fast Switching dan One-Hand Operation.

Kami sempat menggunakan Coolpad Sky 3 untuk mencari tahu seberapa tangguh “amunisi” yang dimiliki dan kami akan berbagi pengalamannya untuk kamu.

Spesifikasi Coolpad Sky 3

Coolpad Sky 3 E502
Harga termurah

Rp 2,130,000

Kriteria Spesifikasi
4G Network -
Ukuran Layar 5.5 inch
Chipset Mediatek MT6735
Jumlah Core Quad Core
Kecepatan CPU 1GHz
GPU Mali T720MP2
RAM 2 GB
Internal 16 GB
Resolusi Kamera 8 MP
Kamera Depan 8MP
Baterai Li-Ion 2500 mAh, Non-removable

Kamera Depan

Kita akan bahas mengenai kamera depannya terlebih dahulu karena memang sisi ini yang diunggulkan. Sebagai ponsel selfie, Coolpad memberikan resolusi 8MP untuk kamera depan Sky 3 dengan field of view seluas 83.6 derajat.

Apa yang dimaksud dengan field of view? Artinya bidang pandang, yaitu apa yang dilihat pada viewfender ketika hendak memotret. Dengan sudut luas ini akan banyak wajah atau orang lain yang bisa diajak untuk groufie.

Untuk aperture-nya sebesar f/2,2, dengan angka demikian akan semakin banyak cahaya yang masuk untuk memberikan penerangan pada obyek, sayangnya beberapa pesaingnya sudah memiliki bukaan lensa sebesar f/2.0 dan sudah menyematkan flash dibagian depan, seperti yang dimiliki oleh OPPO N1 dan Xperia C4.

Sky 3 bukan satu-satunya smartphone dari Coolpad yang memiliki kamera depan 8MP karena ada Coolpad F101 Soar yang dilengkapi kamera belakang 13MP dan kamera depan 8MP. Hanya saja Coolpad tidak menjuluki ponsel ini sebagai ponsel selfie.

Coolpad F101 Soar
  • 0/5
  • 0 reviews
Harga termurah

Rp 2,650,000

 

Kita kembali ke Coolpad Sky 3. Untuk mengoperasikan kamera pada Coolpad Sky 3, ada beberapa cara. Kamu bisa menuju aplikasi langsung atau membuat jalan pintas. Untuk membuat shortcut kamera, kamu langsung saja menuju ke setting>Smart Control>Wake Up Gesture>Slide Down to take foto.

Jika sudah diaktifkan, meski smartphone dalam keadaan layar terkunci kita bisa cepat (1.0 second) mengaktifkan kamera hanya dengan melakukan slide layar dari atas ke bawah. Dengan cara seperti ini momen terbaik bisa dengan cepat diambil.

Lantas apa saja fitur kamera depan yang dimiliki oleh Coolpad Sky 3? Kami menemukan beberapa efek yang bisa membuat foto selfie atau groufie jadi lebih baik. Terhitung ada sembilan efek seperti ‘Sepia’ , ‘FishEye’, ‘Gray’, ‘Coolcolor’ dan lainnya.

Dengan adanya efek ini kamu bisa memutihkan, melembutkan, dan meniruskan wajah atau membuat mata lebih besar dengan cara yang mudah dan cepat. Selain tambahan fitur beautification dan HDR , kita juga bisa membuat foto selfie dalam format GIF serta foto yang disertai suara. Untuk video, kamu bisa merekam video dengan format HD 720p.

Dari hasil uji kamera depannya, gambar terekam dengan baik dengan warna yang terang dan cerah. Untuk mendapatkan detail dan kontras warna yang bagus, cari angle dan datangnya cahaya yang tepat agar tidak backlight. Untuk menantang kelam (tempat minim cahaya) masih ada noise yang mengganggu namun tetap terlihat wajar.

Kamera Belakang 8MP

Cahaya cukup apalagi di siang hari, hasil kamera belakang cukup menggembirakan, namun sayangnya agak sedikit melemah saat lokasi minim cahaya. Bantuan cahaya flash tidak begitu banyak mengubah kualitas foto, hasilnya noise masih terlihat mengganggu.

Tapi Anda yang biasa menggunakan kamera manual, bisa mengotak-atik setingan manual yang tersedia. Mode ini sangat membantu ketika saya ingin mengambil gambar di malam hari, dengan bantuan tripod foto long exposure bisa dilakukan.

Kinerja

Menjalankan aplikasi media sosial, browsing, dan menginstal beberapa aplikasi yang tidak terlalu makan ruang bisa dilakukan. Nah, repotnya bagi kamu yang suka ngoprek dan menginstal aplikasi dengan ukuran besar serta banyak pula dalam satu smartphone, rasanya banyak pilihan smartphone lain yang ruang RAM-nya sudah 3GB dan ROM-nya lebih besar dengan harga sebanding.

Kinerja multitasking dan memainkan game Asphalt 8 serta beberapa game lainnya berjalan mulus.  Dengan keterbatasan RAM 2GB dan tentu saja memori internal 16GB (ketika kamu lebih memilih untuk menggunakan SIM 2)  ada baiknya bijak mengunduh aplikasi. Yang tidak berguna sebaiknya dibuang saja atau main gamenya “ngantri”  tunggu sampai game satu bosan dimainkan lalu uninstall saja.

Coolpad Sky 3 menggunakan antarmuka CoolUI 8.0 yang berjalan di Android versi 6.0 Marshmallow. Akselarasi ponsel ini berjalan mulus dan Coolpad memberikan beragam fitur tambahan mulai dari New Control Center, Screenshot Record, C-Button, Smart Control, One-Hand operation, Folder Smart Switching dan Three Finger Screenshot.

Konektivitas dan baterai

Slot SIM card Coolpad bisa dipasangkan dua kartu sekaligus,tapi kamu harus rela menjalankan ponsel ini tanpa kartu memori tambahan, begitu juga sebaliknya (konsep Hybrid). Ukuran kartu SIM nya adalah nano pada kedua slotnya dan dual standby. Koneksi yang bisa dijalankan pada unit yang dicoba hanya terdeteksi koneksi 3G saja ketika kami memasangkan kartu 4G dari Telkomsel.  

Kapasitas baterai yang diusung adalah 2500mAh, dalam mode standby ponsel ini bisa bertahan hingga hampir dua hari tapi ketika pemakaian mulai aktif, kami hanya bisa menggunakan ponsel ini dalam waktu seharian penuh dan kadang malah tidak sampai sampai satu hari jika digunakan main game, motret (hunting foto) dan aktif media sosial. Pada aplikasi Cool Manager ada beberapa opsi untuk menghemat baterai yang  bisa dipilih.

Desain dan layar

Tipis berpadu warna gold memberikan kesan mewah pada Coolpad Sky 3. Modis dan cocok untuk kaum muda. Dengan paduan warna gold, wanita pastinya lebih pas pakai ponsel ini, apalagi kebanyakan dari mereka suka sekali selfie atau groufie.  Untuk memperluas target pasar, Coolpad menghadirkan warna hitam untuk Sky 3. Black edition ini diklaim akan menampilkan sisi maskulin dan berkelas penggunanya.

Desain unibody, plus konsep desain 2.D Edge Glass membuat Coolpad Sky 3 tampak nyaman digenggam. Bezel pada tepian layar tipis sehingga tampak ergonomis. Kenyaman dalam genggaman bisa kami rasakan apalagi dimensinya cukup pas di tangan kami.

Penempatan tombol dan slot

  • Sisi atas : lubang jack audio 3,5mm
  • Sisi Bawah : port charger dan reset ponsel
  • Sisi kanan : tombol power dan slot sim card
  • Sisi kiri : tombol volume up dan down
  • Sisi depan: lensa kamera dan lampu notifikasi dan sensor
  • Sisi belakang: lensa kamera, flash dan speaker

Harga dan Pesaing

 

Di pasar ponsel ini dihargai Rp 2.399.000. Untuk rentang harga demikian ada beberapa pesaingnya yang tentu saja datang dengan RAM 3GB dan kamera 16MP seperti Xiaomi Redmi Note 3 Pro, Huawei Honor 6 layar 5 inci, Xiaomi Redmi Note 3 RAM 3GB dengan kamera 13MP, Samsung Galaxy J5 (2016) SM-J510 2GB dengan kamera 13 dan layar 5,2, Lenovo Vibe K5 Plus A6020 RAM 2GB, kamera 13 dan layar 5, Asus Zenfone MAX ZC550KL (2016) RAM 3GB, 13MP dan 5,5 inci. Untuk ponsel selfie pesaingnya adalah Oppo F1, 3GB RAM, 13MP dan 5 inci dengan harga Rp 2,350.000, lalu ada Sony Xperia C4 Dual E5363 RAM 13MP, layar 5.5 yang harganya masih di atas Rp 2,5 jutaan.

Kesimpulan

Sebagai ponsel selfie, Coolpad Sky 3 bisa diandalkan apalagi untuk groufie karena bidang pandangnya lebih lebar. Hanya saja untuk menantang kelam hasil kamera depannya tidak begitu bagus karena akan ada noise yang menggangu. Coolpad Sky 3 juga harus berjuang keras untuk memikat konsumen karena di pasar sudah banyak ponsel dengan spesifikasi yang lebih tinggi dengan harga yang sebanding.

Baca juga artikel:
Review Lenovo VIBE C: Asyik di Multimedia dan Sudah 4G LTE
Uji 15 Flash Smartphone: Berikut Tiga Juara Yang Paling Terang
Asus Zenfone Max: Smartphone dengan Baterai Monster Harga Cuma Rp2,6 Juta

Artikel Lainnya

Komentar

PomadeMan 13 September 2016 - 17:41
Hasil kameranya lumayan bagus ya, tapi sayangnya masih belum 4G :(
othe 14 September 2016 - 11:17
bisa kok om...caranya ada di sini http://www.pricebook.co.id/article/tips_tricks/2016/09/13/4916/cara-aktifkan-jaringan-4g-lte-di-coolpad-sky-3-kurang-dari-1-menit
Nilam Chenil 02 November 2016 - 18:49
Aku ud coba *#673644# buat ngaktifin 4g tp kok ttp gak bisa yaa
Bima Satria 02 November 2016 - 19:47
coba baca artikel yang udah di share atas itu