Mengulas AirPods, Earphone Wireless Pertama dari Apple

Oleh Ardiansyah Hana on Senin, 12 Sep 2016 | 12:18

Event peluncuran iPhone 7 yang dilakukan Apple masih menjadi tren. Sesuai dengan prediksi, pabrikan asal Amerika Serikat ini benar-benar menghilangkan jack headphone 3,5 mm pada duo iPhone 7 dan 7 Plus.

Sebagai gantinya, Apple menawarkan bundel EarPods yang dilengkapi dengan Lightning konektor ke dalam paket penjualan iPhone, diserta dengan sebuah adapter Lightning to 3,5 mm sehingga bisa digunakan dengan headphone merek lain.

Hilangnya jack headphone pada duo iPhone ternyata dijadikan sebagai peluang untuk memperluas bisnis. Pada ajang yang sama, Apple memperkenalkan sepasang earphone wireless yang dinamakan AirPods.

AirPods sendiri memiliki desain terpisah, artinya tidak memiliki kabel seperti kebanyakan earphone lain. Konsep seperti ini sejatinya sering dijumpai pada produk earphone lain yang dijual di pasaran, salah satunya adalah Samsung Gear IconX yang beberapa bulan lalu diluncurkan.

Mengenai desain, AirPods mengusung konsep yang nyaris sama seperti EarPods. Bedanya, tentu saja earphone wireless ini tidak disertai dengan kabel. Namun, bukan Apple namanya jika tidak memasang sejumlah fitur menarik ke dalam produk-produk barunya, pun termasuk AirPods ini.

Di dalam AirPods, Apple menyematkan sejumlah komponen canggih, seperti chip Apple W1 yang mempunyai tugas untuk mengendalikan berbagai macam sensor yang terdapat pada earphone wireless ini, termasuk sensor accelerometer yang memungkinkan earphone ini akan bekerja otomatis memutar musik ketika dipasangkan ke telinga, juga berhenti seketika saat dilepaskan dari telinga.

Lebih jauh lagi, kamu pun bisa mengakses Siri hanya dengan double tap pada AirPods. Dengan begitu, kamu bisa mengontrol musik yang ingin didengarkan, mengatur volume suara, mengecek baterai dan memerintah Siri untuk mengerjakan tugas lainnya.

Tak hanya itu, sensor accelerometer pada AirPods pun akan mendeteksi saat kamu berbicara, mengatur otomatis perangkat terhadap suara kamu dan memfilter noise di sekitar sehingga suara yang kamu ucapkan menjadi lebih jelas.

Yang menarik lagi, AirPods menawarkan konektivitas nirkabel yang diklaim efisien daya. Sekalipun tidak disebutkan oleh situs Apple, namun iMore menyebutkan bahwa AirPods memiliki koneksi Bluetooth LE sehingga kinerjanya hemat baterai.

AirPods mendukung semua perangkat yang dijalankan pada iOS 10, macOS Sierra serta WatchOS 3. Dalam paket penjualannya, earphone wireless ini dilengkapi dengan sebuah case yang bisa dijadikan charger, memiliki baterai yang bisa bertahan selama 5 jam, sementara case memberikan penyediaan daya hingga 24 jam.

Paling menarik dari perangkat ini, kamu pun hanya tinggal mengusu daya selama 15 menit di dalam case, kemudian kamu bisa menggunakannya untuk mendengarkan musik dan melakukan panggilan telepon selama tiga jam.

AirPods sendiri tidak dijual di dalam paket penjualan iPhone. Jika ingin memilikinya, kamu harus mengeluarkan budget US$ 159 atau sekitar Rp 2,1 jutaan, ketersediaannya akan dimulai pada bulan Oktober mendatang.

Baca juga artikel:
Apple Rilis iOS 10 versi Beta terbaru dan Update iOS 9
22 Perangkat Apple Yang Dapat Dukungan iOS 10
Inilah Kelebihan iPhone 7 Dibandingkan iPhone Lama

 

Artikel Lainnya

Komentar