Review Lenovo VIBE C: Asyik di Multimedia dan Sudah 4G LTE

Review Lenovo VIBE C: Asyik di Multimedia dan Sudah 4G LTE

Oleh Evan Yazid Praditya on Jumat, 02 Sep 2016 | 08:35

Lenovo kembali meramaikan pasar smartphone Indonesia dengan menghadirkan Lenovo Vibe C. Ponsel dengan harga sejutaan ini sudah bisa didapatkan di toko offline atau online. Tim Pricebook juga mendapatkan kesempatan untuk mencicipi rasanya menggunakan Lenovo Vibe C. Lalu bagaimana pendapat Kami setelah mencoba Lenovo Vibe C ini? Ayo simak ulasannya di bawah ini.

Paket penjualan Lenovo Vibe C

Spesifikasi Lenovo Vibe C

Lenovo Vibe C 8GB
  • 0/5
  • 0 reviews
  • 0 threads
Harga termurah

Rp 1,249,000

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE 700 / 800 / 850 / 1700 / 1900
OS Android
RAM 1 MB
Internal 8 GB
Tipe Memori Eksternal microSD
Jumlah Core Quad Core
Kecepatan CPU Quad-core 1.2 GHz
Ukuran Layar 5 inch
Screen Resolution 1280 x 720 Pixel
Resolusi Kamera 5 MP
Kamera Depan 2MP
Baterai Removable Li-Ion 2300 mAh
OS Version 5.1.1 Lollipop
Chipset Qualcomm MSM8909 Snapdragon 210
GPU Adreno 305

Desain

Smartphone ini berdesain compact dengan material plastik yang cukup baik dan tidak terkesan murah. Unit yang Kami coba berwarna hitam dan jika kalian tidak menyukai warna hitam ada pilihan warna lain yakni, putih. Bagi kamu yang tangannya suka berkeringat, baiknya jangan memilih warna putih karena akan mudah kotor.

Lenovo Vibe C memiliki bentang layar seluas 5 inch, resolusi 480 x 854 pixels dengan teknologi IPS. Sayangnya, layar Lenovo Vibe C tidak ada proteksi-nya. Jadi, akan sangat beresiko mudah lecet dan pecah. Jadi berhati-hatilah!

Di bagian atas bodi terdapat 2 port, yaitu port untuk mengisi daya baterai dan port untuk earphone. Di bodi samping kanan dapat kamu temukan tombol volume dan power seperti ponsel Android pada umumnya. Sedangkan di bodi samping kiri polos tanpa ada apa-apa.

Di bagian depan tertanam kamera selfie 2MP. Lanjut ke bagian belakang, kamu akan menemukan kamera utama 5MP dan LED flash serta ada speaker. Untuk desain, kami rasa tidak ada yang spesial. Saat menggenggam smartphone dengan berat 166 gram ini terasa sangat nyaman.

Performa

Lenovo Vibe C dimotori oleh Snapdragon 210 yang membuatnya memang pantas jadi andalan di kelas smartphone low end. Smartphone Lenovo ini juga cukup andal bermultitasking walaupun hanya dibekali RAM 1 GB. Kami mencobanya dengan menjalankan beberapa aplikasi sekaligus seperti Facebook, Google Chrome, Path, BBM dan Instagram. Hasilnya? Lenovo Vibe C ini masih bisa beroperasi dengan baik.

Untuk main game, Lenovo Vibe C juga lumayan bisa diandalkan. Kami mencoba bermain game Clash Royale, Magic Rampa, Modern Combat 5: Blackout dan Dead Trigger. Memang, pada saat bermain game HD, Lenovo Vibe C sedikit lag. Namun bagi kami bukanlah masalah besar karena tidak sampai mengganggu permainan. Kamu gemar main Pokemon Go? Lenovo Vibe C bisa jadi teman kamu menangkap Pokemon yang ada di sekitar kamu walau tanpa dukungan augmented reality.

Waktu boot pertama kali, Lenovo Vibe C membutuhkan waktu 20 detik sampai masuk ke homescreen. Smartphone murah Lenovo ini sudah ditanamkan OS Android Lollipop 5.1.1 dan menggunakan Lenovo Vibe UI sebagai user interfacenya.

Lenovo Vibe UI yang ada di Lenovo Vibe C terlihat menarik, walau tanpa app drawer, Lenovo Vibe C tetap dapat digunakan dengan mudah dan nyaman. Kamu juga dapat menggonta-ganti themes di app Theme center yang sudah disediakan Lenovo di homescreen.

Browsing internet di Lenovo Vibe C juga asyik dengan jaringan 4G LTE-nya. Di Lenovo Vibe C yang kami dapatkan, sudah tersedia pilihan UC Browser dan Google Chrome. Tinggal kamu pilih mana yang cocok kamu gunakan.

Multimedia

Layar seluas 5 inch milik Lenovo Vibe C cukup nyaman dijadikan media untuk menonton video. Walaupun hanya beresolusi 480 x 854 pixels, Lenovo Vibe C mampu menghasilkan warna yang baik. Kami juga mencoba menonton video berekstensi MP4 selama kurang lebih 1 jam untuk menguji GPU Adreno 304 yang tertanam di Lenovo Vibe C. Hasilnya, video tidak lag dan tidak bodi ponsel tidak cepat panas.

Untuk kamu penggemar musik, Lenovo Vibe C juga lumayan andal untuk memainkan musik-musik favorit kamu. Interface music player Lenovo Vibe C sangat mudah dijalankan. Jadi memudahkan kamu untuk browsing musik dan playlist yang kamu buat. Kalau kamu rasa tidak cocok menggunakan music player bawaan dari Lenovo, kamu masih bisa menginstall aplikasi music player lain seperti Spotify atau Musixmatch. Menariknya, ponsel ini sudah dilengkapi dengan aplikasi musik Guvera yang membawa jutaan lagu dari artis berbagai belahan dunia.

Kamera

Lenovo memiliki kamera 5MP sebagai kamera utama dan kamera 2MP untuk kamera selfie. Pada saat mau mengambil foto, kamu bisa set modenya ke general, panorama atau special effect. Hasil fotonya terbilang lumayan bagus untuk kelas kamera 5MP. Sayangnya, tidak ada fitur auto focus di smartphone ini. Untuk perekam video, kamu bisa set maksimal 720p dengan 30fps. Hasil videonya juga cukup lumayan. Berikut hasilnya untuk indoor dan outdoor.

Baterai

Lenovo Vibe C memiliki removable baterai sebesar 2300mAh yang artinya lumayan awet untuk kamu gunakan seharian. Waktu mengisi daya baterai dari kosong sampai penuh memakan waktu selama kurang lebih hampir 2 jam. Daya tahannya bisa mencapai 13 jam lebih, di kelas ponsel low end, kapasitas tersebut sudah cukup mumpuni.

Harga dan Pesaing

Lenovo saat ini sudah bisa didapatkan di toko-toko online seperti Lazada. Blibli, elevenia, bukalapak dan toko online lainnya. Berikut masing-masing harga jualnya yang kami kumpulkan untuk kamu.

Penjual Lenovo Vibe C Harga
Elevenia Rp 1,258,800
Blibli Rp 1,343,040
Bukalapak Rp 1,450,000

Sementara itu, di pasar sudah ada pesaing yang siap menantang kehadirannya, sebut saja Asus Zenfone Go, Huawei Y6, Himax Polymer 2x, Infinix Hot 3 Lite X554 dan Axioo Picophone M4P. Semua pesaingnya sudah menggunakan Android Lollipop. Menariknya direntang harga Rp1,2 juta-Rp1,4 jutaan, kapasitas RAM-nya sudah ada yang mencapai 2GB dan memiliki kamera belakang 8MP. Namun untuk pilihan Kami serahkan sepenuhnya pada kamu.

Kesimpulan

Dengan harga 1,2 jutaan rupiah, smartphone ini cukup pantas kamu beli. Smartphone ini juga cocok untuk kamu yang mobile pasalnya, dengan baterai 2300 mAh dan pengoperasian UI yang mudah pastinya jadi akan jadi pertimbangan. Jangan khawatir bosan menunggu waktu karena pemutar musik dan video Lenovo Vibe C cukup baik.  

Baca juga artikel:
Lenovo Vibe C2 Power Dirilis dengan Baterai 3500 mAh
Lenovo Vibe P2 Dibekali Layar AMOLED dan Snapdragon 625
Lenovo Air 13 Pro Dirilis Siap Hadang Apple Macbook Air

Artikel Lainnya

Komentar