Mengenal Fitur Bluetooth Versi 5 Terbaru Pada Gadget Kamu

Oleh Ardiansyah Hana on Kamis, 23 Jun 2016 | 17:51

Fitur Bluetooth sudah wajib ada pada sebuah gadget. Dengan adanya teknologi ini, pengguna gadget bisa melakukan transfer data secara nirkabel dengan kecepatan yang cukup tinggi.

Bluetooth Special Interest Group (SIG) pertama kali memperkenalkan fitur Bluetooth 4.0 pada tahun 2010. Setelah itu, Bluetooth SIG pun memberikan pembaharuan pada teknologi Bluetooth yang mencakup versi 4.1 dan 4.2.

Baru-baru ini, Bluetooth SIG mengumumkan teknologi Bluetooth terbaru. Ketimbang pendahulunya, Bluetooth versi 5 ini diklaim memiliki kemampuan lebih mampuni dari segala aspek. Nah, apa saja hal baru yang ditawarkan Bluetooth versi 5 ini?

Bluetooth versi 5 hadir dengan kemampuan transfer data yang lebih cepat dibandingkan versi 4. Nantinya, gadget yang kamu  miliki bisa melakukan transfer data hingga dua kali lipat lebih cepat, dengan jarak maksimum empat kali lebih luas.

Selain itu, peningkatan kapasitas transfer data pada Bluetooth versi terbaru meningkat menjadi 800 persen. Tak ketinggalan, konsumsi daya yang digunakan Bluetooth versi 5 pun menjadi lebih hemat dibandingkan versi sebelumnya.

Kemampuan lainnya, Bluetooth versi 5 dapat membagikan berbagai jenis informasi. Dengan begitu, Bluetooth 5 akan lebih kompatibel dengan banyak perangkat smart home sehingga kamu yang berniat membeli salah satu perangat IoT di masa depan akan lebih terbantu berkat adanya Bluetooth 5, salah satunya untuk urusan pembaharuan software dan pemasangan aplikasi yang biasanya memakan banyak kuota data.

Dilansir bluetooth.com, fitur Bluetooth versi 5 akan mulai diluncurkan pada akhir tahun 2016 atau awal tahun 2017. Menurut Bluetooth SIG, saat ini sudah terdapat sekitar 30.000 perusahaan yang bergabung sebagai mitra, dipastikan fitur Bluetooth versi terbaru ini akan disematkan pada lebih banyak jenis perangkat, misalnya smartphone, tablet, headphone, smartwatch, speaker, action cam dan berbagai perangkat smart home. Kita nantikan saja, ya!  

Baca juga artikel:
Rumor Motorola Moto E 2016 Sudah Terima Sertifikat Bluetooth
Game Multiplayer Android Seru via Bluetooth dan WiFi
Cara Mudah Trasfer File dari HP ke Laptop Pake Bluetooth

 

Artikel Lainnya

Komentar