Uji 15 Flash Smartphone: Berikut Tiga Juara Yang Paling Terang

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 24 Mei 2016 | 15:12

Jika kamu mencari salah satu aplikasi yang cukup bermanfaat dalam smartphone, tentu jawabannya ialah flashlight atau lampu flash kamera.

Memang kebanyakan orang menganggap komponen ini hanya berguna saat memotret dalam kondisi gelap. Namun, ternyata ada beberapa orang lainnya yang memanfaatkan flashlight sebagai senter. Padahal tidak semua smartphone dibekali flashlight yang terang.

Beberapa diantara flashlight smartphone dibuat apa adanya sehingga tidak mumpuni untuk penerangan malam. Beberapa diantaranya justru menghadirkan flashlight yang sangat terang, bahkan bisa menyilaukan mata.

Menyadari kebutuhan tersebut, beberapa produsen pun menghadirkan teknologi FlashLight smartphone yang semakin canggih. Beberapa produsen sudah menggunakan lampu LED baru. Bahkan tidak hanya satu, ada juga smartphone yang dibekali dua atau tiga LED sehingga penerangan semakin maksimal.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, kebanyakan smartphone hadir dengan teknologi dual LED. Laman Phonearena pun mencoba melakukan pengujian kepada 15 smartphone untuk mengetahui seberapa tangguh Flashlight smartphone saat ini. Dari 15 smartphone, beberapa diantaranya merupakan smartphone terbaru dan sisanya smartphone lama dengan teknologi yang masih berimbang.

Ke 15 smartphone tersebut ialah Samsung Galaxy S7 Edge, LG G5, HTC 10, Nexus 5X, Apple iPhone SE, Apple iPhone 6, Apple iPhone 5s, Sony Xperia Z5, Sony Xperia Z5 Premium, Sony Xperia Z5 Compact, Sony Xperia M5, Sony Xperia C5 Ultra, Sony Xperia Z3+, Sony Xperia Z3v dan Sony Xperia Z3 Compact. Smartphone–smartphone ini dianggap memiliki FlashLight terbaik dikelasnya.

Pengujian ini memang bukanlah pengujian yang berdasarkan ilmu, namun lebih kearah subjektif. Pengujian pun hanya dilakukan di ruangan gelap saja tanpa peralatan canggih lainnya. Hasilnya untuk flashlights smartphone yang paling terang ternyata dimiliki LG G5, Nexus 5X dan Samsung Galaxy S7 Edge.

Menariknya, setelah ketiga smartphone tersebut dites ulang dan dites menggunakan berbagai teknik, ternyata Nexus 5X menjadi pemilik Flashlight terbaik. Flashlight smartphone ini mampu memancarkan cahaya lebih terang, lebih jauh dan lebih mendalam dibanding Samsung Galaxy S7 Edge.

Baca juga artikel:
5 Aplikasi Terbaik Untuk Ubah Androidmu Jadi Senter
Kumpulan Aplikasi Live Streaming Video dan Chat Untuk Android dan iOS
Update Aplikasi Uber, Hadirkan Informasi Pom Bensin Dan Toilet

Artikel Lainnya

Komentar