Mengenal Fitur Musik Streaming Online Spotify

Oleh Ardiansyah Hana on Rabu, 30 Mar 2016 | 17:24

Spotify masuk Indonesia. Layanan streaming musik ini secara khusus menyiapkan akun Twitter bernama @SpotifyID, menulis kicauan dengan menyapa Indonesia disertai hashtag #WaktunyaSpotify.

Sama halnya dengan akun Facebook resmi Spotify, mereka mengumumkan pada tanggal 30 Maret 2016 bahwa layanan streaming musik milik mereka akan segera hadir di Indonesia pada 10 hari mendatang, artinya dapat dinikmati pengguna mulai hari ini.

Spotify

Spotify sendiri merupakan layanan streaming musik asal Swedia yang diluncurkan ke publik sejak tahun 2008 lalu. Untuk menyempurnakan layanannnya, Spotify yang baru masuk ke Indonesia ini terus berbenah, memberikan penambahan fitur baru agar bisa bersaing dengan layanan lainnya.

Fitur Spotify

Di dalam Spotify, kamu dapat menemukan ribuan koleksi musik yang di update setiap minggu. Selain itu, ada pula menu playlist yang menjadi andalan Spotify dan berbeda dengan layanan streaming musik lainnya.

Dalam mengembangkan fitur playlist ini, Spotify menggandeng berbagai pihak. Mereka adalah media massa, musisi, label rekaman dan pengguna Spotify sendiri. Di sini, kamu hanya perlu mem-follow pihak pembuat playlist tersebut sehingga mengetahui tren musik terbaru yang layak didengarkan.

Spotify

Selain mem-follow akun-akun yang merekomendasikan playlist, kamu pun dapat menggunakan fitur Playlist Discovery Weekly. Fitur ini memperoleh update setiap haru Senin, memiliki 30 lagu baru yang siap kamu dengarkan.

Baca juga Harga Paket Streaming Musik Spotify di Indonesia

Sementara itu, lagu-lagu yang ditambahkan pada Playlist Discovery Weekly dipilih secara algoritma, mampu menghadirkan lagu-lagu yang sesuai dengan kesukaan pengguna, serta bersumber dari pengguna lain yang memiliki kecenderungan yang sama dengan kamu dalam menikmati musik favorit.

Tidak itu saja, Spotify pun memiliki banyak fitur pintar lainnya. Misalnya fitur Now yang bisa dinikmati pengguna mobile, bekerja untuk merekomendasikan playlist berdasarkan kebiasaan pengguna dalam mendengarkan musik menurut jam.

Spotify

Kemudian, ada pula mode Running, dapat dimanfaatkan kamu saat berolahraga lari atau bersepeda. Pada fitur ini, kamu dapat mendengarkan lagu yang mempunyai tempo sama dengan kecepatan berolahraga.

Memaksimalkan Spotify

  • Memutar Lagu Secara offline

Mendengarkan musik secara streaming membuat perangkat kamu harus selalu terhubung dengan akses internet. Akan tetapi, kamu dapat menghemat penggunaan data, misalnya mendownload lagu melalui Wi-Fi, khusus untuk kamu yang berlangganan layanan premium.

Untuk mendownload lagu sangat mudah, kamu dapat membuka sebuah playlist atau lagu, kemudian pilih opsi Available Offline dengan menggesernya ke kanan.

Atau, kamu bisa menekan tombol save kemudian tekan ikon menu di pojok kiri atas, pilih menu Your Music dilanjutkan Song. Selanjutnya, kamu dapat geser pilihan Available Offline ke kanan untuk menyimpan semua lagu yang sudah diunduh.

Baca juga 6 Pemutar Musik Android Terbaik Maret 2016
  • Memaksimalkan Kualitas Suara

Spotify memiliki keistimewaan lain, yakni mempunyai tiga opsi kualitas suara yang bisa kamu pilih, Normal, High dan Extream Quality, berlaku pada pilihan download ataupun streaming.

Cara mengaturnya, tekan menu utama di pojok kiri atas, tekan logo Gear di pojok kanan bawah dan masuk ke menu Setting. Setelah itu, kamu dapat memilih pengaturan Music Quality jika menggunakan perangkat berbasis Android atau menu Streaming Quality pada iOS.

Perlu kamu ingat, semakin tinggi kualitas suara yang kamu inginkan, maka ukuran lagu yang akan didownload akan semakin besar. Hal ini berlaku untuk kamu yang streaming karena akan menghabiskan lebih banyak data.

  • Membuat Playlist

Selain mendengarkan playlist seperti yang dijelaskan diatas, kamu pun dapat membuat playlist sendiri. Caranya, kamu dapat membuka sebuah lagi, lalu tekan ikon titik tiga dan klik pilihan Add to Playlist. Selain itu, kamu dapat tekan tombol + untuk membuat playlist baru.

Lebih menarik lagi, kamu dapat berkolaborasi dengan teman kamu untuk membuat playlist. Caranya, buka playlist yang sebelumnya kamu buat atau dapat membuat playlist baru, klik tombol titik tiga pada bagian kanan atas dan pilih Make Collaborative.

  • Local Music

Jika di dalam smartphone kamu sudah tersimpan lagu, kamu dapat tetap mendengarkannya lewat Spotify. Caranya, tekan tombol utama yang ada di bagian kiri atas, klik Your Music dan pilih Local File.

Baca juga 14 Pemutar Musik Android Unik dengan Lirik dan Format Audio Lengkap
  • Facebook

Spotify juga dapat terhubung dengan Facebook. Dengan mengklik pilihan Social di bagian Settings, kamu dapat membagikan semua judul lagu yang sedang kamu dengar, melalui postingan otomatis yang akan di share melalui akun Facebook kamu.

  • Remote

Jika kamu ingin menggunakan perangkat iPhone atau Android sebagai remote saat memutar musik di desktop, kamu dapat memutar sebuah lagi, kemudian klik Device Available yang ada di bagian bawah. Jika menekannya, kamu dapat memilih perangkat mana yang akan digunakan, tekan desktop jika ingin memutarnya di PC atau laptop, atau memilih This Phone jika ingin mendengarkan lewat smartphone.

Download dan Biaya Spotify

Layanan musik streaming, Spotify, yang baru masuk ke Indonesia ini dapat dinikmati melalui berbagai macam perangkat. Layanan ini bisa kamu unduh lewat perangkat Android, iOS, desktop Mac, Windows, Android Wear bahkan PlayStation.

Mengenai biaya, Spotify dapat dinikmati secara gratis atau versi premium seharga Rp 49.990 per bulan, memungkinkan  kamu dapat mendengarkan musik secara offline, tanpa iklan dan memilih kualitas audio.

 
Baca juga artikel
Daftar Smartphone Musik Asyik untuk Mudik
Band Play, Handphone Musik dari LG
LG Persembahkan Layanan Musik Resolusi Tinggi

Artikel Lainnya

Komentar