Aplikasi Android Pengukur Suhu Panas Ketika Equinox Terjadi

Oleh Aris Wibowo on Jumat, 27 Mei 2016 | 17:12

Isu Fenomena Equinox terus berkembang beberapa hari terakhir ini di dunia maya. Bahkan beberapa pesan siaran tersebar menyatakan bahwa fenomena alam Equinox ini akan melanda Singapura, Malaysia dan Indonesia selama beberapa hari kedepan. Fenomena ini juga diperkirakan bisa meningkatkan suhu udara secara drastis hingga 40 derajat celcius. Pesan ini tentu membuat beberapa masyarakat panik. Namun, sebelum panik sebaiknya kamu pahami dulu apa itu Equinox?

Equinox

Equinox merupakan sebuah fenomena alam yang wajar dan terjadi sejak awal bumi ada. Fenomena ini terjadi sebab pergerakan semu tahunan matajari. Jadi, setiap tahunnya, Matahari secara semu berada di tempat yang berbeda – beda. Kadang matahari bisa berada tepat di atas khatulistiwa, kadang di atas 23,5 derajat lintang selatan, kadang di atas 23,5 derajat lintang utara.

Dikutip laman detik.com, Prof Thomas Djamaludin juga mengungkapkan pada tanggal 21 Maret matahari akan melintasi garis khatulistiwa dari selatan ke utara. Pada saat itu belahan bumi selatan dan utara akan sama – sama mendapat sinar matahari secara bersamaan.

Jadi, dalam Fenomena Equinox kali ini, matahari akan berada tepat di khatulistiwa sehingga matahari seakan – akan benar – benar di atas kepala pada siang hari. ini merupakan Fenomena wajar dan alamiah. Bahkan Fenomena ini akan terjadi dua kali pada tanggal 21 Maret dan 23 September 2016. Fenomena Equinox memang akan memberikan dampak, namun dampaknya tidak semengerikan isu yang berkembang di tengah masyarakat.

Baca juga Aplikasi Astronomi Android Untuk Mengamati Gerhana Matahari

Yunus S Swarinoto, Deputi Bidang Meteorologi BMKG mengatakan bahwa Equinox bukanlah fenomena gelombang panas yang sempat melanda wilayah Eropa, Afrika dan timur tengah yang menyebabkan peningkatan suhu udara secara tinggi dan bertahan lama. Padahal, tanpa fenomena Equinox ini suhu udara di Indonesia sendiri sudah relatif panas. Suhu rata – rata di Indonesia saat ini sudah 32 – 36 derajat.

Fenomena Alam ini akan berlangsung di seluruh belahan bumi. Saat Fenomena ini berlangsung, durasi siang dan malam di seluruh bagian bumi relative sama, termasuk wilayah yang berada di subtropics dibagian utara ataupun selatan. Fenomena ini akan berlangsung pada 21 maret 2016 ini dan kembali terjadi pada 23 september 2016 mendatang.

Menghadapi fenomena Equinox ini, BMKG mengimbau masyarakat untuk tidak perlu khawatir. Yang pasti, masyarakat tetap menjaga kondisi tubuh dengan cara mengonsumsi air minum khususnya air putih lebih banyak agar tubuh tidak kekurangan cairan. Bila beraktivitas diluar ruangan, sebaiknya masyarakat memakai pelindung kepala dan tidak terlalu lama dibawah terik siang.

Bila kamu masih bingung tentang berapa suhu di daerah kamu? kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi pengukur suhu panas dibawah ini.

Transparent Clock & Weather

Transparent Clock & Weather

Aplikasi ini merupakan widget yang kaya fitur. Selain memiliki fungsi sebagai penunjuk waktu melalui jam digital, aplikasi ini juga hadir dengan informasi cuaca dan pengukur suhu panas. Aplikasi ini akan memanfaatkan lokasi kamu berada dan menampilkan kondisi terkini cuaca, suhu dan kelembapan. Aplikasi juga bisa memantau kondisi cuaca selama 24 jam kedepan dan memprediksi cuaca 7 hari kedepan. Dengan tampilan yang cukup lengkap, tema yang beragam hingga support 40 bahasa berbeda, aplikasi pengukur suhu panas ini layak kamu unduh dan gunakan di smartphone Android kamu.

Weather

Weather

Aplikasi pengukur suhu panas ini memang didesain untuk mengetahui kondisi cuaca disekitarmu. Aplikasi suhu ini didesain simple dan intuitive. Kamu cukup sekali klik untuk mengetahui kondisi lengkap cuaca di status bar smartphonemu sesuai kondisi lokasi kamu berada. Aplikasi ini bahkan bisa kamu gunakan mengecek kondisi cuaca daerah lain menggunakan fitur lokasi yang terhubung dengan GPS perangkatmu. Yang menarik, smartphone ini dibekali teknologi hemat data sehingga tidak akan memakan kuota data internet terlalu banyak.

Baca juga Selain Gerhana Matahari Total, Berikut Peristiwa Astronomi Sepanjang Tahun 2016

AccuWeather

AccuWeather

Aplikasi pengukur suhu panas Android ini akan memudahkan kamu mengetahui kondisi terkini disekitarmu. Aplikasi Android gratis ini hadir dengan pemberitahuan realtime menit per menit. Aplikasi cuaca ini juga diklaim cukup akurat memprediksi cuaca. Aplikasi ini juga hadir dengan informasi data cuaca yang lengkap termasuk kelembapan udara, kecepatan angina dan suhu udara. Tentu aplikasi ini sangat cocok digunakan mengecek fenomena Equinox.

Thermometer

Thermometer

Aplikasi pengukur suhu panas untuk Equinox ini bisa kamu cuba untuk mengetahui kondisi suhu udara di dalam maupun luar rungan. Tampilan aplikasi Android gratis ini juga cukup gratis dan mudah digunakan. Kamu cukup menaruh smartphone kamu dalam sebuah ruangan selama sekian menit dan nantinya akan ada data suhu yang tertampil di layar smartphone. Memang suhu udara yang ditampilkan tidak terlalu akurat, namun ini cukup untuk membantu menjadi patokan saat beraktifitas.

 
Baca juga artikel
Suka Astronomi? Ini Daftar Aplikasi Wajib Di-install
6 Aplikasi Alternatif Facebook Android Cepat dan Ringan
9 Aplikasi Pendeteksi Gempa Dalam Smartphone Kamu

Artikel Lainnya

Komentar