Beda RAM dan ROM Pada Komputer, Laptop dan Smartphone

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 17 Mar 2016 | 13:47

Salah arti mengenai RAM dan ROM masih banyak dijumpai. Keduanya merupakan komponen penting yang berkaitan dengan performa perangkat hingga penyimpanan data. Kedua komponen ini memiliki fungsi yang tak berbeda jauh.

Beda RAM dan ROM

Apa itu RAM?

RAM atau Random Access Memory merupakan komponen penyimpanan data program dalam komputer yang sedang digunakan atau saat komputer dalam keadaan hidup. RAM umumnya hadir dalam besaran MB (megabyte) hingga GB (Gigabyte) dan memiliki kecepatan nanodetik. Kapasitas besar kecilnya RAM ini akan berpengaruh terhadap kecepatan sebuah perangkat. Jadi semakin banyak data yang dibaca dan disimpan dalam RAM, maka performa perangkat akan berkurang atau melambat.

Beda RAM dan ROM

RAM diibaratkan sebagai ruang yang digunakan untuk menjalankan aktifitas dari sebuah program yang dibuka saat komputer atau smartphone digunakan. Semakin banyak aplikasi yang terbuka atau digunakan, semakin kecil ruang RAM dan semakin melambat kinerja perangkat. Namun saat komputer, laptop dan smartphone mati, RAM akan kembali kosong.

Baca juga Harga RAM Komputer Terbaru

Apa itu ROM?

ROM atau Read Only Memory merupakan komponen memori yang berfungsi untuk menyimpan bebagai program yang terdapat pada komputer, laptop hingga smartphone. ROM ini biasanya dapat menyimpan berbagai file seperti musik, gambar dan video.

Beda RAM dan ROM

Berbeda dengan RAM, bila perangkat mati, data-data yang tersimpat tidak akan hilang. Semakin besar kapasitas ROM, semakin besar pula ruang yang tersedia untuk diinstal aplikasi atau program. Meski jumlah ROM setiap perangkat terbatas, kamu bisa menggunakan memori eksternal untuk media penyimpanan tambahan mendampingi ROM.

Perbedaan definisi RAM dan ROM di atas semakin memastikan kedua komponen ini sangat penting. Tanpa RAM dan ROM, tentu kamu akan kesulitan mengoperasikan perangkat komputer, laptop dan smartphone.

Beberapa Perbedaan ROM dan RAM

Dari penjelasan singkat,  berikut ini perbedaan RAM dan ROM pada komputer, laptop dan Smartphone

Kapasitas

RAM umumnya memiliki kapasitas MB hingga GB dengan kecepatan cukup tinggi dibanding ROM. RAM juga bisa ditingkatkan kapasitasnya atau diupgrade. Berbeda dengan ROM yang tidak bisa diotak-atik karena diisi oleh pabrik pembuatnya sendiri. ROM biasanya memiliki kapasitas cukup besar 4 GB, 32 GB hingga 512 GB.

RAM sendiri biasanya berwujud IC atau integrated circuit. Jumlah RAM juga bisa ditambah sehingga performa komputer atau laptop semakin meningkat. Untuk smartphone, RAM berwujud Flash Memory yang sayangnya tidak bisa ditambah.

Baca juga Pahami 10 Hal Ini Agar Mudah Memilih RAM Yang Cocok Untuk PC atau Laptop
Keamanan

Perbedaan RAM dan ROM yang berikutnya mengenai sistem keamanan. Data yang tersimpan dalam ROM tidak mudah hilang dan bersifat permanen karena pada saat proses penyimpanan tidak membutuhkan daya. Sedangkan data yang tersimpan dalam RAM mudah hilang, apalagi saat komputer atau smartphone dimatikan. Hal ini disebabkan dalam proses penyimpanan RAM membutuhkan daya.

Penulisan dan Pengisian data

Perbedaan RAM dan ROM berikutnya dalam hal pengisian data, ROM tidak dapat diisi atau ditulis dengan mudahnya. Sedangkan RAM bisa ditulis atau diisi sewaktu-waktu ketika perangkat dijalankan. Sebagai contoh, saat kamu membeli smartphone dengan ROM 4 GB, kamu tidak sepenuhnya mendapat memori berkapasitas 4 GB, tapi hanya 2,5 GB saja. Sementara 1,5 GB lainnya sudah terisi oleh sistem data pabrikan pembuat ROM.

Sifat penyimpanan data

Penyimpanan data pada ROM tidak akan hilang atau bersifat permanen. Sedangkan penyimpanan data RAM bersifat sementara atau bisa hilang jika perangkat dimatikan.

Baca juga Fungsi dan Jenis-jenis RAM Beserta Ciri-cirinya Yang Harus Kamu Tahu
Daya yang digunakan

Penyimpanan data atau file yang dilakukan ROM tidak membutuhkan daya listrik. Sedangkan RAM membutuhkan daya untuk menyimpan data program. Hal inilah yang membuat data dalam ROM tidak akan hilang meski perangkat dimatikan.

Sebagai contoh, bila kamu mengetik di Microsoft Word, dan data tersebut belum disimpan lalu komputer atau laptop mati, maka tulisan kamu akan hilang. Namun, bila tulisan kamu sudah disimpan di ROM, data tidak akan hilang dan kamu bisa melanjutkan mengetik kembali.

Jenis Produk

Perbedaan RAM dan ROM juga tampak dari jenis produk yang digunakan. ROM memiliki jenis PROM atau Programmable Read Only Memory yang diproduksi sebagai memori kosong. Contohnya CD-ROM.

Sedangkan RAM memiliki berbagai jenis produk. Namun ada dua yang umum digunakan yakni DRAM dan SRAM. DRAM biasanya hadir dalam satu paket dalam sistem hardware standar. Untuk kecepatan, SRAM lebih cepat daripada DRAM. Hal ini terjadi DRAM butuh refresh ribuan kali. DRAM memiliki kecepatan 60 nanodetik, sedangkan SRAM 10 nanodetik.

 

Baca juga artikel
HyperX Savage DDR4, Buat Kalangan Gamer dan Overclocker
Pemula: Berapa Besar RAM Ideal untuk komputer?
Jenis Motherboard dan Harganya di Pasar Komputer

Artikel Lainnya

Komentar