Pahami 6 Hal Ini Agar Mudah Milih Harddisk Untuk Gaming

Pahami 6 Hal Ini Agar Mudah Milih Harddisk Untuk Gaming

Oleh Alena Yulitta updated Jumat, 17 Nov 2017 | 11:32

Sebelum membeli sebuah harddisk untuk kebutuhan bermain game, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan mulai dari kecepatan RPM, performa, keawetan, kapasitas, cache dan juga garansi.

Pertimbangan di atas agar harddisk yang dibeli benar-benar yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan bermain game. Pasalnya banyak jenis harddisk beredar di pasaran sehingga perlu diperhatikan peruntukannya.

Kecepatan RPMHard Disk Internal

Kecepatan RPM (Revolutions Per Minute) pada sebuah harddisk berpengaruh besar pada kecepatan transfer data. Sebuah harddisk dengan RPM tinggi akan mempercepat loading game dan mengurangi resiko lag/delay sehingga waktu tunggu game akan semakin pendek dan permainan akan menjadi lebih mengasyikkan.

Jika hendak membeli sebuah harddisk untuk keperluan game maka jangan membeli yang kemampuan read/write atau transfer datanya lebih rendah dari 180MB/s karena di pasaran, yang umum diperjualbelikan adalah harddisk dengan kecepatan transfer 140MB/s. Kalau tidak paham atau tidak tahu dengan ukuran transfer, mudahnya beli saja harddisk dengan RPM minimal 7200RPM.

Saat ini harddisk yang paling umum dijual mempunyai kecepatan minimum 5400RPM dan yang paling cepat adalah 15.000 RPM. Jika punya uang lebih, maka disarankan membeli harddisk yang mempunyai kecepatan rotasi paling tidak 7200 RPM. Selain RPM, transfer data juga dipengaruhi oleh jenis interface atau konektornya. Saat ini yang paling umum dipergunakan adalah interface SATA yang jauh lebih cepat dari ATA/IDE. SATA sendiri saat ini sudah mencapai SATA III. Jika ingin kecepatan transfer data yang lebih, harddisk jenis SSD adalah yang paling cepat.

PerformaHard Disk Internal

Cepat saja tak cukup untuk menjamin terpenuhinya kebutuhan gaming kamu. Performa ditentukan oleh dua faktor yakni kecepatan rotasi dan juga kestabilan. Jika keduanya mempunyai level yang tinggi, maka harddisk tersebut bisa disebut “High-End”.

Kestabilan yang dimaksud di sini adalah minimnya error dan kesalahan harddisk, termasuk di dalamnya adalah adanya kerusakan sektor, bunyi berisik, dan frekuensi harddisk hang/freeze/macet. Untuk mengetahui kestabilan sebuah harddisk, tak ada cara lain kecuali mencari review harddisk dari pengguna lain, hasil test benchmark harddisk, dan bertanya kepada para ahli IT.

Baca juga Harga harddisk Komputer Terbaru

Keawetan

Keawetan atau masa pakai adalah elemen yang tak bisa disingkirkan saat membeli sebuah harddisk untuk gaming (baik harddisk konvensional maupun SSD). Masa pakai sebuah harddisk ditentukan dengan yang namanya MTBF (Mean Time Before Failure). MTBF sebuah harddisk biasanya 20.000 hingga 25.000 jam (2-3 tahun) masa pakai. Bukan berarti setelah 3 tahun harddisk kemudian tak bisa dipergunakan. MTBF hanyalah sebuah prediksi di mana setelah masa MTBF terlampaui, resiko terjadinya kerusakan meningkat hingga 50%.

Jadi jika harddisk hanya dipakai kurang dari 24 jam sehari, maka masa pakainya bisa lebih panjang lagi. Jaminan keawetan sebuah harddisk bisa juga ditentukan oleh merk. Sebuah merk yang punya nama hampir bisa dipastikan produk harddisknya awet.

Kapasitas PenyimpananHard Disk Internal

Kapasitas penyimpanan menjadi elemen yang sangat penting ketika game yang hendak dimainkan berukuran besar. Tentunya seorang gamer tidak hanya punya koleksi 1 game saja, namun bisa ratusan jumlahnya. Game-game saat ini berukuran besar karena kualitas resolusi gambar yang mereka pakai adalah minimal 720p atau malah 4K.

Oleh sebab itu harddisk lama dengan kapasitas 20GB jelas sudah tidak mendukung, sekarang jika hendak bermain game maka harddisk dengan kapasitas minimal 320GB/500GB harus dipunyai, syukur-syukur yang berkapasitas 1TB sehingga bisa menyimpan ratusan judul game dan juga file-file besar lain. Namun hal ini tak berlaku untuk harddisk jenis SSD yang belum banyak menyediakan pilihan kapasitas besar.

Cache Memori

Cache memori dalam harddisk ikut berpengaruh dalam kecepatan transfer data dari dan ke motherboard komputer, sehingga bisa dikatakan bahwa harddisk dengan cache besar mampu loading dalam waktu yang jauh lebih singkat. Jika membutuhkan harddisk untuk gaming, disarankan membeli harddisk yang mempunyai cache 32MB/64MB atau minimum 16MB, walaupun ada pula harddisk dengan cache 8MB di pasaran, namun kurang pas saat dipergunakan untuk bermain game berat.

Garansi

Garansi harddisk yang panjang sangat penting karena berpengaruh terhadap masa pakai, keamanan data serta bebas dari kekhawatiran. Jika memungkinkan, belilah harddisk dengan garansi yang panjang, seperti 5 tahun. Jika tidak, garansi 3 tahun sudah cukup baik, mengingat harddisk dengan garansi panjang harganya juga pasti lebih mahal.

Nah jika sudah paham apa saja yang harus diperhatikan saat memilih sebuah harddisk untuk gaming, berikut ini ada ulasan beberapa jenis harddisk yang cocok untuk kebutuhan gaming berat.

harddisk yang cocok untuk gaming 

Seagate Barracuda 320GB
Hard Disk Internal

harddisk ini punya spesifikasi kapasitas 320GB, rotasi 7200RPM dengan 16MB Cache, ukuran fisik 3,5 inci, interface ATA-600 dan 2 tahun garansi. Harganya saat ini sangat murah, di bawah 500 ribuan.

Beli Seagate Barracuda 320GB

Western Digital Blue 1TB, 7200RPMHard Disk Internal

harddisk ini punya ukuran fisik 3,5 inci dengan kapasitas 1TB (tersedia pula kapasitas 2TB,3TB dan 4TB). Punya 64MB cache, garansi 2 tahun limited warranty dan lifetime warranty dan interface SATA III.

Baca juga Jenis harddisk dan Fungsinya yang Perlu Kamu Tahu

Beli Western Digital Blue 1TB

Western Digital Velociraptor 600GBHard Disk Internal

harddisk ini punya kapasitas 600GB berinterface SATA III dengan 64MB cache dan 10.000RPM. ukuran fisik harddisk ini adalah 3,5 inci dan dibekali pula dengan garansi 5 tahun (Limited Warranty).

Beli Western Digital Velociraptor 600GB

Western Digital Velociraptor 1TBHard Disk Internal

harddisk ini punya kapasitas 1TB dengan interface SATA III, cache 64MB serta ukuran fisikk 3,5 inci dan punya kecepatan rotasi disk 10.000RPM. Untuk garansi, ada 5 tahun garansi terbatas (limited warranty).

Beli Western Digital Velociraptor 1TB

harddisk SSD Untuk Gaming

Samsung 840 EVO 120GB Hard Disk Internal

SSD buatan Samsung ini punya kapasitas 120GB dengan ukuran fisik harddisk 2,5 inci. Kecepatan transfer data yang dimiliki SSD ini adalah 6 GB/s dengan up to 540 MB/Sec Sequential Read Speed dan 410 MB/Sec Sequential Write Speed. Pembelian harddisk jenis SSD ini disertai garansi terbatas selama 3  tahun.

Beli Samsung 840 EVO 120GB

Crucial M500 240GB
Hard Disk Internal

harddisk jenis SSD M500 punya kapasitas 240 GB dengan ukuran fisik 2.5 inci. Untuk kecepatan transfer rate mencapai 6 GB/Sec, up to 484 MB/Sec Sequential Read Speed  dan 247 MB/Sec Sequential Write Speed. Pembelian harddisk ini disertai garansi terbatas 3 tahun.

Beli Crucial M500 240GB

Crucial M500 960GBHard Disk Internal

Kapasitas Crucial M500 varian ini adalah 960GB dengan ukuran fisik 2,5 inci,  6 GB/Sec transfer rate serta mempunyai up to 500 MB/Sec Sequential Read Speed  dan 400 MB/Sec Sequential Write Speed. Pembelian harddisk ini disertai garansi terbatas 3 tahun.

Beli Crucial M500 960GB

                                                                                                                                               

Baca juga artikel
ADATA Rilis harddisk Eksternal USB 3.0 HD650X dan HD710M
Fungsi dan Jenis-jenis RAM Beserta Ciri-cirinya Yang Harus Kamu Tahu
Tipe-tipe RAM DDR yang Digunakan pada Komputer

Artikel Lainnya

Komentar