Galau Pilih Hard Disk, Berikut Tipe Hard Disk Sesuai Pemakaian

Galau Pilih Hard Disk, Berikut Tipe Hard Disk Sesuai Pemakaian

Oleh Alena Yulitta on Senin, 07 Mar 2016 | 20:57

Hard disk adalah salah satu peripheral komputer atau laptop yang berfungsi untuk menyimpan data, baik dokumen, video, musik, film dan banyak lagi. Sebuah komputer atau laptop tanpa hard disk tidak akan berfungsi sama sekali karena program sistem operasi untuk menjalankannya juga tersimpan di hard disk. 

Saat ini banyak sekali terdapat tipe-tipe hard disk yang bisa dibeli, baik yang dibedakan berdasarkan konektornya (IDE, SATA, RAID, SCSI), yang dibedakan ukuran (3,5 inci dan 2,5 inci) dan yang dibedakan jenisnya (hard disk konvensional dan SSD). Selain itu hard disk juga dibedakan berdasarkan kapasitas simpannya, mulai dari 10GB, 20GB, 40GB, 80GB, 200GB, 1TB, 2TB, dan masih berkembang lagi. Hard disk juga dibedakan menurut merknya, ada Seagate, WD, Samsung, Plextor, Hitachi, dan banyak lagi. Karena terlalu banyaknya pilihan yang didapat, tentunya memilih hard disk yang paling pas dengan kebutuhan menjadi agak membingungkan karena masing-masing dari hard disk tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Untuk membantu memilih hard disk yang sesuai dengan kebutuhan, berikut ini ada beberapa tips yang berguna:

Memilih Berdasarkan Kebutuhan Kapasitas Simpan

Tipe Hard Disk

Hal ini adalah yang paling banyak dilakukan orang saat membeli sebuah hard disk, baik internal maupun external hard disk. Jika yang dibutuhkan adalah kapasitas penyimpanan yang besar karena Anda adalah seorang programmer, grafik designer, atau film/video editor, maka hard disk dengan kapasitas minimal 1TB adalah suatu keharusan. Saat ini yang paling mudah didapatkan adalah hard disk dengan kapasitas 1TB dan 2TB, walaupun juga sudah ada hard disk dengan kapasitas 3TB, 4TB, 8TB, 10TB, 20TB hingga yang terbaru Fujitzu ETERNUS CD10000 yang mempunyai kapasitas 60TB.

Namun jika Anda hanyalah mahasiswa yang butuh hard disk untuk skripsi, pekerja kantoran yang butuh untuk kerja, maka hard disk dengan kapasitas 500GB sudah lebih dari cukup. Dengan kapasitas 500GB, sudah bisa menyimpan ribuan dokumen, mendengarkan musik selama puluhan ribu jam, serta beratus-ratus film dengan kualitas DVD. 

Jika kebutuhkan Anda melonjak, bisa ditambahkan dengan external hard disk.

Memilih Berdasarkan Jenis Komputer Yang Dipakai, MAC atau PCTipe Hard Disk

Saat ini jenis platform komputer yang paling banyak dipakai adalah OS X dan Windows atau Mac dan PC. Mac adalah produk komputer buatan Apple sementara PC dibuat oleh perusahaan lain selain Apple dan mempergunakan OS Windows (walaupun ada juga yang menggunakan OS Linux dan sejenisnya) kedua platform dari dua jenis komputer yang berbeda tersebut membutuhkan hard disk yang berbeda juga. OS X mempergunakan file sistem bernama HFS+ sementara Windows mempergunakan file sistem FAT dan NTFS. Saat ini yang paling umum ada di pasaran adalah hard disk dengan format NTSF dan FAT yang dibuat untuk platform Windows.

Baca juga Harga Hard Disk Komputer Terbaru

Komputer MAC dapat membaca isi sebuah hard disk dengan format NTFS namun tak dapat mengubah isinya (edit atau menyimpan data) begitu pula sebaliknya, oleh sebab itu jika ingin membeli sebuah hard disk untuk MAC/PC maka yang perlu diperhatikan adalah formatnya, namun semua hard disk bisa dipergunakan untuk MAC asalkan diformat ulang terlebih dahulu agar kompatibel dengan OS X. 

Memilih Berdasarkan Jenis Hiburan Favorit 

Dengan teknologi komputer saat ini, ada banyak sekali jenis hiburan yang bisa didapatkan, antara lain menonton film dan video streaming dari YouTube dan Netflix ataupun bermain game offline dan online. Jika hobi Anda menikmati hiburan berupa streaming video dan mendownload film, maka hard disk biasa dengan kapasitas 1TB sudah lebih dari cukup. Namun jika hobinya adalah bermain game, baik online maupun offline, selain hard disk dengan kapasitas besar, dibutuhkan juga hard disk dengan fitur transfer data yang cepat.

Saat ini yang paling cepat mentransfer data adalah hard disk dengan jenis SSD, namun sayangnya hard disk jenis SSD ini masih sangat mahal, jauh lebih mahal dari hard disk biasa dengan kapasitas yang sama. Selain itu SSD dengan kapasitas besar juga masih langka. Oleh sebab itu solusinya adalah membeli hard disk biasa dengan kapasitas besar dan RPM tinggi. Di pasaran, yang paling umum dijual adalah hard disk dengan kecepatan 5400 RPM, 7200 RPM namun baru-baru ini ada pula hard disk konvensional dengan kecepatan rotasi 10.000 RPM dan 15.000 RPM buatan HGST, divisi baru Western Digital setelah mengakusisi Hitachi.

Memilih Internal atau External Hard DiskTipe Hard Disk

Jika pekerjaan sehari-hari membutuhkan media penyimpanan yang bisa dibawa kemana-mana, maka sebuah external hard disk jauh lebih baik dan aman daripada menenteng laptop kemanapun pergi. External hard disk saat ini tidak sekedar internal hard disk yang dibungkus case plastik, namun telah ada yang dilindungi dengan casing anti benturan, anti air dan anti jatuh (rugged hard disk). Tak hanya itu, external hard disk juga sudah ada yang dibekali dengan fitur proteksi seperti password sistem dan password fisik (memasukkan password dengan menekan tombol fisik di bodi hard disk).

Koneksi external hard disk juga sudah lebih canggih, tak hanya USB 2.0, melainkan sudah USB 3.0, FireWire, Thunderbolt, dan bahkan hard disk dengan koneksi WiFi.

Khusus Saat Memilih Hard Disk Merk Western Digital, Perhatikan Kode Warna

Hard Disk Western Digital Blue (WD Blue) – hard disk ini punya keseimbangan antara kehandalan dan performa, oleh sebab itu produk ini ditujukan untuk penggunaan pada komputer jenis desktop/PC yang dipergunakan sehari-hari.

Hard Disk Western Digital Green (WD Green) – hard disk jenis ini diklaim ramah lingkungan karena memiliki fitur untuk menghemat energi. Hard disk jenis ini sangat cocok bagi mereka yang cinta lingkungan serta membutuhkan media penyimpanan yang tidak berisik dan tidak terlalu menimbulkan banyak panas.

Hard Disk Western Digital Black (WD Black) – Hard disk jenis ini memiliki performa yang paling tinggi dan oleh karenanya cocok bagi mereka yang bekerja di bidang multi media, desain, dan juga yang hobi ngegame.

Hard Disk Western Digital Red (WD Red) – Hard disk jenis ini bukan untuk PC atau laptop, melainkan untuk jaringan skala kecil seperti kantor kecil dan jaringan rumahan yang terhubung ke NAS (Network Attached Storage) yang biasanya selalu terhubung ke internet.

Hard Disk Western Digital Purple (WD Purple) – hard disk ini adalah hard disk untuk desktop/PC yang dirancang untuk bekerja 24 jam sehari. Hard disk tipe ini biasanya lebih banyak dipergunakan untuk CCTV, mesin kasir toko 24/7 dan semua perangkat komputer yang hidup 24 jam sehari.

Nah itulah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat harus memilih sebuah hard disk. Berikut ini ada beberapa rekomendasi hard disk yang bagus.

 
Baca juga artikel
Pahami 6 Hal Ini Agar Mudah Milih Hard Disk Untuk Gaming
Jenis Hard Disk dan Fungsinya yang Perlu Kamu Tahu
Peningkatan Kapasitas dan Ukuran Hard Disk Dari Waktu ke Waktu

Artikel Lainnya

Komentar