Jenis Motherboard dan Harganya di Pasar Komputer

Jenis Motherboard dan Harganya di Pasar Komputer

Oleh Alena Yulitta on Jumat, 04 Mar 2016 | 16:31

Motherboard, MoBo, MB, Logic Board, Mainboard adalah sebutan yang lazim dipergunakan untuk menyebut salah satu perangkat terpenting dari komputer yang menghubungkan semua komponen-komponen seperti prosesor, RAM, VGA card, hard disk serta membuat komputer bekerja. Karena sebelumnya telah dibahas sejarah motherboard maka yang akan kita bahas kali ini adalah jenis motherboard, komponen dan kegunaanya.

Pada dasarnya ada beberapa standar/jenis motherboard yang banyak dianut oleh produsen motherboard saat ini, inilah mereka:

Jenis Motherboard yang ada di pasaran

Motherboard AT / AT Baby

Motherboard AT / AT Baby

Motherboard yang satu ini bisa disebut motherboard klasik karena sudah tak diproduksi lagi. Dulunya motherboard ini diproduksi oleh pabrikan IBM untuk mendukung penggunaan prosesor Pentium II pada awal tahun 1990-an. Motherboard jenis AT / AT Baby ini masih memiliki banyak sekali kekurangan, antara lain ukuranya yang masih tergolong besar, mudah mengalami overheat, dan rentan kerusakan. Saat ini motherboard jenis AT Baby ini tak lagi dipergunakan karena sudah tidak kompatibel lagi dengan  teknologi CPU masa kini.

Motherboard ATX

Motherboard ATX

Motherboard penerus AT Baby adalah motherboard ATX (Advance Technology Extended). Sampai hari ini motherboard jenis ATX ini merupakan standard motherboard untuk komputer di dunia. Karena harus disesuaikan dengan berbagai kebutuhan, motherboard ATX mempunyai beberapa varian antara lain adalah:

  • Standar ATX

Motherboard standar ATX biasanya berukuran 305 mm x 244 mm. motherboard ini adalah yang paling banyak dipergunakan pada produk desktop PC maupun laptop. Motherboard standar ATX telah dibekali dengan konektor AGP dan PCI untuk memasang VGA card dan hard disk atau komponen lain yang kompatibel dengan slot PCI. 

  • Micro ATX

Motherboard Micro ATX tentu saja berukuran lebih kecil dari standar ATX, yaitu hanya sekitar 244mm x 244mm. Kegunaan motherboard micro ATX ini adalah untuk produksi laptop berukuran kecil yang tak membutuhkan spesifikasi terlalu tinggi. Jenis motherboard ini bisa dibilang salah satu yang paling ekonomis dan murah.

  • Flex ATX

Flex ATX adalah hasil upgrade dari motherboard micro ATX. Perbedaanya, Flex ATX menyedikan fleksibilitas lebih pada saat merakit komputer sehingga apapun kebutuhnan user bisa disesuaikan. Motherboard ini punya 2 buah slot PCI. 

  • Mini ATX

Motherboard mini ATX memiliki ukuran yang kecil yakni sekitar 284 mm x 208 mm. sama seperti micro ATX, motherboard ini banyak dipergunakan untuk laptop ukuran kecil dan PC yang tak banyak membutuhkan spesifikasi tinggi.

Baca juga Harga Motherboad Komputer Terbaru
Motherboard BTX 

Motherboard BTX

Jenis motherboard berikutnya adalah motherboard BTX yang merupakan singkatan dari Balanced technology Extended. Motherboard jenis BTX ini punya kelebihan yaitu mengatur suhu prosesor, mengoptimalkan sirkulasi udara di PC serta mempu mengendalikan panas, baik dari motherboard, prosesor, VGA card maupun dari PS. Motherboard jenis BTX mempunyai beberapa varian seperti berikut:

  • BTX Standar

Motherboard BTX standar adalah yang paling banyak dipergunakan di berbagai komputer. Ukuran fisik motherboard ini adalah 325 mm x 267 mm. Ukuran yang lebih besar dari motherboard ATX ini memang ditujukan untuk menjaga sirkulasi udara serta menjaga panas di dalam PC agar stabil dan tidak overheat. 

  • Micro BTX

Motherboard micro BTX sebenarnya sama saja namun hanya berbeda pada dimensinya. Micro BTX mempunyai ukuran 264mm x 267mm.

  • Pico BTX

Motherboard Pico BTX merupakan versi paling kecil dari motherboard jenis BTX karena hanya berdimensi 264mm x 203mm.

Motherboard ITX

Jenis motherboard berikutnya adalah motherboard ITX (Information Technology Extended). Perbedaan motherboard ITX dari jenis ATX dan BTX adalah pada ukuranya. Motherboard jenis ITX ini berukuran paling kecil dari semuanya dan biasanya dipergunakan pada perakitan Mini PC dan PC Tablet. Ada dua varian motherboard ITX, mereka adalah: 

  • Mini ITX

Motherboard mini ITX mempunyai bentuk persegi (bujur sangkar) dengan ukuran 170mm x 170mm. Dari ukuranya saja sudah bisa ditebak produk yang mempergunakanya, yaitu mini PC dan tablet PC.

  • Nano ITX

Motherboard ITX masih ada lagi yang lebih kecil dari Mini ITX yakni Nano ITX. Bentuk nano ITX juga persegi alias bujursangkar dengan dimensi hanya 120mm x 120mm. Ukuran yang sangat kecil ini dipergunakan untuk membuat device yang berukuran lebih kecil seperti smartphone misalnya.

Jika hendak membuat komputer rakitan, biasanya yang dipakai adalah motherboard jenis ATX atau BTX. Namun saat memilihnya harus diperhatikan kebutuhan komputing yang diinginkan seperti prosesor jenis apa yang akan dipergunakan, RAM ukuran dan jenis apa yang akan dibeli, jenis hard disk (SSD atau konvensional), VGA card atau yang onboard, dan lain-lain. Selain itu perhatikan juga kompatibilitas motherboard dengan casing yang akan dipergunakan, jangan sampai membeli motherboard yang tak muat pada casing yang telah dibeli. 

Motherboard Harga
Gigabyte G1 Sniper B5 Rp 1.550.000
Gigabyte GA-78LMT-S2P Rp 1.020.000
Gigabyte GA-F2A85XN-WIFI Rp 1.715.200
MSI Z97S SLI Krait Edition Rp 2.520.000
Asus H61M-D Rp 850.000
ASRock Z87 Extreme 4 Rp 2.090.400
MSI H81M-E35 V2 Rp 858.000
ASRock Fatal1ty 990FX Killer Rp 2.240.000
BIOSTAR Hi-Fi A85S Rp 890.000
ECS H61H2-M17 Rp 642.500

 

Baca juga artikel
Plextor Kenalkan SSD M.2 M6e Cocok untuk Notebook dan Motherboard
Harga Motherboard Komputer Asus Terbaru
Harga Motherboard Komputer Gigabyte Terbaru

Artikel Lainnya

Komentar