Review Asus Zenpad 8.0 Z380KL: Kombinasi Antara Kekuatan dan Kecantikan

Review Asus Zenpad 8.0 Z380KL: Kombinasi Antara Kekuatan dan Kecantikan

Oleh Alena Yulitta on Rabu, 10 Peb 2016 | 17:25

Indonesia kedatangan tablet Android Asus terbaru, Asus Zenpad 8.0. Kali ini Asus memberikan banyak “hal lebih”, desain revolusioner, lebih fashionable, dan kinerja serta fleksibilitas lebih baik.

Penasaran seperti apakah penampakan Asus Zenpad 8.0 yang revolusioner ini? Marilah kita ulas satu demi satu elemen-elemen luar biasa yang ada pada tablet terbaru buatan Asus ini.

Desain: Kombinasi Sempurna Antara Kekuatan dan Kecantikan

Desain yang diusung oleh Asus untuk tablet menengahnya terfokus pada sisi kekuatan, namun tidak melupakan kecantikan dan keeleganan perangkat itu sendiri. Hal ini terlihat dari pemilihan material plastik terkuat untuk membuat bahan casing dengan frame metal yang melalui tahap pelapisan berteknologi Non-Conductive Vacuum Metallization sehingga casing tak saja lebih kuat menahan tekanan yang didapatkan oleh tepi layar dan tepi body secara keseluruhan, namun menambah kesan elegan dengan list metal keperakan yang mengkilat.

Tak hanya itu, kecantikan desain yang dibawa oleh Asus Zenpad 8.0 dipersembahkan pula oleh back cover yang mempunyai finishing seperti sebuah lapisan kulit yang nyaman digenggam. Secara keseluruhan warna casing yang ditawarkan oleh Asus Zenpad 8.0 adalah Leather Black, Pearl White, dan Aurora Metallic. Yang lebih keren lagi, cover belakang Asus Zenpad 8.0 ini bisa diganti-ganti sesuka kamu.

Asus Zenpad 8.0 Tampil Elegan Dengan Back Cover Yang Bisa Diganti

Asus Zenpad 8.0 menawarkan tampilan yang selalu segar dan fresh dengan cover yang bisa diganti-ganti, tak hanya ganti warna, namun ganti jenis back cover yang punya fungsi berbeda-beda. Back cover yang ditawarkan antara lain adalah Zen Clutch, Zen Case, Power Case dan Audio Cover.

Zen Clutch – Adalah cover yang terbuat dari bahan kulit yang memberikan rasa nyaman dan kesan premium. Cover ini bisa dilipat dan membuat Asus Zenpad 8.0 terlihat seperti sebuah dompet tangan. Selain itu Zen Clutch memudahkan pengguna saat menggunakan tablet untuk mengetik atau menonton film.

Zen Case – Adalah pilihan back cover yang bisa dilepas dan pasang dengan 5 warna yang menarik

Power Case – Adalah cover yang selain berfungsi sebagai penutup juga berfungsi sebagai baterai tambahan dengan kapasitas 4330mAh, sehingga pengguna bisa mempergunakan tablet tanpa henti selama 16 jam  (meningkat 175%). Cover yang bisa disebut powerbank-nya Asus Zenpad 8.0 ini tetap terlihat manis seperti cover biasa.

Audio Cover – Adalah cover yang berfungsi sebagai speaker. Audio cover ini punya speaker surround 5.1 yaitu 5 speaker mini dan sebuah subwoofer. Jangan takut baterai cepat habis karena audio cover ini juga dibekali dengan baterai yang bisa bertahan selama 6 jam. Selain sebagai speaker, audio cover juga berfungsi sebagai dudukan tablet saat pengguna ingin mengetik dengan keyboard.

Baca juga Harga Tablet Asus Terbaru

Spesifikasi Asus Zenpad 8.0 Z380KL

Jaringan LTE
OS Android OS, v5.0 (Lollipop)
Layar 8.0 inch, IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 615
CPU Quad-core Cortex-A53 & Quad-core Cortex-A53
Octa-core
GPU Adreno 306 / 405
Internal / RAM 32GB/3GB
Kamera 8MP & 2MP
Baterai Non-removable Li-Po (13 Wh)

Layar : Layar 8 Inci Dengan Asus VisualMaster

Layar yang dipergunakan Asus Zenpad 8.0 mempunyai bentang 8 inci dengan dikelilingi bezel tipis, hanya 6mm, sehingga walaupun screen to body ratio 76,5%, namun Asus Zenpad 8.0 tak lantas terlihat gendut. Asus memang memberikan perhatian lebih pada sektor layar yaitu dengan menghadirkan teknologi VisualMaster yang mampu menaikkan dan mengoptimalkan seluruh aspek tampilan layar mulai dari ketajaman warna, kontras, kejernihan dan juga kecerahan layar.

Layar pada Asus Zenpad 8.0 berjenis IPS Display yang punya viewing angle hingga 178o serta resolusi 1280 x 800 pixels. Asus memberikan pula empat mode warna yang bisa dipilih oleh pengguna yaitu Balance, Bluelight Filter, Vivid dan juga Customized (pengguna bisa mengatur sendiri).

Asus TruVivid

Asus juga menyertakan teknologi Asus TruVivid di mana respon sentuhan dan kejernihan layar ditingkatkan dengan cara mengurangi lapisan layar dari 6 lapis menjadi 2 lapis saja dengan sistem laminasi penuh. Teknologi ini membuang lapisan udara dan menggabungkan kaca layar terluar dengan panel sensor sentuh sehingga kecerahan layar meningkat di atas 94% dan respon sentuh juga semakin presisi.

Asus Tru2Life

Asus juga mengimplementasikan teknologi Asus Tru2Life di mana teknologi ini mampu mengkoreksi kesalahan grafis sehingga ketajaman dan detil setiap tampilan bisa meningkat dengan tajam. Hasilnya, gambar yang ditampilkan mempunyai tingkat ketajaman 200% lebih baik. Selain itu teknologi ini mampu mendeteksi cahaya dari luar dan melakukan pengaturan display sehingga saat Asus Tru2Life dipergunakan di bawah terik matahari, tampilan tetap nyaman terlihat.

Baca juga Asus Zenfone Go, Zenfone Murah di Kelas Menengah

Audio: Menggelegar Dengan Asus SonicMaster

Tablet Asus Zenpad 8.0 dibekali pula dengan Asus SonicMaster yang menciptakan suara menggelegar, kaya dan tajam, baik saat menggunakan Audio Case, headphone, maupun saat disambungkan dengan active speaker/home theatre.

DTS-HD Premium Sound

Asus juga membekali sektor audio Asus Zenpad 8.0 dengan teknologi DTS-HD Premium Sound untuk memproduksi suara surround 360o virtual yang lebih realistis. Perlu diketahui teknologi DTS-HD ini biasanya hanya ada pada perangkat kelas premium dan Asus Zenpad 8.0 menjadi tablet pertama di dunia yang membawa teknologi ini. Untuk mengatur konfigurasi audio Asus juga telah menambahkan aplikasi AudioWizard yang memberikan pilihan otomatis setting audio untuk bermain game, nonton film, merekam percakan dan musik.

Kamera : Gambar Detail dan Jernih Dengan Asus PixelMaster

Asus Zenpad 8.0 dibekali dengan dua buah kamera yaitu kamera depan 2MP dan kamera utama 8MP. Untuk menunjang produktivitas kamera Asus menyertakan Asus PixelMaster, sebuah teknologi yang memungkinkan menangkap gambar dengan lebih detil, jerning dan warna yang alami. Teknologi ini menggabungkan 4 piksel yang didapat dari sensor gambar menjadi 1 piksel saja sehingga hasil pencahayaan akan menjadi 4x lebih terang dan kontras meningkat 2x lipat. Dengan teknologi ono kamera Asus Zenpad 8.0 menjadi lebih peka saat dipergunakan di ruangan yang minim cahaya.

Kamera utama 8MP Asus Zenpad 8.0 hadirkan 16 mode foto seperti HDR, Low-Light, Beautification, selfie dengan fitur 140o Panoramic Selfies sehingga selfie rombongan bisa muat lebih banyak. Ada pula mode “Time Rewind” di mana kamera secara otomatis merekam gambar beberapa saat sebelum tombol shutter ditekan dan beberapa saat sesudahnya, sehingga kehilangan momen tak lagi ada dalam kamus. Mode Smart Remove juga ditambahkan dengan fungsi menghapus objek yang tidak diinginkan.

Performa Asus Zenpad 8.0: Octa Core Snapdragon 615 dengan RAM 3GB

Kinerja Asus Zenpad 8.0 dipersembahkan oleh chipset octa core 64-bit Snapdragon 615 1,3Ghz yang dipadukan dengan RAM 3GB. Tak perlu diceritakan lagi betapa kencangnya kombinasi ini, apalagi internal memory yang disertakan berkepasitas 32GB dan masih bisa diperluas dengan microSD hingga 128GB. Mesin kencang ini menjalankan OS Android Lollipop 5.0.2 yang dibalut dengan ZenUI yang mempesona.

ZenMotion: Buka Aplikasi dengan Tulis Huruf di Layar

ZenMotion adalah terobosan Asus memanjakan para penggunanya. Fitur ini mampu mengaktifkan aplikasi hanya dengan menggambar atau menulis huruf pada layar, baik saat On maupun saat Off/terkunci. Huruf C untuk menjalankan Kamera, W untuk menjalankan Browser, O untuk Kalender, E untuk Email, Z untuk Asus Booster dan V untuk dialer.

Keren Bukan? Jadi kenapa tunggu lagi? Saat ini Asus Zenpad 8.0 sudah dijual di Indonesia lho!

 

Baca juga artikel
Cari Smartphone Asus Baterai Besar? Coba Asus Pegasus 5000!
Rumor: Asus Zenfone 3 Hadir Tahun Ini Dengan Dua Varian Baru
Smartphone Asus Live, Seri Baru yang Penuh Warna

Artikel Lainnya

Komentar

Bima Satria 11 Pebruari 2016 - 18:11
bagsu kayanya buat multimedia, layarnya pas