Peningkatan Kapasitas dan Ukuran Hard Disk Dari Waktu ke Waktu

Peningkatan Kapasitas dan Ukuran Hard Disk Dari Waktu ke Waktu

Oleh Alena Yulitta on Senin, 07 Mar 2016 | 18:08

Salah satu benda yang sangat berjasa menyimpan file skripsi, file kerjaan, dokumen penting hingga film bajakan download dari internet adalah hard disk (disebut pula HD, Hard Drive, HD Drive, HDD).

Tak terasa hingga kini hard disk telah berusia 60 tahun dan selama itu perangkat penyimpan file digital tersebut telah berevolusi dan meninggalkan sejarah yang panjang. Pasti banyak dari kalian yang kurang tahu bahkan tidak tahu sejarah hard disk atau mungkin melihat bentuk hard disk yang dilepas dari dalam PC saja mungkin juga belum.

Ada baiknya sedikit mengetahui sejarah evolusi hard disk dari sejak awal mula dibuat hingga sekarang yang tinggal berukuran sebesar flash disk. Saat ini banyak sekali merk hard disk yang beredar di pasaran, seperti Western Digital, Samsung, Fujitsu, Seagate, Hitachi dan banyak lagi. Mereka banyak sekali dipergunakan pada perangkat laptop produksi berbagai produsen terkenal seperti Asus, Toshiba, Acer, Dell, HP, Apple dan lainnya. Karena benda ini sangat penting bagi kebutuhan computing kita sehari-hari, berikut ini sedikit mengetahui sejarah dan perkembangan hard disk.

Tahun 1956Sejarah hard disk

Cerita perkembangan hard disk pertama kali dimulai tahun 1956. Pada saat itu adalah tahun-tahun awal penemuan komputer yang sebelumnya masih menggunakan kertas berkode untuk memasukkan dan menyimpan data. Pada tahun 1956 hard disk pertama diciptakan dengan kapasitas yang hanya 5MB. Bandingkan dengan sekarang yang telah punya kapasitas lebih dari 5TB.

Dengan kapasitas yang sekecil itu, hard disk masa itu punya ukuran cakram (disk) berdiameter 24 inci (kira-kira 60 cm lebih) dan punya kecepatan hanya 1.200rpm dan waktu akses 600ms. Pada tahun itu sebuah sistem hard disk yang tersusun dari 50 piringan punya berat sekitar 1 ton dan hanya punya single head.

Contoh hard disk masa itu adalah IBM 350 yang jika disewa harganya mencapai 28 ribu dollar per bulan. Jika saat itu Windows 10 sudah ada, maka akan dibutuhkan sekitar 4096 unit IBM 350 hanya untuk ruang instalasi Windows 10 yang butuh 20GB.

Tahun 1962Sejarah hard disk

Open Hard Disk atau yang lebih terkenal merek nama IBM 1311 mulai diumumkan secara publik pada 11 Oktober 1962. Hard disk ini dapat menyimpan 2 juta karakter pada disk pack yang diganti. Ketebalan HD mencapai 4 inci, berat 4,5 kg, dan memiliki 6 disk yang berukuran 14 inci dan 10 permukaan yang dapat ditulis. Dibandingkan yang sebelumnya, HDD ini jauh lebih ringan meskipun masih tergolong besar.

Baca juga Harga Hard Disk Komputer Terbaru

Tahun 1970Sejarah hard disk

14 tahun berikutnya kapasitas hard disk meningkat drastis dan ukuran juga mengecil hampir separuh. IBM mengembangkan drive IBM 330. Hard drive ini punya cakram dengan kapasitas 100MB dengan ukuran diameter cakram tinggal 14 inci. IBM 330 sendiri terdiri dari 11 piringan cakram dengan transfer data 806 kb/s dan dijual seharga 418 ribu dollar  pada tahun 1974.

Tahun 1973Sejarah hard disk

 

Pada tahun 1973, IBM memulai program Winchester dengan piringan berputar yang terpasang permanen, Mekanisme loading menjadi masalahnya, demikian juga kedekatan nama HD tersebut dengan nama sebuah senjata (Winchester), sehingga HDD ini sempat diperdebatkan.

Tahun 1976Sejarah hard disk

Pada tahun ini hard disk berevolusi dari penggunaan piringan cakram yang bergerak menjadi hard disk dengan karakteristik SSD yaitu tak punya komponen yang bergerak dan mekanik. Pada tahun ini hard disk dibuat dengan menggunakan memori ferit magnetik. Penggunaan material baru ini memberikan kelebihan antara lain adalah waktu akses yang jauh lebih cepat, Bulk Unit Core yang bisa menyimpan hingga 8 modul memori di mana setiap modul berisi data 256KB. Walaupun hard disk telah berevolusi menjadi cikal bakal SSD namun hard disk dengan cakram juga masih terus berkembang.

Tahun 1980Sejarah hard disk

 

Pada tahun 1980 munculah yang dinamakan hard disk dengan ukuran 5,25 inci dan beratnya menciut tinggal berbobot 3,2kg dengan hanya 2 piringan magnetik yang punya empat buah kepala. Kecepatan transfer saat itu 655 KB/s. Pada  tahun ini hard disk telah bisa ditempatkan ke dalam sebuah PC.

Tahun 1988

Delapan tahun berikutnya muncul hard disk dengan ukuran 2,5 inci dengan kapasitas yang lebih besar yaitu 20MB. hard disk ini adalah cikal bakal HDD untuk laptop dan menjadi standar SSD di pasaran hingga kini. Pada tahun 1989, Western Digital membuat standar IDE (Integrated Drive Electronics) untuk semua ukuran Hard disk.

Baca juga Pahami 6 Hal Ini Agar Mudah Milih Hard Disk Untuk Gaming

Tahun 1995

Pada tahun 1995 muncul penggunaan NAND Flash sebagai penyimpanan media yang andal. Pada tahun ini muncul FFD Drive atau Fast Flash Drive yang telah dibekali dengan interface SCSI. Namun sayang karena harganya yang kelewat mahal produk ini kurang populer pada pengguna PC dan laptop namun justru dipergunakan pada industri pertahanan dan pesawat.

Tahun 1997Sejarah hard disk

Hard disk berkembang sangat pesat dimulai pada tahun 1997. Itu ditandai dengan adanya Giant Magnet Resistance (GMR) yang ditemukan oleh Peter Gurnberg, dengan DTTA-351680, IBM dapat mengatasi batasan kapasitas 10GB.

Tahun 2004

 

Pada tahun 2004, Seagate meluncurkan hard disk SATA pertama dengan Native Command queing. kapasitas HD ini sudah mencapai 120GB. Dibandingkan dengan 3 tahun sebelumnya, kapasitas HDD meningkat hingga 6 kali lipat.

Tahun 2007

Pada  tahun 2007 muncul hard disk dengan kapasitas penyimpanan 1TB yang pertama di dunia. Hard disk ini punya waktu akses hanya 8,5 ms dan kecepatan putar piringan 7200 RPM. Pada tahun ini Hitachi adalah yang pertama kali memproduksi hard disk dengan kapasitas sebesar itu yang didalamnya tersusun dari 5 cakram magnetis dengan 10 buah head. 

Tahun 2015

Sampai saat ini SSD sudah tersedia dengan kapasitas yang makin gila-gilaan mulai dari 20GB hingga lebih dari 10TB. Agustus lalu Samsung memproduksi hard disk dengan kapasitas 16TB. Namun saat ini muncul rumor bahwa NSA sedang menyiapkan sebuah ruangan untuk menyimpan hard disk dengan kapasitas 1 Yottabyte. Seberapa besarkah itu?

  • 1000 Gigabytes (GB) = 1 Terabytes (TB) 
  • 1000 Terabytes (TB) = 1 Petabytes (PB) 
  • 1000 Petabytes (PB) = 1 Exabytes 
  • 1000 Exabytes = 1 Zettabyte 
  • 1000 Zettabytes = 1 Yottabytes

Jadi jika punya hard disk dengan kapasitas 1TB, butuh 1.000 milyar hard disk untuk mendapatkan 1 Yottabyte. Jadi yang dibuat NSA bukan sebuah hard disk namun semacam data center.

Sebagai pengguna biasa, kita tak perlu hard disk yang terlalu besar. Hard disk yang saat ini telah ada di pasaran dirasa cukup bahkan melebihi ekspektasi kita karena telah ada yang mempunyai kapasitas di atas 2TB, mempunyai  interface SATA serta berukuran kecil.  Tak hanya itu, saat ini juga sudah ada external hard disk dengan ukuran 20TB seperti LaCie 5Big Thunderbolt 2 dan Drobo 20TB 5 Bay.

 

Baca juga artikel
Jenis Hard Disk dan Fungsinya yang Perlu Kamu Tahu
Fungsi dan Jenis-jenis RAM Beserta Ciri-cirinya Yang Harus Kamu Tahu
Tipe-tipe RAM DDR yang Digunakan pada Komputer

Artikel Lainnya

Komentar