Diperbaharui pada Senin, 16 Oktober 2023 | 10:55

Perbedaan Prosesor Laptop Intel Core i3, Core i5 dan Core i7

perbedaan intel core i3 i5 i7
Meski laptop dengan prosesor Intel Core i9 sudah banyak tersedia di pasaran, namun masih banyak calon pembeli yang lebih memilih untuk mencari laptop dengan prosesor Intel Core i3, Intel Core i5 atau Intel Core i7. Alasan utamanya adalah soal harga, namun apa ada alasan lainnya?

Selain harga, spesifikasi laptop yang menggunakan salah satu dari ketiga prosesor Intel Core tersebut pada umumnya dibekali dengan fitur dan fungsi yang sangat memadai untuk melakukan berbagai hal mulai dari pekerjaan kantoran, hingga desain dan editing.

Tapi bukan berarti laptop dengan jenis prosesor lain tidak bisa melakukan semua hal di atas, hanya saja, laptop dengan prosesor Intel Core memang pada kenyataannya lebih populer di kalangan pengguna laptop kasual. Mungkin karena "Intel" lebih familiar di telinga pengguna laptop awam.

Nah, pertanyaan yang sering sekali muncul ketika ingin membeli laptop yang menggunakan prosesor Intel Core adalah, mana yang paling bagus? Jawaban klise adalah sesuai dengan kebutuhan, namun bila ingin tahu lebih jelas perbedaannya, berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan.

Fungsi Prosesor pada Laptop

laptop intel i7 terbaikFoto: Pexel

Prosesor merupakan “otak” di dalam sebuah komputer, yang bekerja setelah menerima perintah dari pengguna laptop, yang kemudian meneruskan perintah tersebut ke hardware.

Makanya, jika kita ingin membeli perangkat komputer atau laptop, spesifikasi prosesor menjadi sorotan utama karena akan sangat berpengaruh pada performa yang akan dihasilkan.

Core sendiri berperan sebagai proses instruksi yang dijalankan pada sebuah proses. Nah, dengan penggunaan nama core pada prosesor tersebut, banyak pengguna yang menyangka bahwa inisial i3, i5 dan i7 merujuk pada jumlah prosesor, misalnya i3 yang di dalamnya terdapat 3 prosesor, i5 dengan 5 prosesor dan i7 yang terdiri dari 7 prosesor.

Pemahaman tersebut kurang tepat, karena Inisial tersebut merujuk pada kemampuan yang dimiliki oleh prosesor yang dimaksud. Kemampuan ini dipengaruhi oleh clockspeed, cache dan support memori yang dapat diproses dalam satu waktu.

Baik prosesor Core i3, Core i5, maupun Core i7, memiliki perbedaan dalam hal teknologi, di antaranya adalah Turbo Boost, yang merupakan kemampuan untuk meningkatkan clockspeed pada CPU atau dikenal dengan sebutan overclocking otomatis.

Prosesor dapat mematikan satu atau dua engine lainnya agar memberikan ruang lebih besar pada CPU sehingga menuntut prosesor untuk dapat bekerja dengan lebih keras.

Teknologi lainnya adalah Hyper Treading yang merupakan kemampuan untuk melakukan stimulasi jumlah prosesor yang ada sehingga mampu bekerja secara multiprocesss pada bagian kecil.

Dengan adanya teknologi ini, maka daya yang digunakan pun akan menjadi lebih efisien. Hyper Treading sendiri digunakan pada prosesor Intel Core i5 dan Intel Core i7, karena Intel Core i3 belum memilikinya.

Perbedaan Laptop Intel Core i3, Intel Core i5 dan Intel Core i7

laptop intel i7 terbaik

Kepopuleran laptop Intel Core i3, Intel Core i5 dan Intel Core i7 memang tidak bisa dipungkiri. Sebagian besar laptop yang laris di pasaran kebanyakan mengusung ketiga prosesor tersebut, karena dari segi performa, ketiganya sangat bisa diandalkan.

Pengguna yang membutuhkan laptop kerja biasanya akan memilih laptop dengan prosesor Intel Core i3 atau Intel Core i5, namun bila kebutuhannya sedikit lebih spesifik, dan membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi, maka Intel Core i7 akan menjadi pertimbangan utama.

Bagi Anda yang saat ini masih bingung untuk memilih laptop dengan prosesor Intel Core apa yang sebaiknya dibeli, berikut perbandingan head to head dari Intel Core i3, Intel Core i5 dan Intel Core i7.

Intel Core i3

Prosesor Intel Core i3 memiliki 2 prosesor dual core. Kedua prosesor ini dapat menjalankan dua instruksi sekaligus dalam satu waktu. Selain itu, kelebihannya dari laptop dengan prosesor Intel Core i3 adalah lebih tahan terhadap panas serta lebih efisien daya.

Berikut beberapa poin penting dari prosesor Intel Core i3:

  • Tidak support teknologi Hyper-Treading
  • Turbo Boost dengan maksimum overclocking otomatis berkisar antara 2.933 GHz sampai dengan 3.2 GHz
  • Clock Graphics Processor 100 MHz
  • L3 Cache 4 MB
  • LGA Socket 1156
  • Intel Core i3 dapat mengintegrasikan Virtualizing Tecnology dengan GPU (Graphic Processing Unit), sehingga berjalan lebih cepat

Untuk melihat daftar rekomendasi laptop Intel Core i3 terbaik, Anda bisa klik di sini.

Intel Core i5

Prosesor Intel Core i5 terdiri dari dua prosesor dual core. Namun, ada pula Core i5 yang terdiri dari prosesor Quad Core namun tidak dilengkapi dengan teknologi Hyper-Treading.

Perihal fungsi kerjanya, prosesor Core i5 cocok untuk digunakan pada laptop pengguna yang lebih advanced. Sekalipun lebih panas bila dibandingkan dengan Intel Core i3, namun dalam hal kemampuan, Intel Core i5 ini lebih unggul.

Salah satu keunggulan utama dari laptop yang menggunakan prosesor Intel Core i5 adalah kemampuannya untuk multitasking dan mendukung software-software yang tergolong berat. Berikut beberapa keunggulan lain dari Intel Core i5:

  • Mendukung Hyper-Treading
  • Terdiri dari 2 prosesor Dual Core. Terdapat juga seri i5 yang berisi 2 prosesor Quad Core, namun tidak mendukung Hyper-Treading
  • Turbo Boost maksimum overclocking otomatis antara 2.4 GHz sampai 3.33 GHz.
  • L3 Cache 4-8 MB
  • LGA Socket 1156
  • Intel HD Graphics
  • Maximal RAM 16 GB

Untuk melihat daftar rekomendasi laptop Intel Core i5 terbaik, Anda bisa klik di sini.

Intel Core i7

Prosesor Intel Core I7 adalah model yang paling tinggi di antara ketiganya. Intel Core i7 memiliki 4 prosesor Quad Core dengan kecepatan 3.07 GHz pada masing-masingnya, Namun pada seri-seri tertentu prosesornya bisa berjumlah 6.  

Prosesor ini memiliki kemampuan khusus yang mampu memecah 4 prosesor menjadi 8 bagian, sehingga proses kerja yang berat dapat dijalankan secara bersamaan.

Kemampuan ini memungkinkan pengguna laptop untuk menjalankan berbagai proses dan aktivitas secara bersamaan, misalnya melakukan 3D Rendering, Video Editing dan animasi di waktu yang bersamaan.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan lain dari prosesor Intel Core i7:

  • Mendukung Hyper-Treading
  • Turbo Boost maksimum overclocking otomatis berkisar antara 1.73 GHz sampai 3.33 GHz
  • L3 Cache 8-12 MB
  • Teknologi Intel QuickPath Interconnect yang berfungsi untuk mempercepat proses pembacaan data mencapai 25.6GB per detik
  • LGA Socket 1156
  • Intel HD Graphics
  • Maximal RAM sebesar 24 GB

Untuk melihat daftar rekomendasi laptop Intel Core i7 terbaik, Anda bisa klik di sini.

Kesimpulan

Seperti yang selalu kami tekankan kepada calon pembeli, memilih laptop dengan prosesor terbaru belum tentu menjadi pilihan terbaik, karena pada dasarnya, semua harus disesuaikan dengan kebutuhan. Spesifikasi adalah bagian terpenting yang menentukan apakah laptop tersebut sesuai dengan apa yang Anda cari.

Sayang rasanya bila membeli laptop yang speknya tinggi, namun hanya digunakan untuk kerja kantoran seperti mengetik di Word dan membuka Excel saja. Atau sebaliknya, laptop dengan spek rendah dipaksa untuk melakukan tugas editing atau bermain game berat.

Dengan mengetahui perbedaan prosesor Intel Core i3, Intel Core i5, dan Intel Core i7, kini Anda bisa menentukan mana laptop yang peling sesuai untuk Anda. Terakhir, sesuaikan juga budget-nya, ya!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1483 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.