Apa Itu Smart TV? Ini Semua Yang Perlu Kamu Tahu

Apa Itu Smart TV? Ini Semua Yang Perlu Kamu Tahu

Oleh Aris Wibowo on Jumat, 29 Jan 2016 | 15:16

Teknologi saat ini mulai berkembang ke arah yang lebih baik dengan munculnya berbagai inovasi-inovasi yang mengagumkan dan tentu bermanfaat. Bahkan beberapa tahun ini banyak hal mengalami perubahan, khususnya dalam dunia perangkat elektronik. Ponsel kini kian pintar untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Komputer juga kian powerful dengan desain lebih kompak agar kerja semakin produktif.

Perkembangan teknologi juga tidak bisa dilepaskan dari perkembangan internet yang juga semakin pesat. Bahkan internet mulai merambah ke berbagai perangkat elektronik harian. Salah satunya perangkat yang sering digunakan dalam kehidupan manusia yakni televisi atau TV. TV saat ini bahkan hadir dengan sejumlah inovasi sehingga kotak berwarna ini tidak lagi sekedar kotak.

Fakta lain juga menunjukan desain TV yang juga berkembang. TV modern kini hadir dengan desain lebih ramping sehingga semakin mudah ditempatkan. Tak hanya itu, TV saat ini sudah mendukung berbagai fitur untuk membantu kehidupan manusia. Maka tak heran, muncul istilah Smart TV.

Apa itu Smart TV?

Smart TV sebetulnya tidak berbeda jauh dengan TV biasa. Bedanya, Smart TV sudah hadir dengan support konektivitas internet melalui WiFi atau kabel Ethernet. Sebuah Smart TV juga hadir dengan sistem operasi sendiri. Jadi Smart TV tidak hanya dapat menerima siaran TV biasa tetapi juga memiliki kemampuan untuk mengakses internet.

Dengan kemampuan support internet ini, pengguna bisa menggunakan berbagai aplikasi, mengecek sosial media hingga menonton konten streaming langsung dari TV tanpa harus menggunakan bantuan perangkat lainnya seperti set top box. Tak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan smart TV untuk bermain game online. Apalagi beberapa smart TV hadir dengan layar yang lebar sehingga permainan akan terasa lebih seru. Selain itu, Smart TV juga memiliki web browser, alhasil kamu bisa berselancar membuka situs-situs dengan mudah langsung dari TV.

Pada umumnya, Smart TV hadir dengan semacam remote control untuk mengoperasikannya. Namun, seiring perkembangan zaman, Smart TV kini sudah menggunakan teknologi layar sentuh. Bahkan beberapa Smart TV sudah support Voice Commands dan Motion Gesture untuk memudahkan pengoperasiannya. Jadi kamu bisa mengganti channel hanya dengan menggerakkan tangan di depan layar atau cukup melalui perintah suara saja.

Baca juga LG siapkan webOS 3.0 untuk Smart TV

Smart TV juga memunculkan tren streaming konten yang lebih mudah. Kamu bisa menikmati berbagai acara maupun film secara online. Beberapa smart TV bahkan dilengkapi dengan kamera. Sehingga pengguna bisa melakukan panggilan videocall ke teman atau keluarga melalui aplikasi skype. Selain itu, untuk membedakan Smart TV dengan TV modern biasa pada umumnya, beberapa produsen juga menambahkan berbagai fitur dan layanan update berkala.

Berikut ini Fitur Unik yang hanya ada di Smart TV

Aplikasi Layanan Online

Smart TV biasanya dibekali dengan beberapa aplikasi bawaan. Beberapa diantaranya berisi aplikasi berbasis layanan online untuk multimedia. Kamu dapat dengan mudah menemukan aplikasi musik dan video streaming seperti Netflix, Pandora hingga YouTube.

Browsing Internet      

Kebanyakan Smart TV saat ini hadir dengan browser default yang mumpuni. Kamu bisa langsung mencari informasi bila menemukan sesuatu saat menonton TV.

Games

Semenjak beberapa Smart TV memiliki toko aplikasi tersendiri, semakin banyak pengembang yang mulai mengembangkan permainan mobile untuk Smart TV. Kamu bisa mengunduh beberapa game untuk mengusir kejenuhan dan memainkannya kala waktu bosan.

Aksesoris

Smart TV hadir dengan cukup banyak aksesoris. Kamu bahkan bisa melakukan update hardware, update wireless dan tambahan aksesori 3D untuk memaksimalkan penggunaan smart TV.

Sistem Operasi dalam Smart TV

Beberapa perusahaan pembuat smart TV mulai mengembangkan sistem operasi agar bisa maksimal digunakan. Berikut beberapa sistem operasi yang hadir di Smart TV

Samsung Tizen OS

Samsung terbilang cukup serius dalam mengembangkan Smart TV beberapa tahun ini. Produsen asal Korea Selatan ini bahkan mengembangkan sistem operasi sendiri bernama OS Tizen yang juga bisa digunakan pada Smart TV. Memang sistem ini masih dalam tahap pengembangan sehingga aplikasi yang ditawarkan masih terbilang sedikit. Sistem ini kabarnya bisa digunakan pada layar dengan resolusi 2K maupun 4K. Sistem ini juga bisa digunakan melalui remote control, suara hingga motion control. Secara keseluruhan sistem ini cukup memadai dan diperkirakan akan berkembang.

Android TV

Google juga terus mencoba masuk dalam pasar TV meski pada tahun 2013 Google TV tidak beroperasi lagi. Sebagai gantinya, perusahaan ini mengembangkan Android TV yang bekerja sama dengan Sony. Smart TV ini hadir dengan user interface yang bersih dan mudah digunakan. Aplikasi yang ditawarkan juga cukup banyak. Kamu bisa menggunakan sistem ini melalui remote hingga touchpad. Android TV juga bisa tersambung dengan Google Cast. Sistem ini juga menghadirkan dua browser yakni Google Chrome dan Opera.

Baca juga Cara Mudah dan Cepat Koneksikan iPhone ke TV

LG Web OS

LG beberapa waktu lalu mengembangkan WebOS. Awalnya, banyak yang bingung untuk apa sistem ini dihadirkan. Namun, semenjak hadirnya Smart TV, baru dipahami bahwa WebOS memang dipersiapkan untuk Smart TV. Sistem ini hadir dengan interface yang mudah digunakan. Sistem ini juga sudah support remote, voice control hingga motion control untuk mengoperasikan perangkat TV pintar ini.

Panasonic Viera Life + Screen

Panasonic awalnya menggunakan perangkat tambahan Viera connect and cast pada Smart TV generasi lama. Namun, kini Panasonic menghadirkan OS baru untuk Smart TV yang lebih modern. Life + Screen merupakan sistem yang sudah support perintah suara hingga pengenalan wajah. Perangkat ini juga bisa mendeteksi gerakan dan menghadirkan berita terkini hingga cuaca terkini yang lebih update. Sistem ini bahkan bisa menampilkan konten yang sesuai penggunanya.

Vizio Smart TV

Vizio OS hadir dnegan fitur yang tidak terlalu banyak namun cukup baik. OS ini juga tidak support pengenal suara dan gerakan, namun hanya remote dan keyboard QWERTY saja. Dalam remote juga terdapat beberapa tombol multimedia yang akan langsung menampilkan layanan streaming. Bila kamu mencari sistem yang simple. Smart TV yang satu ini layak dipilih.

Lalu, apa keuntungan Smart TV dibanding TV biasa?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Smart TV hanya unggul pada bagian konektivitas internet, hadirnya aplikasi hingga games. Tak hanya itu, Smart TV juga bisa digunakan untuk streaming dan browsing sehingga membuat pengguna tidak hanya menonton siaran TV biasa.

 

Baca juga artikel

New Apple TV Membawa Siri, Aplikasi dan Game iOS ke Layar Lebar

Apple TV Hadirkan Hiburan Keluarga dengan tvOS

Monitor TV Samsung Ini Dibekali Wireless Charger

 

Artikel Lainnya

Komentar