Asus ZenPad 7 Z370CG: Audio Cover CA71 Bikin "Nendang" di Multimedia

Asus ZenPad 7 Z370CG: Audio Cover CA71 Bikin "Nendang" di Multimedia

Oleh Evan Yazid Praditya on Jumat, 15 Jan 2016 | 14:07

Kali ini kami ingin berbagi pengalaman ketika menggunakan ASUS ZenPad 7 Z370CG. Tablet ini merupakan lanjutan dari ZenPad C 7.0 Z170CG yang sudah lebih dahulu hadir di pasar Indonesia. Meski wujud tabletnya tidak berbeda jauh, tapi kehadiran ASUS Audio Cover CA71 pada ZenPad 7 Z370CG membuatnya tampil lebih elegan.

Kebetulan kami pecinta musik dan film, maka tak heran jika tablet dengan dukungan ASUS Audio Cover CA71 ini sangat cocok digunakan untuk keseharian aktivitas kami, terutama mengusir kebosanan sehabis bekerja. Apalagi slot kartu memori yang disediakan support hingga 128GB, puas bisa menampung film lebih banyak lagi.

Spesifikasi ASUS ZenPad 7 Z370CG

Jaringan HSPA
OS Android 5..0.2 Lollipop
Layar 7.0 inch, IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Chipset Intel Atom x3-C3230
CPU Quad core
GPU Mali-450MP4
Internal / RAM 16GB / 2GB
Kamera 5MP & 2MP
Baterai Non-removable Li-Po (13 Wh)

 

ASUS Audio Cover CA71

Inovasi yang dilakukan oleh ASUS melalui back cover ini menarik untuk kami sebagai penyuka musik dan film. Back cover dengan speaker surround 5.1, terintegrasi langsung ke tablet Zenpad. Di dalamnya dipasangkan 5 buah speaker mini dan sebuah subwoofer untuk menghadirkan tata audio lebih realistik dari tablet ZenPad 7.0 Z370CG. Selain itu terdapat baterai yang diklaim mampu memainkan audio hingga 6 jam. Dengan itu semua berat back cover ini hanya 211 gram. Ketika kami sedang menonton film, back cover ini bisa difungsikan sebagai dudukan tablet. Pilihan warna untuk back cover ini terdiri dari warna metalik, hitam dan tentu saja putih.

Omong-omong mengenai kualitas suara dari Audio Cover ini, kami sangat terkesan dengan besarnya output suara yang dihasilkan. Tidak cuma bising, namun kualitas surround yang disajikan juga sangat oke. Apalagi kala kami menonton film horror dengan menggunakan tablet ini. Atmosfir seram dan backsound yang mengerikan keluar sempurna dari speaker Audio cover ASUS ini. 

Untuk penikmat musik kami yakin tablet dengan Audio cover ini akan mencuri hati kalian. Dengan adanya fitur DTS HD Premium Sound maka suara musik yang akan kalian putar akan terdengar sangat baik melalui Audio cover Asus CA71.

Baca juga Asus ZenFlash (AFLU002), Lampu Kilat untuk Zenfone 2

ASUS juga menyediakan pilihan back cover lainnya meliputi beberapa model yakni Zen Clucth, Zen Case, Power Case, dan Audio Cover. Zen Clucth merupakan cover dengan material kulit yang memberi kesan premium yang juga memunculkan desain lipatan layaknya sebuah agenda atau dompet tangan. Desain cover lipat ini juga memudahkan penggunaan tablet kala difungsikan untuk mengetik atau nonton film.

Zen Case merupakan  pilihan cover punggung dalam 5 warna atraktif yang bisa dilepas pasang. Cover seperti ini menjadikan tablet seperti halnya smartphone yang lebih sering berganti back cover sehingga penampilannya lebih segar.

Adapun Power Case (CB71) merupakan cover yang juga berupa baterai tambahan kapasitas 3450mAh sehingga memperpanjang masa pakai tablet mencapai 14 jam alias meningkat 175%. Bisa dibilang, ASUS Power Case ini layaknya sebuah powerbank. Kerennya, Power Case bisa terintegrasi ke tablet melalui mekanisme back cover sehingga tetap terlihat sebagai sebuah kesatuan tablet, bukan seperti tablet yang terhubung dengan powerbank.

Desain & Layar

Untuk desain bodi dari ASUS ZenPad 7 ini menurut kami biasa-biasa saja, sama seperti tablet lain pada umumnya. Yang menjadi nilai lebih hanyalah back cover yang bisa diganti-ganti sesuai selera kamu. Jujur saja, buat kami back cover ZenPad ini emang keren dan unik banget. Apalagi buat para wanita, finishing back cover dengan kontur ala kulit yang memberikan kesan mewah membuatnya seolah-oleh kamu sedang membawa atau menggenggam dompet mewah. Nggak terlalu berat juga kok waktu kami jinjing ASUS ZenPad 7 Z370CG karena beratnya hanya 272 gram dengan ketebalan 8,7mm.

“Menjamah” tubuhnya ke berbagai sisi, kami menemukan dua tombol power dan tombol volume di sisi kanan. Kalau sisi sebaliknya, polos tanpa tombol yang menonjol. Jack audio 3,5mm untuk headphone atau earphone berada di sisi atas, sedangkan lubang charger ada di bagian bawah bersama lubang microphone. Port SIM card dan memori ada di balik back cover  ASUS ZenPad 7 Z370CG. Kartu SIM-nya menggunakan ukuran micro.



Layar 7 inci-nya menggunakan panel inch panel IPS dengan resolusi 800 x 1280. Respon layarnya juga responsive waktu kamu sapu ke kanan dan kiri, begitu pun ketika kami cubit untuk melakukan zoom out dan in. Fitur-fitur untuk display tablet ASUS ini antara lain dukungan 10 finger multi-touch, Corning Gorilla Glass generasi pertama, perlindungan anti-fingerprint, full lamination dan ASUS Tru2Life Technology.

Pengoperasian

Menurut kami ZenUI adalah salah satu User Interface terbaik saat ini. Kemudahan akses dan pilihan kustomisasi yang beragam membuat kami tidak hanya sekedar ingin memakai hardware-nya saja, melainkan juga user interface-nya.

ZenUI ini pastinya hadir di ASUS ZenPad 7 yang kami pegang. Tidak perlu bingung lagi untuk mengutak-atik ZenPad ini karena memang kami sudah hafal dengan ZenUI. Apalagi dengan fitur terbaru swipe down-nya di homescreen semakin mempermudah kami untuk Googling atau mencari file di dalam tablet ini.

Dengan prosesor Quad core Intel Atom x3-C3230 64bit dan RAM 2GB kami rasa sudah cukup untuk sebuah tablet menjadi teman kami mendengarkan musik, menonton, chat dan berfoto ria. Terbukti memang tablet ini lancar-lancar saja. Kalaupun terasa lag kami langsung menggunakan fitur boost untuk membersihkan RAM dan memberi ruang kosong agar tablet berjalan normal kembali. Di AnTuTu tablet ini mendapat skor 19256, jauh dibandingkan dengan Lenovo K3 Note sebagai pesaing terdekat ASUS ZenPad 7 ini.

Baca juga Asus Gandeng TAM, Ini Daftar Terbaru Service Center Asus di Indonesia

Untuk media penyimpanan internal, ASUS ZenPad ini dibekali ROM sebesar 16GB. Jika kurang,sudah kami bilang di atas, kalian masih punya jatah slot SD card sampai dengan 128GB. Masih belum cukup? ASUS masih menyediakan gratis space 5GB di ASUS WebStorage.

Untuk OS, ASUS ZenPad 7 ini sudah menggunakan Android 5.0.2 alias Lollipop. Belum ada kabar apakah tablet ini akan menicicipi Marshmallow. Harapan kami sih jelas semoga tablet ini mendapatkan update Marshmallow.

Performa Gaming dan Multimedia

Hasil AnTuTu Benchmark

Sesungguhnya spesifikasi hardware ASUS ZenPad ini tidaklah terlalu wah banget, namun untuk tablet seharga Rp 2 juta-an ini sudahlah sangat cukup. Dimotori Mali-450MP4 sebagai GPU-nya, ya lumayanlah untuk diajak gaming. Total ada 4 game yang kami coba mainkan di tablet ASUS ini. Yaitu, DOT Arena, Modern Air Combat (3D), City Driving 3D dan Death Dome. Semua game tersebut memang tidak sepenuhnya lancar-lancar saja namun masih bisa kami toleransi.

Namun, ada yang sangat mengganggu di saat kami bermain game berat. Baterai tablet ASUS ini sangat-sangatlah boros. Bahkan pada saat kami bermain Death Dome selama 10 menit saja baterai sudah terkuras sampai dengan 15%. Bisa jadi ini bug game tersebut yang buat baterai ASUS ZenPad ini harus berkerja lebih keras atau bisa saja hal yang lain. 

Untuk musik ASUS ZenPad juga pilihan tepat. Dengan teknologi DTS-HD Premium Sound yang membuat suara musik makin gahar. Apalagi dengan menggunakan aksesoris tambahan yaitu ASUS Audio Cover tentu akan semakin ciamik.

Buat kalian yang hobi nonton dari gadget, rasanya tablet adalah gadget yang paling tepat. Selain harganya masih gak terlalu bikin jebol kantung celana, memang kelebihan tablet ini adalah layar yang yang ekstra besar dibandingkan dengan smartphone. Nah, ASUS ZenPad ini memang oke sekali untuk menjadi teman kamu untuk menonton video klip atau film hasil unduh. Apalagi dengan teknologi layar Tru2Life dan TruVivid makin membuat tampilan video di layar ASUS ZenPad ini makin jernih.

Kamera

Dari segi kamera, tablet ini dipersenjatai dengan spesifikasi yang biasa-biasa saj. 5MP untuk kamera utama dan 2 MP untuk kamera selfie. Jangan terlalu berharap untuk mendapatkan hasil foto yang sangat wah. Namun ZenPad ini memiliki mode dan fitur kamera yang menarik seperti HDR, Beautification, Low light, Depth of Field, Slow motion, Time lapse dan lainnya.

Fitur Lain

Sama dengan tablet pada umumnya tablet ini memiliki 3 konektivitas wajib yaitu GPS (GLONASS and A-GPS), WiFi (802.11b/g/n) dan Bluetooth v.4.0. Tidak ada fitur NFC dan IR Blaster di tablet ini. Fitur Fast-charging juga belum disematkan di ASUS ZenPad ini padahal fitur Fast-charging buat kami sangatlah penting apalagi untuk pengguna yang sangat mobile.

Dimana mendapatkan ASUS ZenPad 7 Z370CG

Untuk saat ini kamu bisa mendapatkannya di blibli.com dengan harga Rp 2,299.000. Untuk pesaingnya sendiri di pasar Indonesia dengan harga sebanding diantaranya HP Stream 8, Axioo PICOpad 7 GGG V2 dan CUBE TALK9X.

Kesimpulan

Dengan harga 2 jutaan, tablet ini layak untuk dibeli buat kalian yang memang butuh perangkat hiburan, khususnya untuk menonton atau mendengarkan musik. Karena dukungan Audio Cover CA71 sangat memuaskan. Untuk harga tablet asus terbaru bisa klik disini.

Kelebihan Kekurangan
Back cover yang bisa diganti sesuai dengan selera Desain kaku
Performa Audio Cover yang memuaskan Baterai boros
UI simple dan menarik Belum 4G LTE
Baterai tambahan dengan menggunakan Power cover  

 

Baca juga artikel

Smartphone Android Lollipop, Pilih Xiaomi Mi 4i atau Asus Zenfone 2

Asus Pegasus X005 Sudah Lolos TENAA dengan Chipset Octa Core

Asus ZenPad Theater Edition Hadir di Indonesia dengan Layar 7 Inci dan 6 Speaker

Artikel Lainnya

Komentar

bli 15 Januari 2016 - 17:34
itu covernya beneran gratis??? mantap kalo bener sih....
bli 15 Januari 2016 - 17:34
itu covernya beneran gratis??? mantap kalo bener sih....
evanyzd 15 Januari 2016 - 17:45
Iya gan, sikat aja. Langsung dapet audio cover nya.
Risky Wijaya Praba Saputra 20 Januari 2016 - 12:22
wuih enak jg nih klo dpt back covernya :D