Asus ZenFlash (AFLU002), Lampu Kilat untuk Zenfone 2

Asus ZenFlash (AFLU002), Lampu Kilat untuk Zenfone 2

Oleh Tedi Yuni A on Rabu, 10 Peb 2016 | 17:42

Asus ZenFlash diluncurkan bersamaan dengan Asus Zenfone 2 dan khusus dirancang untuk menambah cahaya kala memotret. Selain ZenFlash, Asus juga meluncurkan aksesoris lighting lainnya bernama Lolliflash. Fungsi keduanya sama yakni untuk menambah pencahayaan ketika pengguna ingin memotret, terutama dalam kondisi minim cahaya.

Saat ini kita akan mengupas tuntas mengenai Asus ZenFlash, sebuah dongle yang compact dan juga sangat mudah digunakan, kapan dan dimanapun ketika ingin memotret.

Spesifikasi Asus ZenFlash

Dimensi 48 x 30 x 15.7 mm
Berat 20 g
Warna Hitam
Material Plastik
Jangkauan Flash 2.4meter (ISO 50,100,200,400 f/2.0)
Mode Flash Manual
Guide Number 8
Suhu Operasional 0C - 45C
Rating input 5V, 300mA
Support model ZE551ML/ZE550ML/ZE500CL/ZE500KL/ZE500KG/ZD551KL/ZE551KL/ZE600KL/ZE601KL

Berikut ini fitur-fitur utama Asus Zenflash:

  1. Memiliki nilai GN (Guide Number) 4.8 yang mampu menawarkan penerangan 100 kali lebih baik dari lampu kamera flash (LED) pada kamera smartphone.
  2. Bisa dikoneksikan dengan USB OTG, tanpa baterai dan charger.
  3. Hanya diperuntukan bagi ZenFone 2 series
  4. Disertakan pelindung kabel USB

Guide Number (GN) adalah angka yang mengindikasikan kekuatan jangkauan maksimum pancaran cahaya lampu kilat (flash). Semakain tinggi nilai angka GN sebuah lampu kilat, maka intensitas dan jangkauan cahaya akan semakin lebar dan jauh.

Desain dan cara pakai Jika kamu membeli Asus ZenFlash, di dalam box-nya kamu akan mendapati ZenFlash, pelindung (protective sleeve), velcro, buku petunjuk dan kartu garansi. ZenFlash Asus memiliki eksterior dari bahan plastik dengan ukuran 48 x 30 x 15.7mm dan berat 20 gram. Perangkat ini hanya berfungsi untuk Asus ZenFone 2 series. ZenFlash memiliki USB OTG di tubuhnya untuk disambungkan ke lubang charger di ZenFone 2. Kabel USB OTG-nya bisa disimpan dengan menyelipkannya di sekeliling body ZenFlash.  

Untuk pelindung  (protective sleeve), terbuat dari material berbahan karet yang keras sehingga mampu menahan Asus ZenFlash tetap di tempatnya dan juga bisa dijadikan sebagai gantungan kunci.  Sementara untuk velcro, fungsinya adalah untuk merekatkan ZenFlash ke tubuh ponsel agar terpasang dengan baik.  Asus memberikan dua buah velcro, yang satu sebagai cadangan jika yang lainnya rusak.

Baca juga Cara Setting Asus Zenfone 2 Laser Usai Beli

Zenflash

pelindung (protective sleeve)

 

Velcro

Cara pasang velcro cukup mudah, kamu tinggal memasangkannya ke tubuh Asus ZenFone 2, namun sebelumnya bersihkan dulu body ponsel agar velcro bisa melekat dengan baik. Setelah  velcro merekat di tubuh ponsel, pasangkan ZenFlash tapi jangan sampai sampai menutupi built in flash pada kamera Zenfone. Itu karena built in pada kemera akan mengukur tingkat kecerahan di area sekitar kamu untuk mengaktifkan Zenflash bila diperlukan. Kemudian colok konektor USB OTG ZenFlash ke lubang charger ponsel. Selesai.


Pemasangan Velcro



Tampilan setelah terpasang

Langkah berikutnya adalah, instal aplikasi Zenflash yang dapat ditemui di Play Store dengan kata kunci "Zenflash" atau download dari link ini

Setelah proses instalasi selesai maka keduanya sudah terkoneksi, maka secara otomatis Asus ZenFlash akan bekerja jika kamu ingin memotret. Lampu flash ponsel juga akan tetap menyala, sebagai pencahayaan awal yang kemudian dikuti oleh ZenFlash untuk menerangi obyek. 

Berikut ini hasil test Asus Zenfone 2 tanpa menggunakan flash:

 

 Berikut ini hasil test Asus Zenfone 2 dengan menggunakan built in flash:

 

 Berikut ini hasil test Asus Zenfone 2 dengan menggunakan Asus Zenflash:

 

Karena Asus Zenflash menawarkan kecerahan ratusan kali daripada lampu flash yang terpasang (built in) pada kamera, Zenflash dapat benar-bener efektif membantu meningkatkan kualitas gambar. Terutama bila kamu ingin menangkap subjek yang bergerak dalam gelap. Menggunakan Asus Zenflash, gambar yang dihasilkan tidak akan blur. Sayangnya ZenFlash tidak bisa menangkap gambar lebih detail untuk jarak jauh, namun jarak dekat cukup efektif.

Asus ZenFlash saat ini sudah dijual dengan harga Rp 299.000 di Asus Store atau di toko online lainnya seperti Tokopedia namun harganya akan lebih mahal sedikit.

 

Baca juga artikel

Perbedaan Distributor Resmi dan Non Resmi Asus Zenfone 2

Install Intel USB Driver untuk Perangkat Asus Zenfone di Windows 8

Perlukah Task Killer Dan RAM Booster di Zenfone Anda?

Artikel Lainnya

Komentar