Review Sony Xperia Z5 Dual: Mewah dan Penuh Tenaga

Review Sony Xperia Z5 Dual: Mewah dan Penuh Tenaga

Oleh Evan Yazid Praditya on Rabu, 16 Des 2015 | 13:45

Sony Xperia Z5 resmi meluncur di Indonesia pada 4 November 2015 lalu. Pada acara peluncuran itu, Sony langsung membeberkan tiga unit Z5 series sekaligus, yaitu Sony Xperia Z5 Premium, Xperia Z5 Dual dan Xperia Z5 Compact. Nah, Pricebook berkesempatan untuk mencoba keandalan smartphone teranyar dari Sony ini. Untuk kesempatan kali ini, Pricebook mengulas Sony Xperia Z5 Dual E6683. Berikut pengalaman kami mencicipi salah satu smartphone high-end dari Sony ini.

Spesifikasi Sony Xperia Z5 Dual

Jaringan GSM / LTE
Layar 5.2inch IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Chipset Qualcomm MSM8994 Snapdragon 810
CPU Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & Quad-core 2 GHz Cortex-A57
GPU Adreno 430
Internal / RAM 32GB / 3GB
Kamera 23MP & 5.1MP
Fitur lain Anti air dan debu IP68 certified
Baterai Non-removable Li-Ion 2900 mAh


Desain & Layar

Bodi ramping dan simple Xperia Z5 Dual ini langsung buat kami kepincut. Kesan premium dan ekslusif memang menempel sekali pada bodi Xperia Z5 dual ini walaupun dari material kaca buram tapi tidak mengurangi kesan kokoh dan mahalnya.

Ukuran layar sebesar 5.2 inci, Full HD, buat kami sudah cukup untuk penggunaan sehari-hari, digenggam atau dimasukkan ke dalam saku celana, dimensinya cukup pas. Untuk proteksi layarnya, Xperia Z5 Dual dilengkapi dengan scratch resistan glass, alias layar anti baret dan gores. Yah, kami sih sudah mencobanya dan memang terbukti layar Xperia Z5 Dual ini tidak gampang tergores walaupun sudah berulang kali masuk ke dalam saku celana yang berisikan kunci dan uang koin.

Tombol volume dan tombol untuk mengambil gambar

Untuk penempatan tombol,  tombol power ada di bagian sisi kanan tubuh Xperia Z5 Dual, di bawahnya ada tombol volume lalu ada tombol untuk mengambil foto (shutter kamera) dan berfungsi juga sebagai shortcut untuk mengakses kamera.

Baca juga: Survey: Sony Xperia Z5 Kalahkan Galaxy S6 di Hasil Kamera

Slot SD Card dan SIM Card

 

Port untuk earphone / headphone 

 

USB Port pada Xperia Z5 Dual

Dibagian kiri, kita tidak akan menemukan tombol apa-apa kecuali slot untuk SIM Card dan SD Card. Dibagian atas ada port untuk mencolokkan jack earphone atau headphone dan terakhir pada bagian bawah kita akan menemukan port USB untuk menikmati fitur quick charge dan akses PC Suite. Bagi kami, semua penempatan tombol dan slot pada Xperia Z5 Dual ini sudah tepat sekali, no complain!.

Pengoperasian

Pertama kali kami mengaktifkan Xperia Z5 Dual ini, kami mendapati kalau perangkat keren ini sudah terpasang OS Android Lollipop 5.1.1 dan pastinya akan dapat diupgrade ke Android Marshmallow. Untuk User Interface Xperia Z5 Dual ini, sungguhlah simple, tidak ribet. Ini makin mempermudah pengoperasian. Bagi orang yang tidak suka tweaking (melakukan perubahan kecil untuk mengatur suatu sistem yang kompleks) dan tidak mau ribet, UI dari Sony ini akan sangat tepat untuk mereka.

Pada saat layar terkunci kita akan menemukan shortcut untuk akses ke dialpad telfon dan kamera. Pada homescreen kami juga melihat ada shortcut Phone, SMS, Buku Telfon, kamera dan akses untuk ke App drawer. Pada Xperia Z5 Dual ini kami juga mendapat ada 9 themes tambahan yang bisa diubah-ubah sesuai selera. Pengoperasian telfon dan SMS pun juga nyaman dan mudah.

Nah untuk kalian pecinta social media, smartphone keren ini cocok untuk kalian yang mau eksis di Instagram, Path, Facebook dan Twitter. Beberapa social media app telah kami install ke Xperia Z5 Dual ini dan hasilnya lancar dan kami tidak menemukan app force close, hang atau sejenisnya. Gallery foto dan video juga asyik, kami dengan sangat mudah melihat-lihat hasil foto dan rekaman video, kami juga menemukan satu fitur untuk mengedit video langsung dari Xperia Z5 Dual tanpa harus menginstall aplikasi pihak ketiga yakni Movie Creator.

Baca juga: Rumor: Sony Hadirkan Xperia Z6 Dalam 5 Varian Mulai 4 Inci Hingga 6,4 inci

Oh iya, Xperia Z5 Dual ini juga memiliki fitur fingerprint sensor yang sekaligus menjadi tombol power. Kami sudah mencoba fitur ini dan hasilnya oke, fingerprint sensornya sangat akurat. Baterai Xperia Z5 Dual yang berkapasitas 2900 mAh kami rasa sudah cukup asal dengan pemakaian normal. Smartphone ini bisa bertahan sampai dengan 2 hari, namun sayangnya baterainya tidak bisa dicopot.

Performa Gaming dan Multimedia

Kami sempat mencoba beberapa game untuk dimainkan di Xperia Z5 Dual ini, diantaranya Break the Prison, Dot Arena, Shadow Fight 2 dan Modern Combat 5. Hasilnya? Dengan sokongan Snapdragon 810, GPU Adreno 430 dan 3GB RAM game apapun rasanya tidak akan lag di smartphone keren ini. Tapi saat kami coba aktifitas multitasking berganti game, prosesor Xperia Z5 Dual mengalami kenaikan temperatur menjadi agak panas. Yah, memang sih Snapdragon 810 terkenal dengan cepat panasnya. Sayang sekali, seandainya saja Xperia Z5 Dual menggunakan prosesor lain. 

Selain mencoba performa gaming, kami juga sempat menonton film dan video klip dari YouTube. Buat kami menonton video di Xperia Z5 Dual cukup nyaman. Untuk performa musiknya juga oke banget apalagi dengan menggunakan earphone dan headphone favorit kami, Dagum! Alias dahsyat! Namun, untuk speakernya, suara yang dihasilkan Xperia Z5 Dual ini masih kalah keras dengan Asus Zenfone 2 ZE551ML. Well, banyak orang yang tertarik dengan suara keras yang dikeluarkan dari speaker smartphone.

Baca juga: Sony Update Sistem Kamera Pada Sony Xperia Z5

Kamera

Inilah satu fitur yang menjadi unggulan Xperia Z5 Dual, yaitu kamera. Dengan modal kamera belakang 23MP dan kamera 5.1MP untuk kamera selfie rasanya sudah sangat cukup untuk mengambil foto dan merekam video dengan Xperia Z5 Dual ini. Pastinya ada Auto mode yang akan membantu untuk mengambil foto tanpa ribet dan manual mode untuk kalian yang ingin sangat-sangat serius untuk mengambil foto layaknya profesional.

Xperia Z5 Dual inipun diklaim sebagai smartphone dengan kemampuan auto fokus tercepat di dunia. Well, kami sempat menguji fitur ini dan ya memang terbukti impresif. Ada lagi 1 fitur yang membuat Xperia Z5 Dual ini makin menjadi-jadi, yaitu fitur perekam videonya yang bisa merekam video dalam format 4K! 

Dibalik semua kesempurnaan kamera Xperia Z5 Dual, ada satu kelemahan yang kami temukan sama seperti saat kami mengulas Xperia M4 Aqua, yaitu cepat naiknya suhu pada smartphone keren ini pada saat kami menggunakan kamera. Sayang sekali memang. Seperti sudah kami katakana di atas, coba saja Xperia Z5 ini menggunakan prosesor lain.

Overall, kami sangat puas dengan performa kamera pada Xperia Z5 Dual ini. Untuk hasil foto dan video bisa kalian temukan di bawah ini:

Hasil foto dari kamera Sony Xperia Z5 Dual

Baterai

Kami sempat membahas sedikit tentang baterai di atas tadi, dengan 2900mAh baterai kami rasa dengan pemakaian normal, Xperia Z5 Dual ini cukup tangguh. Kami hanya cukup mencharge sekali dalam sehari. Fitur Quick Chargenya juga sesuai dengan nama fiturnya. Dalam waktu kurang lebih 30 menit kami sudah mendapatkan hampir 65% baterai terisi. Sayangnya baterainya non removable yang buat kami masih sedikit rawan karena untuk melakukan penggantian baterai tidak semudah smartphone dengan baterai removable.

Baca juga: Review Sony Xperia M4 Aqua: Cara Setting Pertama Kali Usai Beli- Part I

Kesimpulan

Sony Xperia Z5 Dual ini dijual dengan harga resmi Rp. 9.999.000. Mahal? Jelas. Namun dengan spesifikasi yang nyaris sempurna kami rasa Sony pantas membanderol dengan harga segitu. Dengan kualitas kamera yang superior, desain mewah, hardware kelas atas kalian tidak akan kecewa. Belum lagi fitur perekam video 4K dan fitur anti air Xperia Z5 Dual akan semakin nyaman dipakai dalam kondisi hujan. 

Kelebihan Kekurangan
Bodi dan desain kelas premium Harga masih agak mahal
Kamera superior, suppor rekam video dalam format 4K Suhu prosesor yang masih tidak stabil
Baterai yang terbilang awet  
Support Android Marshmallow  
Jaringan LTE  
Anti air dan debu  

 

Video Hands on Sony Xperia Z5 Dual

 

Mengenai fitur tahan air di Sony Xperia Z5 Dual

  • Xperia Z5 Dual kedap air dan terlindungi dari debu selama kamu mengikuti petunjuk-petunjuk sederhana ini: semua penutup cantelan tertutup rapat; kamu tidak dapat membawa smartphone ini lebih dari 1.5m di dalam air dan selama lebih dari 30 menit; dan air harus air tawar. Penggunaan di kolam berklorinasi diijinkan setelah itu dibilas dengan air tawar. Tidak diperbolehkan dalam air laut dan kolam air bergaram.
  • Pelanggaran dan penyalahgunaan perangkat akan menghapuskan garansi. Ponsel ini memiliki rating Ingress Protection IP65 dan IP68. Untuk melihat artinya dan untuk informasi lebih lanjut kunjungi sonymobile.com/durability. Perhatikan bahwa Xperia Z5 Dual  memiliki port USB tanpa tutupan untuk menghubungkan dan mengisi daya tablet kamu. Port USB harus sepenuhnya dikeringkan sebelum pengisian daya jika tablet tersebut telah terkena air.

 

Baca juga artikel

Tips Meningkatkan Kualitas Layar Sony Xperia Z5

Sony Beri Jawaban Mengapa Xperia Z5 Tidak Boleh Diajak Menyelam

Video Duel Kecepatan dan Kamera Xperia Z5 Vs Galaxy S6 Edge

Artikel Lainnya

Komentar