Review Asus Zenfone 2 Laser: Desain, Layar dan Baterai

Review Asus Zenfone 2 Laser: Desain, Layar dan Baterai

Oleh Tedi Yuni A on Selasa, 17 Nov 2015 | 17:50

Sekitar sebulan yang lalu, seorang kawan ingin membeli Asus Zenfone 5 di Mall Ambasador, Jakarta. Tapi dia justru ditawari oleh pedagang di sana Asus Zenfone 2 Laser (ZE500KG) dengan harga Rp 2,3 jutaan. Tanpa pikir panjang dia pun langsung membelinya karena tertarik dengan teknologi baru yang ada di smartphone tersebut, yakni sistem fokus foto “Laser autofocus”. Inilah fitur yang memungkinkan fokus ke obyek foto bekerja 2x lipat lebih cepat dibandingkan fokus rata-rata sistem fokus tradisionil.

Selang beberapa hari, kawan kami kembali ingin membeli Asus Zenfone 2 Laser untuk kakaknya, tapi ternyata stock-nya terbatas kata sang penjual. Nah, mengenai hal ini, kami langsung mendapat jawaban dari Asus Indonesia, untuk saat ini Asus sudah memasarkan lebih banyak lagi Asus Zenfone 2 Laser, dan untuk harga resminya sendiri, dibanderol dengan harga Rp 1.999.000 dengan kapasitas RAM 2GB dan 16GB storage, lalu untuk yang versi 2GB RAM dan 8GB storage harga resminya dipatok Rp 1.849.000.  

Dinformasikan pula bahwa akan ada varian Asus Zenfone 2 Laser (ZE500KL) yang support 4G LTE yang akan masuk ke Indonesia pada Desember mendatang dengan kisaran harga Rp 1,999.000. 

Spesifikasi Asus Zenfone 2 Laser

Jaringan GSM/HSPA/3G
Layar 5 inci, HD 720x1280, TFT dengan Capacitive touch panel + Gorilla Glass 4
OS Android v5.0 Lollipop (Upgradeable to v6)
Chipset Qualcomm Snapdragon 410
CPU 64-bit quad-core 1,2GHz
GPU Adreno 306
Memori Internal/RAM 8-16GB/2GB
Kamera 13MP & 5MP
Baterai Lithium-Polimer 2070 mAh
Harga Rp 1.999.000 (2GB RAM / 16GB storage)
  Rp 1.849.000 (2GB RAM /   8GB storage)

 

Bagaimana mendapatkan Zenfone 2 Laser

Kamu yang tertarik dengan Zenfone 2 Laser bisa mengecek perbandingan harganya di Pricebook. Kamu bisa membandingkan harga dari toko online maupun offline yang ada di sana. Kamu juga bisa menentukan lokasi toko yang jaraknya tak jauh dari lokasi kamu tinggal. Kamu bisa mengeceknya di sini.

Baca juga: Asus Zenfone 2 Laser vs Meizu M2: Pilih Kamera atau Kapasitas Baterai

Kebetulan kami sudah memegang Asus Zenfone 2 Laser di hari ini (17/11), unit yang kami pegang varian 2GB RAM, internal memori 16GB dengan warna Glamour Red. Selain warna tersebut, pilihan lainnya terdiri dari Black/Ceramic White/Silver/Purple/Aqua Blue/Sheer Gold/.  Kami akan coba mengupas sisi luar Zenfone 2 Laser terlebih dahulu agar kamu tidak penasaran. Berikut hasil penjelajahan kami!.

Desain

Perbandingan Zenfone 2 dengan Zenfone 2 Laser 

Kalau melihat tampilan mukanya Zenfone 2 Laser, kita pasti tidak akan asing lagi karena tampangnya serupa dengan desain Zenfone 2 yang berhasil meraih iF Design Award 2015 berkat desainnya yang inovatif, ergonomis, dan mendukung penggunaannya. Karakter khas Zen muncul pada grasir melingkar pada tombol power dan di bawah soft button.

Penempatan tombol (power, speaker, panel soft button, dan juga kamera ) letaknya sama dengan yang ada pada Zenfone 2. Perbedaan terlihat dengan hadirnya jendela laser berwarna hitam di sebelah kamera belakang. Teknologi fokus dengan laser ini membantu mendapatkan fokus lebih cepat baik jarak dekat maupun jauh atau bahkan dalam kondisi minim cahaya sekalipun.

Dalam genggaman, Asus Zenfone 2 Laser terasa nyaman, bagian belakangnya dibuat melengkung (ergonomic Arc Design)  agar sesuai dengan kontur telapak tangan manusia. Mengenai ketipisan body, kebetulan kawan ada yang punya Zenfone 2, ketika disejajarkan ternyata Zenfone 2 Laser lebih tipis. Ketebalannya hanya 1,05cm dibagian tengah dan 0,35cm untuk tiap sisinya. Panjang body Asus Zenfone 2 Laser sendiri adalah 143,7mm dan lebar 71.5mm. Handset ini tetap mampu tampil cantik sebagai smartphone 5 inci berkat tepian layar (bezel) yang dipersempit sehingga rasio layar terhadap bodinya mencapai 70%. Cakupan yang lebih besar dibandingkan rata-rata produk sekelas.

Baca juga: Asus Zenfone Zoom Akan Segera Dirilis dengan Kamera 3x Optical Zoom

Layar

Layar Zenfone 2 Laser memiliki spesifikasi, 5 inci, HD 720x1280, TFT dengan Capacitive touch panel + Gorilla Glass 4. Bagi kami yang menarik tentu saja kehadiran Gorilla Glass 4. Kami pernah menulis artikel tentang pengujian Gorilla Glass 4, kamu bisa melihatnya di sini untuk mengetahui ketahanannya.

Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, generasi terbaru Gorilla Glass tersebut diklaim 2 kali lebih kuat menahan benturan dan jatuh serta 2,5 kali lebih tangguh menahan goresan. Daya tahan ini setidaknya menekan tingkat kerusakan kaca pada handset hingga 85% dalam penggunaan sehari-hari.

Kami mencoba menggores layar Zenfone 2 Laser dengan kunci motor, tekanan dari yang rendah sampai yang kuat dilakukan, untungnya layar tidak tergores sama sekali padahal kami takut juga kalau sampai gores, hehehe.... Tes ini untuk menunjukan biasanya kita suka lupa menempatkan ponsel ke dalam kantong celana bersama kunci motor atau kunci mobil.

Slot Kartu SIM, MicroSD dan Baterai

Bagian ini yang juga kami suka karena Zenfone 2 Laser tak seperti generasi Zenfone 2 sebelumnya yang mengusung desain unibody. Casing belakang yang terbuat dari bahan plastik lentur tapi kuat miliknya bisa dilepas sehingga kita dapat dengan mudah mengganti baterai yang rusak tanpa harus datang ke servis center Asus.
  

(Ki-kan) Asus Zenfone 2 Laser dan Asus Zenfone 2

Sisi kanan kiri tubuh Zenfone 2 Laser polos tanpa tombol, kecuali sisi atas yang ada tombol power dan port jack audio 3,5mm dan sisi bawah dipakai untuk rongga charger. Untuk mengatur volume, tombolnya tepat ada di bawah kamera belakang. Tombol tersebut diapit oleh slot kartu SIM 2 di sisi kiri dan slot SIM 1 bertupuk dengan slot microSD di sisi kiri.

Baca juga: Asus Zenfone ZOOM, Smartphone dengan Laser Auto Fokus dan Foto Makro

Untuk Zenfone 2 Laser (ZE500KG) bisa dipasangkan dua kartu SIM (dual SIM dual Standby) yang slot-nya terpisah antara SIM 1 dan 2. Sayangnya, seri yang satu ini tidak mendukung koneksi 4 LTE, hanya sebatas 3G untuk kedua slot. Keunggulannya adalah kamu bisa memanfaatkan 2 buah paket 3G yang berbeda dari dua operator. Slot memori eksternal (microSD) di ZE500KG pun bisa menerima microSD hingga kapasitas 128GB sehingga pengguna bisa menyimpan data lebih banyak lagi.

 

Speaker belakang Zenfone 2 Laser diperbesar 25% dari sebelumnya. Kini memiliki 5 buah magnet dan coil audio metal untuk memperkuat output audio. Asus mengklaim pada sisi tersebut juga dipasangkan teknologi SonicMaster agar audio yang keluar bisa lebih bertenaga, menjangkau lebih luas, karakter vokal yang jelas, dan berbagai peningkatan agar suara yang hadir terdengar jernih dan hidup.

Sebagai informasi lainnya, kamu bisa lihat gambar di bawah ini yang menunjukan adanya lapisan seperti stiker di bagian atas dekat kamera dan flash (lihat tanda panah). Bagian itu adalah antena penangkap dan pemancar sinyal komunikasi di Zenfone 2 Laser, yakni antena jaringan seluler, antena WiFi 802.11 b/g/n, antena Bluetooth 4.0, dan antena untuk menerima sinyal dari satelit GPS. Dijelaskan oleh pihak Asus, struktur antena yang unik ini dibuat dengan teknologi 5 Laser Direct Structuring Antenna untuk meningkatkan kualitas sinyal sekaligus menghemat ruangan dibandingkan dengan menggunakan antena konvensional.

Nah, untuk detail produk Asus Zenfone 2 Laser sudah kami sampaikan semua, semoga tidak ada yanag kurang dan membantu kamu memberikan gambaran mengenai wujud generasi terbaru Zenfone 2 tersebut. Sampai ketemu lagi dilanjutan review Asus Zenfone 2 Laser berikutnya yang akan membahas performa ponsel tersebut.

 

Baca juga artikel

Asus Rilis Zenfone 2 RAM 4GB dengan Memori Internal 16GB

Asus Zenfone 2 Deluxe Spesial Edition dengan Memori 256 GB Dirilis

Duel Smartphone Kamera, Asus Zenfone Zoom VS Samsung Galaxy K Zoom

Artikel Lainnya

Komentar

evanyzd 18 November 2015 - 08:36
Nice! Bagaimana performa gamingnya?