Review Sony Xperia M4 Aqua: Desain & Layar, Kinerja, dan Kamera- Part II

Review Sony Xperia M4 Aqua: Desain & Layar, Kinerja, dan Kamera- Part II

Oleh Evan Yazid Praditya on Senin, 16 Nov 2015 | 17:37

Setelah kita mengetahui ‘Cara Setting Sony Xperia M4 Aqua Pertama Kali Usai Beli’ kami akan mengajak kamu untuk lebih dalam mengenal Xperia M4 Aqua. Inilah pengalaman kami ketika kami menjajalnya, dan kemungkinan bisa saja berbeda hasilnya dengan pengguna lain.

Desain & Layar

Desain Bodi Xperia M4 Aqua

Xperia M4 Aqua ini memiliki dimensi yang ramping dan menarik. Walaupun tipis tapi Xperia M4 Aqua ini tidak terlihat ringkih. Dengan lebar layar sebesar 5 inci, buat kami sudah cukup besar dan nyaman untuk menonton video ataupun bermain game. Namun satu hal yang buat kami agak terganggu adalah layarnya yang cepat sekali kotor, penuh dengan bekas sidik jari. 

Penempatan slot SD card di sisi pojok kiri atas dan SIM card di sisi kanan menurut kami sudah pas. Tombol power dan tombol volume di sisi kiri kami rasa untuk memudahkan pengguna ketika mengoperasikan Xperia M4 Aqua dengan satu tangan, khususnya dengan ibu jari kanan, kalau dengan tangan kiri tentu dengan jari telunjuk maupun jari tengah.

Port Charger di sisi kiri

Port charger ada di pojok sisi kiri atas, bersebelahan dengan ‘rongga’ kartu SD Card. Buat yang suka main ponsel sambil di charger cukup nyaman, baik dalam posisi portrait maupun landscape (tapi sangat tidak disarankan untuk mengoperasikan ponsel saat dalam pengisian daya).

Anti gores pada layar berfungsi dengan baik, kami suka lupa memasukan Xperia M4 Aqua ke dalam kantong bersama dengan kunci mobil. Syukurlah, Body M4 Aqua tahan akan hal tersebut, cuma yang buat jengkel, tubuhnya cepat kotor.

Pengoperasian

Kami sangat menyukai user interface yang digunakan pada Xperia M4 Aqua. Mudah mengoperasikannya. Padahal kami sempat ragu lho, tapi nyatanya penilaian kami salah. App drawernya pun sangat keren buat kami dan customisable. Untuk akses telepon dan SMS pun sangat praktis.

Kami sempat menginstall beberapa aplikasi seperti LINE Messenger, Path, Facebook dan WhatsApp. Buat kami, Xperia M4 Aqua ini cocok untuk kalian yang suka dengan Social Media dan Chatting. Di bagian keyboard, sayang kami agak sulit mengoperasikannya tuts tombolnya agak kecil, maklum jari-jari kami berukuran besar. Solusinya kami download dan install SwiftKey atau app keyboard lainnya di Google Playstore.

Baca juga: Tips Meningkatkan Kualitas Layar Sony Xperia Z5

Performa Gaming dan Video

Kami telah menguji performa gaming di Xperia M4 Aqua ini. Saya mengujinya dengan game Dot Arena, Asphalt 8: Airborne, Modern Combat 5: Blackout. Hasilnya sih keren dan tidak ada lag. Namun saat kami mau melakukan task lain (multitasking), kinerja Xperia M4 Aqua jadi melambat, lag dan suhu tubuhnya mulai memanas. Kami tidak sarankan bermain game HD sambil mengerjakan tugas lain karena dapat memperlambat kinerja Xperia M4 Aqua.

Bagi kamu yang suka nonton film dengan smartphone, tampaknya Xperia M4 Aqua ini cocok karena layarnya yang cukup besar dan warna yang dihasilkan layar M4 Aqua ini terbilang keren walaupun belum Full HD.

Kamera


Di bagian kamera, Sony menanamkan kamera 13MP sebagai kamera utama dan 5MP untuk berselfie ria. Fitur-fitur pada kameranya pun menarik. Ada Superior auto, Manual, Sound Photo, AR fun, Multi camera, AR effect, Creative Effect, Sweep Panorama dan masih banyak lagi yang bisa didownload. Berikut hasil foto Xperia M4 Aqua dengan resolusi 13 MP dan 5MP.

Berikut hasil fotonya (klik pada nama file):

Low light

Outdoor

Baterai

Xperia M4 Aqua ini diklaim hemat baterai dan bisa bertahan 2 hari. Well, pernyataan tersebut ada benarnya karena memang Xperia M4 Aqua ini memang hemat baterai, tapi tidak bertahan selama 2 hari. Mungkin jika dipakai hanya untuk telepon dan SMS Xperia M4 Aqua ini akan bertahan selama 2 hari atau bahkan lebih.

Kesimpulan

Smartphone ini layak untuk dibeli jika memang ada dana lebih karena memang harganya agak sedikit lebih mahal di kelasnya yakni Rp 3,5 juta. Dengan uang Rp 3 jutaan  masih bisa kita dapatkan smartphone yang lebih baik dalam hal spesifikasi. Namun, ketahanannya dalam air dan hematnya baterai Xperia M4 Aqua ini patut jadi pertimbangan.

Baca juga: Sony Beri Jawaban Mengapa Xperia Z5 Tidak Boleh Diajak Menyelam

Keunggulan

  • Baterai awet
  • Kamera oke di kelasnya
  • Tahan air dna debu
  • Koneksi 4G LTE

Kelemahan

  • Prosesor cepat panas
  • Internal memory kecil
  • Layar dan bodi cepat kotor

Mengenai fitur tahan air di Sony Xperia M4 Aqua

  • Xperia M4 Aqua kedap air dan terlindungi dari debu selama kamu mengikuti petunjuk-petunjuk sederhana ini: semua penutup cantelan tertutup rapat; kamu tidak dapat membawa tablet lebih dari 1.5m di dalam air dan selama lebih dari 30 menit; dan air harus air tawar. Penggunaan di kolam berklorinasi diijinkan setelah itu dibilas dengan air tawar. Tidak diperbolehkan dalam air laut dan kolam air bergaram.
  • Pelanggaran dan penyalahgunaan perangkat akan menghapuskan garansi. Ponsel ini memiliki rating Ingress Protection IP65 dan IP68. Untuk melihat artinya dan untuk informasi lebih lanjut kunjungi sonymobile.com/durability. Perhatikan bahwa Xperia M4 Aqua memiliki port USB tanpa tutupan untuk menghubungkan dan mengisi daya tablet kamu. Port USB harus sepenuhnya dikeringkan  sebelum pengisian daya jika tablet tersebut telah terkena air.

Bagaimana mendapatkan Xperia M4 Aqua

  • Jika kamu tidak punya banyak waktu langsung datang ke toko ponsel bisa membelinya di toko online seperti:

Erafone Rp 3.699.000

Blibli Rp 3.689.000

  • Cara lain, kamu gunakan media pembanding harga seperti Pricebook.co.id untuk mendapatkan harga terendah Sony Xperia M4 Aqua dari berbagai toko online maupun offline.

Pilihan warna untuk Sony Xperia M4 Aqua

  • Putih, Hitam, Coral dan Perak.

Aksesoris yang tepat untuk Sony Xperia M4 Aqua

Agar tidak banyak sidik jari dan melindungi ponsel dari goresan, kamu bisa gunakan aksesoris lain seperti di bawah ini:

Alternatif lain produk Sony yang anti Air

Keluaran tahun 2015

Keluaran tahun 2014

Pesaing dari brand lain direntang harga yang mendekati

  • Kamu bisa cek di Pricebook.coid untuk mengetahui pesaing dari Xperia M4 Aqua

Daftar Service Center Sony Mobile Indonesia

 

Baca juga artikel

Resmi Meluncur, Ini Harga Xperia Z5 Series di Indonesia

Cara Setting Sony Xperia Z5 Compact Usai Beli

5 Tips dan Trik Mudah Menjalankan Kamera Sony Xperia Z5

Artikel Lainnya

Komentar

Ogay Osbourne 17 November 2015 - 19:17
pas buat musim hujan
evanyzd 18 November 2015 - 08:38
Betul, buat pengendara motor, buat sekedar ngecek HP disaat lampu merah, gak rusak nih HP :D