Hebat! Alat Ini Bisa Deteksi Hujan Secara Akurat

Oleh Nadia Maharani on Kamis, 27 Agu 2015 | 16:23

Kelancaran dalam melakukan kegiatan di luar ruangan memang sangat mengandalkan kondisi cuaca. Jika kamu ingin mengadakan piknik bersama keluarga, misalnya, kamu harus memastikan jika cuaca cerah agar kegiatanmu bisa berjalan mulus. Kamu tentu bisa membayangkan apa yang akan terjadi jika tiba-tiba hujan turun karena kamu tidak bisa memperkirakan cuaca.

Untungnya, kini hadir BloomSky, sebuah perangkat mungil yang dijejali dengan teknologi tinggi. Alat ini merupakan pendeteksi hujan yang bekerja dengan mengandalkan kamera fish-eye yang terdapat pada bodinya. Kamera tersebut akan memonitor langit setiap beberapa menit untuk memantau adanya perubahan cuaca.

Tak cuma mengandalkan kamera fish-eye, BloomSky juga memiliki sejumlah sensor untuk mendukung pendeteksian secara akurat. Sensor suhu, tekanan udara, hujan, kelembaban hingga UV akan membantu perangkat ini saat menganalisa kondisi cuaca. Berbekal sensor-sensor tersebut, BloomSky amat efektif untuk mendeteksi jika ada sedikit perubahan cuaca sekalipun.

Perangkat ini terbuat dari alumunium alloy yang tahan karat. Dimensinya adalah 203 x 60 x 161 mm. Perangkat yang dibekali dengan solar panel ini juga memiliki opsi penyedia daya berupa baterai Li-Ion yang rechargeable. Sekali charge, baterai dapat bertahan hingga dua minggu.

Baca juga: Aplikasi Apple Gratis Minggu Ini untuk Anda

BloomSky, tentu saja, tahan air sehingga bisa dipasang di luar rumah, seperti halaman belakang, tanpa masalah. Pemasangannya pun cukup simpel. Pendeteksi hujan akan memberikan data melalui aplikasi mobile dengan mengandalkan sinyal Wi-Fi. Itu sebabnya pengguna perlu memasang router untuk mendukung alat ini agar bekerja optimal.

BloomSky akan mengirim data ke perangkat mobile pengguna yang berjalan di sistem operasi iOS dan Android. Data tersebut mencakup gambar-gambar yang ditangkapnya. Selain itu, data yang ditampilkan berupa suhu. Aplikasi mobile yang digunakan untuk mengirim data BloomSky juga bisa digunakan untuk membuat video berdurasi yang menampilkan kondisi langit dari matahari terbit hingga terbenam.

Satu unit komplit BloomSky dibanderol dengan harga $269 atau sekitar Rp3,7juta. Tentu saja ada beberapa pesaing yang harus dihadapi oleh BloomSky, salah satunya adalah DarkSky. Ini merupakan pendeteksi hujan yang saat ini hanya tersedia untuk iOS. Selain itu, ada Netatmo Weather Station yang dilengkapi dengan banyak sensor.

 

Baca juga artikel

Yuk, Belajar Kendalikan Mimpi dengan Aplikasi Android Ini

Empat Aplikasi ini Bikin Handphone Android Kamu Lemot

Nova Launcher, Aplikasi Launcher Terbaik di Android

Artikel Lainnya

Komentar