Sony Walkman NW-ZX2 Bergaya Smartphone dengan OS Jelly Bean

Oleh Juli M on Senin, 25 Mei 2015 | 19:09

Sony Electronics akhirnya mengeluarkan perangkat audio berkualitas premium, Sony Walkman NW-ZX2. Perangkat yang sempat diperkenalkan di ajang CES 2015 ini sangat pas dijadikan teman dimana saja untuk dapat menikmati pengalaman audio berkualitas tinggi. Karena perangkat pemutar musik portable tersebut ditujukan bagi para audiophile yang sangat mengerti soal musik.

Spesifikasi Sony Walkman NW-ZX2

Layar 4.0’’ FWVGA (854x480) Triluminos Display for Mobile
OS Android 4.2 (Jelly Bean)
Fitur High-resolution Audio playback, S-Master HX Digital Amplifier, DSEEE HX, Clear Audio+, Clear Bass, Equilizer, VPT, one-touch listening via NFC, Bluetooth
Kompabilitas MP3 WMA, FLAC (192KHz/24bit), Linear PCM (192KHz/24bit), WAV (192KHz/24bit), AAC-LC, HE-AAC (192KHz/24bit), Apple Lossless (192KHz/24bit), AIFF (192KHz/24bit), DSD (2.8MHz, 5.6MHz)
Kapasitas Memori 128GB
Baterai MP3 60 jam, FLAC 33 jam
Dimensi 65.1 x 131.2 x 18.5mm
Berat 235g

DesainKetika merasakan kehebatan dari Walkman NW-ZX2 beberapa waktu lalu, pada seluruh penampilannya terdapat bingkai dengan sisi bulat yang terbuat dari paduan aluminium alloy. Desainnya mirip sekali dengan smartphone. Terlebih dengan keberadaan layar sentuh berukuran 4 inci berteknologi khas Sony, Triluminos Display.

Baca jugaIni yang Terjadi Jika Sehari Tanpa Adanya Internet

Tombol fisik yang berfungsi sebagai Power dan volume dirancang dengan ukuran besar disamping kanan bodi, memberikan kemudahan ketika digunakan. Konsep desainnya memiliki casing yang kokoh sehingga terlihat solid. Pada sisi belakang bodi makin mewah berkat lapisan bahan kulit bertekstur. 

Hardware

Sementara untuk komponen di dalamnnya, Sony sangat memperhatikan pemilihan setiap komponennya. Mulai dari material yang digunakan, solder, sampai dengan amplifier. Sony mengadopsi struktur lempengan tembaga berlapis emas untuk Walkman NW-ZX2. Namun lapisan emas yang digunakan tak serta merta dijadikan hiasan semata, melainkan bahan dasar yang sangat stabil untuk hantaran listrik yang rendah.

Belum lagi bahan lapisan film tembaga tipis PCBs dan kabel OFC, turut ditambahkan dalam bodi Walkman NW-ZX2 untuk menghasilkan resolusi suara lebih tinggi tanpa adanya penghalang suara. Selain itu, sejumlah komponen audio seperti kapasitor hingga 7 buah berukuran 7 mm disematkan pula untuk keakuratan suara.

Kinerja

Untuk menguji kemampuannya, kami coba memutar lagu ‘Don’t Know Why’ bertema jazzy tunes yang memiliki tempo cenderung lambat. Suara solois wanita Norah Jones terdengar sangat jelas, bahkan semua instrumen musik yang dimainkan pada lagu tersebut begitu detail. Kedua kami memainkan lagu bernada lebih upbeat milik Adele berjudul ‘Set Fire To The Rain’. Kami cukup menikmati hantaran suara bass-nya yang terasa powerfull. Sekadar catatan, kedua lagu yang kami coba sudah dalam format FLAC.

Baca jugaMuncul Di GFXBench, Samsung Galaxy A8 Berlayar 5,5 Inci Dipastikan Meluncur

Hampir semua jenis musik telah kami mainkan dan dengarkan. Kualitas perangkat walkman Sony memang tidak perlu disangsikan. Lagu dapat tersaji dalam resolusi tinggi berkat penggunaan sederet teknologi audio mumpuni. Sebut saja Teknologi S-Master HX Digital Amplifier, yang berfungsi mengurangi distorsi dan noise untuk menghasilkan pengalaman akustik lebih jernih. Ada pula teknologi DSEE HX yang mampu meningkatkan file MP3 serta format terkompresi lainnya ke kualitas yang lebih tinggi. Lalu, LDAC (Low Latency Codec) memungkinkan pengguna dapat menikmati kualitas audio yang mumpuni meski menggunakan koneksi nirkabel seperti Bluetooth, dengan 3 kali transmisi.

Untuk pengalaman mendengarkan musik yang mantap, Sony Walkman NW-ZX2 akan lebih pas jika dipasangkan dengan menggunakan headset Sony seri MDR1ADAC yang berteknologi digital analog converter serta pemroses suara agar terdengar lebih detail.

Kenyamanan saat mendengarkan musik juga kami rasakan ketikan coba menggonta-ganti pengaturan suara pada menu Settings. Dengan pilihan menu pengaturan, diantaranya concert hall, Club, dan sebagainya memungkinkan kita nikmati musik seperti benar-benar berada di tempat tersebut. Kita tinggal menyesuaikannya dengan selera musik dan mood kita pada momen itu.

Baca juga5 Tips Sederhana Agar Tidak Ketergantungan Handphone

Satu lagi kelebihan yang dirasakan saat menjajal perangkat ini adalah antarmuka layaknya pada smartphone, yakni rangkaian Sony Xperia. Ditambah dengan sistem operasi yang sudah Android Jelly Bean jadi buat para pengguna kian mudah mengaplikasikannya (user friendly). Kecuali jika Anda belum terbiasa dengan OS bergambar robot hijau tersebut.

Kesimpulan

Kesimpulannya, Walkman NW-ZX2 mampu menawarkan kualitas audio beresolusi tinggi. Perangkat ini tentu menjadi jawaban bagi mereka yang masih kesulitan menemukan perangkat portable audio player yang mampu memberi pengalaman dahsyat dalam mendengarkan musik.

Terlebih lagi, adanya kapasitas memori mencapai 128GB, kita bisa menampung lagu-lagu sesuka hati. Bahkan bisa memasukkan lagu dalam format FLAC baik berukuran 40MB, sekalipun 100MB per lagu-nya. Sementara itu, Sony belum memiliki pesaing kuat dikelasnya, mengingat banderol harga yang ditawarkan pun terbilang sangat tinggi, yakni Rp 14.999.000.

Harga MP3 Player Sony Mei 2015

No MP3 Player Harga Terendah
1 Sony Walkman NWZ-B172F Rp.    599.000
2 Sony WALKMAN NWZ-B173F Rp.    699.000
3 Sony Walkman NWZ-W262 Rp.    750.000
4 Sony Walkman NWZ-B183F Rp.    900.000
5 Sony NWZ-A15 Rp. 3.699.000

Baca juga artikel

Harga Asus ZenFone 2 di Indonesia: Ada 4 Varian, Spesifikasi Beda di RAM, Storage dan Jenis Prosesor

7 Langkah Sederhana ini Buat Hasil Foto Kamera Smartphone Lebih Menarik

Tips Aman Membeli Zenfone 2: Berikut Daftar Onlineshop yang Menjual Zenfone 2

Artikel Lainnya

Komentar