Ini Hasil Benchmark Android One Mito Impact A10

Oleh Tedi Yuni A on Rabu, 25 Peb 2015 | 16:05

Kal ini Kita akan mengupas salah satu smartphone Android One, yaitu Mito Impact A10. Untuk spesifikasi tentunya tidak berbeda dengan kedua pesaingnya, Nexian Journey One dan Evercoss One X. Karena Google sendiri yang menentukan spesifikasi hardware dan software-nya. Tujuan dari standar spesifikasi ini untuk menawarkan ponsel dengan harga terjangkau, tetapi tetap harus nyaman saat digunakan.

Mito Impact A10 Pricebook

Android v5.1 Lollipop

Smartphone Android One yang mendarat di Indonesia menjadi yang pertama dipasangkan sistem operasi Android v5.1 Lollipop, sedangkan di India, sebagai negara pertama penerima smartphone Android Lollipop dibekali dengan versi Kitkat 4.4.4, tetapi telah mendapatkan update Android 5.0.2. Terhitung sudah ada 3 update yang diluncurkan oleh Google dalam 5 bulan terakhir ini.

Android 5.1 diklaim menawarkan kinerja yang cepat, dua kali lebih baik dari versi 5.0 dan empat kali lebih cepat jika dibandingkan dengan Android Kitkat. Peformanya dapat dirasakan sejak pertama kali mengaktifkan ponsel dan masuk ke Homescreen. Perpindahan antar menu terasa sangat smooth.

Ciri khas yang ditawarkan ialah antarmuka material design yang lebih simple. Widget lockscreen diganti dengan notifikasi sehingga sekaligus memantau apa saja yang masuk ke ponsel Anda sebelum masuk ke homescreen. Recent App dibuat dalam model carrousel sehingga tampak sekali perbedaannya dengan yang sebelumnya.

Berpindah antar aplikasi sangat mudah dilakukan dengan hanya menekan tombol virtual Tasking berbentuk kotak persegi di kanan bawah. Untuk keamanan, ada Screen Pinning untuk melakukan penguncian aplikasi sehingga orang lain tidak dapat membuka aplikasi lainnya. Misalnya ketika menonton YouTube atau browsing, teman Anda tersebut tidak akan dapat membuka aplikasi lain.

Beberapa aplikasi built-in antara lain Google Chrome, Google Maps, Google Photos, Google Translate, Maps, FM Radio, Email, Play Store, YouTube, Kamera, dan sebagainya. Anda bisa mengunduh lebih banyak lagi aplikasi dan game melalui Play Store yang membuat smartphone Mito Impact menjadi lebih powerful.

Mito Impact A10 Pricebook Mito Impact A10 Pricebook

Desain dan layar

Dari ketiga smartphone Android One, Mito Impact yang memiliki desain agak berbeda. Dimensinya berukuran 132 x 67 x 8.9 mm membungkus layar 4,5 inci. Ukuran layar smartphone Android One sangat pas bagi pengguna yang tidak menyukai layar ponsel yang terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar.

Smartphone Android One menggunakan layar In-Plane Switching sehingga kecerahan tetap terjaga meski dilihat dari berbagai sudut. Ukuran 4,5 inci dan resolusi 854 x 480 pixels dinilai Google sudah pas untuk mejaga kecerahannya ketika browsing, baca email, dan mengetik pada layar virtual yang responsif. Selain itu spesifikasi demikian membuat CPU dan GPU bekerja lebih ringan tanpa mengurangi kualitas gambar gambar karena memiliki tingkat kepadatan layar (density) 218 ppi.

Mito Impact A10 Pricebook

Kamera

Smartphone Android One dilengkapi dengan 5 MP untuk kamera belakang sedangkan untuk kamera depan 2 MP dan dilengkapi dengan lampu kilat.  Terdapat aplikasi Google Kamera untuk memudahkan Anda ketika ingin memotret atau mengambil gambar bergerak (video). Selain itu dilengkapi dengan fitur HDR, Lens Blur, Wide Angle, Panorama, dan Foto 360°.

Dengan menggunakan fitur Lens Blur efek bokeh pun dapt dihasilkan dengan bagus, cocok digunakan untuk dengan latar belakang yang ramai. Hasil foto dapat diedit dengan fitur Auto Awesome, yang juga bisa membuat animasi. Asiknya lagi Anda dapat menyimpan foto secara online dalam jumlah yang tak terbatas. Kemudian membaginya kepada teman-teman di jejaring sosial Google Plus.

Multimedia

Bagian ini pun menjadi menarik dengan adanya berbagai aplikasi hiburan seperti Play Music, FM Radio, Games, dan tentu saja YouTube. Aplikasi pemutar musik sanggup memainkan aneka format seperti MP3, OGG, FLAC, AAC, dan WMA. Untuk radio, Anda bisa merekam lagu yang sedang diputar.

Mito Impact A10 Pricebook

Baterai

Daya tahan tubuhnya ditunjang dengan baterai berkapasitas 1780 mAh. Fitur penghemat baterai yang ada di Android 5.1 Lollipop mampu memperpanjang penggunaan hingga 90 menit. Daya tahannya mampu bertahan seharian penuh. Saat baterai akan habis, Anda tinggal mengaktifkan fitur Battery Saver di menu Settings, maka daya tahan baterai akan menjadi lebih panjang.

Peforma

Dalam tubuh smartphone Android One terdapat dua slot, dan kinerjanya ditunjang SoC MediaTek MT6582 dengan prosesor Quad Core Cortex A7 berkecepatan 1,3 GHz dan GPU Mali 400MP2. Ruang RAM pun lumayan lega, 1 GB RAM, sedangkan untuk internalnya 8 GB dan jika dirasa kurang pengguna bisa menambahkan kartu microSD pada slot yang tersedia.

                                                  Mito Impact A10 Pricebook Mito Impact A10 Pricebook

Multitasking berjalan lancar, tidak ada penurunan selama dipakai berjam-jam. Bermain game seperti Temple Run, Subway Surfer, Asphalt 8 terasa mulus tanpa lag. Resepnya adalah, Google menggunakan Android RunTime (ART) yang diklaim mengkonsumsi RAM lebih sedikit dibanding Dalvik yang dipakai di Android versi sebelumnya. Saat diuji dengan aplikasi benchmark pun, hasilnya terlihat memuaskan.

                                                   Mito Impact A10 Pricebook Mito Impact A10 Pricebook

Ketersediaan dan harga

Anda bisa membelinya secara online di situs belanja Blibli.com atau mengunjungi www.mitomobile.com/androidone yang saat ini dijual dengan harga spesial Rp999.000.

Spesifikasi Mito Impact Android One (A10)   

Baca juga artikel

InFocus M320E, Android Octa Core 5,5 Inci Untuk Pasar Indonesia

Aldo AS 5, Android Octa Core Lokal Murah Meriah

Wiko Highway 4G, Masuk Indonesia Bermodalkan Chipset Quad Core Nvidia 

Artikel Lainnya

Komentar