Acer Liquid Z500, Menjajal Ponsel Rp2juta dengan RAM 2 GB

Oleh Tedi Yuni A on Senin, 12 Jan 2015 | 11:58

Acer Liquid Z500 tampil dengan ketipisan yang menggoda dan kinerjanya juga ciamik untuk ponsel kelas menengah. Profesional muda atau siapa saja dapat mengandalkannya dalam berbagai kegiatan.

Begitu  pun dengan Pricebook yang sudah merasakan hari-hari bersama smartphone seharga Rp2 juta ini. Mau tahu seperti apa peforma Liquid Z500? Berikut ulasannya!.

Desain

Perpaduan antara ketipisan (8,65mm) dan bentuk yang agak melengkung membuat Liquid Z500 nyaman dalam genggaman. Di pasar, Anda bisa menentukan satu dari tiga pilihan warna yang ditawarkan mulai dari Aquamarine Green, Sandy Silver, dan Titanium Black.

Material tubuhnya ialah plastik, kesan kokoh diperkuat dengan adanya list logam. Body-nya tidak licin di tangan karena ada tesktur pada casing belakang tubuhnya. Tangan Kami yang selalu berkeringat sepertinya cocok dengan ponsel jenis ini.

Berikut penempatan tombol yang ada di tubuh Liquid Z500

Sisi kanan: Tombol volume

Sisi kiri: Polos

Sisi atas: Tombol power, port jack audio 3,5mm

Sisi bawah: Port charger

Sisi depan: Kamera depan, dual speaker di atas layar dan bawah layar

Sisi belakang: Kamera, flash, AcerRapid button

Ketika cover belakang dibuka: Dua slot SIM card dan slot microSD

Fungsi AcerRapid button ialah sebagai shortcut untuk menampilkan berbagai aplikasi, game dan fungsi lain seperti senter, menjalankan pemutar musik (fungsi Play and Pause) atau menjadikan tombol shutter ketika ingin selfie.

Untuk pengaturannnya Anda bisa masuk ke Setting>Rapid Button. Anda hanya dapat memilih satu dari sekian banyak deretan pilihan yang ditampilkan.

Pada area belakang juga ada logo dts studio sound, fungsinya untuk mendapatkan keluaran suara yang lebih baik lagi dari suara audio bawaan Acer. Anda bisa mengatur Treble, Bass, Music EQ,Video EQ secara manual. Cara pengaturan dts studio sound, Setting>DTS studio Sound.

Dalam paket pembelian, Acer menyertakan Active flip case cover. Bagian transparannya akan menampilkan, jam, cuaca, kondisi baterai dan notifikasi lainnya. Pada tepi atas dan bawah flip case cover-nya diberi lubang agar speaker tidak tertutupi.

Layar smartphone akan otomatis menyala jika penutup layar ini dibuka. Atau Anda juga bisa mengatur fungsi sebaliknya. Caranya Setting>Flip WakeUp.

Layar dan Antarmuka

  

Pricebook salah satu orang yang suka menaruh kunci motor dalam kantong celana. Terkadang, kebiasaan buruk itu, menjadikan kunci motor dan ponsel dalam satu tempat.

Untungnya selain ada pelindung cover, ternyata layar 5 inci Liquid Z500 juga anti gores. Bahkan secara sengaja Kami menggoreskan kunci motor pada layarnya. Syukurlah, tidak ada bekas goresan sama sekali. Di bawah terik mentari, layarnya masih dapat memberikan keterbacaan teks yang jelas.

Hanya saja kecerahan pada layarnya justru memberikan banyak refleksi bayangan obyek sekitar atau bahkan bayangan diri Anda pada layar. Cukup mengganggu kadang kala, tapi buat yang suka ngaca pasti jadi asyik.

  

Beralih ke antarmuka, tiap pabrikan kini memiliki user interface-nya masing-masing. Begitu pula dengan Acer dengan Float UI-miliknya. Dari mulai halaman lockscreen dengan animasi air hingga hadirnya Float apps, Liquid Z500 tampil beda dengan smartphone Android lainnya.

Pada posisi lockscreen, ada empat shortcut aplikasi yang bisa digonta-ganti, biasanya Kami tempatkan aplikasi kamera salah satunya agar mudah menangkap momen yang yang tak terduga. Untuk homescreen ada sembilan layar yang dapat dikostumisasi dengan aplikasi dan juga widget.

Untuk menampilkan Float Apps (aplikasi mengapung) atau aplikasi yang bisa dijalankan bersamaan dalam satu layar, cukup tekan saja tombol Recent Apps, maka akan muncul deretan aplikasi yang Anda inginkan. Pilih salah satu yang diinginkan maka otomatis aplikasi tersebut akan muncul dan ukurannya dapat diatur sesuai kamauan Anda. 

  

Bagi Anda yang ingin menjadikan Acer Liquid Z500 lebih personal dan tak ingin sembarang orang melihat isi ponsel Anda, Anda dapat menjalankan fungsi EasyMode. Pilih salah satu moda, diantaranya Basic Mode, Senior Mode, Keypad Mode, Classic Mode, dan Default Mode. Cobalah salah satunya, pasti Anda akan suka.  

Perangkat keras dan aplikasi

Dengan harga Rp 2juta saat ini, kelengkapan seperti Mediatek MT6582, empat otak prosesor yang berlari di 1,3 GHz, internal memory 16 GB dan RAM 2 GB ditawarkan oleh Liquid Z500.

Poin paling menarik ialah dikelegaan RAM dan juga ketahanan baterai 2000 mAh. Ketika diajak bermain game seharian penuh dari mulai baterai penuh sampai habis total lama Kami bermain selama 2 setengah jam tanpa adanya lag. Untuk pemakaian normal seperti komunikasi, media sosial aktif, dan juga browsing, kemampuan baterainya bertahan hingga seharian penuh.

Berikut beberapa uji benchmark yang Kami lakukan. (Angka semakin tinggi makin baik)

  

AnTutu Benchmark                      Quadrant Standart

NenaMark 2

Untuk menunjang produktivitas penggunanya dalam urusan kantor, Acer telah menyediakan aplikasi Polaris Office 5 dan juga menambahkan abDocs yang dapat membaca dan mengedit file melalui smartphone maupun PC. Untuk tersambung ke komputer Acer menyediakan aplikasi Acer EXTEND yang terkoneksi melalui kabel data maupun koneksi Wifi.

Sementara itu, aplikasi bawaan selain yang disebutkan di atas diantaranya ialah Acer SnapNote, Acer Home, Live Updater, AcerNidus, abFiles, abMusic, AcerWall paper, dan abVideo. Beberapa aplikasi membutuhkan Acer ID untuk bisa menjalankannya. Anda bisa membuatnya terlebih dahulu jika tidak memilikinya.

  

Kamera

Hasil foto 6 MP (3264 x 1840 pixels) rasio 16:9

Hasil foto 8 MP (3264 x 2448 pixels) rasio 4:3 

Dua hasil foto di atas diambil dari kamera Liquid Z500 dengan resolusi dan rasio yang berbeda serta tanpa menggunakan lampu kilat. Bagi Anda yang suka moda manual bisa mengatur ISO hingga 1600.

Berbagai moda pengambilan gambar disediakan dalam menu kamera, sebut saja HDR, Panorama, Smile Shutter, Multi-angle View, Beautification, Best Shot, Bright Magic, Presentation, Live Photo.

Untuk kebutuhan kerja Anda, Moda Presentation dapat digunakan untuk memotret berkas-berkas yang diperlukan. Anda bisa mengambil beberapa foto secara berurutan, kemudian tambahkan tulisan dan hasilnya bisa disimpan dalam format JPG dan PDF.

Pengambilan foto dalam ruangan dan kondisi minim cahaya memang dirasa sudah mencukupi walau hasil kurang memuaskan. Sedangkan untuk foto selfie Rapid button bisa diandalkan sebagai shutter kamera. Untuk perekaman video ponsel ini dapat merekam gambar bergerak dengan kualitas full HD. Ada video stabilizer untuk mencegah goncangan pada saat mengambil gambar.

          

Multimedia

Seperti sudah Kami sebutkan di awal, Liquid Z500 sudah dibekali dengan DTS studio Sound, cara pengaturannya Setting>DTS studio Sound. Anda bisa mengatur Treble dan bass dan beberapa hal lainnya.

Bagian yang agak mengecewakan bagi Kami ialah kurang lantangnya suara speaker, meski sudah disetel volume paling tinggi. Dua speaker dibagian depan letaknya memang idel, tapi keluaran suaranya tidak seperti yang diharapkan.

Smartphone ini juga menyediakan radio FM sebagai alternatif hiburan lain dari pemutar musik. Earphone perlu tercolok agar radio bisa diaktifkan. Ada fitur rekam siaran jika Anda ingin merekam sebuah lagu.

                           

Kesimpulan

Saat ini harga Acer Liquid Z500 Rp1.900.000 cukup bersaing dengan beberapa ponsel seperti Asus Zenfone 5 dengan RAM 2 GB atau Anda ingin membeli iPhone versi lawas seperti iPhone 4 16 GB  dengan harga Rp 2juta atau Xiaomi Redmi Note 2 GB RAM atau Xiaomi Redmi 1S yang harganya kini Rp1.500.000. Untuk spesifikasi lengkap dan toko-toko yang menjual Acer Liquid Z500 bisa dilihat di sini

Secara keseluruhan, bagi Kami Acer Liquid Z500 memberikan kinerja yang apik dalam membantu aktifitas sehari-hari ataupun untuk urusan kantor karena dukungan memori yang besar dan baterai yang tahan lama. Hanya saja multimedia agak kurang meski sudah ada teknologi dts studio sound untuk menunjang keluaran suaranya.

Baca juga artikel:

Asus Transformer Book Chi Series, Tablet Dengan Intel Core M Prosesor

Asus Zenfone ZOOM, Smartphone dengan Laser Auto Fokus dan Foto Makro

Bingung dengan Istilah qHD, Quad HD, dan 4K Ultra HD? Ini Dia Jawabannya

IM5 Inilah Smartphone Perdana dari Kodak!

Dell XPS 13, Notebook 13 Inci Awet di Baterai

Artikel Lainnya

Komentar