Menjajal Performa Mantap Xiaomi Mi3

Oleh Nadia Maharani on Kamis, 18 Des 2014 | 14:44

Siapa bilang pemain baru tak bisa menandingi vendor-vendor raksasa di industri gadget? Xiaomi adalah produsen anyar asal Cina yang akhir-akhir ini mencuri perhatian pasar lewat sederet produk smartphone-nya, salah satunya adalah Mi3.

Di Indonesia, Mi3 baru mulai dipasarkan pada pertengahan 2014 lalu. Smartphone itu sendiri telah diluncurkan di pasar Cina pada akhir tahun 2013. Namun, spesifikasi yang dimiliki smartphone itu tergolong tinggi sehingga tetap kompatibel sampai saat ini.

Dari segi fisik, Xiaomi Mi3 dengan frame alumunium-magnesium alloy ini memiliki bodi yang tergolong langsing. Perangkat berlayar 5 inci, 1080 x 1920 piksel tersebut mempunyai dimensi 144 x 73,6 x 8,1 mm. Bobotnya pun kurang dari 150 gram.

Xiaomi Mi3 yang berteknologi IPS ini memiliki Corning Gorilla Glass 3 untuk proteksi ekstra. Smartphone ini juga berjalan dengan sistem operasi Android 4.3 Jelly Bean yang upgradable menjadi KitKat.

Kamera primer 13 MP pada Xiaomi Mi3 memiliki kualitas bidik yang memuaskan. Foto di dalam ruangan yang dihasilkan smartphone ini terlihat cerah dan tajam, bahkan lebih baik kala disandingkan dengan milik Lenovo K900 dengan resolusi yang sama.

Sayangnya, meski kamera sekunder Mi3 berkekuatan 2 MP, kualitasnya kurang memuaskan. Imej yang ditampilkan terlihat kurang tajam dan sedikit “pecah”.

Berbicara soal performa, Xiaomi Mi3 mampu menjalankan berbagai aplikasi dengan entengnya. Kontribusi prosesor Quad-Core 2,3 Ghz Krait 400, Qualcomm Snapdragon 800 dan RAM 2 GB membuat Mi3 kian tangguh.

Berdasarkan hasil tes Pricebook, Xiaomi Mi3 dapat menjalankan game-game 3D, semacam serial Chaos Rings dan Dead Trigger 2 dengan lancar. Tampilan grafisnya pun tampak “renyah” berkat GPU Adreno 330 miliknya.

Ketahanan baterai 3050 mAh Xiaomi Mi3 juga pantas untuk mendapat ancungan jempol. Kala digunakan untuk memainkan game RPG 2D, seperti Final Fantasy VI dan Machine Knight, selama 2 jam nonstop, presentase baterai hanya berkurang sekitar 20%, dengan catatan koneksi data tengah dinonaktifkan.

Performa keseluruhan Xiaomi Mi3 terbilang amat memuaskan. Terlebih ketika dites menggunakan benchmark Antutu, Mi3 mendapat skor 35024. Hasil tersebut menempatkan Mi3 di jajaran smartphone “elit” milik produsen raksasa lain, seperti HTC dan Samsung.

Kelebihan Xiaomi Mi3 tak hanya sampai di situ. Pesaing berat LG Google Nexus 5 ini juga dibanderol dengan harga terjangkau. Ketika smartphone high-end sekelasnya ditawarkan dengan harga fantastis, Mi3 ditawarkan dengan harga Rp3,5juta-an saja.(Tedi)

Baca juga artikel:

Samsung Chromebook 2, Tampilan Mewah Harga Terjangkau

Onda V975M, Cara Murah Menikmati Retina Display Selain di iPhone 

Ini Bocoran Produk Yang Akan Dirilis Apple pada 2015

 

Artikel Lainnya

Komentar