Menjajal Passport Buatan BlackBerry

Oleh Tedi Yuni A on Rabu, 12 Nov 2014 | 15:41

Akhirnya BlackBerry Passport resmi diluncurkan ke Indonesia. Smartphone yang diadopsi seperti bentuk passport aslinya ini membawa berbagai fitur menarik untuk dijelajahi. Dibanderol Rp9,6 juta dan bisa didapatkan dari dua operator besar. Indosat mulai tanggal 14 November dan melalui operator Xl di tanggal 16 November 2014.

Sivadas Ramadas, acting Managing Director of BlackBerry Indonesia mengatakan smartphone BlackBerry Passport dibuat dari bahan dengan kualitas premium yang tangguh, portabel untuk disimpan dalam saku, serta baterai yang tahan lama dalam perjalanan.

Pada peluncurannya di Jakarta kemarin (11/11),Pricebook sempat melakukan unboxing smartphone ini dan menjajal merasakan beberapa fitur yang ada di dalamnya. Sayang beberapa foto yang Kami ambil hilang dan tak dapat Kami sajikan untuk Anda. Namun demikian berikut beberapa hal yang Kami ketahui dan coba paparkan ke pada Anda.

Desain

  
Bentuknya yang mirip dengan buku passport tetap nyaman dalam genggaman. Walau demikian tentu akan berbeda bagi sebagian orang yang tidak suka bentuk lebar. Menjelajah sisi tubuhnya, Kami menemukan tombol power dan port jack audio di sisi atas. Tombol shutter disebelah kanan diapit oleh dua tombol volume. 

Port charger diletakan pada sisi bawah dekat dengan dua speaker yang mengeluarkan suara cukup jernih ketika dijajal. Sisi belakang, diisi dengan logo BlackBerry, flash, yang tepat berada di atas lensa kamera. Sedangkan kamera depan berada di pojok kanan atas bersebelahan dengan led sensor. Lalu dimana letak rongga SIMcard?.

Ternyata tepat di atas lensa kamera belakang yang dibatasi oleh list crome, penutupnya dapat dibuka. Anda bisa mencongkelnya melalui sisi atas. Di sana Kami menemukan port SIMcard yang berukuran Nano, dan slot kartu microSD yang support hingga 128 GB.  

Layar

 

Tampilan depan BlackBerry Passport didominasi oleh layar. Ukuran LCD-nya 4,5 inch dengan rasio 1:1. Resolusinya 1440 x1440 pixels dan kerapatan pixelnya mencapai 453 dpi. Sudah cukup jernih untuk menampilkan teks dan mengeditnya, foto atau gambar bergerak serta menampilkan peta lebih baik. Cukup responsif ketika di sapu dari atas bawah, kiri dan kanan. Untuk menangkal goresan sudah dibekali dengan pelindung Gorilla Glass generasi ke tiga.

Papan keyboard

Papan keyboard-nya ketika Kami tekan empuk sekali,lebih nyaman dari BlackBerry Bellagio yang Kami gunakan. Papan ketik ini juga berfungsi melalui sentuhan. Berbagai hal bisa Anda lakukan pada saat membuat teks, atau sedang melakukan browsing di web. Hal ini untuk memberikan kemudahan bagi mereka yang tidak menyukai pekerjaan dari layar sentuh.

Hal yang Anda bisa lakukan menggulir halaman web, menggeser disepanjang tombol untuk memindahkan kursor atau menghapus kesalahan teks. Dalam presentasinya, BlackBerry mengklaim layar sentuhnya empat kali lebih akurat untuk menjaga dari kesalahan pengetikan.

Software dan hardware

BlackBerry Passport dibekali dengan sistem operasi BlackBerry 10.3 terbaru. Di dalamnya telah mendukung fitur BlackBerry Assistant, BlackBerr Blend, dan Amazon Appstore. Antarmukanya juga tampak lebih segar dengan ikon teranyar dan instan action bar sehingga fitur-fitur yang biasa Anda gunakan tampil di tengah-tengah layar.

Perangkat keras yang menunjang kinerja ponsel ini ialah prosesor Quad core 2.2 GHz dengan chipset Snapdragon 801 besutan Qualcomm. Dengan dukungan 3 GB LPDDR5 800 MHz RAM. Memori internal yang dapat Anda gunakan berkapasitas 32 GB dan tambahan penyimpanan dengan micrSD hingga 128 GB.

Aplikasi dan fitur

Toko aplikasi yang ada di BlackBerry Passport terdiri dari BlackBerry World dan Amazon Appstore. Toko aplikasi yang terakhir disebutkan langsung terinstal di dalam handset. Anda bisa mendownload aplikasi yang ada di sana termasuk aplikasi Android terbaru seperti Minecraft-Pocket Edition, Candu Crush Saga, Pinterest, Temple Run 2, dan Cut the rope 2.

Aplikasi Android juga bisa diunduh dari aplikasi pihak ketiga lainnya, untuk tahu caranya lebih jelas bisa ke BlackBerry.com. Dengan adanya fitur BlackBery Guardian aplikasi yang diunduh akan diverifikasi terlebih dahulu sehingga aman untuk Anda.

Fitur BlackBerry Blend yang ada akan menggabungkan pesan dan konten yang ada di ponsel ke dalam tablet dan komputer. Anda akan mendapatkan notifikasi pesan langsung,membaca, dan menjawab pesan kantor dan pribadi dan mendapat akses dokumen, kalender, kontak, BBM, dan media Anda secara lansung diperangkat apa pun yang didukung BlackBerry. BlackBerry juga memiliki BlackBerry Assistant yang dapat menjalankan beberapa hal dengan perintah suara langsung.   

Kamera

Kamera belakang 13 MP dan dilengkapi dengan lampu kilat yang bertengger di atas lensa bukan disamping. Lensanya mampu melakukan pembesaran hingga 5 kali untuk menangkap obyek yang jauh. Untuk kamera depan hanya 2 MP dan dapat melakukan pembesaran hingga 3 kali. Hasilnya saat Kami coba pada kamera belakang cukup baik meski dalam ruang minim cahaya. Sayang Kami tidak bisa membackup fotonya untuk Anda karena waktu yang sempit.

Konektivitas

BlackBerry mengandalkan BlackBery Blend untuk memberikan kemudahan bagi pengguna agar selalu terhubung dengan ponsel mereka. Meski tertinggal di rumah Anda masih bisa menjalankan ponsel dengan komputer dengan memasukan Blackberry ID Anda. Ponsel ini sudah dibekali dengan Bluetooth 4.0 yang hemat daya.

Baterai

Daya tahan tubuhnya disokong baterai berkapasitas 3450 mAh, yang diklaim mampu bertahan selama 10 jam dalam penggunaan aktif. Pada spesifikasi yang diberikan oleh BlackBery, waktu bicara dari ponsel ini sampai dengan 14 jam (GSM) dan 24 jam (UMTS). Sedangkan kala siaga, bertahan 14,5 hari (GSM/UMTS). Untuk pemutaran audio sampai dengan 91 jam dan untuk video sampai dengan 11 jam.

 

Spesifikasi Lengkap BlackBerry Passport

Ukuran: 128mm x 90.3mm x 9.3 mm

Layar: 4,5 inch LCD In-cell touch panel display, resolusi 1440 x 1440    pixels, 453 DPI, dan 24 bit warna dengan perbandingan 1:1

Keyboard: keybord fisik dengan kemampuan layar sentuh.

User interface: BlackBerry 10 UI berkemampuan gesture dan keyboard fisik berkemampuan sentuh.

Memori: 3GB LPDDR3 800MHz RAM, 32 internal, slot microSD hot-swap,microSD 128 GB

Prosesor: Qualcomm Snapdragon 801 2.2 Ghz Quad core

Kamera: belakang 13 MP autofokus, 5xZoom digital, Optical Image Stabilisation (OIS) lensa 5 element f2.0. Perekam video 1080p HD 60 fps. Stabilisasi video 6 DOF. Kamera depan 2 MP, stablisasi gambar dan video,3xzoom, Perekam video 720p HD.

GPS: Assited, autonomous,dan simultaneous GPS, preleoded aplikasi BBM maps

Konektivitas: Universal BlackBerry Connector dengan slimport (kompatibel dengan USB 2.0). Bekerja dengan asesoris HD slimport untuk mendukung protokol video (HDMI,VGA,Display Port 1.1, Display port 1.2 DVI) NFC, Bluetooth 4.0 low energy, Wifi 2.4 GHz 802.11 b/g/n enabled, 5 GHz 802.11 a/n 4G Mobile Hotspot.

Baterai: 3450 mAh

Baca juga artikel:

WhatsApp Kini Bisa Diakses dengan PC Desktop, Begini Caranya!

Mengenal Revolusi Android dari Waktu ke Waktu

Solusi Sederhana Atasi Baterai Boros Redmi 1S

Artikel Lainnya

Komentar