LG G2 Mini,Tubuh Mungil Kinerja Nyentil

Oleh Tedi Yuni A on Kamis, 06 Nov 2014 | 13:56

LG G2 Mini diibaratkan cabe rawit, kecil tapi “nyentil” pedasnya. Smartphone ini pun semakin istimewa karena menjadi versi kompak pertama digenerasi seri G. Kehadirannya bersama LG G Pro 2 diharapkan sang empunya menjadi ujung tombak penjualan di segmen kelas menengah. Mampukah bersaing?

Desain

 

Rear key pada punggung LG G2 Mini terdiri dari tombol power dan audio. Keduanya punya fungsi lain selain kegunaan dasarnya. Menekan tombol volume (+) agak lama akan memunculkan aplikasi Quick Memo, merupakan aplikasi untuk menuliskan catatan kecil. Sedangkan menekan tombol volume (-) beberapa saat, akan mengaktifkan kamera utama dengan segera.

Di atas layar berukuran 4,7 inch ada earpiece, kamera 1.3 MP dan sensor jarak. Colokan jack audio ada di sisi atas bersama teknologi inframerah. Lalu, port charger berada pada sisi bawah, tepat di tengah-tengah speaker stereo. Rongga itu pun dapat dicolokkan kabel USB On the Go dan kabel TV out.

Layar

LCD IPS memberikan tampilan sudut pandang yang luas pada layar LG G2 Mini. Sayang, resolusinya cuma 960 x 540 pixels. Dijajal pemakaian di bawah terik mentari,keterbacaan teks kurang jelas akibat silau. Layarnya mengenali 8 titik sentuh dan memberikan respon cepat ketika disapu ke kanan-kiri, maupun dicubit. Daya tahan layar terhadap benda tumpul pun teruji, terbukti tidak ada luka waktu kunci motor digoreskan pada layar. 

Antarmuka

Bicara mengenai antarmuka, LG G2 Mini menggunakan antarmuka LG UI yang berjalan di Android v4.4.2 KitKat. Perubahan dari antarmuka standar Android terasa luar dalam mulai dari tema, ikon, setting, dan berbagai efek. Mengunci layar utama, cukup lakukan double tap pada layar (fitur Knock On). Atau gunakan fitur Knock Code yang merupakan pengembangan dari fitur Knock On.

Ada 8000 kombinasi ketukan yang dapat kita gunakan untuk menjaga keamanan ponsel. Kalau lupa, tinggal masukan PIN yang sudah dibuat pada saat mengaktifkan fitur Knock code.

Jika ponsel Anda sering dimainkan oleh anak, adik, ponakan, baiknya segera aktifkan fitur Guest Mode. Jadi, mereka hanya akan mengoperasikan aplikasi yang sebelumnya sudah Anda tentukan. Pembatasan ini muncul sebagai homescreen sekunder. Jadi mereka tidak sampai masuk ke homescreen utama. Kedua homescreen diberikan kode tertentu untuk mengaksesnya.

LG juga menyematkan fitur layar pintar yang dipelopori oleh Samsung. Fitur Smart Screen, akan tetap menyalakan layar selama ponsel mendeteksi wajah Anda. Kedua ialah fitur Smart Video, ponsel akan mem-pause video yang sedang ditonton ketika wajah tidak terditeksi oleh ponsel.

Kinerja

Adanya fitur pengoperasin ponsel dengan satu tangan (One Handed operation) terdengar aneh, mengingat layar LG G2 Mini hanya 4.7 inch. LG hanya membatasinya hanya pada keyboard, dialer dan lockscreen. G2 juga mendukung fitur gesture, semisal untuk membuat diam (silent) panggilan masuk, mematikan alarm dan mem-pause video cukup dengan membalikan posisi ponsel.

Sementara itu, perangkat keras yang dimiliki oleh LG G2 Mini, ternyata serupa dengan LG L90.  Menggunakan chipset Qualcomm MSM8226 Snapdragon 400,empat otak dengan clock speed 1.2 GHz. Kinerjanya memanfaatkan RAM 1 GB dan ruang memori internal sebesar 8 GB. Grafis menggunakan chipset Adreno 305, yang kinerjanya juga terbilang spartan kala diuji memainkan game 3D. Menggunakan software uji NenaMark 2, hasilnya mengesankan, berada pada urutan teratas. Begitu pun pada software uji Quadrant, mampu mengungguli HTC One X. Berikut hasil lengkapnya.

Software Total
AntuTu Benchmark 15898
Quadrant 7695
NenaMark 2 59,8

Performa yang baik juga ditunjang oleh baterai berkapasitas 2440 mAh. Tahan selama tiga lebih pada posisi siaga dan ketika dijalankan secara aktif untuk kegiatan browsing, main game, media sosial, tahan selama satu hari. Daya tahan ini akan berbeda bagi tiap orang ketika menggunakannya.

Kamera

LG menambahkan fitur multi-point auto focus agar hasil gambar tidak blur. Lalu pada kamera depan disematkan fitur Flash for Selfie. Kerja fitur ini meningkatkan ukuran sensor dan mengurangi bukaan cahaya, membuat hasil tangkapan gambar lebih terang dan cerah.

Kualitas gambar selfie yang Pricebook ambil memang memberikan hasil yang dijanjikan. Apalagi ada moda pengambilan gambar Beauty shot, wajah akan semakin mulus, bersih dan cerah. Pada kamera utama terdapat moda pengambilan gambar yang lebih lengkap, mulai dari HDR, Panorama, Continous shot, Beauty shot, Time catch shot dan sport.

Hasil kamera 8 MP dengan rasio 4:3, memberikan hasil tajam, terang dan jelas. Dalam ruangan, menggunakan penerangan lampu neon pada pengaturan kamera default, menghasilkan gambar cerah dan tajam tanpa warna kebiruan. Pada kondisi minim cahaya pun kamera 8 MP masih sanggup menantang kelam.

Audio

LG mengemas antarmuka pemutar musik G2 mini menjadi lebih menarik dari bentuk muka standar bawaan Android. Nyaman dilihat dan dapat diubah-ubah. Animasi mengusir rasa bosan walau pada dasarnya pengkategorian file musik serupa dengan pemutar musik milik Android.

Dengan koneksi DLNA, Kita dapat menghubungkan ponsel ke perangkat lainnya. Akses langsung ke YouTube pun disediakan. Muntahan suara dari dua speaker miliknya jernih dan tidak pecah, walau disetel pada volume tinggi.

Fitur Plug & Pop yang tersedia akan merekomendasikan aplikasi atau fitur yang dapat diakses setiap kali ponsel dicolokan jack audio atau kabel. Setelah earphone di colok, maka akan muncul bar kecil tepat di atas layar. Disanalah terdapat fasilitas untuk mengedit fitur dan aplikasi yang diinginkan.

Konektivitas

Teknologi inframerah kembali dipopulerkan LG pada jajaran produk miliknya saat ini dan sudah tersedia di LG G2 Mini. Fungsinya sebagai remote kontrol pada TV, DVD dan Blu-ray dari berbagai merek produsen electronik yang ada, semisal LG, Samsung, Sony, Philips, dan lainnya.

Berbagi konten video, musik, gambar dan dokumen, Anda dapat menggunakan fitur SmartShare Beam selain Bluetooth. Syaratnya, hanya ke sesame ponsel atau tablet LG yang juga memiliki fitur serupa.

Kesimpulan

Penantang Asus Zenfone 6 ini memiliki dua slot SIM card. Kinerjanya juga gesit, hail foto terbilang bagus dan tentunya fitur keamanan yang berlimpah. Pilihan warna LG G2 Mini ada Hitam, Putih, Lunar, dan Titan

Baca juga artikel:

LG Isai VL, Smartphone LG Pertama dengan Layar Resolusi Tinggi

Pengguna LG G3 dan G2 Di Indonesia Dapat Update Lollipop

Artikel Lainnya

Komentar