Evercoss Elevate Y A66s,Quad Core Murah Rp1,5jutaan

Oleh Tedi Yuni A on Kamis, 06 Nov 2014 | 10:51

 

Bingung mau cari smartphone lokal yang tangguh buat diajak beraktifitas. Evercoss Elevate A66s mungkin bisa jadi pilihan di kelas sjutaan. Walau seri terbarunya Elevate Y2 sudah diluncurkan, namun tetap saja ponsel ini menarik bagi yang ingin ponsel murah dengan kinerja mumpuni. Belum lama diluncurkan, tepatnya pertengahan Juni lalu. Di Indocomtech 2014 lalu harganya Rp1,5 juta, namun kebanyakan toko menjual masih Rp1,9 juta. Nama Elevate muncul kali pertama pada produk A66s dan akan terus digunakan pada ponsel premium milik Evercoss. Berikut ada riviews singkatnya, buat bahan pertimbangan Anda ketika ingin membeli.

Desain dan layar

Unit yang Pricebook uji berwarna putih dan menggunakan smart cover. Ketika layar ditutup, dari jendela asesori itu akan tampak informasi jam dan tanggals serta notifikasi, seperti pesan, alarm atau panggilan tak terjawab. Ketika smart cover dibuka maka layar pun akan menyala. Asesori tersebut gratis.

Elevate diberikan bezel dengan aksen chrome agar memperkuat rangkanya. Penempatan aneka tombol dan port cukup universal. Power dan volume di sisi kanan dan kiri. Rongga charger dan jack audio pada sisi atas. Bagian belakang terdapat kamera, flash dan speaker audio.  

Lapisan Rhino Screen bekerja dengan baik ketika kunci dan gunting digoreskan di atas layar 6 inch-nya, sebab tidak ada bekas goresan sama sekali pada layar. Tampilan kecerahan dan warna yang akurat terpancar berkat teknologi IPS pada layarnya. Resolusinya qHD (540 x 960 pixels).

Pada menu pengaturan  layar terdapat opsi otomatis brightness. Layar Elevate A66s mengenali 5 sentuhan sekaligus. Respon sentuhnya tergolong responsif dan gesit saat disapu ke kanan dan kiri.  

Interface

  

                                       Air launcher                      XSpace launcher                               Menu aplikasi

Ada dua antarmuka yaitu Air launcher dan X Space. Opsi pertama akan membawa Anda pada tampilan standar Android dan cara pengoperasiannya umum digunakan dengan ikon-ikon yang lebih besar. Sedangkan X Space memiliki antarmuka yang lebih interaktif dan menarik. Ada empat layar utama, akan tetapi tidak bisa ditambahkan shortcut maupun folder seperti halnya antarmuka standar bawaan Android.

Homescreen tampak seperti sebuah ruangan yang didesain dengan pernak-pernik yang melambangkan sebuah fitur tertentu. Sentuh saja maka fitur yanrg dimaksud akan segera aktif.

Kinerja

  

Evercoss menawarkan fitur One Handed Operation kepada pengguna Elevate. Ketika dijalankan, fitur ini akan memunculkan sebuah shortcut berisi tombol Back, Home dan task swith. Letaknya bisa diatur ke sisi kiri atau kanan dan bisa digeser ke atas maupun ke bawah. Fitur ini juga akan memunculkan keyboard pada posisi tangan satu yang digunakan.

Kalau tangan kanan yang digunakan maka papan ketik posisi agak ke kanan dan begitu pun sebaliknya jika menggunakan tangan kiri maka papan ketik akan dekat dengan jari-jari tangan kiri Anda.

Evercoss menggunakan chipset pembaharuan dari seri MT6589, yakni MT6582. Khusus diciptakan untuk smartphone kelas menengah dengan batas kecepatan lari prosesor 1,3 GHz. Chipset ini sudah mendukung resolusi layar 270p atau 1280 x 720 pixels. Sayangnya resolusi ini tak dimaksimalkan pada layar Elevate. MT6582 juga mendukung kamera depan beresolusi 8 MP dan kamera utama 13 MP.

Hasil uji software di dapat angka-angka berikut yang menyatakan bahwa peforma Elevate A66s bekerja dengan sangat baik.  Melakukan berbagai aktifitas di Elevate mulai dari jelajah internet, main game, media sosial dan urusan kantor berjalan lancar, bisa copy paste juga. Dukungan baterai berkapasitas 2400 mAh membuatnya tahan hingga satu hari dalam pemakaian normal. Namun kalau untuk main game, paling 4-5 jam. Game yang pernah dijajal dan mulus berjalan Asplalt 8, Shadow Fight 2, Batman, Frontline Commando 2, Get Rich, dan beberapa game lainnya. 

Software Total 
Antutu Benchmark 17372
Quadrant  5951
NenaMark 2 58.7

Kamera

 

     Foto siang hari                                                           Foto malam hari

Kalau mau selfie tinggal ucap cheese, maupun capture, maka secara otomatis gambar akan terekam. Hal ini lah yang coba ditawarkan Evercoss pada kedua kamera Elevate. Resolusi kamera depan 3 MP, bisa untuk video call langsung tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga. Bagian belakang 13 MP plus lampu kilat.

Sensor gambar diklaim menggunakan teknologi backside-illuminated (BSI). Fungsinya untuk meningkatkan kemampuan sensor gambar menangkap obyek diruang minim cahaya. Kamera Elevate merekam video HD 1980 x 1080 pixels.

Pewarnaan pada kualitas hasil gambar ketika dilihat pada komputer agak menurun. Kecerahan dan ketajaman sangat tergantung situasi dan kemampuan Anda dalam mengoperasikanya, walau rosolusi sudah 13 MP. Hasil yang Pricebook ambil pada siang hari memang tajam dan itu menyesuaikan arah datangnya cahaya. Dalam ruangan dengan bantuan flash hasil baik dengan syarat posisi pengambilan gambar tepat. Beda sensor yang digunakan akan sangat berpengaruh pada hasil gambar meski resolusi sama-sama 13 MP.

Audio

Pemutar musik dan radio jadi andalan di sisi audio. Letak speaker yang ada dibagian belakang tidak ideal karena suara jadi mendam. Kualitas audio dari speaker tidak pecah dan nyaman didengarkan, walau disetel pada posisi tinggi. Antarmuka pemutar musik standar Android Jelly Bean dilengkapi equalizer. Sementara pada radionya memiliki opsi untuk rekam siaran.

Konektivitas dan Memori

Dual sim tetap menjadi andalan. Pada SIM 1 mendukung jaringan 3G HSDPA sedangkan SIM 2 koneksi sebatas EDGE atau 2G. Elevate A66s tidak dapat mengoperasikan USB OTG dan tidak ada koneksi HDMI. Koneksi yang dipunya mulai dari Wifi, Bluetooth dan kabel data. Multitaskingnya bekerja dengan baik berkat memori internal 16 GB dan 1 GB RAM. Dapat ditambahkan kartu microSD up to 32GB.

Kesimpulan

Buat Kami kinerjanya cukup baik dan beberapa kendala justru ada pada kameranya yang terkadang memberikan banyak noise pada gambar saat kodisi minim cahaya. Ukuran dimensi yang tebal dan layar besar membuatnya sulit masuk saku baju atau celana.

Layar pada unit yang Kami miliki tertindih ketika dimasukan ke dalam saku celana, efeknya layar menjadi rusak dan timbul warna hijau, merah, dan biru. Kasus itu tidak sering terjadi hanya beberapa kali saja. Jadi berhati-hatilah. Harga smartphone ini kini sudah mengalami penurunan dan layak dilirik.  

Baca juga artikel:

Lazada Kembali Buka Flash Sale Xiaomi Redmi 1s

Pre Order BlackBerry Passport di Erafone

Artikel Lainnya

Komentar