Tiga Jam Menjajal Andromax C3

Oleh Tedi Yuni A on Rabu, 15 Okt 2014 | 11:15

Kehadiran Smartfren Andromax C3 seolah memberikan angin segar bagi konsumen yang ingin mencicipi Android KitKat, namun memiliki dana terbatas. Betapa tidak, ponsel yang saat peluncurannya dibandrol hanya Rp 499.000 ini memang mengusung sistem operasi yang saat ini masih menjadi versi anyar.

Untuk spesifikasi serta fitur dengan harga tersebut, ponsel ini layak jadi pilihan. Memiliki dual slot CDMA-GSM, untuk aktivitas internet Anda hanya bisa menggunakan jaringan dari Smartfren, sedangkan slot GSM hanya memiliki fungsi telepon dan SMS.

 

  

Desain dan Layar

Material plastik masih mendominasi keseluruhan bodi dengan ketebalan berkisar 10.7 mm. Cukup tipis dan ramping, sehingga terasa nyaman saat dimasukkan ke dalam saku celana. Sebagai media tatap muka, layar berukuran 4.0 inci beresolusi WVGA (480×800 pikses) siap menemani aktivitas Anda. Meski bukan berjenis IPS ataupun Gorilla Glass, namun kualitas tampilan layarnya dapat diandalkan. Ikon-ikon atraktif dari Android KitKat maupun image terlihat jelas dan jernih. Begitu pula kemampuan layar sentuhnya sangat responsif yang terasa dari pergeseran antar menu. 

Android KitKat

Inilah salah satu daya tarik dari Smartfren Andromax C3, yaitu sudah mengusung Android KitKat. OS ini memang diklaim ringan, sehingga sangat dimungkinkan berjalan di semua jenis ponsel, termasuk kelas low end. Secara user interface Android KitKat memang terlihat lebih atraktif. Selain aplikasi default, Smartfren juga banyak membawa aplikasi buatan mereka sendiri. Termasuk smarfren appsstore yang hadir sebagai opsi alternatif dari Play Store.

Minus Kamera Depan

Yang sangat disayangkan adalah ketiadaan kamera depan. Namun, mengingat harganya yang sangat terjangkau, hal ini masih dianggap wajar. Setidaknya ketersediaan kamera belakang beresolusi 3 MP bisa memenuhi hasrat fotografi Anda. Memotret di luar ruangan kamera ini masih bisa diandalkan, tapi hasil yang berbeda ketika mengambil gambar di dalam ruang minim cahaya. Karena kamera ponselnya tidak dilengkapi fasilitas lampu flash.

  

Performa

Untuk menyokong kinerja, Smartfren menanam chipset Qualcomm Snapdragon MSM8610 (menggunakan aplikasi CPU-Z). Prosesor dual core yang memiliki kecepatan 1.2 GHz dan sudah didukung kartu grafis Adreno 302. Dua perangkat keras ini memungkinkan Anda beraktivitas dengan lancar tanpa gangguan seperti browsing, chating, atau berinteraksi melalui media sosial. Diuji melalui benchmark Antutu, Andromax C3 mencatat skor di atas 13 ribuan. Hanya saja bagi yang gemar bermain game mungkin hanya terbatas pada game berukuran ringan.

Selain kapasitas RAM hanya 512 MB, ponsel ini juga hanya menyediakan memori kecil yaitu sebesar 4 GB. Namun kapasitasnya bisa ditambah melalui memori eksternal microSD hingga 32 GB. Smartfren Andromax C3 mendapatkan suplai energi dari baterai Li-ion 1400 mAh. Dengan adanya fitur Qualcomm Quick Charge 1.0 untuk charging lebih cepat.(abdi)

Spesifikasi Smartfren Andromax C3

OS: Android OS, v4.4 (KitKat)

Processor: Snapdragon Dual Core 1.2 Ghz Cortex A7

GPU: Adreno 302

Layar: 4.0 Inch , WVGA (480×800 pixels)

SimCard: Dual Sim GSM-CDMA

Memori: 4 GB, microSD, up to 32 GB

RAM: 512MB

Koneksi: Wi-Fi, Bluetooth V4

Kamera: 3.0 MP

Dimensi: 123×63.8×10.7mm

Baterai: Li-Ion 1400 mAh

Harga: Rp 499.000

Baca juga artikel:

Mengenal Lebih Jauh Jaringan Seluler di Tanah Air

Mengenal Jenis-jenis SIM Card Handphone

Xiaomi Mi Note Pro, Naik Kelas dengan Layar 2K

Artikel Lainnya

Komentar

12 November 2014 - 09:36
pengennn deh :)
Bima Satria 12 November 2014 - 10:03
Murah itu 500 doang :D